Rekomendasi

Apapun bentuk dan tujuannya, kita pasti pernah mendapat rekomendasi dari orang lain. Entah dari keluarga, sahabat, rekan kerja, atasan atau siapapun. Rekomendasi bisa resmi dalam bentuk surat dan bisa pula tidak resmi yang hanya disampaikan secara lisan.

Rekomendasi tak resmi misalnya tentang tempat makan yg enak dan murah, film yg layak ditonton dll, sedangkan yang resmi misalnya rekomendasi dari dokter (rujukan), rekomendasi dari partai yang mencalonkan kita jadi Bupati, rekomendasi sekolah untuk siswanya yg akan melanjutkan kuliah dll.

Rekomendasi itu perlu, karena bisa dipakai sebagai referensi. Tapi kita juga harus selektif, karena tidak semua rekomendasi itu cocok untuk kita. Ada rekomendasi yang perlu dicoba semua, tapi ada yg cukup dipilih salah satu saja.

Untuk tempat makan yang direkomendasikan, tidak ada salahnya kita coba semua dan itu masih bisa ditolerir. Tapi jika rekomendasi itu tentang juru khitan yg terbaik buat anak kita, maka cukup dipilih satu saja kalau tak ingin terjadi tragedi pada anak kita.

Rekomendasi dari orang lain itu penting, tapi musti disesuaikan dg kemampuan & kebutuhan. Kalau merasa tak mampu, ya jangan nyalon jadi Bupati meskipun ada yg merekomendasi.

45 thoughts on “Rekomendasi

  1. apalagi kalau saya rekomendasi tempat-tempat wisata yang bagus dan enak di Jepang ya pak eM…untuk ke Jepangnya aja musti sediakan tiket dan sangu 😀 Apalagi untuk wisatanya 😀
    Saya bisa sih kalau cuma traktir makan mie Jepang 😀


    Kalau tentang Nasi Kare warna biru yang direkomendasikan Nique yg kayak blao itu gimana Bu?

    [Reply]

    nique Reply:

    rekomendasi tempat kuliner ngeri2 sedap 😀

    kemarin dapat info tentang tempat makan dimsum yang makan sepuasnya dengan harga murah. tapi pas baca forumnya kok rata2 mencela pelayanannya yang juelek pisan.
    urung deh saya pergi ke sana, alih2 perut kenyang, yang ada tar malah berantem pula hahaha


    Kalau merekomendasikan ke kamu harus hati2 Ni, karena kamu Super Jeli 😀

    [Reply]

  2. saya ingin minta rekomendasi dari pak mars tentang bagaimana cara mencari calon istri yang baik, hehehe


    Bisa datang ke SMA 1 Kendal Mas… 😀

    [Reply]

  3. Saya korban rekomendasi, Pak 😀


    Yg sedih adalah manakala rekomendasi kita malah disalahgunakan orang Mbak…
    Kita repot2 ngasih rekomendasi untuk diterima bekerja di sebuah tempat, eee yg kita kasih rekomendasi malah mengecewakan kita karena kerjanya nggak bagus

    [Reply]

  4. Belakangan, anehnya, ada saja orang yg merekomendasikan dirinya menjadi calon presiden.
    Salam hangat, pak Mars.


    Nah ini paling parah mas…
    Masak merekomendasikan dirinya sendiri

    [Reply]

    nique Reply:

    hahaha abis dia nungguin direkomendasiin orang kelamaan sih pak, jadi dia duluin, takut gak ada yang berani rekomendasiin getoh


    Harusnya jadi Wali Kota dulu buat liat kinerjanya gimana 😀

    [Reply]

    nique Reply:

    gimana klo jadi RT dulu pak? 😀


    Ketua KDRT kalee…

    [Reply]

  5. kalo saya merekomendasikan kunjungan ke blog saya gimana pak? boleh ga?


    Asal jangan ke jalan lurus… 😀

    [Reply]

    alaika Reply:

    masih suka jalan yang berkelok-kelok ya pak? hihi


    Jalan Lurus itu nama blognya tapi sekarang sudah tewas Mbak 😀

    [Reply]

  6. menyesuaikan dengan kemampuan & kebutuhan itu yang kadang-kadang sulit, seringnya keinginan yang lebih mendominasi … 😀


    Tantangan kita adalah menaklukkan yg kadang2 sulit itu…
    Kalau yg mudah sich bukan tantangan 😀

    [Reply]

  7. kalo rekomendasi tempat makan, memang hukumnya wajib ya Pak…
    saya tiap ke luar kota, kalo punya teman yang asli penduduk situ, pasti tanya dulu deh
    makanan enak dimana
    daripada rugi, milih acak.. ternyata gak enak


    Setuju Mbak…
    Selain tempat makan juga rute yang kita lalui, sebaiknya nunggu rekomendasi dari teman yg bener2 paham jalur

    [Reply]

  8. Paling sering lupa kalo pernah direkomendasiin tempat makan Pak. Kalo merekomendasikan orang kok ga berani ya Pak. takut mengecewakan.


    Skali2 kita perlu ngasih rekomendasi juga Mas.
    Siapa tau rekomendasi kita itu memang diperlukan orang lain

    [Reply]

  9. hehehe … kirain postingan ini terinspirasi oleh postingan mama vales yang juga menulis tentang rekomendasi 😀

    jadi kapan niat bapak nyalon jadi bupati? Saya rekomendasikan lho hahaha


    Saya nyalon jadi kakek saja Ni… 😀

    [Reply]

  10. banyak yg memberi rekomendasi supaya menyerah dalam menggapai mimpi saya, karena katanya ketinggian. tapi ndak saya dengarkan..:-) lanjut..


    Lanjutken…

    [Reply]

  11. rekomendasi saya adalah segera cari rekomendasi dari orang yang merekomendasikan anda untuk merekomendasi teman anda untuk mencari rekomendasi dari seorang yang ahli merekomendasikan rekomendasi..

    *mabuk


    Intinya saling merekomendasi 😀

    [Reply]

  12. rekomendasai kebanyaan sih perlu ya pak, tapi kadang2 kalau gak sreg ya gak diikuti deh rekomendasinya


    Iya Mbak, kita harus selektif 😀

    [Reply]

  13. Kalo saya rekomendasikan Pak Mars untuk main ke Bandung gimana Pak? ntar saya traktir peuyem deh… hehe….


    Iya Mbak, Insya Allah bisa sampai Bandung

    [Reply]

    dey Reply:

    peuyeum kali mbak .. kurang U nulisnya .. hehehe

    Saya ikutan Mbal Al aja deh rekomendasinya … 😀


    Siap dengan rekomendasinya…

    [Reply]

  14. pantesan ga muncul linknya, ternyata alamat website saya kelupaan diisi… hampir iri ngeliat komen yang lain, kok pada bisa di link… hihi.


    Skarang sudah ngelink Mbak

    [Reply]

  15. kalau merasa mampu, ada yang merekomendasikan, tapi nyatanya ga berkompeten jadi bupati gimana Pak?


    Ya jadi Camat ajah… 😀

    [Reply]

  16. saya sering berbagi rekomendasi tempat makan yg enak pak, lha kebetulan ada di lingkungn teman2 yg doyan makan he2 😀


    Lebih asyik lagi kalau yg merekomendasikan diajak serta dan ditraktir

    [Reply]

  17. Perlu rekomendasi tempat wisata di Semarang?
    Silakan mampir ke primbon saya,
    Tetapi jangan marah jika kenyataannya tak seindah di fotonya, 😀


    Toko juga…
    Nyatanya pas saya searching, larinya ke Seputar Semarang 😀

    [Reply]

  18. Waktu arisan dengan teman se angkatan, ada yang minta saya mau menjadfi Bupati. Tapi saya masih mikir-mikir karena sekarang orang mudah melakukan demo, maki-maki, ngrusak pagar, bangunan.
    Sudah tua begini saya tak ingin repot,was-was dan membuat emak dan keluarga saya juga was-was.
    Rasanya kok enak ngeblog daripada menjadi Bupati walau gajinya memang mengini.
    Salam hangat dari Surabaya


    Kalau jadi Bupati Kendal pasti saya jadi Tim Suksesnya

    [Reply]

  19. saya sepakat sama pak mars: untuk rekomiendasi juru khitan emang pilih satu saja, karena anak kan cuma sekali dikhitan. Kalau lebih dari sekali benar-benar tragedi 😉


    Hahahahaha
    Secara anak kita cowok semua ya Mbak

    [Reply]

  20. selektif dgn banyaknya suggestion adalah wajib pak…
    sy sepakat dengan postingannya

    salam hangat dr tanah daeng


    Makasih Mas

    [Reply]

  21. wah Pak Mars, kayanya saya terlewatkan beberapa postingan bapak nih hihihi *soksibuk*

    Saya sering rekomendasiin temen2 tempat makan yang enak2 (menurut saya :D) dan saya juga suka minta rekomendasi dr temen2 tentang tempat wisata yang ok dimana aja 😀


    Meski terlewat, tapi baca postingan saya nggak akan capek karena singkat2 😀

    [Reply]

    yeye Reply:

    pasti dunks Pak hehehe

    [Reply]

  22. Saya sangat merekomendasikan Om Mars pake baju kotak-kotak. Pasti terlihat gimanaaaa gitu 😀

    Apa kabar, Om Mars? Maap lama ndak sowan di mari 🙂


    Kabar baik Mbak…
    Masih ada baju kotak2kah?

    [Reply]

  23. Saya dukung dan rekomendasikan Pak Mars jadi Juragan Blog Nasional…. 🙂


    Hahahahaha
    Juragan Blog Nasional itu yang gimana ya…
    Potongan saya nggak pantes, karena kurang gendut.
    Juragan mesti lemu ginuk2

    [Reply]

    Mega Reply:

    kalo rekomendasiin temen sebangku biar jadi ketua OSIS boleh yo, Pak Guru?


    Yang diberi rekomendasi jarang yg mau Mbak

    [Reply]

    ndop Reply:

    mas whiz wae sing pantes dadi Juragan Blogger Nasional.. ginuk2 sehat manteb sejahtera..


    Cocok…

    [Reply]

  24. sepakat dan sependapat, Pak. Jangan cari pembenaran dengan mengembalikan masalah pada pihak yang merekomendasikan. Imbangilah rekomendasi dengan kemampuan, komitmen dan upaya yang optimal.


    Saya juga sepakat dengan tambahan yg Abi tulis

    [Reply]

  25. Pingback: metamarsphose
  26. kalau soal rekomendasi, saya pilih-pilih siapa yang kasih, pak. kalau saya percaya sama orang itu, saya akan kunjungi/pakai rekomendasinya. tapi kalau beda selera, jelas tidak saya pakai rekomendasinya. 🙂


    Kita memang harus hati2 menyikapi rekomendasi Mbak. Kalau nggak pilih2 bisa tersesat

    [Reply]

  27. Pingback: metamarsphose
  28. aku selalu merekomendasikan temen deket sih. Misal ada yg mesen logo saya lempar ke mas whiz. Soalnya saya nggak begitu bisa membuat logo. Hehe..


    Kalau sticker bisa nggak?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *