Home > Inspirasi > Sahabat Komutatif

Sahabat Komutatif


Komutatif adalah sebuah sifat yang berlaku bolak-balik. Kalau di Matematika (maaf kalau ada yang alergi) sifat ini dimiliki oleh penjumlahan dan perkalian. Kita tau bahwa 2 + 3 = 3 + 2 dan 3 x 4 = 4 x 3. Sifat ini tidak berlaku dalam pengurangan dan pembagian. 6 – 2 tidak sama dengan 2 – 6 dan 6 : 2 tak sama pula dengan 2 : 6.

Di kehidupan sehari2 banyak dijumpai hal yang memiliki sifat komutatif. Berjabat tangan misalnya. Saya berjabat tangan dengan Dia, sama kejadiannya dengan Dia berjabat tangan dengan Saya. Saya sekamar dengan Dia sama kejadiannya dengan Dia sekamar dengan Saya. Dalam hal lain, sifat seperti ini tidak berlaku. Saya kangen Dia, belum tentu Dia kangen Saya. Saya mengingat Dia, belum tentu pada saat yang sama Dia ingat Saya.

Lalu bagaimana dengan persahabatan?. Komutatifkah dia?
Inilah sesungguhnya pokok dari tulisan ini. Sahabat, teman, kawan, rekan atau apapun istilahnya adalah sebuah hubungan yang unik. Tanpa ikatan tertulis, tanpa MoU, bisa datang secara tak terduga namun juga bisa pergi kapan saja.

Ketika saya merasa Dia itu teman saya, disaat yang sama saya slalu berpikir, apakah Dia juga merasa bahwa saya ini temannya?. Atau ketika orang bertanya, apakah saya teman Dia, saya hanya bisa menjawab: “Saya nggak tau Saya ini teman Dia apa nggak, tapi yang Saya tau bahwa Dia itu teman Saya”.

Sepintas jawaban Saya tampak bercanda, tapi bukan tanpa alasan jika saya berkata demikian. Saya tak berani mengatakan saya ini sahabat Dia karena saya tak tau secara pasti yang ada pada Dia. Yang bisa saya pastikan hanyalah yang ada dipikiran saya, bahwa Dia sudah saya jadikan sahabat.

Semoga persahabatan kita termasuk persahabatan yang komutatif, saya menjadikan Anda sebagai sahabat dan Andapun menganggap saya sebagai sahapat pula. Meskipun tanpa ikatan, meski datang secara tak terduga, tapi semoga tidak putus begitu saja. Semoga…

Lewat tulisan ini aku ingin menyapa “BC“, sahabat lamaku yang tanpa terduga datang kembali dalam kehidupanku. Meski “kamu” tak baca tulisan ini tapi aku yakin bahwa persahabatan kita adalah persahabatan komutatif. Kamu sahabatku dan aku sahabatmu.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. July 5th, 2010 at 16:57 | #1

    BC pake L nggak pak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Tanpa L Mbak… :D

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Julie pake Estelle ngga pak?

    [Reply]

  2. July 5th, 2010 at 17:56 | #2

    Kalau Buku,

    kategori sahabat apa ya Pak’e…???

    [Reply]

  3. fundonesia
    July 5th, 2010 at 18:44 | #3

    seorang penyair arab mengatakan, “shahibuka man abkaka la man adzhakaka”….. temanmu yang sesungguhnya adalah yang membuatmu menangis bukan ketawa.

    salam… merdeka…!!!

    [Reply]

  4. July 5th, 2010 at 19:01 | #4

    Matematika oh Matimatian.. aku belajar matematika ini nggak pernah sukses (rasanya jadi orang paling bodoh sedunia.) :(

    [Reply]

  5. January 13th, 2011 at 22:58 | #5

    Wah mas suka banget dengan tulisan ini.
    saya baru tau dan sadar kalo sahabat itu memang tidak bersifat komunikatif ya?! tapi saya juga setuju, semoga siapa pun yang telah kita anggap sebagai sahabat berlaku juga bagi dia terhadap kita. amin..

    [Reply]

  6. March 4th, 2011 at 15:29 | #6

    nice blog, salam kenal,,,,


    Salam kenal Mbak…
    Makasih sudah datang disini

    [Reply]

  7. tablet android honeycomb terbaik murah
    June 12th, 2011 at 10:34 | #7

    iya juga sih kalo dipikir2 bgt, tpi klo saya siapapun yg berkomunikasi dgn saya, saya anggap mereka sbg teman meskipun bru kenal atau kenal lwt media internet. Salam sahabat

    [Reply]

Comment pages
1 2 5011
  1. July 5th, 2010 at 03:49 | #1
  2. July 5th, 2010 at 08:58 | #2

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~