Posisi Indonesia

M

ungkin terkesan sangat bombastis bila ada kata Indonesia pada judul tulisan saya. Tapi mau gimana lagi, lha nama negara kita memang itu kok.

Ketika muncul pendikotomian liberal – sosialis, ada pendapat yang mengatakan Amerika ada di kelompok liberal, sedangkan Rusia ada di kelompok sosialis. Seandainya ditarik garis dari kiri ke kanan, dimana kiri adalah tempat liberalis dan makin ke kanan makin sosialis, maka Amerika ada di paling kiri. Begitulah pendapat orang tadi, yang pastinya bukan orang Amerika.

Benarkah demikian?
Saya mencoba masuk ke ulu hatinya orang Amerika untuk mengetahui apa yang ada di benak mereka. Samar2 saya melihat pendapat orang Amerika, ternyata dia meletakkan Indonesia di paling kiri, Amerika di tengah dan Rusia ada di paling kanan.

Menurut mereka, kita ini lebih liberal dari mereka. Tapi namanya juga pendapat, kalau dia punya alasan yang logis realistis, kenapa tidak kita jadikan ajang introspeksi?

Orang Amerika itu berargumentasi panjang lebar, padahal tak satupun saya dengarkan. Baru pada argumen terakhir, saya tertunduk takluk, karena apa yang diucapkan hampir 100% benar adanya.

Apa salah satu alasan mereka hingga berani2nya mengatakan kita lebih liberal?.
Katanya, di Indonesia itu privacy seseorang nyaris selalu ditelanjangi. Lihatlah, kalau kita bersua kawan lama, yang ditanyakan selalu sudah nikah apa belum, anaknya berapa, kerja apa dll. Menurut dia, hal2 seperti itu adalah mutlak hak milik seseorang, tabu dibicarakan karena bukan wilayah publik yang tiap ketemu slalu di obok2. Di Amerika, nggak ada orang yang ngorek pribadi seseorang sampai sedetail itu.

Awalnya saya membela diri dengan mendebat, sangat nggak adil bila kesimpulan hanya dari sampel kecil seperti contoh tadi. Sejurus kemudian dia buka koper berisi tumpukan kliping yang berisi ratusan contoh keliberalan kita. Saya mati kutu !!

Bangga pada negeri sendiri tak harus mendhem jero dan menutup rapat2 panuannya, kalau emang panuan…
Ini cuman pendapat, tak harus sependapat !.
Jangan dikira yang bisa liberal cuman pemimpin. Kitapun potensial untuk hal itu.

25 thoughts on “Posisi Indonesia

  1. Jadi.., menurut orang Amerika justru Indonesia-lah yang liberalis ?

    kita bisa merasakan sendirilah…

    reni’s last blog post..Belajar dari kasus Ibu Prita Mulyasari

    [Reply]

  2. namanya juga pendapat ya pak
    jadi ya terserah ajah 😀

    fanz’s last blog post..Stok Tulisan

    [Reply]

  3. betul sebagaimana pertamina kemarin… 😆

    Makasih Pak Guru, saya dibetulkan…

    suryaden’s last blog post..Katanya Syariah Islam

    [Reply]

  4. pendapat gak mesti benar kan ?? hehe,, 😀

    Tapi yang paling merugi adalah orang yang tak berpendapat

    andro_simar’s last blog post..Happy Birthday my Plenz,,

    [Reply]

  5. Hmm mungkin betul pak.. paling kiri.. kalo paling depan namanya bukan Indonesia pak, tapi pembina upacara..loh :mrgreen:

    Kalau paling belakang malah WC Mas…

    [Reply]

  6. kalau untuk contoh yg satu itu, bisa jadi menilainya dengan kaca mata yg berbeda, kacamata ramah tamah & privasi. tapi kalau soal segepok contoh lainnya, gak tau dah.. soalnya gak liat gepokannya.
    akhirnya, ya tetap introspeksi …
    🙂

    [Reply]

  7. kalo gitu mereka nyontek kita dong pak,
    mestinya mereka bayar royalti sama kita pak.
    hayo kita tungtut

    mascayo’s last blog post..ngeblog itu nggak melulu cuma buat cari duit di internet

    [Reply]

  8. pendapat mana yang paling benar ya?

    jadi bingung nih

    baut pendapat sendiri aja

    diluar Amerika, Indonesia dan Rusia

    IHSAN’s last blog post..Belajar SEO Para Pemula Dan Gertakan Google

    [Reply]

  9. Amerika emank mayak, tapi dengan keluarnya pendapat mereka bukannya tu menunjukkan bahwa mereka liberal dengan bicara bahwa ia ditengah…..
    Ckckckckck

    Agunk&Lia’s last blog post..Satu Keberuntungan Itu Titipan

    [Reply]

  10. HHmmnn…… tumben tulisannya agak -mbeneh- pak…

    hehehehe……

    ircham’s last blog post..Anak Haram

    [Reply]

  11. Trus kesimpulannya apa pak…?Apik mana Indoenesia sama Amerika….?

    esha di birulangit’s last blog post..Mbah kakung dan tukang tambal ban….

    [Reply]

  12. Yasudahlah…. klo ke kanan monggo, klo ke kiri monggo..

    Semoga lebih baek saja…

    Wongbagoes’s last blog post..Manohara, Mengapa Semua Mesti (ikut) Ribut???

    [Reply]

  13. ada lagi contoh betapa liberalnya indonesia:
    bebas merokok di mana aja, termasuk di tempat2 yg ada stiker/poster “no smoking”
    melarang orang merokok justru dianggap pelecehan terhadap HAM
    membenci rokok pun dianggap perbuatan melanggar etika

    Cengkunek’s last blog post..Iseng-iseng Ber-cengkunek

    [Reply]

  14. liberal neo liberal dan lainnya itu hanya istilah kayaknya

    achmad sholeh’s last blog post..Yang lain Berlari Ternyata Aku Masih Jalan di Tempat

    [Reply]

  15. posisi indonesia yang masih tetep seperti yang dulu pak

    ciwir’s last blog post..Ujian Nasional = Degradasi Moralitas

    [Reply]

  16. namanya juga pendapat yah biarkan orang menilai apa, yang penting kita bisa jaga diri so ….terserah orang mo bilang apa yang penting tidak merugikan negara sendiri

    abdidalem’s last blog post..to my pren

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *