Pola Makan

Pola Makan ada banyak versi, ada yang menurut Ahli Gizi, ada pula versi Pakar Tata Boga. Pola makan yang saya tulis ini adalah versi saya sendiri.

Pengamatan panjang terhadap saya sendiri dan orang2 di sekitar saya mengarah pada sebuah kesimpulan.

Ada dua pola makan yang sangat dominan, bergantung pada otoritas si pemakan terhadap makanannya.

Pertama, saat makan dengan otoritas penuh, 1 porsi dimakan sendiri.
Makan bakso misalnya. Pola makan seperti ini biasanya grafiknya naik. Bagian2 yang kurang menarik dimakan lebih dulu, baru mengarah ke bagian yang paling menggiurkan. Mie, kuah, sayur dan balungannya dimakan sedikit2, baru kemudian menuju ke baksonya. Bakso yang paling besar dimakan pada segmen terakhir sebagai gongnya, agar rasa baksonya terasa lebih lama di lidah.

Kedua, makan sepiring rame2, misalnya makan kacang rebus.
Pola makan seperti ini grafiknya dari atas ke bawah. Kacang yang besar dan mulus akan lenyap duluan. Tanpa dikomando, otak, mata dan tangan si pemakan bersinergi untuk ambil kacang yang mulus lebih dahulu, seakan si tangan punya sensor. Makin lama yang tersisa tinggal kacang kecil2 yang nyaris tanpa isi.

Ini fakta, bukan gosip bukan rumor…
Ini intelijen 😀

Ini adalah pengalaman saya terhadap diri saya dan lingkungan saya.
Kalau sampeyan beda, berarti sampeyan lebih hebat dibanding saya…

Perbedaannya cuman satu, kita jujur apa enggak. Itu saja 😆

27 thoughts on “Pola Makan

  1. jenenge wae wong jowo pak…
    Gong pasti terakhir bunyikannya…
    .-= ciwir´s last blog ..Perang Soviet vs Amerika =-.

    [Reply]

  2. kelingan om saya pak … bukan intelijen yang jelas.. kalo beli bakso dia nembungnya “beli bakso pak, tapi nggak pake baksonya!” jiahaha… kekel tenan aku wis 😆

    [Reply]

  3. wakh aku sih mendingan milih makan sendiri gag usah bareng2 gag kenyang…hehehehehe
    .-= nyegik´s last blog ..Whaaaattttt…….TERNYATA PAYPAL JUGA ADA PREMANNYA!!! =-.

    [Reply]

  4. pola makan apakah berkaitan dengan pola baju pak?
    .-= ciwir´s last blog ..KPK vs POLRI : Perang Eksistensi Diri =-.

    [Reply]

  5. kalo pola makan yang ini rata-rata sama pak…
    dari jaman saya ngeKost sampe ngontrak (ora bedo adoh)
    Menurut pemgamatan saya juga begituh..

    [Reply]

  6. Bener banget, Pak.
    Baksonya dimakan pas terakhir-terakhir.. Huhu.
    Adik saya lebih parah lg, semua makanan dimakannya dg cara spt itu, tapi anehnya ntar yg enaknya, malah jadinya sama saya.
    :))

    [Reply]

  7. jiahaha,, betul,, bukan rumor maupun gosip,,
    .-= andro_simar´s last blog ..Copy-Paste ? Boleh ngak ya ? =-.

    [Reply]

  8. jadi pengen makan lagi 😀
    .-= riesurya´s last blog ..Hanacaraka Team Joomla Berbahasa Indonesia =-.

    [Reply]

  9. analisis yang tepat owm heheheh
    .-= sulumits retsambew´s last blog ..Blogger Gurem FBG Sulumits Retsambew Rank SERP Google =-.

    [Reply]

  10. berusaha jujur itu kadang sulit juga…
    .-= muji´s last blog ..[My First Online Experience] Online itu Menyenangkan =-.

    [Reply]

  11. NAH KALAU YANG PUNYA ISTRI TUA DAN MUDA BAGAIMAN POLANYA MAS…
    HAHAHAHAHHHHHH (GUYONAN GUDELLLLL..)
    .-= b. ariyanto´s last blog ..MEMBERI UNTUK KEHIDUPAN =-.

    [Reply]

  12. polane 4-4-2 aja pak..standar..
    ato 4-3-3 yang cenderung menyerang tapi lemah soal umpan.
    hehee..
    ngomongin opo to?

    [Reply]

  13. Banyak yang belum dibaca. Atu-atu aja dulu ya Pak.
    Sebegitu detilnya Pak Mars ini sehingga membuat saya saluuut.
    Saya jadi teringat kawan bilang kalo makan bakso ada lakonnya, yaitu bakso, makanya dimakannya belakangan. Biasanya yang punya lakon suka matinya belakangan he he.
    Trims pak. Pelajaran untuk ngeblog saya …. “lebih detil dalam menulis”.
    Salam sukses selalu.
    .-= arkasala´s last blog ..Win Lose Solution =-.

    [Reply]

  14. benul.. selalu benul pokoknya postingannya pak marsud iki… paling enak metani bloge pak marsud iki… mm.. billing warnet kurang pitung menit…

    metani maneh opo gak ya??
    .-= ndop´s last blog ..Ucapan Dari Google, Yahoo, Blogger, WordPress, Facebook, Friendster, Blogsvertise, Deviantart dan Youtube =-.

    [Reply]

  15. Menurut saya yang paling gak menarik : mangkok, sendok, kulit kacang sama piring buat naruh kacang nya. Tapi tetap garus ada :))
    .-= Postingan dobloger follow : Hot Keyword Today : Rahasia DRIJI PEGEL =-.

    [Reply]

  16. koreksi : Tapi tetap harus ada 🙂
    .-= Postingan dobloger follow : Hot Keyword Today : Rahasia DRIJI PEGEL =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *