Home > Realita > Seberapa Kenal?

Seberapa Kenal?

Kita hidup dalam sebuah lingkungan. Ada keluarga, ada sahabat, ada tetangga dan ada yang lainnya. Seberapa kenalkah kita pada mereka?. Jangan2 hanya merasa sudah mengenal tapi sejatinya belum. Kenal tak sekedar kenal, tapi kenal yang sebenarnya adalah kenal dari berbagai sisi.

Contohnya sederhana. Kita mungkin merasa sudah sangat mengenal gula, garam, kecap dan lainnya. Benarkah kita sudah mengenalnya?. Jangan2 cuma kenal rasa, bau dan warnanya saja. Jangan2 kita mengenal orang sekitar juga hanya seperti itu, cuma kenal baunya, sifatnya atau tampilannya saja. Si A wangi, Si B pendiam, Si C bawel, Si D putih, Si E tomboy dll dll.

Itu di dunia nyata. Lalu bagaimana di dunia maya?. Seberapa jauh kita mampu mengenali sahabat?. Jauh lebih susah pastinya, tapi bukan berarti tak bisa. Meski tak kenal baunya, sedikit banyak pasti ada hal yang bisa kita identifikasi dari sahabat maya kita. Mari kita kenali mereka.

Mari kita kenali orang2 disekitar kita secara lebih dalam dari berbagai sisi, agar penilaian kita makin obyektif dan proporsional. Dengan mengenal sesuatu secara komprehensif, apresiasi kita pastinya akan meningkat. Tak kenal maka tak sayang.

Jangan seperti sopir truck yang sering bilang: “eling rasane nanging lali rupane” atau “ingat rasanya tapi lupa wajahnya

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. Abi Sabila
    May 18th, 2012 at 14:14 | #1

    salam kenal, Pak Mars. hehehe…tentu bukan seperti itu maksudnya ya, Pak? Secara pribadi saya memang belum pernah bertemul Pak Mars, tapi dari tulisan yang pernah Pak Mars posting, saya bersyukur bisa mengenal Pak Mars.


    Salam kenal juga πŸ˜€
    Saya juga bersyukur punya banyak sahabat yang bisa menyemangati saya, salah satunya adalah Abi tentunya

    [Reply]

    arif Reply:

    walaupaun hanya kenal di dunia maya πŸ™‚ *belum pernah bertemu langsung*


    Mudah2an suatu ketika ada kesempatan untuk bertemu langsung Mas

    [Reply]

    arif Reply:

    betul, silaturahmi Pak πŸ™‚


    Iya Mas

    [Reply]

  2. May 18th, 2012 at 14:44 | #2

    tak kenal maka tak sayang,didunia mayapun berlaku ya pak


    Iya Mbak…
    Dikomunitas apapun, kita seharusnya mengenal lebih banyak pada sahabat kita

    [Reply]

  3. May 18th, 2012 at 15:19 | #3

    *mikir baik-baik*

    saya sudah kenal sama Pak Mars blom ya?
    Jangan aja ngaku2 anak wedhok, eh malah blas blom kenal? xixixixi … *siap dipecat klo gini sih*


    Hahaha
    Kenal sitik2…

    [Reply]

  4. May 18th, 2012 at 15:56 | #4

    aquwh kenal mbahKung agak banyak,
    kenal bu Mars kurang banyak.


    Aku juga kenal Ngai…
    No. Induk 3420

    [Reply]

  5. May 18th, 2012 at 16:02 | #5

    Buat aku mengenal teman dunia maya( blogger) sangat menyenangkan ..
    Meskipun hanya mengenal lewat tulisan2, tapi dari situ juga mencerminkan kepribadian si penulisnya..
    Dan lebih afdol lagi kalo kopdar, bisa di rasakan sensasinya yang ruar biasa..!!

    Aku kenal Pa Mars ..
    Tapi ga mau sayang.. *takut sama Bu MArs* hehhe..


    Hahaha…
    Semoga dengan saling kenal maka persahabatan kita menjadi punya makna Mbak

    [Reply]

  6. May 18th, 2012 at 17:10 | #6

    Walau belum pernah bertatap muka dengan Pak Mars,
    tetapi saya mengenal Pak Mars dari tulisannya dan caranya mengapresiasi pendatang baru, adalah sosok pendidik murni, bukan hanya guru bagi murid-muridnya tetapi semua blogger di dumay.
    Jabat Tangan kembali Pak πŸ™‚


    Makasih Mbak

    [Reply]

  7. May 18th, 2012 at 19:40 | #7

    ahahahaa.. kenal sama aku ndak pak? πŸ˜€


    Eling seragame

    [Reply]

  8. May 18th, 2012 at 20:45 | #8

    Eling ambune, ….tapi rupane aku yo lali pak πŸ˜† karo nutup irung

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan


    Mungkin ora ono rupane Mas

    [Reply]

  9. May 18th, 2012 at 20:46 | #9

    Tulisannya bagus sekali saya suka (^,^).b

    Saya mengenal banyak orang, tapi hanya wajahnya saja, sifatnya belum, He.. πŸ˜€


    Hahaha
    Tulisan bagus apanya

    [Reply]

  10. May 18th, 2012 at 20:50 | #10

    Pak Mars, jujur nih belum banyak teman maya yang saya kenal betul. Hanya satu dua saja yang pernah ngobrol panjang lebar, tapi itu pun tidak menjamin saya kenal dia dengan baik bukan? Semoga kita bisa kenal teman-teman kita dengan baik ya Pak. Terima kasih diingatkan πŸ™‚


    Semoga kita saling mengenal Mbak

    [Reply]

  11. irmarahadian
    May 18th, 2012 at 23:39 | #11

    bener pak…jangan seperti sopir truck
    pastinya ..kalo ga kenal pak mars maka ga sayang donk…
    heheheh..


    Hehe πŸ˜€

    [Reply]

  12. May 19th, 2012 at 01:32 | #12

    kalau di dunia maya pasti belum ada yang kenal…sekedar kenal di comment saja… kalau saudara sendiri sih ya kenal lah.. tapi mungkin ada kadarnya juga ya…


    Dengan pasangan pun mungkin kenal kita belum seberapa

    [Reply]

  13. May 19th, 2012 at 02:59 | #13

    Boleh kenalan gak ? hehe.. ^^


    Tentu saja boleh πŸ˜€

    [Reply]

  14. May 19th, 2012 at 05:58 | #14

    Heeee pakde tau ngak, buku saku saya penuh dengan catatan orang-orang sekitar beserta pekerjaan dan no hpnya, heeee seperti petugas catatan penduduk heee, sehat selalu Pakde


    Dicatat adalah salah satu solusinya Bli

    [Reply]

  15. May 19th, 2012 at 06:05 | #15

    Senang banget rasanya bila kita bisa cukup mengenal orang lain. Dan tak jarang juga kita terhenyak di kala kita menyadari bahwa ternyata kita tak mengetahui sesuatu yang khas darinya πŸ™


    Iya Mbak
    Jangan sampai kita mengenali orang yang jauh tapi justru tak mengenali orang disekitar

    [Reply]

  16. May 19th, 2012 at 08:44 | #16

    bwahaha… laik dis quot pak, “Jangan seperti sopir truck yang sering bilang: β€œeling rasane nanging lali rupane” atau β€œingat rasanya tapi lupa wajahnya”
    kata temen, tak sayang maka tak kenal, tak kenal tak mau maka tak kaplok… πŸ˜€


    Biasane truck sing jurusan ngulon

    [Reply]

  17. May 19th, 2012 at 11:49 | #17

    yang betul kenal sak kenal2nya … malah kadang sama pasangan sendiri belum tentu bisa lho ..he..he…


    Iya Mbak…
    Kita mengenal orang sekitar kita mungkin masih dibawah 75%

    [Reply]

  18. May 19th, 2012 at 17:16 | #18

    sopir trucknya lagi ngelindur kali, pak? πŸ˜€
    mengenali teman di dunia maya jauh lebih susah dari pada teman di dunia nyata. idah sudah sering mengidentifikasinya lho, om? πŸ˜‰

    yang jelas lebih baik tau namanya dulu, karena dengan mengetahui nama kita akan lebih semangat untuk menjalin pertemanan.
    nama Bapak “marsudianto” kan?
    atau marsudianto saja? hihihihihi

    saya sudah kenal pak mars, berarti saya sudah sayang kan? #kabuuur, takut sama bu mars. πŸ™‚


    Hehe…
    Semoga kita saling mengenal

    [Reply]

  19. May 19th, 2012 at 18:51 | #19

    Di dunia nyata saja banyak domba berbulu srigala atau sebaliknya.
    Di dunia maya, bisa saja Tono jadi Tini, atau Paijem jadi Paijo, πŸ˜€


    Malah ada yang obat2an Mas

    [Reply]

  20. Mbah Jiwo
    May 19th, 2012 at 21:51 | #20

    Terutama jenis kelaminnya πŸ˜‰


    Hahaha…

    [Reply]

  21. May 20th, 2012 at 09:25 | #21

    Dan saya tipe orang yang gak bisa sekali ketemu bisa mengingat orang tersebut. APalgi jika frekuensi ketemu jarang/random karena alasan momentum saja [ketemu acara training misalnya], seringnya saya ‘lupa’ jika sebelumnya pernah ketemu dengan orang tersebut.


    Dulu saya termasuk yg mudah mengenali, tapi sekarang malah daya ingatnya turun

    [Reply]

  22. May 20th, 2012 at 11:28 | #22

    “eling rasane nanging lali rupane”
    Hhahha iki akeh no tutup truk, Pakdhe.. πŸ™‚


    Apik maneh gambare Mas…
    Warna-warni

    [Reply]

  23. May 20th, 2012 at 12:47 | #23

    Salam kenal ya Pak, hihihi xD
    Aku Una… πŸ˜›


    Salam kenal kembali Bu

    [Reply]

  24. mintarsih
    May 20th, 2012 at 17:10 | #24

    tetanggaku bilang , “ojo koyo sopir, mompar-mampir” lha pripun ini pak mars


    Hahaha…
    Kalau di Kudus mampirnya kemana ya Bu…

    [Reply]

  25. May 20th, 2012 at 23:10 | #25

    Nek mancen lalinan pripun niku? hehehe


    Dicatet Mas πŸ˜€

    [Reply]

  26. May 21st, 2012 at 07:37 | #26

    Resep/rumus pengelolaan persahabatan nggih Pak, dengan semakin mengenali semakin mengapresiasi, trimakasih Pak. Salam


    Semoga kita saling mengenali ya Bu Prih…

    [Reply]

  27. May 21st, 2012 at 15:01 | #27

    Ketika pertama bertemu saya agak pangling dengan panjenengan lho mas
    Wong gambare lemu banget he he he
    salam hangat dari Surabaya


    Bobot saya turun 2o kilo Dhe
    Padahal hasil checkupnya normal semua

    [Reply]

    Pakde Cholik Reply:

    Karena akrab dengan kode HTML kalee mas


    Nggih Dhe

    [Reply]

  28. May 22nd, 2012 at 13:45 | #28

    Wah, gimana yaa, kebetulan saya ini orangnya sangat pemalyu, Om Mars 😳
    Tapi dengan malu-maluin saya merasa sudah kenal Om Mars, lewat tulisan-tulisan panjenengan yang penuh inspirasi kadang mbikin tersenyum geli…

    Salam kenal, Om… πŸ˜€

    (Klo Pak Mars ada garis bawah merah di “Pak” nya, kalo Om Mars mulus aja gada garis bawah πŸ˜› )


    Saya juga pemalyu Mbak…
    Salam kenal juga πŸ˜€
    Knapa ya, kalau kata “pak” kok muncul garis merahnya? πŸ˜€

    [Reply]

    Pakde Cholik Reply:

    Saya lebih pemalu lagi


    Hahahaha
    Enggaklah Dhe.
    Dengan segudang pengalaman, PakDhe pastinya tampil percaya diri

    [Reply]

  29. Diandra
    May 25th, 2012 at 12:29 | #29

    tak kenal maka tak sayang yaa…?
    walaupun secara nyata blm pernah ketemu, tp aq merasa mengenal Pa Mars dari tulisan2 Pa Mars


    Saya juga merasa kenal baik πŸ˜€

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~