Pola 4-4-2

Meski tidak sedang bermain sepak bola, ternyata pola 4-4-2 juga sering terjadi dalam kehidupan saya.
Empat kali berencana, empat kali berusaha dan 2 kali gagal. Dari beberapa rencana yang ada di benak saya rata2 cuma setengahnya yang bisa terselesaikan.

Dan seperti itulah rumus kehidupan, kalau nggak sukses ya gagal. Salah satu penyebab kegagalannya mungkin karena saya yang kurang konsisten. Konon katanya, di dunia ini banyak sekali orang yang mau, tapi hanya segelintir yang konsisten dengan kemauannya.

Kegagalan juga bisa diakibatkan oleh waktunya yang tidak tepat. Melakukan hal yang sama pada saat yang berbeda akan memberikan kemungkinan hasil yang berbeda. Oleh karena itu tak ada salahnya jika kita mencobanya lagi di waktu yang lain.

Hidup ini kadang aneh. Jika kita tak menginginkan sesuatu, biasanya malah sering mendapatkannya. Sebaliknya jika sesuatu itu kita inginkan, untuk mendapatkannya sulitnya bukan kepalang.

35 thoughts on “Pola 4-4-2

  1. tumben ada typo pak …
    lagi kejar tayang ya
    gak mo kalah saing sama anaknya yg lagi rajin tayangin postingan terbaru ya hahaha


    Kamu nggak ngasih tau bagian mana yg typo Ni… 😀

    [Reply]

    nique Reply:

    udah diedit tuh sm bapak 😛


    Iya Ni…
    Tadi baca komennya Mbak IdahCeris

    [Reply]

  2. jadi inget kalau lagi nyari barang yg ketlingsep pak, saat dicari susahnya minta ampun …tp saat kita gak nyari eh..tiba2 dia nongol hihihi….


    Saya seringnya kalau urusan pasfoto…
    Ketika afdruk sudah dilebihkan, tapi saat mau dicari malah nggak nongol dan terpaksa afdruk lagi
    Dan saat yg lain malah ketemu tanpa dicari

    [Reply]

  3. memang kita ini hanya menjalani pak, ya wajar jika yang tak kita inginkan, malah mudah mendapatkannya, atau sebaliknya. tak ada yang tahu rencana Tuhan. 😀


    Gagal dan berhasil memang harus kita jalani Mas

    [Reply]

  4. kadang2 orang lupa akan keinginannya karena keburu ingin sesuatu yg lain, padahal keinginan sebelumnya belum konsisten diusahakan dan terpenuhi, selamat senin sore pak….


    Itu juga salah satu alasan kenapa tingkat ketercapaiannya rendah Mas

    [Reply]

  5. pola 4-4-2 juga berlaku juga buat yang cari jodoh.. *eh


    Kalau nyari jodoh sukses 100% malah repot Mas… 😀
    Mendekati 4 cewek trus berhasil semua kan repot

    [Reply]

    nique Reply:

    hahaha … gak bisa mbayangin saya 😛


    Ya jangan dibayangin…

    [Reply]

  6. Kegagalah yang dimaksud adalah kegegalan kan, Pak? 🙂
    Prinsip trial and error juga sering idah pakai dalam membuat aplikasi. 🙂
    Ampuh juga lho, Pak. Mencoba lagi. .gagal lagii. .lagi lagi dan lagi. 😀

    kalau lagi dicari2 karena dibutuhkan kadang tak ketemu, kalau sedang tidak dibutuhkan malah nongol. 4-4-2. 🙂


    Wah, saya nggak menyadari kalau ada salah ketik…
    Makasih koreksinya Mbak 😀

    [Reply]

  7. tingkat keberhasilan 50 ya sangat bangus to pak…


    Bagus kalau 50% dari semua kebutuhan hidup Mas…
    Nah kalo 50% itu dari sesuatu target yg menjadi prioritas, jatuhnya sangat besar tingkat kegagalannya

    [Reply]

  8. grasak grusuk alias terburu-buru, tidak sabar dalam menjalani proses merupakan salah satu penyebab kegagalan juga..


    Tapi terburu2 dan gesit itu bedanya amat tipis 😀

    [Reply]

  9. Ooommm, mau laporaaann. Terimakasih banyak, buku sudah saya terima dengan selamat dan hangat 😀
    Buku cantik dengan warna pink dan kok ya tema di atas pas bangget dengan buku yang saya terima hehehehe….

    Maturnuwun ya, Om. Salam hangat untuk BuNokLis yang manis 😀


    Laporan diterima…
    Semoga bermanfaat. Salam kembali dari NokLis 😀

    [Reply]

  10. bagus dong pak… kesempatannya masih tinggi 50% loh… tidak banyak loh orang success ratenya sampai segitu.. 🙂


    Kalau 50%nya itu dari semua keinginan atau rencana memang keliatan bagus Mas, tapi karena rencana yg ditarget itu sudah hasil dari memeras banyak keinginan, maka 50% itu termasuk kegagalah yg cukup tinggi… 😀

    [Reply]

  11. Kegagalan dan kesuksesan sering silih berganti datangnya
    Salam hangat dari Surabaya


    Kalau kita nikmati, maka pergantian sukses dan gagal itu makin menguatkan kita Dhe…

    [Reply]

  12. Maturnuwun Pak Mars. Yang sudah berusaha aja gagal separuhnya apalagi yang sama sekali ga berusaha ya Pak. 🙂


    Nah itulah Mas…
    Sedangkan yang sudah berusaha saja bisa gagal…

    [Reply]

  13. Iay Pak, di saat kita sangat menginginkna sesuatu justru kita tak bisa mendapatkannya. Sehingga kita akan legowo bahwa apa yg kita inginkan seringkali BUKAN yg kita butuhkan.


    Hahahaha
    Iya kan Mbak.
    Saya juga sering mengalami seperti itu

    [Reply]

  14. Iya mas,
    buktinya saya tidak pernah ingin masuk SMA terbaik Bukittinggi ini,
    malah saya dijebloskan oleh diri saya sendiri ke SMA ini.


    Sejatinya terbaik itu tak ada.
    Yg ada adalah sekolah biasa tapi kebetulan yg lain ada di bawah standar.
    Sekolah jelek juga gak ada.
    Yg ada adalah sekolah biasa tapi kebetulan sekolah yg lainnya baik2 semua

    [Reply]

  15. hidup memang keras pak
    kalo mau sukses harus berani gagal, itu yang berusaha saya tanamkan di diri saya

    semoga selasanya barokah ya pak 🙂


    Intinya kalau gagal jangan takut mengulang ya Mbak

    [Reply]

  16. begitulah kehidupan untuk kita semua ya Pak Guru
    sukses dan gagal gantian datangnya …..
    tapi, ada juga sih yg gagal terus atau sukses terus , gmana itu ya Pak Guru?
    😛
    salam


    Harusnya nggak ada sich kalau gagal terus…
    Pasti ada suksesnya juga meski nggak terasa…

    [Reply]

  17. Tapi yang minus 2 nya itu suka menuai banyak hikmah kan Pak guru 🙂


    Iya Mbak…
    Disebalik kegagalan harusnya ada hikmahnya

    [Reply]

  18. namanya juga berusaha pak mars

    yang penting kan prosesnya pak mars 😀


    Iya…
    Proses adalah bagian penting dari sukses tidaknya sebuah usaha

    [Reply]

  19. Kadang saya juga sering melupakan apa yang namanya barokah itu Pak Mars.


    Saking seringnya dapat barokah, akhirnya dianggap biasa dan nggak dirasakan

    [Reply]

  20. Lama ngga bw, nyampe sini malah dikasi angka bagus. Tapi ko’ tag-nya beda ya Pak? Ada pesan tersendiri? 😀


    Loh…
    Tagnya keliatan ya?
    Padahal saya sembunyikan lho 😀

    [Reply]

  21. Saya termasuk orang yang tidak konsisten dengan kemauannya, Pak.. Suka kalah oleh rasa malas *nutupmuka*
    Makanya saya sering gagal *makinnutupmuka*


    Semoga situasinya bisa berbalik, justru “kegagalan”nya yang nutup muka biar berhasil

    [Reply]

  22. kalau gagal, kita jadi mawas diri pak. kadang kegagalan itu ada gunanya juga.


    Dengan adanya kegagalan kita akan lebih merasakan makna kesuksesan

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *