Postingan Rasa PageMaker

Salah satu kendala manakala postingan memuat gambar adalah mengatur layoutnya agar posisi gambar dan teks bisa selaras dan penempatannya rapi. Demikian pula pada postingan bentuk kolom, terkadang muncul bagian bawahnya tidak rata antara kolom satu dengan lainnya. Hal ini sangat dirasakan oleh mereka2 yang menyukai penampilan dibanding isi kontennya.

Perhatikan dan bandingkan dua contoh tulisan berikut:


SEPUTAR MANGGA

Mangga mengandung vit C yg cukup tinggi. Tiap 100 gr mangga masak mengandung vitamin C sebanyak 41 mg, bahkan untuk mangga muda bisa mencapai 65 mg.

Dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gr, kecukupan vitamin C yang dianjurkan (60 mg) dapat terpenuhi.

Varietas yang bernilai jual tinggi antara lain Gadung 21 atau Arumanis 143. Varietas lainnya adalah Manalagi 69, Lalijiwo, Chokanan dan Golek 31.

Pupuk Kandang (PK) diberikan 1 kali pada awal musim hujan. Caranya dibenamkan disekitar pohon selebar tajuk tanaman atau menggali lubang pada sisi tanaman. Umur 1 – 5 tahun diberi 30 kg PK, umur 6-15 th diberi 60 kg PK. Akan lebih optimal jika ditambah SUPERNASA.


SEPUTAR MANGGA

Mangga mengandung vit C yg cukup tinggi. Tiap 100 gr mangga masak mengandung vitamin C sebanyak 41 mg, bahkan untuk mangga muda bisa mencapai 65 mg.

Dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gr, kecukupan vitamin C yang dianjurkan (60 mg) dapat terpenuhi.

Varietas yang bernilai jual tinggi antara lain Gadung 21 atau Arumanis 143. Varietas lainnya adalah Manalagi 69, Lalijiwo, Chokanan dan Golek 31.

Pupuk Kandang (PK) diberikan 1 kali pada awal musim hujan. Caranya dibenamkan disekitar pohon selebar tajuk tanaman atau menggali lubang pada sisi tanaman. Umur 1 – 5 tahun diberi 30 kg PK, umur 6-15 th diberi 60 kg PK. Akan lebih optimal jika ditambah SUPERNASA.


Pada contoh pertama tampak bahwa teks paragraf pertama tidak sinkron dengan gambar. Bagian bawah kolom pertama juga tidak rata dengan kolom kedua. Tapi pada contoh kedua hal itu tidak terjadi karena sudah diberi trik ala PageMaker.

Ada beberapa trik yang bisa dipilih tapi tentu saja semua ada plus minusnya. Untuk gambar yang menerjang teks misalnya, ada 2 cara mensiasati. Pertama ukuran gambar diedit. Kelemahan cara ini adalah tampilan gambar bisa berubah bahkan cenderung buram dan tidak proporsional. Cara kedua dengan edit teksnya. Kelemahan cara ini terkadang merusak tata bahasa yang sudah bagus.

Cara ketiga yang ketelitian dan akurasinya tinggi tanpa memperkosa gambar dan tanpa merubah kalimat yang sudah tertata rapi, adalah menggunakan kode html disetiap paragraf. Ini kodenya…

<p style="line-height:130%;font-size:100%;"> teks yang diatur </p>

Dengan mengganti nilai pada prosentase, akan diperoleh presisi yang tepat dan hasilnya akan seperti tampilan kedua. Selamat mencoba, selamat merapikan postingan.

47 thoughts on “Postingan Rasa PageMaker

  1. ternyata pake line height..
    mantep neh pak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Drpd ngedit gambar atau teksnya kayaknya lebih gampang ngatur jarak antar baris ini Mas…

    [Reply]

  2. menarik pak, terima kasih atas ilmunya ๐Ÿ™‚
    Maaf baru hadir …
    Salam hangat dan sukses selalu ๐Ÿ™‚

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas Yayat.
    Sampai saat ini blognya Mas Yayat yg arkasala terdeteksi ada postingan baru tapi ketika dibuka yg muncul postingan lama.

    [Reply]

  3. Selalu ada yang baru yang di posting pak Mars, salut pak idenya

    [Reply]

    Mars Reply:

    Matur Nuwun Mas

    [Reply]

  4. saya lebih suka rasa mangga dan dreamweaver dari pada pagemakernya pak, wekekek, tapi rasa style pada html itu nikmat sekali ๐Ÿ™‚

    [Reply]

    Mars Reply:

    Lho…
    Ini bukan masalah kolom dan nggak kolom, tapi tentang presisi lho Mbak.
    Jadi postingan tanpa kolom2pun bisa bermasalah, khususnya yg pakai image…

    [Reply]

  5. aku ya cuma iso nonton ae.
    wong gak mudheng html kok ๐Ÿ™
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Dicoba aja Bun…
    Kalau nggak pernah nyoba mana tau bisa dan tidaknya?

    [Reply]

  6. terimakasih, Pak.. langsung dicoba..
    setuju ma Bu Jum, lebih enak yang rasa Dreamweaver..
    Bu Jum da punya Dreamweaver CS5?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Hmmmm….
    Lha Mbak Jumialelynya salah pengertian kok malah disetujoni ki piye to?

    [Mungkin ini bukti bahwa wong enom itu cepet bikin keputusan tapi sering keliru ๐Ÿ˜€ ]

    [Reply]

    Mars Reply:

    Jadi intinya, saya tidak memasalahkan kolom2nya, tapi masalah rapinya postingan yg pakai gambar maupun perataan bawahnya

    [Reply]

    jumialely Reply:

    makanya rasa stylenya itu enak tenan , slain dreamweaver dan mangganya pak, makanya jadi rapi begitu ๐Ÿ™‚

    pasti mc kita ini, wakakakak :), maksud saya kalo page maker beneran, ndak senikmat dreamweaver dan html itu loh ๐Ÿ™‚ ra mudheng kan, aku juga ๐Ÿ˜›

    [Reply]

    Hari Mulya Reply:

    he..eh.. kuwi maksudku, Pak… ๐Ÿ˜€

  7. jadi tahu triknyapak mars, pantesan kalo gak pakai line height suka gak rapi ya, trims ilmunya

    [Reply]

    Mars Reply:

    Sama2 Mah…

    [Reply]

  8. Salam Takzim
    Saya pilih mangganya saja pak
    Salam Takzim Batavusqu

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mangganya mau saya kirim tapi takut kadaluarsa Mas… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  9. tak hanya rasa pagemaker, pak mar, tapi juga ada rasa strawberi-nya, hehe …. pingin nyoba juga, pak. triknya bener2 keyen.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Matur Nuwun Pak Sawali…

    [Reply]

  10. kalo trik dari quark ada gak pak..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya nggak tau mas… ๐Ÿ˜€
    Trik pasir dan trik gandeng sich banyak di Pantura.

    [Reply]

  11. Mas Marsudiyanto,
    penggunaan inline CSS-nya valid CSS 2.1 nggak ya mas.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Sependek yang saya tau dan sepanjang yang saya punya kalau kode yg ini valid Mas…
    tapi nggak tau juga kalau nggak valid ditempat lain.

    Saya sendiri malah nggak terlalu pusing mikir kevalidan kode.
    Asal jalan ya saya pakai.
    Makasih responnya

    [Reply]

  12. rasa….rasanya suatu saat nanti ilmu ini akan saya praktekkan

    cuman, rasanya ndak dalam waktu dekat ini

    karena saat ini badan saya rasanya sedang ndak enak sama sekali.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Rasa2nya saya perlu Lapor lik Min…

    [Reply]

  13. inilah untungnya bagiku yang pengen belajar, BW ke sini sering dapet ilmu baru. Terima kasih banyak Pak, salam sukses selalu.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Salam sukses juga Mas…
    Trims atas kunjungannya

    [Reply]

  14. Saya paling sering mengalami. kalau masang gambar dan tulisan pasti ndledek kemana-mana. Ijin copy kodenya mas biar tinggal ngepelk saja.
    Matur nuwun
    salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  15. Pingback: Tweets that mention metaMARSphose ยป Postingan Rasa PageMaker -- Topsy.com
  16. Thank sharingnya Pak, dan dah mengingatkan, sebab selama ini sering gak kepikiran bikin perataan antara teks dengan insert gambar.

    [Reply]

  17. Pingback: metaMARSphose » Klipping Koran Tjap Koepoe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *