Saling Mengingatkan

Yang namanya berbuat salah itu bisa dilakukan siapa saja, tak kenal umur, tak kenal status sosial dan lintas gender. Tua muda, miskin kaya dan pria wanita pasti pernah melakukannya. Yang beda adalah frekuensi dan tingkat kesalahan yang dilakukan, serta bagaimana menyelesaikannya.

Ada yang lakukan kesalahan kecil tetapi penyesalannya berkepanjangan, ada pula yang salah melulu tapi tenang2 saja. Ketika sesuatu yang kecil suka diabaikan, maka lama2 cenderung dianggap biasa.

Salah satu cara untuk menuju perbaikan adalah saling mengingatkan. Pihak yang satu mengingatkan dan pihak lain mau menerima masukan. Jika komunikasi itu berjalan, maka solusi akan didapatkan. Jadilah orang yang mau mengingatkan, tapi juga harus mau diingatkan.

Mengingatkan tak hanya terbatas pada yang berbuat salah saja tapi implementasinya lebih luas lagi. Mengingatkan bisa dialamatkan pada yang sering atau bahkan selalu lupa, bisa pula dipakai sebagai bentuk penegasan sebuah kesepakatan atau janji.

Bagaimana jika terus berulang?
Semua memang ada batasnya. Jika sudah diingatkan berulangkali kok ternyata tak ada perubahan atau malah timbul salah pengertian, ya apa boleh buat. Mungkin belum jodohnya.

Sebagai orang yang tak luput dari salah, sayapun berharap agar sahabat tak segan untuk mengingatkan saya manakala ada salah2 kata atau ada yang tidak pas.

Mari kita saling mengingatkan.

44 thoughts on “Saling Mengingatkan

  1. Saling mengingatkan adalah hal yang sudah sepatutnya dilakukan oleh seorang sahabat, teman atau keluarga kita sendiri. Jika semua saling menerima masukan dan mengingatkan, niscaya akan indah hidup ini. Nggak pandang bulu, tua muda bisa melakukan kesalahan semua. Betul nggak pak mars?


    Betul, 100 😀

    [Reply]

  2. saya malah selalu ingat pak eM setiap ngeblog *loh* 😀


    Hehehehe…
    Bu eM adalah pengunjung blog saya sejak 2008 lho…

    [Reply]

    nique Reply:

    nah? kok bisa gitu mbak?
    apa ada kesulitan html maka teringat setiap ngeblog? xixixi


    Kan HTML ada “eM” nya 😀

    [Reply]

  3. Dengan saling ingatkan, akan semakin mewujudkan kasih sayang itu sendiri, saya suka banget kalo ada yg mengingatkan 🙂

    [Reply]

  4. saling mengingatkan memang dibutuhkan kayaknya… apalagi dengan tulisan seperti ini…:)


    Iya Mas

    [Reply]

  5. mari mengingatkan niar yaa om Mars kalau niar terlalu cerewet 😀


    Kalau nggak ada yg cerewet nggak rame

    [Reply]

    nique Reply:

    tenang Niar, klo soal cerewet ada temennya kok *tosss*


    Cewek emang harus cerewet

    [Reply]

  6. Kalo udah berulang kali diingatkan tp ngga ada perubahan itu namanya ndableg hehehe….
    sebagai sesama makhluk Tuhan kita memang harus saling mengingatkan


    Semoga kita nggak termasuk golongan yg ndableg Mbak

    [Reply]

  7. Tapi kadang-kadang suka ga enak pak kalo mengingatkan teman takut dia marah atau tersinggung hikhik


    Tapi harus dicoba, jika itu akan membuat makin baik dan untuk kebaikan semua

    [Reply]

  8. semoga kita bisa lebih rendah hati lagi agar selalu mengambil pembelajaran dari setiap kejadian. ada yang mudah melakukan kesalahan, ada yang tak mudah memaafkan. bagiku, aku hanya akan memberi apa yang kurasa, kulihat dan kudengar tanpa perlu kufikirkan mereka akan menerimanya atau engga. makasih sharingnya Pak


    Semoga begitu Mbak Mira.
    Sukses untuk Mbak Mira
    Salam!

    [Reply]

  9. ya, karena manusia tidak ada yang sepenuhnya sempurna.. maka dibutuhkanlah saling mengingatkan 😀


    Yang penting kalau diingatkan nggak marah Mbak

    [Reply]

  10. saya suka pak dengan kesimpulan terakhirnya, bukan jodohnya, 3 hari yg lalu saya coba untuk menagih janji seseorang sampai sekarang janjinya diulur2, ya mungkin bukan jodohnya, jadi saya biarkan saja. hehe.


    Kalo soal hutang musti rajin ngingatkan Mas

    [Reply]

  11. betul pak, saya juga selalu perlu diingatkan karena masih suka ngetik blog bapak yang .info…hee…


    Semoga setelah ini nggak salah2 lagi Mas Indra 😀

    [Reply]

  12. Ngai sudah sering mengingatkan mbahKung,
    tapi percuma klo sudah tua memang biasanya sering lupa.


    Mengingatkan apa?
    Lha justru saya yg malah ngingatkan Ngai gitu lho

    [Reply]

  13. Diingatkan bermuara pada peubahan ke arah perbaikan, kalau hanya diingat akan terjadi pembiaran terhadap kealpaan. Trimakasih pak Mars tlah diingatkan tuk saling mengingatkan. salam


    Mbak Prih juga harus mau mengingatkan manakala saya ada salah

    [Reply]

  14. saya ingatka ya pak,
    saya ingatkan kalau bapak tidak sering mampir ke rumah saya, itu hal yang salah….:D


    Hahahaha…
    Iya Deh, saya akan sering kesana

    [Reply]

  15. memang betul jika manusia diciptakan di dunia ini dengan tidak luput dari kesalahan.


    Asal nggak terlalu sering salah Mas

    [Reply]

  16. sudah makan malam belum, pak Mars…?
    sekedar mengingatkan… :mrgreen:


    Sampun Mbak Erwin
    Mbak Erwin sudah apa belum?

    [Reply]

  17. tolong bagaimana mengingatkan eyang sepuh yang sering lupa kalau sdh makan , makan dong cuk ,ambilkan ?


    Saya juga punya orang tua yg sudah pelupa Mbak…

    [Reply]

    Erwin Reply:

    😆 😆


    😀

    [Reply]

  18. Klo Bang Rhoma bilang “Cukup satu kali kehilangan tongkat cukup satu kali,
    cukup dua kali bersalah yang sama cukup dua kali,
    Tapi klo sudah tiga kali melakukan kesalahan yang sama… perlu di telusuri apanya yang salah..


    Iya Mbak.
    Sayangnya ada lho, yang salah berkali2 tapi tetep nggak nyadar juga

    [Reply]

  19. setuju.. saling mengingatkan karena kta benar saat ini bisa jadi khilaf suatu saat nanti.. 🙂

    salam saya Pak Mars..


    Makasih Mbak Ne
    Salam kembali

    [Reply]

  20. terima kasih mas sudah mengingatkan, semoga kita menjadi manusia yang selalu ingin mengevaluasi diri setiap waktu


    Sama2 Mas

    [Reply]

  21. Saya sering diingatkan oleh para sahabat dan sayapun segera merubahnya ketika kesalahan atau kelalaian itu berdampak kurang baik.

    Orang2 yang ada di balik terasi besi itu tentu sudah pernah diingatkan oleh orangtuanya, kerabatnya, tetangganya atau sahabatnya bahkan oleh aparat penegak hukum. Namun peringatan setan yang berbunyi : ” Gak opo-opo, semua juga melakukan”, akhirnya tergoda oleh peringatan setan wal iblis itu.

    Semoga dengan peringatan terali besi itu mereka sadar, bertobat dan tak akan mengulangi lagi. Mosyok ada orangtua sudah tua masuk penjara berkali-kali karena narkoba…gak kapok2 ae.

    Kalau komentar saya terlalu panjang tolong diingatkan ya mas.

    Salam hangat dari Surabaya


    Untuk ingat mengingatkan memang bisa dari siapa saja Dhe. Bahkan murid sayapun saya minta untuk mengingatkan bilamana perlu

    [Reply]

  22. tetep sabar untuk saling mengingatkan….
    dan minta maaf atas semua yg pernah dilakukan…:)


    Makasih Mbak, dan maaf juga manakala ada salah dari saya

    [Reply]

  23. saling ingat mengingatkan sangat setuju sobat, hanya sayang kesalahan seseorang kadang dijadikan komoditas ajang ngrasani ya, salam kenal


    Salam kenal kembali

    [Reply]

  24. Saling mengingatkan tidak hanya pada saat kita salah/lupa, tapi juga mengingatkan dalam hal kebaikan 🙂


    Setuju sekali Mas

    [Reply]

  25. Wah, PakDhe benar-benar bijaksana. Mohon ingatkan saya kalau ada kesalahan ya PakDhe. Terima kasih atas pencerahannya… Salam hormat dari Jembrana, Bali.


    Sama2 Bli

    [Reply]

  26. Sebagai yang muda saya harus selalu dapat menerima nasehat dari tua Pak, walau terkadang yang muda tidak selalu dalam posisi salah, namun dengan menghargai yang tua maka tidak akan mengurangi nilai daripada individu itu sendiri.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Ingat mengingatkan tak membedakan umur Pak. Yang muda ke yang tua pun sah2 saja

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *