Perubahan Fungsi Strikethrough

Nggak cuman Poskamling saja yang bisa berubah fungsi jadi tempat ngerumpi. Halte bis pun bisa berubah jadi arena judi. (Bahkan konon, jembatan timbang juga berubah jadi tempat pungli).

Masing2 perubahan membawa konsekuensi. Ada yang melengkapi, tapi banyak yang keluar fungsi. Pemanfaatan tempat ibadah sebagai sarana musyawarah dan diskusi atau seni sebagai sarana pemersatu adalah contoh perubahan fungsi yang melengkapi, tapi penggunaan halte untuk main remi atau warung nasi yang dijadikan tempat transaksi porstitusi adalah perubahan fungsi yang sangat nggegirisi.

Tapi biarlah yang itu2 tadi diurus oleh mereka yang punya kewenangan untuk menangani. Kita bicara yang ringan2 saja.

Sahabat pasti mengenal tanda strikethrough atau coretan pada kata. Pada awalnya strikethrough dimaksudkan sebagai cara revisi kata yang salah tulis, tapi saat ini justru digunakan dan diubah fungsinya secara cerdas sebagai sarana pemancing perhatian sekaligus ajang bercandaria.

Untuk melengkapi tulisan ini, saya menulis beberapa contoh strikethrough, spesial hanya untuk Anda

Dalam kunjungan kerjanya ke Denmark Demak, Menteri Dalam Negeri Marsudiyanto Mardiyanto menegaskan bahwa metamarsphose metamorfose adalah sebuah proses perkembangan perawan hewan yang berupa perubahan fisik dan struktur.

Pada kesempatan yang sama beliau mengungkapkan rasa kecoak kecewa atas klaim negara Maling Malaysia terhadap lagu Mak Erot Engket… 😆

Dan inilah contoh otentik penggunaan strikethrough yang sebenar2nya saat Bung Karno membuat konsep naskah proklamasi.

teks proklamasi

36 thoughts on “Perubahan Fungsi Strikethrough

  1. di tempat saya, mushola berubah menjadi tempat tidur di bulan ramadhan, manfaat atau madhorotkah ?

    Sepanjang tidurnya nggak merugikan orang lain, kayaknya asyik2 aja…

    .-= Postingan riffrizz : Nethek =-.

    [Reply]

  2. strike through jadi menarik kalau di plesetin yah

    Tapi kalau kepleset beneran malah bisa stroke Mbak… 😀

    .-= Postingan ajengkol : Sisa Usiaku =-.

    [Reply]

  3. ide-ide seperti ini pak yang kadang terlupakan banyak blogger
    .-= Postingan achmad sholeh : Menunggu =-.

    [Reply]

  4. kok ndak masuk di lima komentator kenapa ya pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Menunggu =-.

    [Reply]

  5. apa harus lebih dari satu kali kalau ngomentari satu postingan nggih
    .-= Postingan achmad sholeh : Menunggu =-.

    [Reply]

  6. Nuwun sewu pak, niki mboten wonten maksud kangge nyepam

    Nyepam nggih mboten nopo2 Mas.
    Di sini bebas, mau komentar berapa kali.

    .-= Postingan achmad sholeh : Menunggu =-.

    [Reply]

  7. syukur-syukur kabinet depan Mendagrine pancen nama yang di strikethrough
    di postingan atas 😀

    [Reply]

  8. hahahaaa… contohnya itu lho.
    bener, mas marsud. kalau dulu stikethrough digunakan untuk merevisi, sekarang justru sebagai pencuri perhatian. tapi iya juga sih. pada tulisan tangan fungsi stikethrough memang begitu, apalagi kalau nggak ada penghapus. tapi dengan komputer kan tinggal delete tanpa meninggalkan jejak. otomatis kalau mau maksa nyoret juga berarti niat sebenarnya justru sebaliknya.

    [Reply]

  9. Lha gaya itu sekarang banyak diikuti para pedagang kan mas. Lihat harga-harga kan dicoreti trus dibawahnya diganti harga baru yang lebih murah. Belum ada sejarahnya harga baru lebih tinggi dari harga lama yang tekah dicoret.
    Ini yang niru para blogger atau para pedagang ya mas.
    Salam hangat dari Surabaya.

    [Reply]

  10. dadi ngunu to penggunaane pak.
    dak kiro kanggo nyoret2 kertas ulangan je
    😀
    .-= Postingan ciwir : Komitmen PNS Sragen =-.

    [Reply]

  11. bukannya dari dulu strikethrough buat ajang bercandaan 😀

    kalo serius ‘mah tulisan tinggal di delete si empunya blog :mrgreen:
    .-= Postingan rio2000 : Wallpaper Ubuntu 01 Splash =-.

    [Reply]

  12. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    .-= Postingan KangBoed : Kekasihku (3) =-.

    [Reply]

  13. Wakaka, bener dhe, jadinya harga lutu ya, hampir jadi nggak percaya 😆
    .-= Postingan Wandi thok : Serangan Fajar =-.

    [Reply]

  14. Mohon mangap pak Mars, ini tadi mo ngreply pakdhe Cholik kok dadi nengkene sih 😆

    [Reply]

  15. saya baru tau kalau itulah awal mulanya pemakaian strikethrough mister..
    Bung Karno emang hebat
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Renungan =-.

    [Reply]

  16. @Wandi thok
    coba reply komeng pak wadi

    gpp pak wandi, mister lagi ke semarang kok 🙂
    .-= Postingan Mengembalikan jati diri bangsa : Renungan =-.

    [Reply]

  17. lha jaman dulu Bung Karno sama Bung Hatta belum kenal perintah dan pak..kenalnya masih dan
    hehehehe…

    [Reply]

  18. loh “strike” sama “coret”-nya kok ga keluar
    (doh)
    revised :
    lha jaman dulu Bung Karno sama Bung Hatta belum kenal perintah “strike dan /strike” pak..kenalnya masih “coret dan /coret”
    :p

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *