Pendapat

Ada beberapa pendapat tentang pendapat. Pendapat pertama berpendapat bahwa setiap orang harus berpendapat. Pendapat kedua berpendapat bahwa orang boleh berpendapat dan boleh tak berpendapat. Bagaimana pendapat sahabat tentang dua pendapat tersebut?

Saya setuju dengan pendapat kedua. Jika pendapat kita memang dibutuhkan dan bisa menjadi solusi, maka itulah saatnya berpendapat. Tetapi jika kita tak punya kompetensi dan justru malah berpeluang menimbulkan friksi, maka sebaiknya tak usah berpendapat saja.

Pendapat bisa menyebabkan banyak akibat. Dengan pendapat bisa terjalin persatuan, tetapi juga bisa munculkan permusuhan. Yang sependapat akan berkoalisi dan menyatukan visi, yang beda pendapat akan saling menyerang dan menabuh genderang perang.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa jika tak bisa membantu secara materi, maka kita bisa menggantinya dalam bentuk pendapat, misalnya saran, masukan, ide, gagasan dll.

Berpendapat boleh saja, beda pendapat adalah hal biasa.

28 thoughts on “Pendapat

  1. moga2 pendapat saya bisa diterima, bukannya malah njeblosin saya ke penjara ya pak 😀


    Pendapat yang baik punya peluang mendapat pendapatan

    [Reply]

  2. sekiranya pendapat bisa memecah belah sebaiknya diam ya pak 🙂


    Tapi kalau menghasilkan pendapatan sebaiknya ya berpendapat Mbak 😀

    [Reply]

  3. ada segelintir orang yang asal berpendapat untuk mendapatkan pendapatan tambahan 😉


    Dari pendapat memang bisa mendapat pendapatan Gus… 😀

    [Reply]

  4. belajar dewasa menerima perbedaan ya mbahKung..


    Untuk dewasa nggak perlu belajar Ngai… 😀
    Kalau fotografi, nah itu perlu belajar pada eMak

    [Reply]

  5. jadi pendapat saya, saya bebas berpendapat selama itu tidak mengurangi pendapatan saya..
    betul tidak?


    Betul…
    Saya setuju

    [Reply]

  6. Saya juga setuju dengan pendapat ke-2 Pak Mars..Namun lebih seringnya saya sering tak punya pendapat bila dimintai pendapat. Kadang suka sedih, dengan begitu banyak pendapat di dunia, masa saya tak punya pendapat satupun…


    Kebalikan dari saya Bu, saya justru sering berpendapat. Dan karena saking seringnya, jadi sering juga salah pendapat

    [Reply]

  7. berpendapat lah dengan baik,.. karena khan masih di lindungi undang undang ya… hehehehe


    Yang kurang dilindungi adalah pendapatan. Itulah kenapa pendapatan petani makin lama makin sedikit

    [Reply]

  8. Saya sependapat saja ah sama pendapat Pak Mars yang ada di postingan ‘Pendapat’ ini…


    Ini sich sama aja gak punya pendapat

    [Reply]

    Tebak Ini Siapa Reply:

    Yeee, kali ini saya nggak sependapat sama pendapat Pak Mars di komen pink Pak Mars…


    Beda pendapat adalah hal biasa… 😀

    [Reply]

  9. Saya sepakat dan sependapat bahwa berpendapat boleh saja, dan berbeda pendapat adalah hal yang biasa.


    Trima kasih pendapatnya Bi…

    [Reply]

  10. ternyata pendapat saya sama dengan pendapat pak eM tuh


    Dalam banyak hal kayaknya kita sering sependapat deh bu… 😀

    [Reply]

  11. berpendapat seperti halnya hak memilih dalam pemilu 🙂


    Iya…
    Bahwa tak memilihpun merupakan hak

    [Reply]

  12. Saya sependapat dengan pendapat panjenengan mas.
    Banyak orang berpendapat atas pesanan orang yang pendapatnya semakin membuat ricuh juga.
    Salam hangat dari Surabaya


    Matur Nuwun pendapatnya Dhe
    Salam untuk semua yg di Galaksi

    [Reply]

  13. Kalau harus berpendapat koq ya rasane mekso ya Pak? 🙂
    Berpendapatlah sewajarnya saja, yang penting tidak berlebihan.
    Kalau menunggu pendapat saya dibutuhkan oleh orang lain, sepertinya saya harus belajar sama Pak Mars deh. 😆


    Saua nunggu pendapat dari Mbak Idah

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    gak harus berpendapat kan Pak?
    Saya belum bisa ngasih solusi. . . 😆


    Harus Mbak 😀

    [Reply]

  14. saya sependapat bahwa setiap orang tidak harus berpendapat, tapi kalau punya pendapat, ada baiknya diutarakan …


    Pendapat yg dipendam tak akan ada artinya Mas

    [Reply]

  15. Kalaupun saya tidak menyampaikan pendapat saya, biasanya saya tetap punya pendapat. Hanya saja pendapat itu saya simpan dalam pikiran saya tanpa saya sampaikan kepada pihak lain. Toh, belum tentu pendapat saya diperlukan 😀


    Kalau punya pendapat sebaiknya jangan disimpan, karena yg namanya pendapat, baru benar2 jadi pendapat manakala sudah diungkap

    [Reply]

  16. Pendapatan kita berasal dari aktualisasi pendapat kita, apakah sahabat sependapat? Salam


    Saya setuja setuju saja Bu…
    Kalau setuja-setuju itu masuk kategori berpendapat apa belum ya Bu…

    [Reply]

  17. Yang paling enak tu…mengeluarkan pendapat mendapat pendapatan.
    Pak Mars bukunya sudah saya terima,bukunya kecil tapi padat isinya,makasih pak mars,salam dari pekalongan.


    Semoga bermanfaat Mas

    [Reply]

  18. Kalau boleh saya berpendapat, postingan pendapat ini boleh untuk diusulkan menambah pendapatan, karena menurut pendapat saya, pendapatan akan bertambah jika pendapatnya ditambah. #uopooo


    Hahaha…
    Mari kita cari pendapatan

    [Reply]

  19. menurut pendapat saia, semua itu adalah pendapat yang bisa dijadikan sebagai pendapatan bagi kita semua


    Hanya dengan sepuluh ribu 😀

    [Reply]

  20. Seringkali memberikan pendapat itu bisa bikin orang bertengkar. Memang itulah yang namanya beda pendapat ya. Hal biasa sih.
    Tapi memang sih, berpendapat pun butuh keahlian dan teknik juga agar terdengar enak bagi lawan bicara…


    Padahal beda pendapat juga perlu…

    [Reply]

  21. sependapat tentang setiap orang bebas berpendapat


    Beda pendapat, beda pendapatan…

    [Reply]

  22. Setuju, pakde. Berpendapatlah, asalkan bisa dipertanggungjawabkan. Atau dengan kata lain: ga asal nyablak, hehehe 😛


    Iya Mbak…

    [Reply]

  23. Pingback: metaMARSphose » Ideal = Idea + Deal
  24. Menurut pendapat saya, postingan Om Mars tentang pendapat ini sungguh membuka wawasan mengenai arti sebuah pendapat. Sehingga lain kali akan berpikir matang sebelum mengeluarkan pendapat, terutama bila itu menyangkut soal pendapatan.

    (Lama-lama nek dipikir kata “pendapat” ini lucu ya, Om 😆 )


    Itu pendapat Mbak Choco lho ya… 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *