Home > Realita > Pengamanan Berlapis

Pengamanan Berlapis

April 14th, 2012 Leave a comment Go to comments

Untuk melindungi sesuatu yang dimiliki, orang menggunakan pengaman yang terkadang tak cukup hanya satu tapi beberapa tingkat. Kita menyebutnya pengamanan berlapis.

Untuk melindungi blog dari spammer

  • Paswordnya dibikin rumit
  • Dimoderasi
  • Pakai verifikasi
  • Ditambah plugin

Untuk mengantisipasi curanmor

  • Dikunci stang
  • Dipasang alarm
  • Rodanya dirantai
  • Businya dilepas

Untuk mengamankan uang, perhiasan atau surat berharga

  • Dibungkus tas kresek
  • Dimasukkan brankas
  • Ditaruh dalam kamar terkunci
  • Diperkuat pintu besi

Untuk mengamankan rumah dari pencuri

  • Dipagari kawat berduri dan dialiri listrik tegangan tinggi
  • Dipasang alarm dan CCTV
  • Dijaga security
  • Dilengkapi anjing galak

Untuk menghindari kecurangan dalam Ujian Nasional, pemerintah tak percaya lagi pada peserta maupun pengawasnya. Lalu dibuatlah regulasi seperti ini

  • Dijaga dua pengawas yang bukan gurunya sendiri
  • Soal dibuat 5 macam yang berbeda
  • Pembagian soalnya mengikuti denah yang ada dalam amplop dan denahnya bisa beda tiap hari
  • Dipantau oleh tim independen

Itulah contoh pengamanan berlapis. Ada yang berlebihan, dan ada yang tidak cerdas.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. April 14th, 2012 at 20:44 | #1

    Untuk pengamanan dari para spammer, ane menerapkan verifikasi kata. Yang lolos dari deteksi spam, langsung ane hapus komentarnya.

    Untuk model pengamanan ujian, dibuat soal yang urutannya berbeda-beda meskipun soalnya sama adalah cara yang paling aman.


    Idealnya dibuat 20 soal yang berbeda…
    Atau 1 ruang 1 peserta

    [Reply]

  2. budiastawa
    April 14th, 2012 at 21:00 | #2

    Ck ck ck…. Kasihan murid-muridnya ndak dapet nyontek PakDhe. Pengamanannya begitu ketat…


    Pengawasnya juga repot Bli, mbagi soalnya harus melototin denah

    [Reply]

  3. April 14th, 2012 at 21:49 | #3

    semoga tidak ada kongkalikong ya pak pengawasnya. saran saya sih pihak sekolah tidak saling mengetahui akan diawas oleh pengawas sekolah mana


    Kalo murid dan pengawasnya kayaknya malah nggak ada kong kalikong karena yg diawasi bukan muridnya sendiri Mbak.

    [Reply]

  4. Evi
    April 14th, 2012 at 22:02 | #4

    Dengan keamanan berlapis begini, pasti gak bakal ada kecurangan lagi ya Pak. Semoga…


    Semoga Mbak…

    [Reply]

  5. April 15th, 2012 at 02:01 | #5

    Ehhh… soale 5 macam? Kasian T.T


    Aneh ya…
    Ngapain musti 5 macam…

    [Reply]

  6. April 15th, 2012 at 05:43 | #6

    sedih saya, lihat ada sekolah yang dipasangi CCTV puluhan


    Iya Mbak…
    Bukan untuk ngawasi maling tapi untuk memantau murid.
    Kayaknya murid jadi nggak bebas ngapa2in

    [Reply]

    nique Reply:

    dipasangi CCTV mungkin biar ada proyek aja kali Kak? *suudzon* :D


    Nah kuwi bener Ni…

    [Reply]

  7. Sholihin
    April 15th, 2012 at 05:51 | #7

    Mungkin suatu saat nanti untuk menjawab soal ujian harus melengkapi verivikasi kata, dan jawabannya harus di moderasi dulu, bahkan harus dikunci stang dan dibungkus tas kresek.
    #eh


    Hahahaha
    Nggak bisa mbayangkan kalau njawab ujian harus verifikasi kata

    [Reply]

  8. April 15th, 2012 at 08:42 | #8

    Ngai setuju pembagian satu kelas satu murid,
    biar Ngai bebas minta contekan sama pengawasnya.
    *pengawasnya mbahKung :D


    Hahahaha…
    Pengawasnya ada 2 orang lho Ngai

    [Reply]

  9. Sholihin
    April 15th, 2012 at 10:02 | #9

    Lho kok komentarnya ilang, tadi udah ke kirim belum yah?
    #bingung


    Nggak ilang Mas

    [Reply]

  10. Diandra
    April 15th, 2012 at 10:19 | #10

    uang dibungkus kresek…?
    kalau kebuang gimana…?
    hehehe….


    Dibuang di brankas Mbak :D

    [Reply]

  11. April 15th, 2012 at 16:47 | #11

    Begitu tipisnyakah rasa aman, sehingga perlu berlapis pengamanan ….. Selamat mengamankan ujian besok pak Mars, salam


    Nggak tau juga Mbak, kenapa ujian musti dibuat seperti itu.
    Pemerintah sudah tak percaya pada siapapun, baik siswa maupun pengawasnya

    [Reply]

  12. April 15th, 2012 at 23:18 | #12

    Nah besok pagi, keamanan di ruang ujian harus berlapis-lapis kayak kue lapis, Pakdhe.. :)


    Kasihan muridnya Mas.
    Belum2 sudah tegang duluan

    [Reply]

  13. Imelda
    April 16th, 2012 at 00:03 | #13

    pengamanan berlapis tapi kalau tipis dan bocor ya sama aja bisa hamil **loh**


    Hahaha…
    Itu dia Bu.
    Mau diamankan pakai cara apapun, karena yg mau curang juga berinovasi, maka jadinya ya berjalan beriringan

    [Reply]

  14. khay
    April 16th, 2012 at 07:18 | #14

    selamat ulang tahun mister..semoga panjang umur dan sehat selalu……
    #ucapan dari sahabat lama# :)


    Makasih Om Khay…
    Gimana kabar Jakarta???

    [Reply]

  15. April 16th, 2012 at 10:22 | #15

    huwaaaa… jadi inget jaman saya dulu ujian nasional pak…ndredeg nya setengah mati gara-gara pengamanannya belapis-lapis :(


    Sebagian siswa pastinya juga tegang Mbak…
    Yang persiapannya matang saja pasti masih juga ada tegangnya, apalagi yg nggak siap

    [Reply]

  16. Mas Huda
    April 16th, 2012 at 10:50 | #16

    saya pernah menemui tuh sepeda motor yang dipakein rante


    Gemboknya besar ya Mas

    [Reply]

  17. April 16th, 2012 at 11:43 | #17

    Ada yang berlebihan, dan ada yang tidak cerdas …
    Yang berlebihan itu biasanya tidak cerdas … (hahaha)
    Salam saya Pak Mars
    Selamat menempuh ujian untuk anak-anak kelas 12 semuanya …
    (termasuk anak saya)


    Hahahaha…
    Iya Om.
    Yang berlebihan itu biasanya yg nggak cerdas :D

    [Reply]

  18. April 16th, 2012 at 17:05 | #18

    kalau masih UN nya masih curang juga, apa mesti di sumpah dulu ya Pak?
    kayak pengadilan aja hehehe ..

    semoga semua siswa Pak Mar sanggup mengerjakan semua soal dengan baik. Amin


    Makasih doanya Mas
    Sukses juga untuk Mascayo

    [Reply]

    yuniarinukti Reply:

    Di Pengadilan aja mesti sudah disumpah masih ada yang mengaku lupa Mas :P


    Hahahaha
    Itu sich Angelina Sondakh dan Nunun Nurbaiti Mbak

    [Reply]

  19. April 16th, 2012 at 17:52 | #19

    seharusnya cukup soalnya aja urutannya berbeda ya Pak,
    kalau pas membaginya aja udah belibet ngelihat arah denah
    yang mau ujian ikutan stress..


    Yang membagipun susah Mbak, harus ngintip denah karena ganti2 tiap pelajaran

    [Reply]

    yuniarinukti Reply:

    Yang ngoreksi apa gak malah bingung Pak..


    Yg ngoreksi sich nggak bingung, kan komputer.
    Yg bingung murid dan yg mbagikan soal

    [Reply]

  20. April 16th, 2012 at 20:04 | #20

    Begitupun anggota badan yang vital juga harus diamankan dengan pakaian secara berlapis ya, Pak Mars ;)


    Pakai pakaian yg terbuat dari baja Mas

    [Reply]

  21. Abi Sabila
    April 16th, 2012 at 22:24 | #21

    Soal dibuat 5 macam berbeda? Apakah ini pertanda bahwa kejujuran sudah semakin langka, termasuk di lingkungan sekolah?


    Kalaupun mau memperbaiki, mestinya tidak dengan cara memperbanyak jenis soal sampai 5 macam kayak gitu ya Bi…
    Pasti masih banyak cara lain yg cerdas

    [Reply]

    yuniarinukti Reply:

    Kan biar rata dapat projectnya Pak #eh..# :D


    Hahahaha…
    Mungkin iya Mbak

    [Reply]

  22. applaus
    April 16th, 2012 at 22:49 | #22

    gimana caranya buat soal 5 macam? maksudnya giamna nih ya? satu kelas, soalnya beda beda dengan konten yang berbeda atau urutannya saja?


    Nggak cuma urutannya Mas…
    Kontennya juga beda.
    Kalo matematika sich gak masalah, cuma beda angka.
    Tapi seperti Biologi itu bikinnya soal pasti amat susah

    [Reply]

  23. April 16th, 2012 at 23:13 | #23

    Susah juga ya Pak, pasti akan berpengaruh ke psikologis siswa terkait penjaganya,,, Perlu dibuat ulang sistemnya, *Jadi ingat jaman SMA dulu, hehe…


    Itulah Mas…
    Pemerintah tak memperhatikan faktor psikologis anak

    [Reply]

    Gandi Reply:

    Yaaaaaahh, salah akun Pak, hehe… >.<


    Hahaha
    Gpp Mas, malah dobel

    [Reply]

  24. Kaget
    April 17th, 2012 at 00:35 | #24

    Nah lho,…. Pak, pengamanan terakhir bisa bikin pingsan siswa sekarang. Anak sekarang lagi giat mencari kiat jitu :D


    Itulah akibatnya Mas.
    Ketika aturan dibuat ribet, orang juga akan tetap saja cari cara

    [Reply]

  25. irmarahadian
    April 17th, 2012 at 08:50 | #25

    semoga anak-anak kelas 3, bisa mengerjakan soal dengan lancar y pak….


    Makasih doanya Mbak

    [Reply]

  26. April 17th, 2012 at 10:03 | #26

    kalau masih ada kebocoran, hubungi tukang tambal ban atau tukang talang air… :-D


    Rembes sitik2 Mas

    [Reply]

  27. April 17th, 2012 at 10:43 | #27

    Untuk mengamankan hati biar gak mudah dicuri orang gmn donk? #eaaa


    Kalau digembok malah beresiko lho Mas…
    Kalau nggak ada yg bisa masuk trus gimana coba :D

    [Reply]

  28. April 17th, 2012 at 12:33 | #28

    orang melakukan segala cara untuk melindungi yang dia anggap penting, memang sih kadang berlebihan


    Suasana aman makin mahal

    [Reply]

  29. anny
    April 17th, 2012 at 13:04 | #29

    Tapi untuk jagain rumah itu yg disebut diatas biayanya pasti mahal deh :)


    Iya Mbak…
    Itu rumahnya orang kaya

    [Reply]

  30. April 17th, 2012 at 14:13 | #30

    kejam oh sungguh kejam…kata para pencuri hehehe


    Pencurinya kalah kejam…

    [Reply]

  31. TuSuda
    April 17th, 2012 at 14:47 | #31

    dengan sistem pengamanan spt itu smg sj semua berjalan lancar, ya pakde…


    Iya Bli…
    Makasih doanya

    [Reply]

  32. April 17th, 2012 at 15:42 | #32

    untuk mengamankan hati apa mas…. di kunci atau di apakan yaa??? -___-” hehhe… salam kenal mas.. kunjungan pertama


    Apa ya hehehe

    [Reply]

  33. April 17th, 2012 at 18:49 | #33

    saya pakai moderasi untuk melindungi spamer dari blog, lumayan juga.. :-)


    Walaupun sedikit, kayaknya perlu antisipasi Mbak

    [Reply]

  34. April 17th, 2012 at 20:18 | #34

    memang keamanan harus terus ditingkatkan pak… yang mau bobol juga terus mengembangkan tekniknya.. termasuk UN.


    Iya Mas…
    Banyak sekali yang pengin cari kesempatan dengan berbagai cara, termasuk para calo…

    [Reply]

  35. arif
    April 17th, 2012 at 22:36 | #35

    klo curanmor di kos, saya ga sampe lepas busi pak,he2. kunci stang, kunci alarm, kunci ban depan plus doa insyaAllah aman :D


    Teman saya ada yg lepas busi Mas, apalagi kalau ditinggal mudik lama

    [Reply]

  36. puisipemula
    April 18th, 2012 at 10:37 | #36

    ini namanya pengawasan yang lebay
    dan pastinya buang2 biaya , seperti pakai perlengkapan CCTV segala… :(

    kasihan khan murid2 ini ,mental mereka jangan2 sudah ‘jatuh’ duluan ….

    semoga saja tidak…
    semoga mereka lulus dan sukses semua dlm UN kali ini ,aamiin
    salam


    Ini hanya ada di Indonesia Bun…
    Soalnya 5 macam dan diacak pula.
    Anak nggak bakal tau siapa saja temannya yg dapat soal sejenis

    [Reply]

  37. April 18th, 2012 at 20:08 | #37

    Urutan terakhir itu kerjaan paling bego’


    Hanya ada di Indonesia Mas

    [Reply]

  38. obat herbal jantung
    April 19th, 2012 at 10:58 | #38

    kalo kebuang gimana,,,tuh uang dalam kantong keresek…


    Kan dimasukkan dalam brankas

    [Reply]

  39. yuniarinukti
    April 19th, 2012 at 11:53 | #39

    Unas sekarang memang beda dengan dulu Pak..
    sekarang itu sepertinya Pemerintah gak mempercayai guru, pengawas dan siswa.. ditambah pemberitaan yang berlebihan.. ngapain siswa nyontek di bikin heboh.. wajarlah klo murid nyontek, apalagi ngerpek.. klo ada yang ngasih kunci jawaban dan dibikin heboh baru disebut berita


    Beritanya didramatisir Mbak
    Pengiriman soal juga begitu, dikawal polisi.
    Setelah sampai di Dinas Pendidikan juga dijaga 24 jam
    Suasananya dibikin mencekam.
    Padahal menurut saya, UN adalah kegiatan rutin tahunan dan biasa

    [Reply]

  40. April 20th, 2012 at 06:20 | #40

    Pencuri ranmor juga sudah mengantisipasinya.
    Terhadap sepeda motor yang dikunci gembok, rantai,dll langsung mereka angkut pakai mobil pikep.
    Salam hangat dari Surabaya


    Nah itu dia Dhe…
    Harusnya digembok rodanya, diikat ke tiang listrik

    [Reply]

  41. chocoVanilla
    April 20th, 2012 at 13:57 | #41

    Saya kok malah sedih ya :(
    Jaman saya dulu kayaknya gak banyak yang curang. Boro-boro mau curang, hawong keringat dingin mengucur pengawas galak-galak. Tangan nulis jawaban mulut ndremimil merapal doa-doa.

    Sesungguhnya akhlak murid yang harus dibenahi. Tapi gimana mau dibenahi kalo yang tuwa-tuwa gak ngasih contoh :(

    Mumet! :cry:


    Iya Mbak…
    Pengamanan berlapis itu bukan solusi yg tepat menurut saya

    [Reply]

  42. April 21st, 2012 at 15:30 | #42

    pengamanan berlapis, saya awalnya kok bacanya: panganan berlapis, ya? lalu terbayang kue lapis warna hijau, merah, putih…


    Kalau penganan belapis sich enak Mbak

    [Reply]

  43. Afrianti
    April 22nd, 2012 at 08:23 | #43

    Ingat waktu aku ujian, tetap aja ada kebocoran walaupun diawasi guru dari luar sekolah… Gimana caranya.. yaaa itulah taktik guru dan murid.. :D … Tapi jujur lho saya,murid baik-baik, kalau sudah mumet sama soal,lebih baik ke luar ruangan deh… ndak usah diterusin lagii..


    Sekarang juga tetep aja ada kebocoran Mbak…

    [Reply]

  44. mintarsih
    April 25th, 2012 at 17:22 | #44

    Pengaman berlapis bikin repot pak mars yang wajar saja. rumahku tak berpagar klo pergi cuma dua klik saja pada satu pintu terus doa minta dijagain Allah karena Dia sebaik baiknya penjaga. kalo blog tak perlu moderasi krn sudah ada aki yang jaga.
    hems pengalaman kakaku rumahnya kuncinya berlapis lapis. mau masuk dapur aku harus melewati lima pintu terkunci semua sudah gitu ditambah plang besih yang diborgol gembok. he he ternyata siang bolong kemasukkan maling lewat genting. repot sekali.


    UN juga pengamanannya berlapis Mbak…

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~