Home > Inspirasi > Pidato Bung Karno

Pidato Bung Karno

February 6th, 2011 Leave a comment Go to comments

Ada hal yang menarik perhatian saya ketika mengikuti sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh IPB Bogor. Di awal penjelasannya, nara sumber menyuplik pidato Presiden Sukarno saat meresmikan kampus IPB tahun 1952.

Bung Karno mengatakan bahwa pertanian adalah soal hidup atau mati !.

Rakyat Indonesia akan mengalami celaka, bencana, malapetaka dalam waktu dekat kalau soal makanan rakyat tidak segera dipecahkan, sedangkan soal persediaan makanan rakyat ini bagi kita adalah soal hidup atau mati…

Camkan, sekali lagi camkan, kalau kita tidak “campakkan” soal makanan rakyat ini secara besar-besaran, secara radikal dan revolusioner kita akan mengalami malapetaka!”

Saya tak pernah mengira, di tahun 1952 sudah ada pemikiran seperti itu dari seorang Kepala Negara. Apa yang saya tulis ini tak ada tujuan apapun kecuali hanya untuk mengingatkan bahwa saat ini disekitar kita masih banyak rakyat yang kelaparan.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. February 6th, 2011 at 05:41 | #1

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Pemikiran2 Bung Karno memang sering jauh ke depan. Jare…!


    Aku yo jare…
    Durung tau ketemu Pak Karno…

    [Reply]

    Vulkanisir Reply:

    Wah..ane belum kenal nih ama bapak ini

    [Reply]

  2. February 6th, 2011 at 05:46 | #2

    Pertumbuhan penduduk semakin pesat, sementara lahan pertanian menyempit. Memang butuh perhatian lebih untuk masalah ini.


    Padahal dulu pernah swasembada pangan lho Mas…
    Jaman Bimas / Inmas

    [Reply]

  3. February 6th, 2011 at 06:28 | #3

    indonesia adalah negara agraris, namun ironisnya tak banyak calon mahasiswa yg ingin masuk faperta. kalopun nanti lulus dr faperta, ia bekerja bukan di bidang pertanian


    Kekeliruan terbesar terletak pada kebijakan penguasa…
    Sukanya import biar mudah nyari untung

    [Reply]

    nh18 Reply:

    Statement Mas Gus ini …
    Benar adanya …
    Sebagian besar lulusan jurusan saya … masuk Industri Perbankan (dulu lagi booming-boomingnya …)


    Yang di pemerintahan juga banyak Om… :D

    [Reply]

    bundadontworry Reply:

    Guuus……………… apa kabar?
    kangeeennn………….. :)
    semoga selalu sehat ya
    salam hangat utk keluarga…….
    salam

    [Reply]

  4. February 6th, 2011 at 06:40 | #4

    Artinya…kalau hal itu dibiarkan terus-menerus, negara ini bisa kehilangan pemerintah.


    Intinya kuncinya pada pangan…

    [Reply]

  5. February 6th, 2011 at 07:26 | #5

    swasembada pangan hanya menjadi retorika dan menjadi jualan para pemimpin egaliter…


    Nurdin malah mau swasembada bola

    [Reply]

  6. February 6th, 2011 at 08:17 | #6

    Berarti IPB sudah lama ya pak di bangun?
    hemm,, kayaknya betul tuh pidatonya, sekarang aja udah banyak yg kelaparan,, :lol:


    Sudah lama Mas…
    SBY termasuk alumnus IPB lho…

    [Reply]

  7. February 6th, 2011 at 08:17 | #7

    kemaren sore tertulis di jaket hoodie, dikenakan pemuda…tulisannya simpel namun menegaskan…
    ‘Tiada yang abadi di bumi indonesia kecuali kemiskinan’


    Cerdas itu yg bikin jaket

    [Reply]

  8. February 6th, 2011 at 08:49 | #8

    HHmmm …
    Jadi mereka melakukan upaya untuk menarik calon mahasiswa dengan cara menyitir Pidato Bung Karno … ?

    Mudah-mudahan isi pemaparan mereka tentang Fakultas dan Jurusan yang ada di Kampus tersebut pun bisa dimengerti oleh para siswa …
    (sehingga bisa menarik minat mereka … bukan malah sebaliknya)

    Buat anak-anakku sekalian …
    Welcome to the green campus !
    Ini kampus yang bagus
    Kampus Bhineka Tunggal Ika … !


    Yang pidato Bung Karno itu cuman diawal2 Om…
    Setelah itu ya detail IPB.
    Bahwa pertanian itu nggak cuma nanam2 tapi termasuk perikanan, peternakan dll.
    Komplitlah pokoknya.
    Ini tidak diadakan di sekolah tapi mereka mengundang beberapa sekolah tertentu saja.
    1 SMA cuman diwakili 2 guru dan 3 siswa.
    Akomodasi ditanggung IPB…

    [Reply]

  9. nDuk
    February 6th, 2011 at 09:04 | #9

    Perut kenyang, pikiran tenang ;)


    Ayo nDuk, mangan sing wareg!

    [Reply]

    nDuk Reply:

    ben lemu nak dipotong :lol:


    Wkwkwkwk…

    [Reply]

    bundadontworry Reply:

    kak Raaam…..apa kabar??? kangeeennn……….. :)
    (peluk2 kutjing)
    salam

    [Reply]

  10. druplicon
    February 6th, 2011 at 09:27 | #10

    Saya salah satu penggemar bung karno..dialah president sebenarnya.


    Saya juga Mas…

    [Reply]

  11. February 6th, 2011 at 09:30 | #11

    salam kenal mas…


    Salam Kenal kembali

    [Reply]

  12. February 6th, 2011 at 10:43 | #12

    semoga ada presiden ke depan yg mirip Pak Karno visinya :D

    [Reply]

  13. February 6th, 2011 at 11:13 | #13

    ironis….negara agraris(katanya) tapi kok senengnya import beras (kalau yg ini nyatanya) :P
    salam

    [Reply]

  14. azaxs
    February 6th, 2011 at 11:18 | #14

    bung karno pemimpin visioner, termasuk cadangan pangan dan beras…
    sayange sampai sekarang, negara agraris ini belum pernah benar-benar swasembada pangan..

    [Reply]

  15. February 6th, 2011 at 11:35 | #15

    Siapapun presidennya yang penting rakyatnya bisa makan kenyang dan hati senang…..

    [Reply]

  16. February 6th, 2011 at 12:31 | #16

    ini dia idola bokap ane.. sampe2 photo segede gaban dipajang dirumah.. malah photo keluarga & presiden yg skr aja ga ada…hehehe

    [Reply]

  17. riFFrizz
    February 6th, 2011 at 12:48 | #17

    Pak Karno Pinter Ngramal ternyata


    Pak Karno ora ngramal tapi mengingatkan

    [Reply]

  18. Vulkanisir
    February 6th, 2011 at 15:33 | #18

    Para peramal pun sekarang bilang begitu toh


    Kalau Bung Karno itu nggak meramal tapi mengingatkan Bang

    [Reply]

  19. fendik
    February 6th, 2011 at 16:16 | #19

    Like it.. terima kasih pak sudah diingatkan..


    Kita saling mengingatkan Mas

    [Reply]

  20. kang ian dot com
    February 6th, 2011 at 17:25 | #20

    bung karno memang hebaat..


    Setujuuuu

    [Reply]

  21. udienroy
    February 6th, 2011 at 17:39 | #21

    Sekarang ini jika yang kaya agaknya makin kaya. Dan yang lemah makin terkucilkan, susah mendapatkan perlindungan hukum. Postingan udienroy : .-= Berikanku yang Terbaik =-.


    Bener Mas…
    Yang sudah kaya sangat mudah meraup untung lewat kekayaannya

    [Reply]

  22. Viany
    February 6th, 2011 at 20:02 | #22

    Harga barang-barang yang lain biasanya kalau harganya naik tidak pernah turun lagi tapi anehnya kalau hasil pertanian selalu turun apalagi kalau musim panen yang lain boleh naik tapi hasil pertanian tidak boleh, bagaimana bisa pemuda tertarik jadi petani?


    Inflasi di Indonesia luar biasa …

    [Reply]

  23. February 6th, 2011 at 20:10 | #23

    Kok pas sama momentum pemerintah yang mau impor beras, Pakdhe?
    Beras mahal euy..


    Kalau beras mahal firasat mau kiamat Mas…
    Lha awake dewe mangane sego je…

    [Reply]

  24. February 6th, 2011 at 20:19 | #24

    mau ikuti pidatonya BK?
    mulai nanam sendiri aja dari pekarangan sendiri, atau di pot


    Saya sudah nanam nanas, mangga dan pepaya Mbak… :D

    [Reply]

  25. February 6th, 2011 at 22:08 | #25

    Wah, pasti Bung Karno menyampaikannya dengan berapi2. Asyik juga jika bisa dapat audio/videonya dan diupload supaya masyarakat sekarang dapat menyelami situasi & kondisi saat itu. Terutama di bawah kepemimpinan Bung Karno.

    Tapi asyik lagi jika Pak Mars juga membuat video blogging (ini asli ngepas2ke dalam rangka promosi tantangan video blogging). Ini nih tantangannya:

    Video blogging yuk? Ini nih tantangannya:

    http://dewo.wordpress.com/2011/02/06/video-blogging-yuk/

    Ditunggu ya, Pak…


    Segera ke TKP Mas…

    [Reply]

  26. February 6th, 2011 at 23:22 | #26

    wah, ke IPB pak? ada acara apa?


    IPB yang datang ke Semarang Mas…
    Acara sosialisasi pendaftaran mahasiswa baru

    [Reply]

  27. February 7th, 2011 at 00:48 | #27

    bung Karno memang negarawan sejati,,,


    Diantara kekurangannya, Bung Karno punya banyak kelebihan

    [Reply]

  28. February 7th, 2011 at 01:17 | #28

    dan cabe masih mahal!


    Lain2nya juga mahal Mas…

    [Reply]

  29. IM and NM
    February 7th, 2011 at 07:50 | #29

    pidato pak karno selalu menggugah semangat


    Iya Mas…

    [Reply]

  30. dHaNy
    February 7th, 2011 at 08:01 | #30

    Belum ada yang bisa menggantikan kepemimpinan pak Karno ya pak… Kita merindukan sosok pemimpin seperti beliau…


    Dulu saya kira Pak SBY bisa sedikit meniru, tapi ternyata masih sangat jauh…
    Terlalu halus

    [Reply]

  31. Kakaakin
    February 7th, 2011 at 09:12 | #31

    Visi beliau jauh ke depan.
    Heboh2 masalah cabe sekarang, jangan2 cabe diimport juga dari LN?


    Permainan tengkulak Mbak

    [Reply]

  32. advertiyha
    February 7th, 2011 at 09:44 | #32

    Jaman sekarang makin jarang yang mau usaha Nanas, Mangga, Pepaya, Durian, Lele, Gurami, Nila dan ikan asin ya pak..
    padahal itu sumber pangan favorit rakyat, yang gak bikin melarat…


    Saya coba membudidayakan meski cuma lewat komentar :D

    [Reply]

  33. February 7th, 2011 at 10:17 | #33

    tapi sungguh sangat disayangkan, para pemimpin kita saat ini tidak menyadari akan hal itu. :(


    Itu Dia…

    [Reply]

  34. chocoVanilla
    February 7th, 2011 at 10:31 | #34

    Waktu saya SD dulubelajar tentang “swasembada” pangan. Sekarang kok gak pernah dengar ya?


    Sekarang suka beli dari luar negri Mbak…
    Dulu ada Bimas, Inmas dll…

    [Reply]

  35. obat alami asam urat
    February 7th, 2011 at 13:20 | #35

    wah saya belum di lahirkan gan kalo presiden bung karno itu,,, jadi aku baru tau, terima kasih banyak gan salam kenal aja gan


    Saya juga belum lahir kala itu Mas…

    [Reply]

  36. February 7th, 2011 at 17:30 | #36

    JAS MERAH……


    PDI

    [Reply]

  37. Erwin
    February 7th, 2011 at 20:03 | #37

    memang benar, pak…
    banyak saudara kita yang masih kelaparan :(


    Saya juga kelaparan… :D

    [Reply]

  38. Penulis Cemen
    February 7th, 2011 at 22:33 | #38

    sebenarnya masalah kelaparan bisa di atasi jika kita saling peduli


    Kemelaratan juga begitu Mas…
    Saya setuju!

    [Reply]

  39. brand
    August 18th, 2011 at 13:31 | #39

    sungguh luar biasa visi beliau hingga sampai sekarang yang ditakutkan beliau memang terjadi.. di negara yang kaya ini masih bnyak kemiskinan & kelaparan, smoga bangsa kita bisa melaluinya..

    [Reply]

  1. February 11th, 2011 at 17:46 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~