Home > Kabar > Sarapan

Sarapan

September 30th, 2012 Leave a comment Go to comments

Saya sangat yakin bahwa yang baca tulisan ini pasti pernah sarapan dan tahu betul bahwa sarapan adalah istilah lain dari makan pagi. Tapi saya juga amat yakin bahwa yang baca tulisan ini pasti tak melihat keunikan dari istilah sarapan seperti yang saya lihat.

Kenapa dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah hanya makan pagi yang punya sinonim?
Kenapa makan siang tidak diberi istilah siripin dan makan malam diistilahkan surupun?

Tapi biarlah itu tetap jadi misteri, karena kayaknya susah untuk dapatkan jawabannya. Toch nggak bakal ditanya saat ngurus surat2 di kelurahan dan juga nggak bakal diujikan dalam Ujian Nasional. Dari pada mikir dari sisi bahasanya, mending ngobrolkan kegiatan sarapannya saja.

Dari sekian banyak hal menyenangkan, sarapan termasuk salah satu yang saya suka. Meski dengan menu sederhana, saya selalu berusaha menyempatkan untuk sarapan. Kebetulan ada yang dimakan dan sayapun punya waktu luang untuk melakukannya.

Menu sarapannya ganti2, mulai dari nasi goreng, bubur ayam, telur ceplok, nasi bungkus, soto, ketan urap, arem2, tiwul dll. Kadang dibuatkan istri, kadang beli dari penjual keliling atau di kantin sekolah. Jika dihitung secara statistik, koefisien sarapan saya lebih dari 95%.

Bagaimana dengan sahabat? Hari ini sarapan apa?
Apapun makanannya, yang penting sarapan…

~ Grazie ~
Categories: Kabar
  1. September 30th, 2012 at 13:10 | #1

    Pagi ini sarapan Kapurung Pak. Makanan khas Sulawesi yang kayak lem itu, dibuat dari sagu. Pagi-pagi sarapan begitu juga seneng banget Pak. Kebetulan hari Minggu, jadinya sempat bikin. Biasanya juga nasi goreng atau sayur “belendrang” (Sayur kemarin). Haha …


    Sayur Kemarin itu yang sensasinya luar biasa Mbak…
    Makin dipanasi makin menggugah selera :D

    [Reply]

  2. September 30th, 2012 at 13:43 | #2

    Siripin dan surupun nggak ada, adanya kata kesurupan pak Mars … :D


    Adanya Ipin dan Upin Mas… :D

    [Reply]

  3. Bali Bagus
    September 30th, 2012 at 13:49 | #3

    Tanyakan sama yang ahli nya, Pak dhe… hehehehe


    Tanya ahlinya gimana Mbak…
    Pak Purwodarminto juga cuma tau sarapan dowang :D

    [Reply]

  4. September 30th, 2012 at 14:18 | #4

    Pagi tadi sarapannya indomie goreng Pak. Hehehehe.. :D
    Sayur di rumah lagi habis dan belom sempet ke pasar. :P

    Kirain tadi Pak Mars mau cerita sal-sulnya Sarapan. :P
    Tapi makan malem disebut surupun juga cocok Pak, makan pas surup-surup *ga penting* :P


    Hahahaha
    Surupan itu pas banget ya Mas

    [Reply]

  5. September 30th, 2012 at 14:58 | #5

    Sarapan pagi ini apapun yang paling enak dapat dinikmati bersama orang-orang yang kita kasihi ya Pak. Sukses selalu

    Salam Wisata,


    Iya Pak…
    Menu bukanlah prioritas utama

    [Reply]

  6. September 30th, 2012 at 15:09 | #6

    Asyiknya sarapan kalau apa saja bisa ya Pak, seperti pak Mars ini … nggak harus dimasakin sama ibu. Ada juga orang yang rewel, harus makan apa, harus dimasakin istrinya. Suami saya juga orangnya santai saja … nggak rewel urusan makan… alhamdulillah :)


    Kalau pas ditinggal istri, saya juga bisa masak sendiri kok Mbak.
    Bukan masakan yg rumit tapi…

    [Reply]

  7. September 30th, 2012 at 15:28 | #7

    Saya sering kali sarapan gorengan di tempat kerja, Pak Mars. Tapi bukan penggorengan loh :D


    Hahahaha
    Kalau di kantin sekolah saya suka beli nasgor Mbak

    [Reply]

  8. September 30th, 2012 at 15:34 | #8

    Saya juga mesti sarapan mas, apapun, utamanya nasi goreng atau nasi pecel.
    Tadi sarapan nasi remas, beli.
    Salam hangat dari Surabaya


    Kalau sudah biasa sarapan lalu lupa atau nggak sempat, biasanya mudah lemes Dhe

    [Reply]

    nique Reply:

    nasi remas ato rames Dhe? Emang beda ato sama? Penasaran lagi saya :D


    Makan nasi rames sambil meremas2 Ni…
    Atau mungkin di Surabaya namanya remas…
    Kalau KD makan Nasi Ramos :D

    [Reply]

    Pakde Cholik Reply:

    Nasi rames itu kan istilahnya rakyat kebanyakan.
    kalau Komandan Blogcamp Group ya nasi remas


    Ni ngidam Nasi remas itu Dhe…

    [Reply]

  9. September 30th, 2012 at 15:34 | #9

    hampir ga pernah sarapan, soalnya makan terakhir jam 12 malam. Kalo sarapan nanti gendutnya gak tertahan. Makan awalku jam 2 siang kadang jam 3 siang. Kalo ditambah sarapan berati makanku sehari empat kali..


    Kalau makan malam jam 12 itu mirip makan malamnya travel Mas

    [Reply]

  10. September 30th, 2012 at 17:24 | #10

    pagi ini sarapan pisang pak, sama ager-ager.


    Sarapan yg menyehatkan :D

    [Reply]

  11. September 30th, 2012 at 17:42 | #11

    Kayanya masih mending makan pagi disebutny dengan Sarapan ,Pak Mars…
    kalau disebutnya sebagai “Sarap” tentu tidak enak didengarnya he he..

    Saya suka sarapan nasi goreng pakai telor dadar yang diris-iris tipis, Pak..


    Yg belum punya padan kata adalah makan siang dan makan malam itu Mbak

    [Reply]

  12. September 30th, 2012 at 18:00 | #12

    kalo dari bahasa jawa sih ga masalah. sarap itu artinya dasar. mungkin sarapan itu dasar energi di pagi hari. kalo asalnya dari bahasa indoesia..?


    Berarti makan malam dikasih istilah SURUPAN juga masuk akal Mas…
    Surup kan menjelang malam.
    Nah kalau makan siang itu SEREPAN, dari kata SEREP yg artinya cadangan :D

    [Reply]

    nique Reply:

    sarap itu saya kira artinya gila hahaha


    Di tempat saya, sarap juga berarti gila

    [Reply]

  13. September 30th, 2012 at 19:40 | #13

    Ah udah ketinggalan mau komen sarapan :)
    Makan malam saya dg sup Pak :)


    Kalau saya makan malam pakai ikan blanak dan pepes jamur Mbak
    Pedas Manis

    [Reply]

  14. September 30th, 2012 at 20:13 | #14

    sarapan buat saya gak mesti pak, klo inget aja :D
    itu pun cuma berkisar dari nasduk, buryam atau longsay,
    sekarang ini lagi nyoba sarapan oatmeal, entah sampai kapan bisa bertahan :D


    Asistennya coba dikasih oatmeal juga Ni, kali2 tambah rajin

    [Reply]

    nique Reply:

    soal nama gpp lah pak, daripada siang jadi sripin malah aneh toh :P


    Saya cuma pengin tau aja, makan siang dan makan malam kok nggak punya nama lain

    [Reply]

  15. @yankmira
    September 30th, 2012 at 21:27 | #15

    Gimana ya, kalau yang jujurnya nih, aku ga pernah setiap saat melakukan sarapan, karena yang dicari pastinya kopi. Biasanya saat menjelang siang barulah mulai nyemil2 gitu :)


    Mbak Mira penggemar kopi juga ya…
    Berarti sama seperti Iwan Fals…

    [Reply]

  16. September 30th, 2012 at 22:26 | #16

    Hm…. saya sih biasanya cm sarapan sebungkus sereal pak Mars… :)


    Kalau sereal malah lebih terjamin Mbak…

    [Reply]

  17. September 30th, 2012 at 22:29 | #17

    sejak domisili di kampung halaman, tiap hari wajib sarapan ketupat sayur.. ;)


    Nah ketupat sayur itu yg bikin ngiler.

    [Reply]

  18. Kaget
    September 30th, 2012 at 22:51 | #18

    Sarapan saya variatif Pak Mars, sederhana ngga mewah, yang penting ada dagingnya #eh :P


    Kebalikan dengan saya
    Kalau saya malah nggak suka daging
    Yg penting ada krupuknya

    [Reply]

  19. October 1st, 2012 at 09:23 | #19

    saya sarapan donat. J-Co 5 biji…luar biasa skrg saya msh lapar gege


    Kalau donat 5 biji ya nggak sarapan lagi tapi makan besar :D

    [Reply]

  20. October 1st, 2012 at 11:27 | #20

    sarapan itu wajib buat sy kl gak mau kleyengan pak :D


    Saya juga gitu Mbak. Kalau telat sarapan mata berkunang2

    [Reply]

  21. October 1st, 2012 at 12:37 | #21

    Sarap = orang gila
    Sirip = adanya di ikan
    Surup = matahari tenggelam
    Serep = cadangan
    Sorop = kagak tahu artinya….???


    Sirap=atap dari lembaran kayu
    Sirop=minuman segar
    Serap=hisap
    Serip=aparat keamanan

    [Reply]

  22. October 1st, 2012 at 21:41 | #22

    saya sich sarapannya sederhana saja, cukup dua bungkus roti dan sebutir telur masak, ditambah dua bungkus mie goreng dan sepiring nasi dengan lauk lengkap..komplit segelas susu dan juice … (ets kok malah kebanyakan ya :D )


    Hahahaha
    Ini tumpengan namanya…

    [Reply]

  23. October 2nd, 2012 at 01:56 | #23

    Klo setahu saya sih, sarapan tuh bukan makan pagi, tapi makan pertama kali setelah bangun tidur. Meski bangun jm 1 siang, makan pertama kali tetap disebut sarapan.


    Berarti bisa sarapan malam ya…

    [Reply]

  24. October 2nd, 2012 at 08:43 | #24

    hari ini saya sarapan nasi kuning pak


    Karena hari ini hari batik, maka saya sarapan nasi batik…

    [Reply]

  25. October 2nd, 2012 at 10:03 | #25

    Aku jarang sarapan Pak T.T
    Padahal itu paling penting ya hihihi~


    Sehari makan berapa kali Na?

    [Reply]

  26. Budi Majid
    October 2nd, 2012 at 10:22 | #26

    Saya serinngnya sarapan pagi ama telur rebus doang Paj Mars’..katanya sih hemat wk wk..


    Saya juga sering sarapan lauk telur ceplok dan kecap

    [Reply]

  27. October 2nd, 2012 at 10:48 | #27

    trus kenapa ada istilah ‘sarapan pagi’? bukannya pemborosan kalimat? #bahasa


    Sarapan sendiri adalah bentuk pemborosan :D
    Seandainya orang seduania nggak sarapan selama seminggu, berapa bahan pangan yg bisa dihemat

    [Reply]

  28. October 2nd, 2012 at 17:08 | #28

    tadi pagi saya sarapan sama kangkung dan telor ceplok, pak. .. :)

    Saripiin pergi ke pasaaaaaar. :D


    Hahahaha
    Sarimin itu sich
    Saya sarapan pakai pepesan jamur

    [Reply]

  29. irmarahadian
    October 2nd, 2012 at 21:57 | #29

    sarapan pak…
    ben mboten kesurupan, hehehe


    Nggih Mbak
    Sarapan itu harus

    [Reply]

  30. October 4th, 2012 at 09:24 | #30

    Saya harus sarapan, biasanya sih non nasi. Bisa Roti, sereal, oatmeal, atau ubi kukus..
    Kalau terpaksa beli, biasanya bubur ayam jadi andalan hehehe…


    Kalau nggak nasi, saya suka sarapan tiwul atau ketan urap :D

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~