Home > Panduan > Rapat

Rapat

December 21st, 2010 Leave a comment Go to comments

Pada tulisan sebelumnya saya memberikan kode untuk menjaga jarak. Kali ini kebalikannya, yaitu merapatkan jarak antar karakter, yang salah satu kegunaannya adalah untuk merapikan tulisan yang diformat rata kiri-kanan (justify).

Sahabat mungkin pernah melihat sebuah tulisan yang diformat justify dan terjadi jarak antar kata yang renggang. Apalagi kalau dalam satu paragraf banyak terdapat kata yang panjang (karakternya banyak), akan semakin membuka peluang hal itu terjadi.

Perhatikan dan bandingkan tulisan pada kolom 1 dan kolom 2 dibawah ini…

Sebelum Diedit…

Peringatan untuk menjaga jarak sering kita lihat di bak belakang truk. Sebuah ajakan bijaksana demi keselamatan bersama.

Tulisan sederhana tapi bila diikuti dengan seksama akan berdampak luar biasa. Pernahkah sahabat melihat tulisan seperti gambar di atas?.

Setelah Diedit…

Peringatan untuk menjaga jarak sering kita lihat di bak belakang truk. Sebuah ajakan bijaksana demi keselamatan bersama.

Tulisan sederhana tapi bila diikuti dengan seksama akan berdampak luar biasa. Pernahkah sahabat melihat tulisan seperti gambar di atas?.

Tulisan pada kolom pertama adalah kondisi normal dengan jarak karakter yang biasa.

Dalam format standar sangat mungkin terdapat jarak antar kata yang terlalu renggang.

Dengan mengatur jarak antar huruf, paragraf akan makin rapi karena tidak terjadi jarak yang terlalu renggang.

Sepintas memang hampir tak terlihat bedanya, tapi jika dicermati akan tampak jelas.

Tapi ini adalah soal kebutuhan. Jika jarak normal dirasa cukup ya nggak perlu repot2 pasang kode.

Kode untuk merapatkan relatif sama dengan kode untuk merenggangkan. Perbedaannya hanya pada tanda minus (-).

Untuk merenggangkan…
<span style="letter-spacing:2.7px;">teks</span>

Untuk merapatkan…
<span style="letter-spacing:-0.2px;">teks</span>

Ganti kode warna merah sesuai kebutuhan!

~ Grazie ~
Categories: Panduan
  1. Oyen udah kurus
    December 21st, 2010 at 14:58 | #1

    terimakasih ilmunya Pak Mars, sangat berguna buat Oyen yang gak pernah praktek ini. Semoga Allah membalas kebaikan Pak mars yang telah berbagi ilmu dan berbagi pulsa 😛

    MAAF, IJIN MENGAMANKAN PERTAMAX, BOLEH KAN? :p

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    Jika melihat tulisan di KJ seperti itu, berarti ketauan kagak ngarti nyang beginian :mrgreen:

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    Jika melihat tulisan di KJ nyang sudah di edit, berarti ketauan yang ngeditin sape ? :mrgreen:

    [Reply]

  2. December 21st, 2010 at 15:34 | #2

    tulisannya terlihat lebih rapi….,

    [Reply]

  3. mandor tempe
    December 21st, 2010 at 16:12 | #3

    mata saya kok lebih nyaman membaca yang sebelah kiri ya pak mars

    [Reply]

  4. December 21st, 2010 at 16:28 | #4

    tulisan lebih rapat, lebih rapi tapi mata qu mulai kelelahan …

    [Reply]

  5. riFFrizz
    December 21st, 2010 at 19:09 | #5

    ngilmu maning, san kyu pak !!

    [Reply]

  6. TuSuda
    December 21st, 2010 at 22:50 | #6

    mohon ijin copas kodenya ya pakde… makasi… 😉

    [Reply]

  7. December 22nd, 2010 at 07:07 | #7

    Haahahahaah.. saya sampe kaya sedang ikut kuis : “cari perbedaan nya”
    Kok gak beda ya ??? @,@ kurang extreme, makanya susah dibedakan… 😳
    Thank you dulu nih…


    Makasih juga Mas…

    [Reply]

  8. December 22nd, 2010 at 09:45 | #8

    Alhamdulillah, Pak Guruuuuu………terimakasih ya selalu bagi2 ilmu ……… 🙂
    walaupun muridmu ini agak koppeg gituzuuu ………
    salam


    Sudah dicoba apa belum Bun??

    [Reply]

  9. December 22nd, 2010 at 10:09 | #9

    Rapat sing rapet..


    Lha rak repot… 😀

    [Reply]

  10. December 22nd, 2010 at 17:26 | #10

    WAH MEMBANTU SEKALI PAK DE. TAPI KALAU BUAT WORD ENGGAK BISA YA HAHAHA IYA LAH, ENGGAK ADA KOLOM KODE HTML NYA KYAKNYA 😀

    HALO-HALO, WAH SELAMAT HARI IBU BUAT MAMA MAMA DI INDONESIA. INGAT DAN TETEP SAYANG KITA KITA YA MA HHE

    MARI KE JOGJA PAKDE, SUDAH AMAN

    [Reply]

  11. December 22nd, 2010 at 20:48 | #11

    PAKDE AKU KIRIM EMAIL DI TEMPATMU, MOHON DI CEK YANG DI GMAIL ITU DE.

    [Reply]

  12. My Blog
    December 23rd, 2010 at 06:08 | #12

    ternyata fungsi span itu toh..

    [Reply]

  13. pendarbintang
    December 23rd, 2010 at 09:14 | #13

    Haduuuuh, kapan bisa mraktekin semua yah….
    padahal PakDhe Om, udah sangat berbaik hati membagi tapi tetep jarang dipake…

    [Reply]

  14. December 23rd, 2010 at 16:31 | #14

    Kalau menurut saya, perataan justify kurang baik untuk mendukung keterbacaan dan ‘scanning’ tulisan, terutama jika berbentuk blok paragraf. Oleh sebab itulah, saya lebih memilih perataan left. Rekomendasi dari beberapa pakar web usability juga lebih menganjurkan penggunaan letf align daripada justify.

    [Reply]

  15. Vulkanis
    December 23rd, 2010 at 17:33 | #15

    Luar biasa kode and tipsnya..matur nuwun Mas

    [Reply]

  16. Pakde Cholik
    December 24th, 2010 at 16:37 | #16

    Ternyata ada kodenya
    Saya kopi ya mas, matur nuwun
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  1. January 13th, 2011 at 11:49 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~