Home > Ekspresi > Prinsip SBY

Prinsip SBY

March 26th, 2011 Leave a comment Go to comments

Disadari atau tidak, tiap manusia pasti punya prinsip dalam mengelola kehidupannya, terlebih bagi seorang pemimpin. Diantara macam2 prinsip, ada tiga yang wajib dikuasai oleh para pemimpin. Saya menyebutnya dengan istilah Prinsip SBY.

Prinsip SBY merupakan kombinasi dari tiga nilai yaitu sabar, bijaksana dan yakin, dimana masing2 punya fungsi dan peran sendiri2. Sabar berfungsi sebagai peredam, bijaksana sebagai pengendalinya dan yakin berguna untuk memacu percepatan.

Sabar!
Bisa diimplementasikan dalam beberapa sikap misalnya tenang, tabah, nggak tergesa2, nggak terburu nafsu, nggak lekas marah, nggak cepat putus asa dan nggak mudah patah semangat. Dengan kesabaran, hal yang tak diinginkan akan lebih mudah dikendalikan.

Bijaksana!
Bijaksana tercermin dalam setiap pengambilan keputusan yang ditandai dengan penggunaan akal budi, pengalaman dan pengetahuan serta dilakukan secara hati2, cermat dan teliti. Enak di kita tapi juga nyaman buat orang lain. Bijaksana akan mengendalikan semuanya.

Yakin!
Prinsip yang lain akan lambat dan terhambat jika tidak didukung oleh rasa yakin dan percaya diri. Jangan pelihara rasa ragu. Tunjukkan bahwa kita bisa!. Dengan keyakinan yang tinggi, percepatan bisa segera dimulai.

Kira2 Pak SBY sudah menerapkan prinsip SBY apa belum ya?

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. Ikkyu_san
    March 26th, 2011 at 10:54 | #1

    waaaah pak eM Prinsip SBY keren! Tapi sayang aku tak bisa menjawab pertanyaan terakhir itu ๐Ÿ˜€ Gimana kalau minta pak SBY jawab sendiri?

    EM


    Pak SBY saya telpon berkali2 tapi HP nya nggak aktif Bu… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  2. Guusn
    March 26th, 2011 at 10:54 | #2

    kalau saya sih melihat pak SBY orangnya sabar dan bijaksana. tapi ketegasan dalam memutuskan sesuatu kurang mas. dan juga belum memiliki keberanian seperti pak jusuf kalla.


    Dalam banyak hal memang kalah sama JK Mas

    [Reply]

  3. March 26th, 2011 at 11:01 | #3

    Aslmkm.Gimana kabarnya pak mars?
    Nie hbs bertemu sby ya pak?kok ngomongin orang gendut itu, hehehe


    Eee… ada Mas Dasir.
    Piye kabare Mas?

    [Reply]

  4. March 26th, 2011 at 11:06 | #4

    Prinsip yang bagus ….


    Semoga begitu Pak…

    [Reply]

  5. obat kelenjar getah bening
    March 26th, 2011 at 11:21 | #5

    saya setuju dennagn perinsip itu, tapi tak tau tuh pak SBY sudah melakukan perinsip itu atau belum ,makasih buat infonya


    Semoga Pak SBY bisa

    [Reply]

  6. March 26th, 2011 at 11:23 | #6

    memang sulit, namun harus berusaha untuk mencoba… ๐Ÿ™‚


    Iya Mbak…
    Mencoba dan mencoba adalah solusinya

    [Reply]

  7. advertiyha
    March 26th, 2011 at 11:44 | #7

    Prinsip yang cihuuuyyyy pak Mars.. ๐Ÿ™‚
    *ikutan nyontek ah.. ๐Ÿ™‚ *
    tapi, kok saya belum yakin kalo pak BeYe dah make prinsip ini pak, hehehe…
    “yang penting citra” gitu katanya.. ๐Ÿ˜›


    Semoga Pak BeYe baca2 tulisan saya Mbak

    [Reply]

  8. riFFrizz
    March 26th, 2011 at 11:48 | #8

    SBY = Surabaya


    SBY = Suroboyo – Bandung – Yaharta

    [Reply]

  9. March 26th, 2011 at 11:49 | #9

    kalau saya juga termasuk SBY, Pak. Suka Bubur Yacangijo

    jangan lupa nanti malam Dukung Earth Hour 2011 dengan mematikan listrik selama 60 menit mulai pukul jam 20.30-21.30; Setelah satu jam, jadikan gaya hidup!


    Ketoke ra bisa Mas…
    Jam yahmono wayahe bojoku nonton Putri yang ditukar

    [Reply]

  10. March 26th, 2011 at 12:26 | #10

    SBY NYA mantab pak. Setuju..
    Lanjutkan!


    Makasih Mas

    [Reply]

  11. Erwin
    March 26th, 2011 at 12:56 | #11

    tanya langsung coba, pak… ๐Ÿ˜€


    Saya telpon nggak aktif Mbak ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  12. March 26th, 2011 at 13:09 | #12

    SBY harus menyampaikan prinsip ini ke menkeu kayaknya..


    Trus Menkeu menyampaikan ke siapa ya

    [Reply]

  13. March 26th, 2011 at 13:43 | #13

    Asyik banget nih prinsipnya. Mau kampanye ya Pak?


    Kampanye Ketua RT Mas

    [Reply]

  14. March 26th, 2011 at 14:11 | #14

    Wah…,dapat nasihat di siang hari. ๐Ÿ™‚


    Bukan nasehat tapi bahan renungan Mas

    [Reply]

  15. March 26th, 2011 at 14:12 | #15

    Berarti kita sebagai rakyat harus punya Prinsipnya SBY!!!


    Iya Mas…
    Itu bisa dilakukan siapa saja

    [Reply]

  16. March 26th, 2011 at 14:32 | #16

    kalau yakin mungkin tidak, sebab dia konon dikenal sebagai seorang yang peragu


    Nah itu dia… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  17. BGK
    March 26th, 2011 at 15:01 | #17

    Saya yakin hanya beliau yang lebih yakin pak ๐Ÿ˜€


    Saya kok nggak begitu yakin Pak

    [Reply]

  18. budiastawa
    March 26th, 2011 at 15:29 | #18

    Oalah…. ternyata SBY itu Sabar-Bijasana-Yakin to? Ta’ kirain SBY prisiden-qu…

    Tapi memang kok, prinsip S-B-Y ini kalau bisa diterapkan tentunya akan jadi orang yang bersahaja dan berwibawa. Thanks inspirasinya, Pak Mars!


    Sama2 Bli…

    [Reply]

  19. masyhury
    March 26th, 2011 at 15:55 | #19

    Saya paling suka dengan prinsipnya yang ini pak : Lanjutkan…!!!
    hehe… ๐Ÿ˜€


    Kalau “Lanjutkan” sich kayaknya bukan prinsip tapi semboyan Mas…

    [Reply]

  20. March 26th, 2011 at 16:51 | #20

    Yakinlah apa yang dikatakan pak Mars… ๐Ÿ˜€


    Asal nggak ABS lho ya

    [Reply]

  21. March 26th, 2011 at 19:53 | #21

    ingat SBY jadi ingat harian ‘The Age’ gmn lanjutannya ya? ๐Ÿ™„

    Mungkin masih yakin dengan album lagu2nya pak guru ๐Ÿ˜›


    Ingat dikit2 Mas…

    [Reply]

  22. March 26th, 2011 at 20:26 | #22

    SAya diketawain habis2an waktu pemilu 2009 sama kakak saya karena ga mau milih SBY, sekarang……..gantian saya yg ketawain mereka yang milih SBY….dan saya bilang sama mereka elo semua ga boleh complaint karena itu adalah pilihan mereka…..hahahaha


    Saya malah lupa dulu milih siapa ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  23. Padly
    March 27th, 2011 at 08:52 | #23

    Ada yang kurang Pak! Kan sekarang juga menyandang warga Batak. SBYS ๐Ÿ˜€
    Lah… ยดSยด yang paling belakang itu apa ya? Setan?


    Xixixi…
    Saya malah belum denger kalau punya gelar baru

    [Reply]

  24. obatalternatif darah tinggi
    March 27th, 2011 at 22:47 | #24

    emang gitu……..tapi ga begitu yakin mo di bawa ke mana negri ini…….ckckck


    Iya Mas
    Meragukan dan sering ragu2

    [Reply]

  25. March 28th, 2011 at 11:40 | #25

    berarti saya harus mulai belajar mengunakan prinsip ini Pak, kita khan pemimpin untuk diri sendiri ya….!


    Kayaknya harus Pak…
    Saya juga lagi belajar

    [Reply]

  26. pendarbintang
    March 28th, 2011 at 12:21 | #26

    Saya nggak tahu apa Pak SBY sudah menerapkan ini, yang saya tahu makin hari ubannya makinbanyak….keknya dia banyak pikiran yah…he he he he


    Pak SBY makin gemuk ajah…
    Sering makan enak kali ya ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  27. March 28th, 2011 at 12:33 | #27

    Hehe… yang terjadi sekarang adalah perlambatan ya, Pak? ๐Ÿ™‚


    Iya Mbak. Kekacauan ada dimana2…
    Di ruang rapat dan Munas ajah bisa terjadi kekacauan, apalagi di jalanan

    [Reply]

  28. chocoVanilla
    March 28th, 2011 at 14:11 | #28

    Sik…sik… tak tanya Pak SBY dulu. Soale sing poin tiga itu agak meragukan :mrgreen:


    Pak SBY saya telpon nggak diangkat Mbak

    [Reply]

  29. March 28th, 2011 at 21:59 | #29

    kirain prinsip SBY nya prinsip cari aman dan imej Pak ๐Ÿ˜€


    Kalau yg itu prinsipnya pak SBY Mbak

    [Reply]

  30. March 30th, 2011 at 13:51 | #30

    lanjutkan…..


    Siap lanjutken

    [Reply]

  31. Abi Sabila
    March 30th, 2011 at 16:36 | #31

    Kok pak SBY belum komentar di sini? karna nda sempat ngeblog apa karena belum bisa menjalankan prinsip’nya’ ya?


    Masih twitteran kayaknya

    [Reply]

  32. bro eser
    April 1st, 2011 at 21:14 | #32

    Saya paling suka dengan poin yang kedua bro


    Semoga bisa melaksanakannya Mas

    [Reply]

  33. Erdien ABE
    April 12th, 2011 at 18:28 | #33

    Saya seringkali bisa bersikap bijaksana dan yakin, tapi kadang tidak sabaran, jadi kontra. Batal deh ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~