Pohon Ilmu

Sebelum salah persepsi perlu saya garis bawahi bahwa ini adalah pohon ilmu, bukan ilmu pohon!. Kalau ilmu pohon macam ilmu padi kan sudah biasa. Supaya nggak cuma ketema ketemu yang biasa2 saja, maka saya nulis yang sedikit anti biasa yaitu pohon ilmu, hasil renungan selama pertapaan.

Pohon Ilmu hanyalah kiasan. Ibarat pohon, setiap ilmu pasti punya akar, batang, dahan, ranting dsb. Menguasai pohon ilmu adalah memahami ilmu secara utuh, komprehensip dan tidak sepotong2. Ini amat penting agar yang belajar nggak salah persepsi, nggak nyasar dan nggak tersesat.

Belajar silat misalnya…
Jangan hanya paham kuda2, jangan hanya bisa menyerang saja, tapi juga harus pandai mengatur pernafasan, pertahanan dan tangkisan. Kuda2 dan tangkisan saja tak akan mampu jatuhkan lawan, menyerang saja bisa lupa pertahanan dan kehabisan pernafasan.

Belajar ilmu pertanian…
Nggak cukup hanya bisa menanam saja tapi harus dimulai dengan pemilihan bibit, merawat, mampu mengatasi serangan hama dan yang tak kalah penting adalah bisa memasarkan hasilnya.

Ilmu politik juga begitu.
Jangan hanya pandai memikat hati rakyat, jangan cuma bisa meraih jabatan yang tinggi dan lihai korupsi, tapi kuasai juga bagaimana mengemban amanat dengan cara bermartabat dan terhormat.

Kalau ngeblog jangan hanya nulis saja tanpa pernah komentar atau komentar saja tanpa pernah update tulisan. Jangan hanya memburu dolar tanpa peduli pentingnya sahabat tapi juga jangan hanya cari sahabat yang nggak bawa manfaat.

Tulisan ini tidak bermaksud agar orang menguasai semua ilmu. Cukup beberapa tapi utuh. Jika sudah tetapkan pilihan jangan setengah2. Mari belajar pohon ilmu, belajar mulai dari akar hingga ke ranting2nya.

42 thoughts on “Pohon Ilmu

  1. setujuuuuu
    saya ambil pohon blogger aja deh.

    EM


    Saya juga ambil Bu… 😀

  2. sudah bisa ngeblog stlh bertapa? *Pohon blogwalking ada ngga?


    Pastinya ada…
    Bagaimana cara ngisi nama, email dan url kita
    Bagaimana menulis,
    Bagaimana etika komentar
    Bagaimana cara ngirimnya 😀

  3. oh? ini oleh2 dari pertapaan ‘kah? 😀
    pohon ilmu?
    sepertinya yang saya perlukan saat ini pohon ilmu apa yaaa … hmm …


    Ini belum oleh2 yang sesungguhnya…
    Ini masih kembang2nya saja… 😀

    a2i3s's Wife Reply:

    wah kembangnya aja udah tujuh rupa,
    jadi ga sabar nunggu oleh2 yang lain 😀


    Yang paling sabar nunggu akan dapat voucher

    a2i3s's Wife Reply:

    oklah klo begitcuuu ….
    vocer apa nih? pulsa? belanja? nginep gratis di hotel?
    diskon beli tiket? hihihiih

    *narik kursi, bawa ke pojokan, tapi ga pake ndlongoph* 😀


    kalau nggak salah, “dlongop” itu nama bunga yang diajarkan saat SD

  4. Ngeblog juga bukan hanya sekedar menulis artikel tetapi banyak hal yang harus dipelajri yo mas.
    Kecuali kalau nrimo ngeblog begitu2 saja
    salam hangat dari Surabaya


    Iya Dhe, betul sekali

  5. Berasa banget neh Pak Guru!
    Banyak hal yang selama ini saya pelajari belum seutuhnya. Mungkin karena kurang fokus dan kadang tergiur dengan hal baru 🙂


    Tergiur hal baru nggak apa2 Mas, asal fokus

  6. Cukup beberapa tapi utuh.

    Setuju Pak Mars …
    Sebab kita tidak akan bisa ahli di semua bidang …
    kita punya bakat masing-masing …

    So …
    Mari Menulis – Mari Komentar – mari bermanfaat … (dengan pohon ilmu masing-masing)(ada pohon yang besar … ada pula pohon yang kecil … itu bukan masalah)

    Salam saya


    Iya Om, yang penting jangan setengah2…
    Ibarat durian 10 tapi setengah matang, lebih baik 5 tapi siap makan

  7. setuju pak mars, apalagi quote terakhir… jika sudah tetapkan pilihan jangan setengah-setengah, dan ya setiap orang tidak perlu menagmbil semua ilmu cukup bebrapa tapi utuh.
    Pelajaran pohon ilmunya saya serap, makasih… 🙂


    Yang penting tidak setengah hati Mbak…

  8. Iya bener banget pak Mars.. saya juga nih lagi belajar hal baru, memang harus dari dasar juga biar bener2 paham dan mengerti dan gak setengah2..


    Mari belajar bersama Mbak… 😀

  9. wah bener itu pak guru. saya juga masih belajar dan harus belajar. terutama di dunia maya ini sama pak guru.
    salam hangat dari bintaro. 😎


    Salam kembali dan mari belajar bersama…

  10. Berguru pada pohon ilmu.
    Terima kasih pak Mars


    Makasih juga Mbak…
    Kok nggak bagi2 bolang-baling Kudusnya?
    Untir2 juga boleh 😀

  11. ilmu dari pertapaannya mantap pake…


    Ya harus itu…
    Lha wong tapanya aja nggak makan nggak minum kok…

  12. setuju pak guru,, disiram pohon ilmunya biar subur ya pak .. 🙂


    Iya Mbak Fitray…

  13. bener bgt pak,, harus paham semua ya pak .. 🙂


    Bukan harus paham semua Mbak…
    Cukup paham beberapa tapi utuh… 😀

  14. padat singkat dan jelas pak, soal pohon ilmunya boleh lah minta bibitnya? hehe, untuk ditanam dipikiran, hati, dan attitude.


    Bibitnya bisa didapat dari mana2, karena ilmu memang ada dimana2

  15. Sedang bertanam pohon blog, akarnya masih belum kuat pak de eM, jadi ranting2 kecil dipangkasi dulu. Fokus memperkuat akar.


    Ketika akar sudah kuat bisa dilanjut untuk merawat batang dan rantingnya Mbak

  16. masih perlu memperdalam ilmu nge-blog.., biar kuat dari akar sampai daunnya…


    Mari belajar bersama Mbak

  17. Salam sahabat
    Ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan semuanta xixi sharing ilmu dengan saya yach hehrhe oot nich jadinya


    Saya pengin belajar banyak hal dari Mbak Dhana

  18. kami sangat berterimakasih telah menimba banyak ilmu dari tulisan pakde guru, yang telah memberikan beragam motivasi dan inspirasi.
    SALAM Hangat dari Kendari. 8)


    Makasih bila tulisan saya bisa sedikit memberi arti…

  19. dolar, saya suka banget dengan dolar, tapi sahabat adalah pohon ilmu pak mas
    mencari informasi dari apa yang sebelumnya tidak diketahui dari sahabat

    salam dari pamekasan madura, selamat datang dari pertapaan


    Makasih Mas…

  20. Seperti biasa Ilmu dari PakDhe Om pun cara penyampaiannya juga anti biasa, apakah karena sudah memahami Pohon Ilmu? perhaps :mrgreen:


    Belum Mbak…
    Paling2 saya juga baru sampai paham batangnya dowang

  21. mari kita belajar menununtut ilmunya dari akar nya gan sampai ke ranting pohon nya, makasih banyak buat infonya


    Sama2 Mas

  22. Jleb! Jleb!

    Berdarah-darah dengan tulisan Pakdhe yang satu ini..

    Mau ke gunung dulu nih, mau berguru sama Pakdhe..


    Saya sudah turun gunung Mas

  23. Bener ya pak mars, pohon ilmu
    jadi, harus tau intinya begitu yah? jgn cuma ngeliat daunnya aja, atau dahan pohonnya aja.


    Iya Mbak…
    Seperti itulah kira2

  24. Pak…! Lebih keren lagi kalau ada penangkaran pohon ilmu secara intensif, sehingga melahirkan bibit2 ilmu baru? Canggih…..!


    Nanti saya tak menangkarkan Bu 😀

  25. mantap, mantap,
    internet ini juga mirip pohon ilmu pak,
    sebuah posting misal, adalah pokoknya, sementara link-link di dalamnya diibaratkan cabang-cabangnya…
    hehe…
    link blog ini juga sy pinjam di blog saya.
    http://semuaguru.blogspot.com
    nuwun


    Makasih Mas…
    Salam!

  26. amazing post..amazing post… (tukul mode on)
    sangat setuju sekali mister….. jangan cuma cari $$$ ajah sehingga lupa berkunjung keblog sahabat lama…. (si iwan mana yah? sibuk nyari $$ tiap hari) 😀


    Mas Iwan masih sering kesini kok Om 😀

    Rianie Reply:

    Mas Iwan lagi sibuk ngurusin ayam sama bebek nya mas 😀 , katanya maaf jarang jalan-jalan 😀

  27. dari dulu postingannya emang selalu keren pak.hehehe. mampir ke blog saya ya pak kalau sempat. yulianzone[dot]blogspot[dot]com . dulu saya di SMA 1 Kendal ambil jurusan IPS. kuliah di Udinus progdi Sistem Informasi. eh malah skrg nyasar jauh banget jadi desainer grafis. hehehe. salah satu bukti bahwa jalan hidup tidak ada yang tau dan ilmu bisa diperoleh dari mana saja 😀

Comments are closed.