Peribahasa dan Peribahaha

Peribahasa bukan sejenis peri yang menakutkan. Peribahasa adalah sesuatu yang berkembang dan berbiak sesuai kebutuhan, mengikuti jaman. Peribahasa bisa didapat dari sekolah.

Peribahaha lain lagi. Peribahaha adalah peribahasa yang bermetamorfosa di metamarsphose. Peribahaha hanya ada di sini, di blog ini. Bukan merusak peribahasa yang sudah ada, tidak pula dimaksudkan sebagai pesaing peribahasa yang sudah baku, apalagi mengkriminalisasikan peribahasa yang sudah mapan. Bukan itu. Ini Peribahasa Metalogika alias Peribahaha.

Dan inilah beberapa peribahaha yang khusus saya tulis buat sahabat. Bagi yang suka silakan dilanjut, bagi yang tak suka silakan diteruskan.

Ringan Sama Dijinjing, Berat Ya Dilepas Saja…
Yang namanya berat, meski dipikul juga tetep berat. Jangan memaksakan diri

Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari
Pertanda bahwa guru masih lebih waras ketimbang muridnya

Air Beriak Tanda Ada Orang Sakit TBC Barusan Meludah
Ya iyalah. Kalau ada orang terluka, airnya pasti berdarah-darah

Maling Teriak Maling
Ada maling mencuri di rumah maling lainnya

Habis Gelap Sepah Dibuang
Makan tebu tengah malam

Seperti Air Dalam Tempurung
Gambaran manusia purba, kalau mau minum gelasnya tempurung.

Harimau Mati Meninggalkan Belang, Gajah Mati Meninggalkan Harimau
Menunjukkan bahwa harimau dan gajah punya prinsip yang berbeda

Gara2 Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga
Bingung aja, susu siapa sich yang sebelanga. Gede amat… πŸ˜€

Berdiri Sama Tinggi, Duduk Sama Teman2
Cermin kerukunan dan kebersamaan.

Nasi Sudah Jadi Muntahan
Sudah sangat terlambat. Kalau jadi bubur sich masih lumayan enak.

adv by metamarsphose

42 thoughts on “Peribahasa dan Peribahaha

  1. Wkwkwkwk lucu-lucu, canggih. Emang pakde ki seng paling maknyuss molakmalik kata. Ak mbok diajari.

    Ini siapa ya, kok nggak pakai link

    [Reply]

  2. … oyi…, Sip…sip… πŸ™‚

    Makasih Mas Sarimin…

    .-= Postingan Sarimin : Download Wallpaper Ubuntu 9.10 =-.

    [Reply]

  3. ada-ada saja peribahaha ini … hidup mas mars:-D

    Makasih…
    Sukses buat mangamsi.blogspot.com

    .-= Postingan pensiun kaya : Dow Jones Tembus 10200, IHSG Ikut? =-.

    [Reply]

  4. Rajin pangkal pandai, Korupsi di pangkal pinang *maksa yak*

    maksudnya, setelah tanjung-api-api, pangkal pinang juga lahan korupsi yang empuk :))

    btw, alamendah itu komen pake software ya, dimana2 pertamax mulu πŸ˜€

    Semoga kita tak termasuk yang korup…

    .-= Postingan sibaho way : Cara militan optimasi Alexa Rank =-.

    [Reply]

  5. paribahasa yang aneh …hehehehe

    Yang aneh biasanya lebih menyita perhatian orang…

    .-= Postingan dameydra : Bantuan Peralatan Laboratorium TIK =-.

    [Reply]

  6. nambahin Pak…

    1. tak ada gading yang tak klethak >> jan ora tedhas blas
    2. sambil menyelam buang air >> hihi…kebiasaan.
    3. berdiri sama rendah duduk sama saja >> kerumunan orang pendek

    Semua saya suka…
    Tapi paling suka yg No. 3… πŸ˜€

    .-= Postingan masAdi : bip =-.

    [Reply]

  7. Gara2 Nila Setitik, Rusak Susu Sebelahnya..

    Ringan Sama Dijinjing, Berat Bawa Sendiri Ya..

    Adik Bertiertiak Tanda Tak Balang….

    Kak Aprie hebat juga…

    [Reply]

  8. Gajah dipelupuk mata tak kelihatan.. semut di seberang pulau melambai-lambai….

    Gajah pesing keliatan….

    [Reply]

  9. Hidup segan.. mati geleng-geleng…. hahaha

    Yang mati pemabuk pastinya, karena geleng2…

    .-= Postingan Cah Sholihah : Mamaku…. Pahlawanku =-.

    [Reply]

  10. sebuah contoh berkreasi tanpa henti. Banyak inspirasi dari blog ini, sehingga saya pun ikutan sambil menyelam minum teh botol Pak. he he. Trims Pak. Salam πŸ™‚

    Makasih Mas Yayat…
    Selamat berkreasi dengan edit imagenya…

    .-= Postingan arkasala : Anak Saya Memberi Nama Cap Long Hay =-.

    [Reply]

  11. hahahahaha…..
    itulah yang namanya logis binti realistis

    Yang logis dan realistis lebih gampang dicerna dan diterima…
    Lebih gampang dikomentari…

    .-= Postingan ciwir : Bayi Berwarna β€˜Kuning’ =-.

    [Reply]

  12. tong kosong nggak ada bunyinya, lha iya..wong nggak ada yg mukul je πŸ™‚

    Yang harusnya mukul tong kosong baru nulis comment… πŸ˜€

    [Reply]

  13. haha..bisa aja… tambah satu lagi nih “kura-kura dalam perahu, pura2 tidak tahu ” πŸ™‚

    Kura2 dalam pesawat…
    Penyelundupan kura2…

    .-= Postingan isti : Tentang Kita =-.

    [Reply]

  14. Peribahasa it kan buatan orang masa lampau ya mas. Mas pernah membaca ada peribahasa baru yang dibuat oleh orang baru ?( maksudnya generasi setelah pembuat peribahasa itu).
    Saya kok pernah menemukan ya, kalau slogan sih banyak.
    salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  15. peribahahahhaahaha benar-benar menghibur
    .-= Postingan mandor tempe : KRA (KPI 2, habis) =-.

    [Reply]

  16. wakakaka
    Kambing Mati Gentho Rugi itu peribahasa apa artinya pak wakakakaka
    .-= Postingan genthokelir : Analisa Hasil Usaha Ternak Kambing Etawa =-.

    [Reply]

  17. ntu iklan adv nya berapa sekali klik mister…
    tampaknya menarik banget, dimana bs diambil kodenya. tak pasang d blogku πŸ˜†
    .-= Postingan Panca : Plugin Sitemap Untuk Blogspot =-.

    [Reply]

  18. He,…he…he…ada-ada saja idenya mas Marsudiyanto ini, seperti kang alam bilang kalau jadi guru bahasa indonesia bisa bermetamophose semua siswanya…:lol:
    .-= Postingan Indo Hijau : Stop Press! Kritik saya, jangan hanya memuji. =-.

    [Reply]

  19. huahahahahaaa……. yang terakhir itu………..!!!!!!! gilaaa, mana ada muntahan enak… kakakakaka…..
    .-= Postingan suranegara : MeReview nokia 7210 supernova =-.

    [Reply]

  20. wkwkwkwkwk…… hi10x… bisaaa ajaaa Bapak…
    .-= Postingan belajar blog : Template WordPress VS Index Google =-.

    [Reply]

  21. Heu kreatif ide nulisnya…saya ada satu pribahasa lama, bisa di peribahaha kan?
    “berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan lidah”
    .-= Postingan Potter.Web.ID : Tutorial Setting Email pada Mozilla Thunderbird =-.

    [Reply]

  22. semarang kaline banjir;
    jo sumelang ra dipikir

    kendal kaline wungu:
    kaliwungu salah satu kecamatan di kabupaten kendal πŸ™‚
    .-= Postingan munawar am : Lempeng Bumi =-.

    [Reply]

  23. Blog gratongan kayaknya nggak bisa kayak gituan mas. wah sesekali ya boleh lah menggunakan pigura, walau terbatas, tapi saya masih terkagum dengan kreasinya mas.
    .-= Postingan Badruz : Hadiah Dari Pakde Kholik =-.

    [Reply]

  24. Pingback: metaMARSphose » Koran Tjap Koepoe No. 3 Bln. I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *