Pribang-Pribangsaku

garuda1

Garuda Pancasila
Akulah Pendukungmu
Patriot Proklamasi
Sedia Berkorban Untukmu

Pancasila Dasar Negara
Rakyat Adil Makmur Sentosa
Pribadi Bangsaku

Ayo Maju Maju
Ayo Maju Maju
Ayo Maju Maju

Lagu Garuda Pancasila inilah salah satu lagu yang paling sering saya nyanyikan di SD ketika dapat giliran menyanyi, selain lagu Bendera Merah Putih. Syairnya singkat dan tentu saja yang saya hafal ya cuman dua lagu itu.

Karena diliputi suasana tegang, biasanya ketika sampai pada refrain “Ayo Maju Maju” itu sering keliru menjadi “Ayo Maju Ayo“…

Yang unik dan terjadi turun temurun adalah saat melafalkan “Pribadi Bangsaku“, banyak yang salah mengeja (saya sich nggak termasuk) berubah menjadi “Pribang Pribangsaku !“. Kesalahan ini hampir terjadi di mana2, sampai sekarang.

Yang jadi tanda tanya adalah kenapa “Pribadi Bangsaku” kok bisa nyasar jadi “Pribang Pribangsaku !“. Kenapa kok tidak “Kribabi Bangsaku” atau “Pribadi Gangsapu” yang lebih mirip kedengarannya?.
Apakah ini juga menimpa Anda atau sahabat Anda?


Photobucket

38 thoughts on “Pribang-Pribangsaku

  1. pribadi bangsaku, pak mar Emang jagonya otak atik gatuk

    achmad sholeh’s last blog post..Pusing Menurut Saya, Anda dan Mereka

    [Reply]

  2. wah pertamax jebule, gatuk matuk opo otak atik maton pak

    achmad sholeh’s last blog post..Pusing Menurut Saya, Anda dan Mereka

    [Reply]

  3. malah ga pernah denger kesalahan penyebutan jadi pribang pribangsaku

    NIETHA’s last blog post..Tetap buat aku terluka

    [Reply]

  4. haha, iya pak. pribang2saku itu yang paling sering terjadi. itu memang salah satu tahap yang perlu dilalui untuk belajar nyanyi ‘garuda…’ dengan benar. 😀

    ngomong2, pak mars tau ndak, siapa pelukisnya pelangi ?

    goenoeng’s last blog post..anjing !

    [Reply]

  5. Salam dari bandung

    Aku dan sang presiden

    Kalau kelak aku beranjak dewasa, aku berci-cita menjadi presiden, tapi tidak ingin menjadi presiden yang peragu dan lamban mengambil keputusan, kalau di keritik oleh rakyat, memposisikan diri menjadi orang yang teraniaya.

    http://puangcahaya.dagdigdug.com/

    [Reply]

  6. salam kenal….
    saya sangat tertarik dengan artikel mas yang sangat menggugah…soalnya berbau-2 kebangsaan…tapi sekali lagi…bangsa kita lagi sakit. mungkin dengan menyanyikan lagu diatas, menjadikan wakil2 kita yang lagi lupa daratan kembali tergugah hatinya , agar selalu memikirkan rakyat, bukannya selalu berpersta setiap malam menentukan siapa jagonnya yang bakal menjadi RI 1…
    oh ya salam kenal dari saya si empunya blogger reyot di sini htpp://bisnisbloggerku.blogspot.com, ada pilihan buat semua empunya blogger di internet…:) mudah2an bermanfaat…
    terima kasih

    salut ..

    blog buat bisnis’s last blog post..Cara mudah buat blog di internet…..

    [Reply]

  7. Benar sekali … Pak … seingat saya juga begitu “Pribang Pribangsaku … untung juga tidak …pribadi bangsatku … hee hee hee
    salam kenal

    Kulitintacetak’s last blog post..Jenis Tinta Cetak

    [Reply]

  8. Pribadi bangsaku, rakyat adil makmur sentosa .. mari kita lanjutkan!
    hehehe.. malah ngiklan 🙂

    mascayo’s last blog post..Pencerahan

    [Reply]

  9. ????????????????????
    Sumpah, saya gak ngerti apa maksudnya.

    Ecko’s last blog post..Bakso Pak Bawor Samirono

    [Reply]

  10. pribadi ne sopo pak jikakaka kalo yang nyanyi cedal belum bisa bilang r jadi pelibang hahahahaha

    genthokelir’s last blog post..Fathan Maulana Arsy

    [Reply]

  11. seingat dulu, masa kita mengerti maksud liriknya….yg penting cepet selesai lagunya 🙂

    kampoeng’s last blog post..Celetukan Warung Kopi a-la Seniman

    [Reply]

  12. Garuda Pancasila,
    Aku tlah mendukungmu…,
    Patriotmu tlah mati…,
    Pribadi bangsaku,
    Nggak maju-maju…

    ciwir’s last blog post..Cendikiawan Muslim disidang Gentayangan

    [Reply]

  13. Weleh-weleh ternyata serupa tapi ra podho kita!
    Lagu andalan pas es de…..

    Dab Penyo’s last blog post..Mengendalikan Komputer Jarah Jauh Via Twitter

    [Reply]

  14. kenek aku! wekeke.. hidup pribangsaku!

    mungkin sounds like peri bangsaku. jadi anak kecil lebih mudeng sama peri, bukan pribadi.

    contohnya seperti ini:

    “Aku nggak maok pake obat merah, peri ma!!”

    [Reply]

  15. wekwkwkwk…
    jadi malu neh..

    lebih malu kalo suruh nyanyi Padamu Negeri..
    dijamin kebalik-balik.
    hehehe..

    aprie’s last blog post..Tulang Rusuk

    [Reply]

  16. wakakaakk… sampe koprol deh saya ngakak.
    teringat zaman sekolah dulu.

    soal lagu ini, ayah alm. yang tidak bisa menyanyi pernah bilang bahwa satu-satunya lagu yang bisa beliau bawakan adalah “garuda pancasila.” hahahaaa… jadi kangen beliau saya, dan segala kelucuannya.

    marshmallow’s last blog post..Concept of Heaven

    [Reply]

  17. Pingback: metaMARSphose » Posisi Indonesia
  18. Garuda Pancasila
    Akulah Pendukungmu
    Patriot mosak masik
    Sedia Berkorban Untukmu

    Pancasila Dasar Negara
    Rakyat Adil Mampus Sentosa
    Priben Bangsaku

    Ayo Maju Mundur
    Ayo Mundur Maju
    Ayo Maju Mundur

    [Reply]

  19. You made some good points there. I did a search on the topic and found most people will agree with your blog.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *