Home > Intermeso > Prabayar

Prabayar

Kita sering dengar istilah yang diawali dengan pra misalnya pra nikah, pra sekolah, pra jabatan, pra sejarah, pra bayar dan pra pra lainnya. Juga banyak istilah yang diawali pasca seperti pasca panen, pasca pemilu, pasca sarjana, pasca bayar dll.

Pra sendiri kayaknya nggak termasuk kata dalam bahasa Indonesia. Saya sudah cek di kamus cetak punyak saya dan juga kamus online tapi dua2nya nggak mengenal istilah pra.

Kalau nggak keliru, pra memiliki makna sebelum dan pasca artinya setelah atau sesudah. Misalnya pra nikah = sebelum nikah, pra sekolah = sebelum sekolah, pra olimpiade = sebelum olimpiade, pasca panen = setelah panen, pasca pemilu = setelah pemilu, pasca sarjana = setelah sarjana.

Kalau ngikuti alur berpikir tersebut akan terjadi kejanggalan pada istilah pra bayar dan pasca bayar. Pra bayar jadi punya makna sebelum bayar. Apa iya sich?. Berarti nggak bayar dong. Menurut saya, istilah yang paling tepat adalah pra guna, artinya pembayaran dilakukan sebelum digunakan.

Tapi biarlah. Toch nggak ada yang memasalahkan kecuali saya. Tulisan ini cuman untuk iseng dowang biar jadi bahan polemik. Bebas dipendapati dan bebas dikomentari.

~ Grazie ~
Categories: Intermeso
  1. Mhd Wahyu NZ
    May 29th, 2011 at 07:39 | #1

    dulu saya pikir itu adalah serapan dari pre
    tapi kalau ternyata belum masuk di kamus, ya entahlah, yg jelas sudah pakai umum.
    dan itu pra/pasca bayar, hahaha… iya juga ya, jagi agak rancu, pengguna ponsel jadinya malah tak tau kapan harus bayarnya. hahaha…

    [Reply]

  2. danyfarid5
    May 29th, 2011 at 07:59 | #2

    Antara prabayar dan pascabayar (sebelum bayar dan sesudah membayar). Sebelum bayar kita harus menyiapkan uang dahulu, tetapi sesudah bayar (entah gara-gara apa?) uang kita jadi hilang (Tidak nyambung sekali).

    [Reply]

  3. bangauputih
    May 29th, 2011 at 09:08 | #3

    sebenarnya ikutan mikir juga sejak jauh-jauh hari, istilah prabayar itu apa udah tepat???

    salam hangat, ^_^

    [Reply]

  4. niQue
    May 29th, 2011 at 10:24 | #4

    klo pra guna kurang ear-catching Pak 😀
    Iya tuh, saya malah ga kepikiran, Pak Mars niy kebanyakan mikir, jadi kepikiran kan jadinya … *apa sih* hahahaha

    [Reply]

  5. May 29th, 2011 at 10:25 | #5

    Hahaha … iya ya …

    Pra – Bayar …

    seharusnya mungkin …

    Bayar – Pra … Bayar sebelum(nya)

    salam saya Pak Mars

    [Reply]

  6. Ferry
    May 29th, 2011 at 10:43 | #6

    emm ia juga yah, dulu juga sempat mikir tuh maksudnya apa.
    mungkin, maksudnya sebelum membayar kita bisa menggunakan jasanya pak heheh
    CMIIW

    [Reply]

  7. May 29th, 2011 at 11:40 | #7

    bahasa kita kebanyakan ngambil kata dari sana sini sih, entah siapa yang memulai dan malah jadi disangka bahasa baku

    [Reply]

  8. May 29th, 2011 at 13:04 | #8

    Wow. Hebat. Kalo dipikir benar juga, Pak. 😀
    Meskipun ini hanya iseng, pikiran iseng pun bisa membawa berkah. 😆

    [Reply]

  9. Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah
    May 29th, 2011 at 13:13 | #9

    klo menurut pemahama saya yg dimaksud dg pra-bayar itu adalah “penggunaan sebelum dibayar” maksudnya pembayaran dilakukan belakang dengan jumlah tagihan sesuai penggunaan.
    bener ga sich?….

    [Reply]

  10. May 29th, 2011 at 14:01 | #10

    kalau mampir kesini, selalu menemukan istilah2 yg tak biasa
    ciri khasnya Pak Mars.hehehehe

    [Reply]

  11. May 29th, 2011 at 14:54 | #11

    berarti salah kaprah ya…. udah tau salah tapi harap dimaklumi karena piye meneh udah kadung terbiasa….
    kayak kata ‘ jam anti air’ itu kalo dipikir2 kok malah artinya kayak ‘jam yang gak boleh kena air’
    harusnya ‘tahan air’ gitu ya.

    [Reply]

  12. May 29th, 2011 at 15:08 | #12

    Begitulah variasi dalam bahasa indonesia, banyak yang kurang tepat penggunaannya. Padahal para ahli bahasa juga diam saja ya pak…

    [Reply]

  13. May 29th, 2011 at 15:29 | #13

    Saya lebih sreg sama komentarnya Om NH, bayar pra (bayar sebelumnya) hehe..

    [Reply]

  14. Sriyono
    May 29th, 2011 at 18:57 | #14

    pasca sarjana, banyakan pada nganggur pak…, klo pun kerja bedaaa banget ma jurusan waktu kuliah, trus ngapain kuliah pak… 😀

    [Reply]

  15. Ikkyu_san
    May 30th, 2011 at 06:22 | #15

    Ada kok pak, pra kan termasuk awalan yang berasal dari kata asing 🙂

    KBBI edisi 3:
    pra- bentuk terikat sebelum, di depan: prasejarah

    saya lebih setuju pakai praguna seperti kata Pakdhe Cholik.

    [Reply]

  16. May 30th, 2011 at 08:03 | #16

    Satu istilah tapi beda makna.

    [Reply]

  17. chocoVanilla
    May 30th, 2011 at 10:21 | #17

    Kalo prakarya brarti sebelum berkarya ya, Pak? Padahal dulu di sekolah saya selalu ngumpulin prakarya kok? 😀

    [Reply]

  18. May 30th, 2011 at 10:56 | #18

    baru ngeh tentang istilah pra bayar, setelah baca postingan pak mars dan komen-nya pakdhe cholik.

    [Reply]

  19. bro eser
    May 30th, 2011 at 11:23 | #19

    Benar juga ya pak… Kalau pra bayar bilah diartikan sesuai dengan arti kata pra yang sering digunakan berarti gratis…

    [Reply]

  20. Abi Sabila
    May 30th, 2011 at 21:25 | #20

    pra bayar = belum apa-apa sudah suruh bayar. hehehe..

    [Reply]

  21. May 31st, 2011 at 06:36 | #21

    Wah, ini rada nyindir artikel saya yang bahas serupa. Telpon pra bayar dan pasca bayar. HaHaHa 🙂

    [Reply]

  22. Auto Expert Update
    May 31st, 2011 at 11:04 | #22

    hahhaha…
    ngakak saya baca komentar yang ada..
    prakarya berarti apa donk?
    trus prasarana berarti sebelum sarana…
    :))

    [Reply]

  23. June 2nd, 2011 at 13:51 | #23

    pak mars…bahasa indonesia menyerap dari istilah bahasa Inggris:prepaid dan postpaid. Ambil gampangnya paid=bayar, prepaid=prabayar sedangkan postpaid= pasca bayar. Maklumlah bahasa Indonesia itu sangat miskin kosa katanya….

    [Reply]

  24. June 3rd, 2011 at 17:44 | #24

    hihihihi….bisa aja Pak Mars :”>

    [Reply]

  25. Anas
    June 4th, 2011 at 06:53 | #25

    betul pak mars setelah saya baca artikelnya penjenengan emang prabayar ada kejanggalan..

    [Reply]

  26. mediatangsel
    June 5th, 2011 at 01:08 | #26

    Yang jelas sewaktu menjadi murid dulu, mister pernah menjadi punya julukan PRA Guru, hihihihi

    [Reply]

  27. June 6th, 2011 at 12:09 | #27

    hehehehhe, setuju pak…

    [Reply]

  28. Notebook and Phone Information
    July 15th, 2011 at 15:58 | #28

    haha..kalo prakoso,prabowo artinya apa ya ..

    [Reply]

  29. lcd
    October 5th, 2012 at 10:56 | #29

    cocok “praguna”


    Iya…
    Kayaknya paling pas adalah praguna

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~