Prinsip SBY

Disadari atau tidak, tiap manusia pasti punya prinsip dalam mengelola kehidupannya, terlebih bagi seorang pemimpin. Diantara macam2 prinsip, ada tiga yang wajib dikuasai oleh para pemimpin. Saya menyebutnya dengan istilah Prinsip SBY.

Prinsip SBY merupakan kombinasi dari tiga nilai yaitu sabar, bijaksana dan yakin, dimana masing2 punya fungsi dan peran sendiri2. Sabar berfungsi sebagai peredam, bijaksana sebagai pengendalinya dan yakin berguna untuk memacu percepatan.

Sabar!
Bisa diimplementasikan dalam beberapa sikap misalnya tenang, tabah, nggak tergesa2, nggak terburu nafsu, nggak lekas marah, nggak cepat putus asa dan nggak mudah patah semangat. Dengan kesabaran, hal yang tak diinginkan akan lebih mudah dikendalikan.

Bijaksana!
Bijaksana tercermin dalam setiap pengambilan keputusan yang ditandai dengan penggunaan akal budi, pengalaman dan pengetahuan serta dilakukan secara hati2, cermat dan teliti. Enak di kita tapi juga nyaman buat orang lain. Bijaksana akan mengendalikan semuanya.

Yakin!
Prinsip yang lain akan lambat dan terhambat jika tidak didukung oleh rasa yakin dan percaya diri. Jangan pelihara rasa ragu. Tunjukkan bahwa kita bisa!. Dengan keyakinan yang tinggi, percepatan bisa segera dimulai.

Kira2 Pak SBY sudah menerapkan prinsip SBY apa belum ya?

33 thoughts on “Prinsip SBY

  1. waaaah pak eM Prinsip SBY keren! Tapi sayang aku tak bisa menjawab pertanyaan terakhir itu ๐Ÿ˜€ Gimana kalau minta pak SBY jawab sendiri?

    EM


    Pak SBY saya telpon berkali2 tapi HP nya nggak aktif Bu… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  2. kalau saya sih melihat pak SBY orangnya sabar dan bijaksana. tapi ketegasan dalam memutuskan sesuatu kurang mas. dan juga belum memiliki keberanian seperti pak jusuf kalla.


    Dalam banyak hal memang kalah sama JK Mas

    [Reply]

  3. Aslmkm.Gimana kabarnya pak mars?
    Nie hbs bertemu sby ya pak?kok ngomongin orang gendut itu, hehehe


    Eee… ada Mas Dasir.
    Piye kabare Mas?

    [Reply]

  4. saya setuju dennagn perinsip itu, tapi tak tau tuh pak SBY sudah melakukan perinsip itu atau belum ,makasih buat infonya


    Semoga Pak SBY bisa

    [Reply]

  5. Prinsip yang cihuuuyyyy pak Mars.. ๐Ÿ™‚
    *ikutan nyontek ah.. ๐Ÿ™‚ *
    tapi, kok saya belum yakin kalo pak BeYe dah make prinsip ini pak, hehehe…
    “yang penting citra” gitu katanya.. ๐Ÿ˜›


    Semoga Pak BeYe baca2 tulisan saya Mbak

    [Reply]

  6. kalau saya juga termasuk SBY, Pak. Suka Bubur Yacangijo

    jangan lupa nanti malam Dukung Earth Hour 2011 dengan mematikan listrik selama 60 menit mulai pukul jam 20.30-21.30; Setelah satu jam, jadikan gaya hidup!


    Ketoke ra bisa Mas…
    Jam yahmono wayahe bojoku nonton Putri yang ditukar

    [Reply]

  7. Oalah…. ternyata SBY itu Sabar-Bijasana-Yakin to? Ta’ kirain SBY prisiden-qu…

    Tapi memang kok, prinsip S-B-Y ini kalau bisa diterapkan tentunya akan jadi orang yang bersahaja dan berwibawa. Thanks inspirasinya, Pak Mars!


    Sama2 Bli…

    [Reply]

  8. Saya paling suka dengan prinsipnya yang ini pak : Lanjutkan…!!!
    hehe… ๐Ÿ˜€


    Kalau “Lanjutkan” sich kayaknya bukan prinsip tapi semboyan Mas…

    [Reply]

  9. ingat SBY jadi ingat harian ‘The Age’ gmn lanjutannya ya? ๐Ÿ™„

    Mungkin masih yakin dengan album lagu2nya pak guru ๐Ÿ˜›


    Ingat dikit2 Mas…

    [Reply]

  10. SAya diketawain habis2an waktu pemilu 2009 sama kakak saya karena ga mau milih SBY, sekarang……..gantian saya yg ketawain mereka yang milih SBY….dan saya bilang sama mereka elo semua ga boleh complaint karena itu adalah pilihan mereka…..hahahaha


    Saya malah lupa dulu milih siapa ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  11. Ada yang kurang Pak! Kan sekarang juga menyandang warga Batak. SBYS ๐Ÿ˜€
    Lah… ยดSยด yang paling belakang itu apa ya? Setan?


    Xixixi…
    Saya malah belum denger kalau punya gelar baru

    [Reply]

  12. emang gitu……..tapi ga begitu yakin mo di bawa ke mana negri ini…….ckckck


    Iya Mas
    Meragukan dan sering ragu2

    [Reply]

  13. berarti saya harus mulai belajar mengunakan prinsip ini Pak, kita khan pemimpin untuk diri sendiri ya….!


    Kayaknya harus Pak…
    Saya juga lagi belajar

    [Reply]

  14. Saya nggak tahu apa Pak SBY sudah menerapkan ini, yang saya tahu makin hari ubannya makinbanyak….keknya dia banyak pikiran yah…he he he he


    Pak SBY makin gemuk ajah…
    Sering makan enak kali ya ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  15. Hehe… yang terjadi sekarang adalah perlambatan ya, Pak? ๐Ÿ™‚


    Iya Mbak. Kekacauan ada dimana2…
    Di ruang rapat dan Munas ajah bisa terjadi kekacauan, apalagi di jalanan

    [Reply]

  16. Sik…sik… tak tanya Pak SBY dulu. Soale sing poin tiga itu agak meragukan :mrgreen:


    Pak SBY saya telpon nggak diangkat Mbak

    [Reply]

  17. Kok pak SBY belum komentar di sini? karna nda sempat ngeblog apa karena belum bisa menjalankan prinsip’nya’ ya?


    Masih twitteran kayaknya

    [Reply]

  18. Saya seringkali bisa bersikap bijaksana dan yakin, tapi kadang tidak sabaran, jadi kontra. Batal deh ๐Ÿ˜€

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *