Prabayar

Kita sering dengar istilah yang diawali dengan pra misalnya pra nikah, pra sekolah, pra jabatan, pra sejarah, pra bayar dan pra pra lainnya. Juga banyak istilah yang diawali pasca seperti pasca panen, pasca pemilu, pasca sarjana, pasca bayar dll.

Pra sendiri kayaknya nggak termasuk kata dalam bahasa Indonesia. Saya sudah cek di kamus cetak punyak saya dan juga kamus online tapi dua2nya nggak mengenal istilah pra.

Kalau nggak keliru, pra memiliki makna sebelum dan pasca artinya setelah atau sesudah. Misalnya pra nikah = sebelum nikah, pra sekolah = sebelum sekolah, pra olimpiade = sebelum olimpiade, pasca panen = setelah panen, pasca pemilu = setelah pemilu, pasca sarjana = setelah sarjana.

Kalau ngikuti alur berpikir tersebut akan terjadi kejanggalan pada istilah pra bayar dan pasca bayar. Pra bayar jadi punya makna sebelum bayar. Apa iya sich?. Berarti nggak bayar dong. Menurut saya, istilah yang paling tepat adalah pra guna, artinya pembayaran dilakukan sebelum digunakan.

Tapi biarlah. Toch nggak ada yang memasalahkan kecuali saya. Tulisan ini cuman untuk iseng dowang biar jadi bahan polemik. Bebas dipendapati dan bebas dikomentari.

29 thoughts on “Prabayar

  1. dulu saya pikir itu adalah serapan dari pre
    tapi kalau ternyata belum masuk di kamus, ya entahlah, yg jelas sudah pakai umum.
    dan itu pra/pasca bayar, hahaha… iya juga ya, jagi agak rancu, pengguna ponsel jadinya malah tak tau kapan harus bayarnya. hahaha…

    [Reply]

  2. Antara prabayar dan pascabayar (sebelum bayar dan sesudah membayar). Sebelum bayar kita harus menyiapkan uang dahulu, tetapi sesudah bayar (entah gara-gara apa?) uang kita jadi hilang (Tidak nyambung sekali).

    [Reply]

  3. sebenarnya ikutan mikir juga sejak jauh-jauh hari, istilah prabayar itu apa udah tepat???

    salam hangat, ^_^

    [Reply]

  4. klo pra guna kurang ear-catching Pak 😀
    Iya tuh, saya malah ga kepikiran, Pak Mars niy kebanyakan mikir, jadi kepikiran kan jadinya … *apa sih* hahahaha

    [Reply]

  5. Hahaha … iya ya …

    Pra – Bayar …

    seharusnya mungkin …

    Bayar – Pra … Bayar sebelum(nya)

    salam saya Pak Mars

    [Reply]

  6. emm ia juga yah, dulu juga sempat mikir tuh maksudnya apa.
    mungkin, maksudnya sebelum membayar kita bisa menggunakan jasanya pak heheh
    CMIIW

    [Reply]

  7. bahasa kita kebanyakan ngambil kata dari sana sini sih, entah siapa yang memulai dan malah jadi disangka bahasa baku

    [Reply]

  8. Wow. Hebat. Kalo dipikir benar juga, Pak. 😀
    Meskipun ini hanya iseng, pikiran iseng pun bisa membawa berkah. 😆

    [Reply]

  9. klo menurut pemahama saya yg dimaksud dg pra-bayar itu adalah “penggunaan sebelum dibayar” maksudnya pembayaran dilakukan belakang dengan jumlah tagihan sesuai penggunaan.
    bener ga sich?….

    [Reply]

  10. berarti salah kaprah ya…. udah tau salah tapi harap dimaklumi karena piye meneh udah kadung terbiasa….
    kayak kata ‘ jam anti air’ itu kalo dipikir2 kok malah artinya kayak ‘jam yang gak boleh kena air’
    harusnya ‘tahan air’ gitu ya.

    [Reply]

  11. pasca sarjana, banyakan pada nganggur pak…, klo pun kerja bedaaa banget ma jurusan waktu kuliah, trus ngapain kuliah pak… 😀

    [Reply]

  12. Ada kok pak, pra kan termasuk awalan yang berasal dari kata asing 🙂

    KBBI edisi 3:
    pra- bentuk terikat sebelum, di depan: prasejarah

    saya lebih setuju pakai praguna seperti kata Pakdhe Cholik.

    [Reply]

  13. Kalo prakarya brarti sebelum berkarya ya, Pak? Padahal dulu di sekolah saya selalu ngumpulin prakarya kok? 😀

    [Reply]

  14. Benar juga ya pak… Kalau pra bayar bilah diartikan sesuai dengan arti kata pra yang sering digunakan berarti gratis…

    [Reply]

  15. hahhaha…
    ngakak saya baca komentar yang ada..
    prakarya berarti apa donk?
    trus prasarana berarti sebelum sarana…
    :))

    [Reply]

  16. pak mars…bahasa indonesia menyerap dari istilah bahasa Inggris:prepaid dan postpaid. Ambil gampangnya paid=bayar, prepaid=prabayar sedangkan postpaid= pasca bayar. Maklumlah bahasa Indonesia itu sangat miskin kosa katanya….

    [Reply]

  17. Yang jelas sewaktu menjadi murid dulu, mister pernah menjadi punya julukan PRA Guru, hihihihi

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *