Home > Inspirasi > Reaktualisasi Konten

Reaktualisasi Konten

October 30th, 2010 Leave a comment Go to comments

Manakala lagi kehabisan ide, kita bisa coba trik reaktualisasi konten. Secara gampangnya, reaktualisasi konten adalah mendaur ulang tulisan yang pernah kita buat atau bisa pula mengambil tema dari orang lain tapi kontennya mbikin sendiri. Daur ulang tak sekedar tayang ulang atau repost.

Dengan proses reaktualisasi, tulisan lama akan kembali fresh dan relevan dengan situasi kekinian. Tips ini juga ampuh dipakai untuk tulisan yang berhubungan dengan peristiwa sejarah, semisal Sumpah Pemuda, Tragedi Tsunami atau pengalaman kita saat SMP.

Dalam mendaur ulang perlu bumbu penyedap. Contoh proses reaktualisasi konten yang sempurna bisa kita lihat dalam film Titanic. Bumbunya terasa sedap sekali. Kalau ramuannya tepat, kitapun bisa menulis peristiwa Meletusnya Merapi dalam citarasa tinggi.

Ibarat software, sebuah tulisan juga perlu diberi versi. Sama2 nulis Mbah Maridjan, kalau orang lain kontennya ver 1.0 ya kita naik sedikit menjadi ver 1.1 atau ver 2.0

Selamat melakukan reaktualisasi konten

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. October 30th, 2010 at 17:00 | #1

    Hhmmm…

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Mmmhhh…

    Apaan hayo…!??
    Jangan salah arti dulu, ini juga bagian dari reaktualisasi komenk… Xixixixixi. :D

    [Reply]

  2. October 30th, 2010 at 17:01 | #2

    tumben dapet pertamax…


    Kayaknya nggak tumben…
    Pernah pertamax juga

    [Reply]

  3. October 30th, 2010 at 17:02 | #3

    sebenarnya ku masih ga paham, Pak..
    atau mungkin pemahamanku saLah ya?


    Sbentar lagi akan paham kok…

    [Reply]

  4. October 30th, 2010 at 17:04 | #4

    ow.. i see..
    paham sekarang..
    sebagian saran Bapak dh coba ku lakukn..
    makasih buat segudang inspirasi di sini, Pak…


    Makasih juga jika telah paham dengan tulisan saya :D

    [Reply]

  5. October 30th, 2010 at 17:04 | #5

    ..unyu..unyu…


    Inguk2…

    [Reply]

  6. guskar
    October 30th, 2010 at 18:29 | #6

    saya lagi seneng2nya mendaurulang kisah adipati karna pak :)


    Semoga daur ulangnya sukses Gus…
    Saya suka kemasan yang GusKar bikin…
    Ringan tapi padet!

    [Reply]

  7. nakjaDimande
    October 30th, 2010 at 18:32 | #7

    Kakak paling suka Titanic sewaktu adik yang jadi pemerannya..
    penjiwaannya dapet banget **yg waktu adegan tenggelam itu


    Kakak salah…
    Di Film Titanic itu, adik hanya kebagian jadi figuran,
    jadi penumpang yang jatuh menimpa tiang lalu kecebur itu… :D

    [Reply]

    Kakaakin Reply:

    Pelem itu saya belom pernah nonton… jadi nggak tau kalo ada figuran yang sudah jatuh menimpa tiang, tercebur pula :D

    [Reply]

  8. suryaden
    October 30th, 2010 at 18:37 | #8

    bisa memang, kalo idenya juga jalan :lol:


    Kalau daur ulang nggak perlu ide berat, karena intinya sudah ada.
    inggal bagaimana mengemasnya.
    Salam untuk crew Joglo Abang!

    [Reply]

  9. October 30th, 2010 at 19:38 | #9

    ikut mereaktualisasi komentar…


    Mari Mas Alam…

    [Reply]

  10. October 30th, 2010 at 20:33 | #10

    wah…ide cemerlang ini, terima kasih banget dan salam hangat serta sukses selalu.


    Sama2 Mas Yus…
    Biar ide kita fresh lagi…

    [Reply]

  11. October 30th, 2010 at 21:10 | #11

    lagek tak praktekne,heheheee


    Siep!
    Maju Terus!!

    [Reply]

  12. budiarnaya
    October 30th, 2010 at 21:14 | #12

    Mantap juga idenya pakde…jd memikirkan sesuatu nich


    Kadang kita perlu bongkar2 tulisan lama Bli…
    Atau bisa pula mereaktualisasi tulisan orang lain yang menurut kita layak untuk didaur ulang, asal nggak sekedar copy paste.

    [Reply]

  13. inginmp3
    October 30th, 2010 at 23:09 | #13

    cocok nih ide nya…tapi bahasa ‘relevan dengan situasi kekinian’ nih yg harus juga di reaktualisasikan…:D, di jadikan ‘relevan dengan keadaan sekarang’..hehehe..gitu kn…
    muaapp..banget lho klo lancang…:D


    Xixixixi…
    Makasih masukannya Mas.
    Saya nyoba pakai istilah yang agak rumit dikit… :D

    [Reply]

  14. October 30th, 2010 at 23:25 | #14

    idenya briliant pak Mars, menayangkan kembali versi lama dengan gaya yang baru memang bisa bikin fresh, juga bisa jadi bahan saat sedang buntu …


    Makasih juga buat Mas Nug yang rajin main kesini… :D

    [Reply]

  15. pro dolar
    October 30th, 2010 at 23:39 | #15

    tulisan dengan gaya kita sendiri memang lain dari yang lain pak


    Nggih Mas…

    [Reply]

  16. October 31st, 2010 at 01:08 | #16

    Jadi dapat istilah keren nih, udah sering banget kulakukan.


    Xixixi…
    Istilahnya dibikin keren Mbak…

    [Reply]

  17. arisnb
    October 31st, 2010 at 01:24 | #17

    bagus idenya apalagi dikemas dengan mengaitkan dengan apa yg lagi ngetrend sekarang (pas lagi hot-hotnya publik membicarakan masalah tsb) pasti tambah maknyusss …


    Makasih Mas

    [Reply]

  18. pendarbintang
    October 31st, 2010 at 05:01 | #18

    Wah…..Om, emang jagonya tip and trick menulis artikel yah…

    *memandang takjub*

    Saya jadi kerasan, karena dapat banyak ilmu….


    Makasih Mbak.
    Saya juga masih belajar terus kok

    [Reply]

  19. October 31st, 2010 at 05:03 | #19

    Hi hi hi …
    Bagus juga idenya mas…
    Jadi idenya ngambil dari orang lain/peristiwa yang sudah ada. Tapi kontentnya bikin sendiri…


    Bisa dari orang, bisa pula dari tulisan sendiri yang sudah pernah dipublis Mas…

    [Reply]

  20. TuSuda
    October 31st, 2010 at 06:43 | #20

    semacam reposting ide dan topik tulisan ya Pakde…bagus juga diterapkan..Makasi… ;)


    Bisa kayak gitu Bli…
    Tapi yang kedua musti lebih menggigit drpd sebelumnya.
    Salam!

    [Reply]

  21. Pakde Cholik
    October 31st, 2010 at 06:54 | #21

    Sama2 rawon, yang satu pak telur asin yang lain pake telur puyuh ya mas…
    lain ladang olain belalang, lain padang lain warungnya
    salam hangat dari Surabaya


    Leres PakDhe…
    [salam kagem Budhe]

    [Reply]

  22. Mas Mot
    October 31st, 2010 at 07:18 | #22

    Sekarang juga lagi musimnya lagu jadul di rilis ulang dengan musik yg lebih kekinian. Dan kebanyakan memang manjur alias sukses karena lagu aslinya memang sudah bagus.

    Tapi apakah kontes yg di reaktualisasi akan sukses di koment pengemar?


    Bisa iya bisa enggak Mas.
    Tergantung nasib :D

    [Reply]

  23. October 31st, 2010 at 07:37 | #23

    Yang terpenting masih bisa dinikmati Pak, Kalau ibarat nasi instan, satu merek beda rasa.. :)
    Maturnuwun


    Iya Mas…
    Kalau topiknya menarik, pasti bisa dinikmati lagi

    [Reply]

  24. October 31st, 2010 at 10:41 | #24

    iya nih pak… saya juga sedang balik aktip lagi… mau resaikel lagi :D

    [Reply]

  25. ndop
    October 31st, 2010 at 11:13 | #25

    mantab… ngubek ngubek daftar isiku disik ah…

    [Reply]

  26. cah ndeso
    October 31st, 2010 at 12:05 | #26

    Manteepp… tapi kalo dirasa memang diperlukan, ketok-e ndak ada salahnya nggih Pak? Kan ndak semua berita di internet itu diketahui secara umum.

    Jadi semacam gethok tular gitu loh. :mrgreen:

    [Reply]

  27. Om-Digit
    October 31st, 2010 at 12:19 | #27

    komen aq td mana yaa ?? gk muncul !! :(

    [Reply]

  28. October 31st, 2010 at 12:55 | #28

    siyap dilaksanakan

    [Reply]

  29. riFFrizz
    October 31st, 2010 at 18:36 | #29

    trik bagus pak, aku mau cerita pas aku sekolah TK kokudah lupa ya gimana ? (doh)

    [Reply]

  30. Glugu
    October 31st, 2010 at 19:44 | #30

    Masakan boleh sama bayemnya, tapi ketika kemaren dibumbui roiko, sekarang saatnya ditaburi masako *yang rasa ceker ayam yaks*

    [Reply]

  31. Asuransi Syariah
    October 31st, 2010 at 20:45 | #31

    Numpang lewat Pak dhe…

    [Reply]

  32. Asuransi Syariah
    October 31st, 2010 at 20:51 | #32

    Pak… afrianti.indo udah wafat.. diganti blog ini sekarang….. Blogrollnya diganti http://atakaful.blogspot.com xixixixixi…

    [Reply]

  33. October 31st, 2010 at 21:09 | #33

    Kaya lagu diaransemen ulang heeee ….. tapi menarik …. jadi ada versi lain …

    [Reply]

  34. adin
    October 31st, 2010 at 22:44 | #34

    ini jalan pintas kalo lagi mati ide, hehehe…

    [Reply]

  35. kevinist
    October 31st, 2010 at 23:17 | #35

    contohnya gimana brother?


    kevinist.tk

    [Reply]

  36. Bunda Bijak
    November 1st, 2010 at 00:05 | #36

    ternyata bukan hanya sampah yg bisa didaur ulang hehehe

    [Reply]

  37. November 1st, 2010 at 03:15 | #37

    Betul sekali sobat reaktualisasi konten ini bisa memecah kebuntuan manakala ide lgi mampet hehe..

    [Reply]

  38. November 1st, 2010 at 03:17 | #38

    Tips yang bagus bos.. agar kita bisa terus berposting ria..

    [Reply]

  39. November 1st, 2010 at 05:54 | #39

    Tinggal cara meramu bumbunya biar makin seger walaupun masih dengan menu yang sama Pak Guru.
    Wah… inspirasi baru buat saya, nih.

    [Reply]

  40. advertiyha
    November 1st, 2010 at 11:16 | #40

    Saya pernah reaktualisasi tulisan pak guru lho… :) (inget SUSI kan??) ihiiyyyyy
    makasih idenya pak.. selalu unik n ciamik..

    [Reply]

  41. Oyen udah kurus
    November 1st, 2010 at 12:34 | #41

    gonaku hora iso yo pak… akeh sing golek inpo merapi, tapi kan merapi ku gak mutu, malah do keblinger kabeh… :P

    [Reply]

  42. usagi
    November 1st, 2010 at 13:31 | #42

    saya pernah tapi dari notes FB tapi gak seru pak de..
    feelnya gak dapet

    btw blognya mas guskar kenapa gak bisa di akses ya pak de..

    [Reply]

  43. arkasala
    November 1st, 2010 at 14:47 | #43

    ide yang menarik … semoga jadi obat saya nih yang jarang apdet hihi
    Matur nuwun sanget Pak :)


    Semoga makin rajin update :D

    [Reply]

  44. khay
    November 2nd, 2010 at 08:48 | #44

    Layak untuk dicoba mister… Blog saya mandeg, mulai kumat jarting dan tanpa sedikitpun sertik, ::nangis::


    Ayo semangat Om…

    [Reply]

  45. November 2nd, 2010 at 09:58 | #45

    kalau reaktualisasi komen perlu ga pak?


    Rata2 komeng juga daur ulang…
    Iyo rak?!

    [Reply]

  46. November 3rd, 2010 at 16:55 | #46

    Thanks Pak Mars …
    Beberapa kali saya pernah juga reaktualisasi konten …

    Salam saya Pak Mars


    Kalau dikemas dengan baik, tulisan lama yang didaur ulang kesannya lebih mendalam Om…
    Salam untuk keluarga

    [Reply]

  47. November 3rd, 2010 at 19:46 | #47

    Menaikan versi itu yang sulit mas, kalau tetangga sebelah versi 1.0, punyaku baru versi 0.8 :(


    Kalau kita yakin pasti bisa Mas…

    [Reply]

  48. iptek
    December 24th, 2010 at 07:57 | #48

    bahasnya kok rodo abot ya..

    [Reply]

  49. January 14th, 2011 at 00:35 | #49

    blogwalking mlm2

    [Reply]

  1. November 2nd, 2010 at 19:38 | #1
  2. December 7th, 2010 at 19:53 | #2

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~