Pidato Bung Karno

Ada hal yang menarik perhatian saya ketika mengikuti sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh IPB Bogor. Di awal penjelasannya, nara sumber menyuplik pidato Presiden Sukarno saat meresmikan kampus IPB tahun 1952.

Bung Karno mengatakan bahwa pertanian adalah soal hidup atau mati !.

Rakyat Indonesia akan mengalami celaka, bencana, malapetaka dalam waktu dekat kalau soal makanan rakyat tidak segera dipecahkan, sedangkan soal persediaan makanan rakyat ini bagi kita adalah soal hidup atau mati…

Camkan, sekali lagi camkan, kalau kita tidak “campakkan” soal makanan rakyat ini secara besar-besaran, secara radikal dan revolusioner kita akan mengalami malapetaka!”

Saya tak pernah mengira, di tahun 1952 sudah ada pemikiran seperti itu dari seorang Kepala Negara. Apa yang saya tulis ini tak ada tujuan apapun kecuali hanya untuk mengingatkan bahwa saat ini disekitar kita masih banyak rakyat yang kelaparan.

45 thoughts on “Pidato Bung Karno

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Pemikiran2 Bung Karno memang sering jauh ke depan. Jare…!


    Aku yo jare…
    Durung tau ketemu Pak Karno…

    [Reply]

    Vulkanisir Reply:

    Wah..ane belum kenal nih ama bapak ini

    [Reply]

  2. Pertumbuhan penduduk semakin pesat, sementara lahan pertanian menyempit. Memang butuh perhatian lebih untuk masalah ini.


    Padahal dulu pernah swasembada pangan lho Mas…
    Jaman Bimas / Inmas

    [Reply]

  3. indonesia adalah negara agraris, namun ironisnya tak banyak calon mahasiswa yg ingin masuk faperta. kalopun nanti lulus dr faperta, ia bekerja bukan di bidang pertanian


    Kekeliruan terbesar terletak pada kebijakan penguasa…
    Sukanya import biar mudah nyari untung

    [Reply]

    nh18 Reply:

    Statement Mas Gus ini …
    Benar adanya …
    Sebagian besar lulusan jurusan saya … masuk Industri Perbankan (dulu lagi booming-boomingnya …)


    Yang di pemerintahan juga banyak Om… 😀

    [Reply]

    bundadontworry Reply:

    Guuus……………… apa kabar?
    kangeeennn………….. 🙂
    semoga selalu sehat ya
    salam hangat utk keluarga…….
    salam

    [Reply]

  4. Artinya…kalau hal itu dibiarkan terus-menerus, negara ini bisa kehilangan pemerintah.


    Intinya kuncinya pada pangan…

    [Reply]

  5. swasembada pangan hanya menjadi retorika dan menjadi jualan para pemimpin egaliter…


    Nurdin malah mau swasembada bola

    [Reply]

  6. Berarti IPB sudah lama ya pak di bangun?
    hemm,, kayaknya betul tuh pidatonya, sekarang aja udah banyak yg kelaparan,, 😆


    Sudah lama Mas…
    SBY termasuk alumnus IPB lho…

    [Reply]

  7. kemaren sore tertulis di jaket hoodie, dikenakan pemuda…tulisannya simpel namun menegaskan…
    ‘Tiada yang abadi di bumi indonesia kecuali kemiskinan’


    Cerdas itu yg bikin jaket

    [Reply]

  8. HHmmm …
    Jadi mereka melakukan upaya untuk menarik calon mahasiswa dengan cara menyitir Pidato Bung Karno … ?

    Mudah-mudahan isi pemaparan mereka tentang Fakultas dan Jurusan yang ada di Kampus tersebut pun bisa dimengerti oleh para siswa …
    (sehingga bisa menarik minat mereka … bukan malah sebaliknya)

    Buat anak-anakku sekalian …
    Welcome to the green campus !
    Ini kampus yang bagus
    Kampus Bhineka Tunggal Ika … !


    Yang pidato Bung Karno itu cuman diawal2 Om…
    Setelah itu ya detail IPB.
    Bahwa pertanian itu nggak cuma nanam2 tapi termasuk perikanan, peternakan dll.
    Komplitlah pokoknya.
    Ini tidak diadakan di sekolah tapi mereka mengundang beberapa sekolah tertentu saja.
    1 SMA cuman diwakili 2 guru dan 3 siswa.
    Akomodasi ditanggung IPB…

    [Reply]

  9. Perut kenyang, pikiran tenang 😉


    Ayo nDuk, mangan sing wareg!

    [Reply]

    nDuk Reply:

    ben lemu nak dipotong 😆


    Wkwkwkwk…

    [Reply]

    bundadontworry Reply:

    kak Raaam…..apa kabar??? kangeeennn……….. 🙂
    (peluk2 kutjing)
    salam

    [Reply]

  10. bung karno pemimpin visioner, termasuk cadangan pangan dan beras…
    sayange sampai sekarang, negara agraris ini belum pernah benar-benar swasembada pangan..

    [Reply]

  11. Para peramal pun sekarang bilang begitu toh


    Kalau Bung Karno itu nggak meramal tapi mengingatkan Bang

    [Reply]

  12. Sekarang ini jika yang kaya agaknya makin kaya. Dan yang lemah makin terkucilkan, susah mendapatkan perlindungan hukum. Postingan udienroy : .-= Berikanku yang Terbaik =-.


    Bener Mas…
    Yang sudah kaya sangat mudah meraup untung lewat kekayaannya

    [Reply]

  13. Harga barang-barang yang lain biasanya kalau harganya naik tidak pernah turun lagi tapi anehnya kalau hasil pertanian selalu turun apalagi kalau musim panen yang lain boleh naik tapi hasil pertanian tidak boleh, bagaimana bisa pemuda tertarik jadi petani?


    Inflasi di Indonesia luar biasa …

    [Reply]

  14. Kok pas sama momentum pemerintah yang mau impor beras, Pakdhe?
    Beras mahal euy..


    Kalau beras mahal firasat mau kiamat Mas…
    Lha awake dewe mangane sego je…

    [Reply]

  15. mau ikuti pidatonya BK?
    mulai nanam sendiri aja dari pekarangan sendiri, atau di pot


    Saya sudah nanam nanas, mangga dan pepaya Mbak… 😀

    [Reply]

  16. Wah, pasti Bung Karno menyampaikannya dengan berapi2. Asyik juga jika bisa dapat audio/videonya dan diupload supaya masyarakat sekarang dapat menyelami situasi & kondisi saat itu. Terutama di bawah kepemimpinan Bung Karno.

    Tapi asyik lagi jika Pak Mars juga membuat video blogging (ini asli ngepas2ke dalam rangka promosi tantangan video blogging). Ini nih tantangannya:

    Video blogging yuk? Ini nih tantangannya:

    http://dewo.wordpress.com/2011/02/06/video-blogging-yuk/

    Ditunggu ya, Pak…


    Segera ke TKP Mas…

    [Reply]

  17. Belum ada yang bisa menggantikan kepemimpinan pak Karno ya pak… Kita merindukan sosok pemimpin seperti beliau…


    Dulu saya kira Pak SBY bisa sedikit meniru, tapi ternyata masih sangat jauh…
    Terlalu halus

    [Reply]

  18. Visi beliau jauh ke depan.
    Heboh2 masalah cabe sekarang, jangan2 cabe diimport juga dari LN?


    Permainan tengkulak Mbak

    [Reply]

  19. Jaman sekarang makin jarang yang mau usaha Nanas, Mangga, Pepaya, Durian, Lele, Gurami, Nila dan ikan asin ya pak..
    padahal itu sumber pangan favorit rakyat, yang gak bikin melarat…


    Saya coba membudidayakan meski cuma lewat komentar 😀

    [Reply]

  20. Waktu saya SD dulubelajar tentang “swasembada” pangan. Sekarang kok gak pernah dengar ya?


    Sekarang suka beli dari luar negri Mbak…
    Dulu ada Bimas, Inmas dll…

    [Reply]

  21. wah saya belum di lahirkan gan kalo presiden bung karno itu,,, jadi aku baru tau, terima kasih banyak gan salam kenal aja gan


    Saya juga belum lahir kala itu Mas…

    [Reply]

  22. memang benar, pak…
    banyak saudara kita yang masih kelaparan 🙁


    Saya juga kelaparan… 😀

    [Reply]

  23. sebenarnya masalah kelaparan bisa di atasi jika kita saling peduli


    Kemelaratan juga begitu Mas…
    Saya setuju!

    [Reply]

  24. Pingback: arbgate
  25. sungguh luar biasa visi beliau hingga sampai sekarang yang ditakutkan beliau memang terjadi.. di negara yang kaya ini masih bnyak kemiskinan & kelaparan, smoga bangsa kita bisa melaluinya..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *