Saya (di) Indonesia

Karena saya di Indonesia, maka tak terlalu salah jika saya mengatakan bahwa saya ini Indonesia. Saya orang Indonesia, lahir dan hidup di Indonesia dan pastinya juga berbahasa Indonesia. Bicara tentang Bahasa Indonesia, sudah semestinya (meski tidak seutuhnya) kita tahu kaidah yang sebenarnya.

Tahu dan mengerti Bahasa Indonesia bukan berarti harus selalu memakainya tiap kali bicara tapi bisa menempatkan kapan dan dimana harus diterapkan. Sama seperti etika makan, tidak setiap makan lalu musti kita gunakan. Ketika situasi mengharuskan, barulah aturan itu kita terapkan.

Kenapa harus paham Bahasa Indonesia?
Pertama, bagi yang masih sekolah atau kuliah pastinya tak ada keraguan lagi karena disitulah kaidah Bahasa Indonesia diterapkan secara mutlak dan nggak bisa ditawar lagi.

Kedua, jika kita sebagai orang tua, maka kita adalah guru saat anak berada di rumah. Sudah menjadi sifat anak, mereka berasumsi bahwa orang tua adalah salah satu tempat bertanya, terutama untuk anak yang masih ada di tingkat pendidikan dasar.

Kalau ngobrol sehari2 atau nulis di blog sich tak harus menerapkan kaidah secara utuh. Lihat situasi dan kondisi saja. Dalam situasi tertentu, kita harus realistis agar nggak kaku dan nggak capek. Yang penting nyambung antara yang ngomong dan yang diajak ngomong. Itu saja

Ada pengalaman kecil. Beberapa bulan yang lalu saya mengadakan kuis dan Bli Budiarnaya menjadi salah satu pemenang. Hadiahnya Panduan EYD dan Tata Bahasa Indonesia. Bukunya sederhana, tipis dan murah lagi. Tapi ternyata buku itu amat bermanfaat karena tiba di saat yang tepat, saat putra beliau akan menghadapi ujian SD.

Bli Budiastawa menulis begini

Hadiahnya berupa sebuah buku yang sangat berharga bagi saya. Kenapa begitu berharga?
Karena momen kedatangan buku itu tepat saat dibutuhkan.

Anak sulung saya; Andhika sebentar lagi menghadapi Ujian Akhir Nasional SD. Dan salah satu mata pelajaran yang dipusingkannya adalah Bahasa Indonesia. Nah, buku yang dikirim Pak Dhe adalah Panduan EYD dan Tata Bahasa Indonesia, jadi seperti kata pepatah; Pucuk Dicinta Ulampun Tiba.

Buku ini tentu akan sangat membantu anak saya dalam menghadapi UAN SD Senin depan.

Ternyata sesuatu yang sederhana menjadi tidak sederhana manakala tiba saat dibutuhkan. Dalam situasi lapar, sepiring nasi jauh lebih berarti ketimbang sebuah Blackberry.

Berbekal pengalaman tersebut, saya lalu terinspirasi untuk membuat kontes2an lagi dengan hadiah serupa. Semoga rencana ini segera terwujud.

36 thoughts on “Saya (di) Indonesia

  1. Pel B indonesia tuh kaya gampang tapi susah je..
    Loh dari pada BB mendingan nasi sepiring tuuh ..

    Eh Ada Dhika..!!
    lagi baca2..


    Baca2 Buku EYD Mbak 😀

    [Reply]

  2. Ngai senang kontes2an yang berhubungan dengan bahasa Indonesia.. krn EYD-nya Ngai jeblog banget.. #masih mending mpok Jenab ama Munaroh. 😛


    Jenab juga jeblog kayaknya
    Masih mending saya 😀

    [Reply]

  3. Wah wah.. lumayan bener tuh mau ujian tiba-tiba dihujani durian, wekkekek..
    saya mau ikutan kontesnya pak, ditunggu.. ~ :mrgreen:


    Iya Mas…
    Sebentar lagi akan nongol

    [Reply]

  4. Saya suka klimat ini “Ternyata sesuatu yang sederhana menjadi tidak sederhana manakala tiba saat dibutuhkan”


    Dan memang kenyataannya seperti itu
    Saat tertentu kita butuh sesuatu yg sederhana tapi amat diperlukan

    [Reply]

  5. Wah mau ngadain kontes lagi ya. Pasti anti biasa, mungkin jauh lebih spektakuler dari kemarin ya pak Mars. Jadi penasaran…


    Yg ini nanti gampang2 saja kok Mas, biar yg ikut banyak

    [Reply]

  6. Sepakat dengan tulisan ini, Pak Mars. Kadang memang bahasa Indonesia itu terlupakan. Padahal saya menemukan beberapa orang Jepang di sini sedang berusaha belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar.


    Meski kita pakai bahasa lain, Bahasa Indonesia yg bener tetep harus diperhatikan Mbak

    [Reply]

  7. Sejak menggeluti blog saya jadi semangat lagi untuk belajar bahasa indonesia Pak, sekarang aja kepingin beli kamus bahasa indonesia, tapi nabung dulu, harganya mahal soalnya hehe..


    Kalo yg lengkap memang mahal Mbak. Tapi yang murah dan cukup lengkap juga ada

    [Reply]

  8. dalam UN pelajaran bahasa indonesia , banyak siswa yang menganggap remeh dengan pelajaran itu .
    tapi dalam fakta nya ternyata nilai yang terjeblok itu di pelajaran bahasa indonesia ..


    Dari SD sampai SMA, Bahasa Indonesia masih di UN kan

    [Reply]

  9. Buku EYD itu menurut saya penting, Pak Mars. Soalnya masih banyak sekali dijumpai tulisan bahasa Indonesia yang salah kaprah.


    Termasuk saya juga sering salah2 Mbak

    [Reply]

  10. nilaiku jarang bagus untuk bahasa indonesia gara gara kalau mengarang, tulisanku seperti tulisan bapak dokter…


    Setiap nulis, yang muncul adalah tanda tangan ya Mas

    [Reply]

  11. saya punya buku panduan EYD dari Pak Mars. 😆
    sekarang sedang dipinjam ponakan saya yang kelas 3SD untuk mengerjakan PRnya…


    Semoga bermanfaat Mbak

    [Reply]

  12. Saya sudah baca tulisan Bli Budiastawa ya itu, Pak Guru. Buat yang ngasih, pasti bangga ya kalau barangnya digunakan dengan baik sama penerimanya.

    Kalau bikin kontes, jangan susah-susah ya.. Biar saya bisa ikutan. 😀


    Hehehe
    Kayaknya nggak pernah menyulitkan pesertanya lho Mbak
    Salam buat Mas Gie

    [Reply]

  13. wah Bahasa Indonesia itu sulit banget! saya suka menkompos lirik-lirik, tapi untuk bahasa indonesia susah sekali, jadi saya nulis bahasa inggris,


    Kalau Inggris sayanya yang nggak bisa Mas

    [Reply]

  14. betul pak, saat dibutuhkan itulah yg paling berharga buat kita


    Padahal rata2 pada butuh duwit Mas 😀

    [Reply]

  15. Intinya memang sebagai orang Indonesia harus mengerti kaidah bahasa Indonesia, begitu ya pak?
    Lain hal jika dalam komunikasi lisan, bahasa ini banyak banget varian-nya, campur mawut sama bahasa daerah n asing.
    Btw, saya jg sering ding nulis bahasa Indonesia tapi campur mawut 🙁


    Kalau di blog, bahasa saya juga nggak mengikuti kaidah Mas…
    Senyamannya saja

    [Reply]

  16. Sepertinya, kuis yang akan diadakan berhubungan dengan bahasa Indonesia, kan Pak Mars?
    Kalau yang berhubungan dengan bahasa HTML, hmm… semakin mengerutkan dahi, haha.. 😀


    Pastinya bukan html Da… 😀

    [Reply]

  17. saya suka tulisan ini..
    kalo saya berusaha menggunakan kaidah EYD dalam tulisan blog (walau tidak semua) tujuannya untuk proses belajar dan latihan..soalnya kalo di SMS ga mungkin pake kaidah EYD #eh


    Saya juga berusaha pakai EYD meski hanya beberapa %

    [Reply]

  18. wah mo ada kontes lagi *nunggu* 😀


    Sbentar lagi Mas

    [Reply]

    arif Reply:

    sepertinya saya belum pernah ikutan kontes yg dibikin pak Mars 😀


    Ya nanti ikutan kalau saya adakan lagi

    [Reply]

  19. Betul Pak Mars, sesuatu yang diberikan seseorang pada saat kita perlukan itu memang nilainya jadi berlipat ganda…dan rasa bahagia saat kita menerimanya, duh, susah deh diuraikan dengan kata-kata…
    🙂


    Kadang2 dimanfaatkan oleh pedagang…
    Seperti penjual alas tripleks dan pensil 2B, akan marak saat ada tes masuk Perguruan Tinggi

    [Reply]

  20. aseeeekkk…pasti anti biasa yo pak. kalo sudah digadang mudah kontesnya. pasti saya ikutan heeeee


    Akan dibikin mudah Mbak

    [Reply]

  21. benar juga mas, aku lihat nilai rapor anakku, nilai bahasa indonesianya malah jauh dibawah nilai pelajaran bahasa mandarin dan bahasa inggris, jadi heran juga ya, kenapa sekarang banyak anak-anak yang merasa susah dengan pelajaran bahasa Indonesia. Kalo kita buka private bahasa indonesia untuk anak sekolah, laku ndak ya?


    Murid saya juga begitu Bang
    Nilai Matematikanya malah lebih bagus dibanding Bhs Indonesianya

    [Reply]

  22. buku pintar biasanya lebih memuat ilmu pengetahuan yg banyak dalam satu buku.. hanya saja memang kurang spesifik


    Harus pandai2 memilih Mas…
    Di toko buku ada banyak jenis yang kadang malah membingungkan

    [Reply]

  23. Pemberian yang sebetulnya sederhana …
    Bisa bermakna luar biasa

    Salam saya


    Kalau pas dibutuhkan Om

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *