Home > Intermeso > Peribahasa dan Peribahaha

Peribahasa dan Peribahaha

November 10th, 2009 Leave a comment Go to comments

Peribahasa bukan sejenis peri yang menakutkan. Peribahasa adalah sesuatu yang berkembang dan berbiak sesuai kebutuhan, mengikuti jaman. Peribahasa bisa didapat dari sekolah.

Peribahaha lain lagi. Peribahaha adalah peribahasa yang bermetamorfosa di metamarsphose. Peribahaha hanya ada di sini, di blog ini. Bukan merusak peribahasa yang sudah ada, tidak pula dimaksudkan sebagai pesaing peribahasa yang sudah baku, apalagi mengkriminalisasikan peribahasa yang sudah mapan. Bukan itu. Ini Peribahasa Metalogika alias Peribahaha.

Dan inilah beberapa peribahaha yang khusus saya tulis buat sahabat. Bagi yang suka silakan dilanjut, bagi yang tak suka silakan diteruskan.

Ringan Sama Dijinjing, Berat Ya Dilepas Saja…
Yang namanya berat, meski dipikul juga tetep berat. Jangan memaksakan diri

Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari
Pertanda bahwa guru masih lebih waras ketimbang muridnya

Air Beriak Tanda Ada Orang Sakit TBC Barusan Meludah
Ya iyalah. Kalau ada orang terluka, airnya pasti berdarah-darah

Maling Teriak Maling
Ada maling mencuri di rumah maling lainnya

Habis Gelap Sepah Dibuang
Makan tebu tengah malam

Seperti Air Dalam Tempurung
Gambaran manusia purba, kalau mau minum gelasnya tempurung.

Harimau Mati Meninggalkan Belang, Gajah Mati Meninggalkan Harimau
Menunjukkan bahwa harimau dan gajah punya prinsip yang berbeda

Gara2 Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga
Bingung aja, susu siapa sich yang sebelanga. Gede amat… :D

Berdiri Sama Tinggi, Duduk Sama Teman2
Cermin kerukunan dan kebersamaan.

Nasi Sudah Jadi Muntahan
Sudah sangat terlambat. Kalau jadi bubur sich masih lumayan enak.

adv by metamarsphose

~ Grazie ~
Categories: Intermeso
  1. November 10th, 2009 at 07:46 | #1

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Semoga Pak Mars gak pernah mengajar Bahasa Indonesia di sekolah
    Wekekekekek

    Repot Mas, kalau saya jadi Guru Bahasa…
    Musti baik dan benar…
    Dan itu sangat sulit untuk saya lakukan !

    .-= Postingan alamendah : Abrasi Rusak 40 Prosen Pantai Indonesia =-.

    [Reply]

  2. Brencia
    November 10th, 2009 at 08:00 | #2

    Wkwkwkwk lucu-lucu, canggih. Emang pakde ki seng paling maknyuss molakmalik kata. Ak mbok diajari.

    Ini siapa ya, kok nggak pakai link

    [Reply]

  3. Sarimin
    November 10th, 2009 at 08:31 | #3

    … oyi…, Sip…sip… :)

    Makasih Mas Sarimin…

    .-= Postingan Sarimin : Download Wallpaper Ubuntu 9.10 =-.

    [Reply]

  4. pensiun kaya
    November 10th, 2009 at 08:45 | #4

    ada-ada saja peribahaha ini … hidup mas mars:-D

    Makasih…
    Sukses buat mangamsi.blogspot.com

    .-= Postingan pensiun kaya : Dow Jones Tembus 10200, IHSG Ikut? =-.

    [Reply]

  5. November 10th, 2009 at 08:57 | #5

    Rajin pangkal pandai, Korupsi di pangkal pinang *maksa yak*

    maksudnya, setelah tanjung-api-api, pangkal pinang juga lahan korupsi yang empuk :))

    btw, alamendah itu komen pake software ya, dimana2 pertamax mulu :D

    Semoga kita tak termasuk yang korup…

    .-= Postingan sibaho way : Cara militan optimasi Alexa Rank =-.

    [Reply]

  6. dameydra
    November 10th, 2009 at 09:37 | #6

    paribahasa yang aneh …hehehehe

    Yang aneh biasanya lebih menyita perhatian orang…

    .-= Postingan dameydra : Bantuan Peralatan Laboratorium TIK =-.

    [Reply]

  7. November 10th, 2009 at 09:48 | #7

    bersatu kita kompak.. bicara kita ngapak…

    Kompak itu Indah, ngapak juga iya…

    [Reply]

  8. November 10th, 2009 at 10:20 | #8

    nambahin Pak…

    1. tak ada gading yang tak klethak >> jan ora tedhas blas
    2. sambil menyelam buang air >> hihi…kebiasaan.
    3. berdiri sama rendah duduk sama saja >> kerumunan orang pendek

    Semua saya suka…
    Tapi paling suka yg No. 3… :D

    .-= Postingan masAdi : bip =-.

    [Reply]

  9. Blog Ijo
    November 10th, 2009 at 10:26 | #9

    Gara2 Nila Setitik, Rusak Susu Sebelahnya..

    Ringan Sama Dijinjing, Berat Bawa Sendiri Ya..

    Adik Bertiertiak Tanda Tak Balang….

    Kak Aprie hebat juga…

    [Reply]

  10. Afrianti Takaful
    November 10th, 2009 at 10:36 | #10

    Gajah dipelupuk mata tak kelihatan.. semut di seberang pulau melambai-lambai….

    Gajah pesing keliatan….

    [Reply]

  11. Cah Sholihah
    November 10th, 2009 at 10:38 | #11

    Hidup segan.. mati geleng-geleng…. hahaha

    Yang mati pemabuk pastinya, karena geleng2…

    .-= Postingan Cah Sholihah : Mamaku…. Pahlawanku =-.

    [Reply]

  12. arkasala
    November 10th, 2009 at 11:05 | #12

    sebuah contoh berkreasi tanpa henti. Banyak inspirasi dari blog ini, sehingga saya pun ikutan sambil menyelam minum teh botol Pak. he he. Trims Pak. Salam :)

    Makasih Mas Yayat…
    Selamat berkreasi dengan edit imagenya…

    .-= Postingan arkasala : Anak Saya Memberi Nama Cap Long Hay =-.

    [Reply]

  13. Wandi thok
    November 10th, 2009 at 12:00 | #13

    Mati satu tumbuh kijing pak. Nek iki perihaha tenan. :lol:

    [Reply]

  14. Wandi thok
    November 10th, 2009 at 12:02 | #14

    Mati satu tumbuh kijing. Nek iki perihaha tenan pak. :lol:

    Medeni uwong Pak…

    [Reply]

  15. ciwir
    November 10th, 2009 at 13:24 | #15

    hahahahaha…..
    itulah yang namanya logis binti realistis

    Yang logis dan realistis lebih gampang dicerna dan diterima…
    Lebih gampang dikomentari…

    .-= Postingan ciwir : Bayi Berwarna ‘Kuning’ =-.

    [Reply]

  16. guskar
    November 10th, 2009 at 13:42 | #16

    tong kosong nggak ada bunyinya, lha iya..wong nggak ada yg mukul je :)

    Yang harusnya mukul tong kosong baru nulis comment… :D

    [Reply]

  17. November 10th, 2009 at 13:58 | #17

    haha..bisa aja… tambah satu lagi nih “kura-kura dalam perahu, pura2 tidak tahu ” :)

    Kura2 dalam pesawat…
    Penyelundupan kura2…

    .-= Postingan isti : Tentang Kita =-.

    [Reply]

  18. Pakde Cholik
    November 10th, 2009 at 14:53 | #18

    Peribahasa it kan buatan orang masa lampau ya mas. Mas pernah membaca ada peribahasa baru yang dibuat oleh orang baru ?( maksudnya generasi setelah pembuat peribahasa itu).
    Saya kok pernah menemukan ya, kalau slogan sih banyak.
    salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  19. luxsman
    November 10th, 2009 at 15:48 | #19

    kosakata ku nambah maning iki….
    .-= Postingan luxsman : Our Heroes Day =-.

    [Reply]

  20. mandor tempe
    November 10th, 2009 at 16:12 | #20

    peribahahahhaahaha benar-benar menghibur
    .-= Postingan mandor tempe : KRA (KPI 2, habis) =-.

    [Reply]

  21. November 10th, 2009 at 18:00 | #21

    salam kenal sob…

    [Reply]

  22. oglek
    November 10th, 2009 at 18:12 | #22

    wah itu sih namanya perihbahasa :D
    .-= Postingan oglek : Pahlawan Kami =-.

    [Reply]

  23. November 10th, 2009 at 18:59 | #23

    Ibarat peribahasa Cicak tidak mungkin menjadi Buaya :D

    [Reply]

  24. Baru belajar
    November 10th, 2009 at 19:05 | #24

    Salam perkenalan mas :D

    [Reply]

  25. November 10th, 2009 at 19:43 | #25

    wakakaka
    Kambing Mati Gentho Rugi itu peribahasa apa artinya pak wakakakaka
    .-= Postingan genthokelir : Analisa Hasil Usaha Ternak Kambing Etawa =-.

    [Reply]

  26. November 10th, 2009 at 19:57 | #26

    haha kreatif juga mas, baru tau kalo ada yang namanya pribahaha matep tapi lucu juga buat lucu-lucuan
    .-= Postingan Blog Informasi : Update Pagerank, Prediksi Pagerank =-.

    [Reply]

  27. November 10th, 2009 at 20:20 | #27

    ntu iklan adv nya berapa sekali klik mister…
    tampaknya menarik banget, dimana bs diambil kodenya. tak pasang d blogku :lol:
    .-= Postingan Panca : Plugin Sitemap Untuk Blogspot =-.

    [Reply]

  28. ivan
    November 10th, 2009 at 21:01 | #28

    salam kenal :)
    .-= Postingan ivan : Peringatan 10 November =-.

    [Reply]

  29. SEO
    November 10th, 2009 at 21:06 | #29

    kerennn salam kenal

    [Reply]

  30. Indo Hijau
    November 10th, 2009 at 22:59 | #30

    He,…he…he…ada-ada saja idenya mas Marsudiyanto ini, seperti kang alam bilang kalau jadi guru bahasa indonesia bisa bermetamophose semua siswanya…:lol:
    .-= Postingan Indo Hijau : Stop Press! Kritik saya, jangan hanya memuji. =-.

    [Reply]

  31. suranegara
    November 10th, 2009 at 23:19 | #31

    huahahahahaaa……. yang terakhir itu………..!!!!!!! gilaaa, mana ada muntahan enak… kakakakaka…..
    .-= Postingan suranegara : MeReview nokia 7210 supernova =-.

    [Reply]

  32. belajar blog
    November 11th, 2009 at 03:08 | #32

    wkwkwkwkwk…… hi10x… bisaaa ajaaa Bapak…
    .-= Postingan belajar blog : Template WordPress VS Index Google =-.

    [Reply]

  33. November 11th, 2009 at 06:39 | #33

    becik ketitik, ala sing maca
    .-= Postingan Andy MSE : Hari Pahlawan dan Tugu Pahlawan =-.

    [Reply]

  34. kw
    November 11th, 2009 at 08:18 | #34

    hoho inspiratip…. :)
    .-= Postingan kw : masa lalu dan masa depan itu membebani =-.

    [Reply]

  35. Potter.Web.ID
    November 11th, 2009 at 10:09 | #35

    Heu kreatif ide nulisnya…saya ada satu pribahasa lama, bisa di peribahaha kan?
    “berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan lidah”
    .-= Postingan Potter.Web.ID : Tutorial Setting Email pada Mozilla Thunderbird =-.

    [Reply]

  36. munawar am
    November 11th, 2009 at 15:44 | #36

    semarang kaline banjir;
    jo sumelang ra dipikir

    kendal kaline wungu:
    kaliwungu salah satu kecamatan di kabupaten kendal :)
    .-= Postingan munawar am : Lempeng Bumi =-.

    [Reply]

  37. simba
    November 11th, 2009 at 15:52 | #37

    berat sama dijinjing, ringan pikulen dw

    [Reply]

  38. November 11th, 2009 at 23:44 | #38

    Dasar pak guru suka kencing berdiri.. Muridnya pada kabuurr.. Hahahaha

    [Reply]

  39. November 12th, 2009 at 05:26 | #39

    Blog gratongan kayaknya nggak bisa kayak gituan mas. wah sesekali ya boleh lah menggunakan pigura, walau terbatas, tapi saya masih terkagum dengan kreasinya mas.
    .-= Postingan Badruz : Hadiah Dari Pakde Kholik =-.

    [Reply]

  40. Khaystudio
    November 15th, 2009 at 03:10 | #40

    hahaha.. mister bisa ajah
    .-= Postingan Khaystudio : Jalan Panjang =-.

    [Reply]

  41. hakimaza
    November 24th, 2009 at 13:51 | #41

    dadi menungsa aja seneng ‘mikul dhuwur mendhem terus’

    [Reply]

  1. March 11th, 2010 at 21:24 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~