Home > Realita > Pola Makan

Pola Makan

Pola Makan ada banyak versi, ada yang menurut Ahli Gizi, ada pula versi Pakar Tata Boga. Pola makan yang saya tulis ini adalah versi saya sendiri.

Pengamatan panjang terhadap saya sendiri dan orang2 di sekitar saya mengarah pada sebuah kesimpulan.

Ada dua pola makan yang sangat dominan, bergantung pada otoritas si pemakan terhadap makanannya.

Pertama, saat makan dengan otoritas penuh, 1 porsi dimakan sendiri.
Makan bakso misalnya. Pola makan seperti ini biasanya grafiknya naik. Bagian2 yang kurang menarik dimakan lebih dulu, baru mengarah ke bagian yang paling menggiurkan. Mie, kuah, sayur dan balungannya dimakan sedikit2, baru kemudian menuju ke baksonya. Bakso yang paling besar dimakan pada segmen terakhir sebagai gongnya, agar rasa baksonya terasa lebih lama di lidah.

Kedua, makan sepiring rame2, misalnya makan kacang rebus.
Pola makan seperti ini grafiknya dari atas ke bawah. Kacang yang besar dan mulus akan lenyap duluan. Tanpa dikomando, otak, mata dan tangan si pemakan bersinergi untuk ambil kacang yang mulus lebih dahulu, seakan si tangan punya sensor. Makin lama yang tersisa tinggal kacang kecil2 yang nyaris tanpa isi.

Ini fakta, bukan gosip bukan rumor…
Ini intelijen :D

Ini adalah pengalaman saya terhadap diri saya dan lingkungan saya.
Kalau sampeyan beda, berarti sampeyan lebih hebat dibanding saya…

Perbedaannya cuman satu, kita jujur apa enggak. Itu saja :lol:

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. Wandi thok
    July 23rd, 2009 at 22:59 | #1

    Pertamax pora yo…
    Insya alloh aku seneng wong sing jujur pak

    [Reply]

  2. ciwir
    July 24th, 2009 at 00:18 | #2

    jenenge wae wong jowo pak…
    Gong pasti terakhir bunyikannya…
    .-= ciwir´s last blog ..Perang Soviet vs Amerika =-.

    [Reply]

  3. suryaden
    July 24th, 2009 at 01:27 | #3

    kelingan om saya pak … bukan intelijen yang jelas.. kalo beli bakso dia nembungnya “beli bakso pak, tapi nggak pake baksonya!” jiahaha… kekel tenan aku wis :lol:

    [Reply]

  4. nyegik
    July 24th, 2009 at 02:07 | #4

    wakh aku sih mendingan milih makan sendiri gag usah bareng2 gag kenyang…hehehehehe
    .-= nyegik´s last blog ..Whaaaattttt…….TERNYATA PAYPAL JUGA ADA PREMANNYA!!! =-.

    [Reply]

  5. ciwir
    July 24th, 2009 at 02:19 | #5

    pola makan apakah berkaitan dengan pola baju pak?
    .-= ciwir´s last blog ..KPK vs POLRI : Perang Eksistensi Diri =-.

    [Reply]

  6. July 24th, 2009 at 02:36 | #6

    Ini fakta, bukan gosip bukan rumor wakakakaka…. :lol:
    .-= arifudin´s last blog ..Sistem operasi dalam flashdisk =-.

    [Reply]

  7. duadua
    July 24th, 2009 at 08:59 | #7

    ternyata makan ada filosofi sama seni nya ya pak?hehehe

    [Reply]

  8. July 24th, 2009 at 10:26 | #8

    pola ne batik opo kotak kotak
    .-= cebong ipiet´s last blog ..Apa Kabar Dunia =-.

    [Reply]

  9. July 24th, 2009 at 10:52 | #9

    kalo pola makan yang ini rata-rata sama pak…
    dari jaman saya ngeKost sampe ngontrak (ora bedo adoh)
    Menurut pemgamatan saya juga begituh..

    [Reply]

  10. meylya
    July 24th, 2009 at 12:00 | #10

    bener tuh pak

    [Reply]

  11. Remaja Helda
    July 24th, 2009 at 15:57 | #11

    Bener banget, Pak.
    Baksonya dimakan pas terakhir-terakhir.. Huhu.
    Adik saya lebih parah lg, semua makanan dimakannya dg cara spt itu, tapi anehnya ntar yg enaknya, malah jadinya sama saya.
    :))

    [Reply]

  12. andro_simar
    July 24th, 2009 at 16:26 | #12

    jiahaha,, betul,, bukan rumor maupun gosip,,
    .-= andro_simar´s last blog ..Copy-Paste ? Boleh ngak ya ? =-.

    [Reply]

  13. July 24th, 2009 at 18:45 | #13

    aku pakek pola apa ya????
    .-= Rusa Bawean™´s last blog ..Pegalaman Pertama Mengenal Internet =-.

    [Reply]

  14. July 24th, 2009 at 20:26 | #14

    Glek…setuju ajah…hahahahaha…kerennnnnnn
    .-= buwel´s last blog ..Hadapi Dengan Senyuman =-.

    [Reply]

  15. riesurya
    July 25th, 2009 at 00:10 | #15

    jadi pengen makan lagi :D
    .-= riesurya´s last blog ..Hanacaraka Team Joomla Berbahasa Indonesia =-.

    [Reply]

  16. July 25th, 2009 at 09:31 | #16

    :)) Makan terus…
    .-= tikno´s last blog ..HTC Magic: Android pertama yang resmi masuk Indonesia =-.

    [Reply]

  17. sulumits retsambew
    July 25th, 2009 at 13:58 | #17

    analisis yang tepat owm heheheh
    .-= sulumits retsambew´s last blog ..Blogger Gurem FBG Sulumits Retsambew Rank SERP Google =-.

    [Reply]

  18. muji
    July 25th, 2009 at 20:18 | #18

    berusaha jujur itu kadang sulit juga…
    .-= muji´s last blog ..[My First Online Experience] Online itu Menyenangkan =-.

    [Reply]

  19. July 26th, 2009 at 05:46 | #19

    hahahahaa… jujur mas, analisis sampeyan juga berlaku pada saya!

    [Reply]

  20. b. ariyanto
    July 26th, 2009 at 21:17 | #20

    NAH KALAU YANG PUNYA ISTRI TUA DAN MUDA BAGAIMAN POLANYA MAS…
    HAHAHAHAHHHHHH (GUYONAN GUDELLLLL..)
    .-= b. ariyanto´s last blog ..MEMBERI UNTUK KEHIDUPAN =-.

    [Reply]

  21. Blog Ijo
    July 28th, 2009 at 10:54 | #21

    polane 4-4-2 aja pak..standar..
    ato 4-3-3 yang cenderung menyerang tapi lemah soal umpan.
    hehee..
    ngomongin opo to?

    [Reply]

  22. arkasala
    July 29th, 2009 at 02:05 | #22

    Banyak yang belum dibaca. Atu-atu aja dulu ya Pak.
    Sebegitu detilnya Pak Mars ini sehingga membuat saya saluuut.
    Saya jadi teringat kawan bilang kalo makan bakso ada lakonnya, yaitu bakso, makanya dimakannya belakangan. Biasanya yang punya lakon suka matinya belakangan he he.
    Trims pak. Pelajaran untuk ngeblog saya …. “lebih detil dalam menulis”.
    Salam sukses selalu.
    .-= arkasala´s last blog ..Win Lose Solution =-.

    [Reply]

  23. ndop
    July 30th, 2009 at 23:26 | #23

    benul.. selalu benul pokoknya postingannya pak marsud iki… paling enak metani bloge pak marsud iki… mm.. billing warnet kurang pitung menit…

    metani maneh opo gak ya??
    .-= ndop´s last blog ..Ucapan Dari Google, Yahoo, Blogger, WordPress, Facebook, Friendster, Blogsvertise, Deviantart dan Youtube =-.

    [Reply]

  24. dobloger follow
    August 26th, 2009 at 11:14 | #24

    Menurut saya yang paling gak menarik : mangkok, sendok, kulit kacang sama piring buat naruh kacang nya. Tapi tetap garus ada :))
    .-= Postingan dobloger follow : Hot Keyword Today : Rahasia DRIJI PEGEL =-.

    [Reply]

  25. dobloger follow
    August 26th, 2009 at 11:15 | #25

    koreksi : Tapi tetap harus ada :)
    .-= Postingan dobloger follow : Hot Keyword Today : Rahasia DRIJI PEGEL =-.

    [Reply]

  26. kezia
    April 7th, 2010 at 14:59 | #26

    hahahahha,,,

    bisaa ajaah,,,
    :)

    [Reply]

  27. July 12th, 2012 at 11:13 | #27

    untuk gong memang lebih berasa kalau bagian yg paling enak ya pk Mars …


    Kalau bakso, gongnya adalah undul2nya Mas :D

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~