Home > Inspirasi > Sedikit tapi Banyak lebih baik daripada Banyak tapi Sedikit

Sedikit tapi Banyak lebih baik daripada Banyak tapi Sedikit

January 31st, 2012 Leave a comment Go to comments

Intinya hanya sedikit, cuma dua kata yaitu banyak dan sedikit atau sedikit dan banyak, tapi sengaja saya bolak-balik agar terkesan banyak.

Sedikit Tapi Banyak.
Sedikit yang saya maksudkan adalah kualitas dan yang banyak adalah kuantitas. Jika kualitas dari apa yang kita bisa termasuk dibawah standar atau sedikit, maka harus kita tutup dengan memperbanyak bidang lain untuk dikuasai.

Contohnya gampang. Jika kita merasa tak jago bikin telur dadar nggak mengapa, asal bisa masak mie goreng, sayur asem, sambal, gudeg, oseng2, bothok, kwetiaw, lontong opor, gulai, kare ayam, rendang, pecel lele, pepes pindang, nasi goreng dll dll

Hal itu akan lebih baik ketimbang jago bikin Crispy Salmon Butter Sauce, tapi cuma itu satu2nya yang dikuasai. Lebih baik punya garam sedikit, terasi sedikit, cabe sedikit dan bawang sedikit daripada berkilo2 tapi terasi dowang, meski kualitasnya super. Banyak tapi tak ada variasi.

Idealnya memang kualitas dan kuantitas sama banyaknya, tapi manakala itu tak tercapai, lebih baik sedikit tapi banyak ketimbang banyak tapi sedikit.

Seperti itu pulalah saya. Apa yang saya bisa kualitasnya minim, tapi saya berusaha memperbanyak variasinya. Sedikit2 saya bisa masak, berpuisi, menyanyi, mijat istri (sendiri), nanam bunga, nyemir sepatu, Excel, Photoshop, Corel Draw, Linux, html, fotografi, nggambar dll dll

Untuk penghuni negeri yang susah mendapatkan kepastian seperti Indonesia ini kita wajib jaga2. Jangan hanya jago tinju saja yang ketika sudah nggak berjaya nasibnya terlunta2. Andai nanti saya sudah nggak laku jadi guru, saya akan jualan nasgor, bikin stempel atau terima pijat dan urut.

Ini bukan falsafah Sedikit Demi Sedikit Lama2 Jadi Bukit. Kalau sekarang masak sedikit, besok masak sedikit dan besoknya masih sedikit, lama2 ya busuk.

Bagaimanapun juga, sedikit tapi banyak lebih baik daripada banyak tapi sedikit

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. January 31st, 2012 at 16:58 | #1

    Betul juga ya kang. Sedikit di satu sisi, tapi banyak yang di kuasai di sisi lain. Yang special adalah bisa mijat istri (istri sendiri tentunya) he..he.. πŸ™‚
    variasi dalam kehidupan itu perlu sekali, supaya hidup nggak membosankan.


    Kayaknya semua yang bernama suami harus bisa mijit istri Mas

    [Reply]

    nique Reply:

    betuuuuuuuulllllllllllll
    klo suami ga bisa mijit istri, ntar istrinya nyari pemijat lain lho hahaha


    Pemijat elektrik maksudnya

    [Reply]

    die Reply:

    Kalau istri gak bisa mijit, giliran suami cari pemijit yang lain…nah


    Setuju saja

    [Reply]

    nique Reply:

    suami saya ga tuh πŸ˜›
    padahal saya ga isa mijit *males*
    hahahaha


    Ra percoyo

  2. nique
    January 31st, 2012 at 17:31 | #2

    waduh saya masuk golongan yang mana ya
    sedikit tapi banyak
    atau banyak tapi sedikit? hihihi
    bingung!


    Kamu termasuk yg dikit tapi banyak Ni…
    Sarapannya cuman nasi uduk dikit, bubur ayam dikit, ketan urap dikit, soto dikit, roti bakar dikit dan susu dikit… πŸ˜€

    [Reply]

    nique Reply:

    Hlo????? kok salah semua pak?
    Yang bener itu, uduk 1 bks, buryam semangkok, ketan urap seporsi, soto semangkok, roti bakar 2tangkup, tanpa susu tentu saja. hihihi …. itu buat dimakan sehari bolehlah. Banyak dan banyak kan pak judulnya? Hahahaha


    Ideal sekali kamu πŸ˜€

    [Reply]

    die Reply:

    Yang bener itu, uduk 1 bks, buryam semangkok, ketan urap seporsi, soto semangkok, roti bakar 2tangkup, dan tentu saja pakai susu…hmmm,

    Usil :
    Kolom komenya pakai % sahaja mas, biar gak luber saat menulis komen bersarang ketiga, keempat dan seterusnya.


    Makasih usulannya…
    Akan saya coba

    [Reply]

    nique Reply:

    hahahaa yang usil jangan usul dong
    luber yo ben tempate bapake wek s

  3. Imelda
    January 31st, 2012 at 17:56 | #3

    hmmm ini bertentangan dengan orang Jepang yang otaku, dalam segala hal orang Jepang hanya memilih satu tapi mendalam, daripada banyak tapi di permukaan.
    Aku? Karena aku orang Indonesia, aku mirip pak eM… sedikit tapi banyak.
    Kecuali Corel Draw dan Linux, kita sama pak eM πŸ˜€ diganti Word dan Power Point boleh ngga? hahaha


    Untuk negara yg sudah mapan kayak Jepang memang bisa mengandalkan keahlian tunggal yang mendalam karena indeks PHK nya mungkin nol
    Kalau di Indonesia, banyak karyawan perusahaan yg banting stir jadi penjahit, penjual makanan dan sopir pribadi, sesuatu yang jauh dari ijasahnya

    [Reply]

  4. January 31st, 2012 at 18:34 | #4

    Dapat disimpulkan kalau sedikit tau, banyak berbuat lebih baik dari pada banyak tau,sedikit berbuat pakde yach


    Falsafah yang bagus Bli…
    Semoga kita bisa seperti itu

    [Reply]

  5. January 31st, 2012 at 18:41 | #5

    sedikit tapi banyak jadi ‘hangabehi’ ya pak Mars, Salam


    Handarbeni & Hangrungkebi Mbak πŸ˜€

    [Reply]

  6. Pakacil
    January 31st, 2012 at 18:51 | #6

    doh, semacam tersindir sayanya baca itu soal dadar telur, karena memang tak jago, walau mie goreng buatan saya diakuipun sama isteri (sendiri & orang lain).
    bagi saia, analogi yg pak mars buat bisa memancing diskusi panjang, apalagi dikaitkan dgn ketidakpastian di negeri ini.


    Dinegara yang tanpa kepastian, diskusipun susah direalisasikan Pak…
    Kalau diskusinya terlalu panjang malah bisa lempar2an kursi.
    Padahal harganya 24 juta sebiji

    [Reply]

  7. January 31st, 2012 at 19:55 | #7

    Yang penting sedikit tapi mempunyai bobot yang lebih banyak. πŸ™‚
    Daripada banyak tapi bobotnya sedikit. πŸ˜†


    Kalau ini kan sama saja πŸ˜€

    [Reply]

  8. nh18
    January 31st, 2012 at 19:56 | #8

    Kalau saya …
    mungkin pegang dan kuasai satu hal tapi mendalam … sebagai pegangan kita …

    sementara itu kita sendiri senantiasa belajar hal-hal baru … melengkapi diri dengan kebisaan-kebisaan lainnya … sedikit-sedikit di banyak hal lainnya …

    Hahaha

    Salam saya Pak Mars


    Kalau posisinya sudah mantap sich oke Om…
    Yang riskan adalah buruh perusahaan yang masa depannya nggak menentu itu.
    Kalau hanya menguasai satu keahlian saja dijamin susah eksis…
    Salam Kembali

    [Reply]

  9. January 31st, 2012 at 21:04 | #9

    tetep tergantung yang dikuasainya nda pak?
    Kalau nguasai ilmu banyak tapi sedikit gunanya ataupun kurang populer ya mending nguasai ilmu yang sedikit tapi banyak manfaatnya dan populer ya?


    Kalo saya tetep pilih yang sedikit2 tapi banyak bidang Mas.
    Karena kita nggak pernah tau, satu ilmu yg kita kuasai tadi mampu untuk bertahan apa enggak.
    Tapi kalau tau banyak hal walau cuma dikit2, akan bisa eksis dimanapun dia berada.

    [Reply]

  10. January 31st, 2012 at 21:15 | #10

    Wah jero Pak..
    Padahal katonΓ© sederhana ya kata ‘sedikit tapi banyak, banyak tapi sedikit’ tapi kok ya rumit


    Rumitnya karena situasi Mas
    Kalau kondisi negara sudah bener2 mapan, menguasai satu hal tapi mendalam akan aman karena terjamin nggak kena PHK

    [Reply]

  11. January 31st, 2012 at 22:59 | #11

    Aku juga mau yg sedikit tp banyak P Mars. Sedikit duitnya disatu bank, tp banyak di bank lain. Pingin itu πŸ™‚


    Saya juga pengin seperti itu Mbak πŸ˜€

    [Reply]

  12. January 31st, 2012 at 23:22 | #12

    buruh macem saya pak Mars? Mangkanya saya mulai sedikit-demi-banyak sudah merintis wirausaha, apapun itu. Pak Mars butuh nyari apa, saya carikan.


    Butuh Tempe Goreng anget2…

    [Reply]

  13. February 1st, 2012 at 05:21 | #13

    Yang paling apes mungkin saya, sedikit tidak pakai banyak πŸ˜‰


    Ah, itu kan hanya perasaan Mas Aldy ajah

    [Reply]

  14. Abi Sabila
    February 1st, 2012 at 06:19 | #14

    Saya nda bisa bikin telor dadar, Pak, tapi alhamdulillah saya bisa bikin telor ceplok, bisa masak nasi ( pakai rice cooker ), bisa masak air ( walau keenceran terus, namanya juga air, hehehe ) dan bisa bikin mie instant. Hehehe….

    Bicara soal sedikit banyak, beberapa waktu lalu saya pernah mencoba membuat beberapa blog, tapi ternyata hanya mampu mengisi dengan artikel yang sedikit, akhirnya saya rubah haluan, cukup dua blog tapi mudah-mudahan isinya lebih banyak.


    Yang penting ketika kondisi mengharuskan, kita bisa mengatasinya Bi.
    Blog saya juga banyak, tapi yg update rutin malah cuman 1

    [Reply]

  15. asepsaiba
    February 1st, 2012 at 08:35 | #15

    Lebih baik punya satu blog tp isinya padat, drpada banyak blog tp isinya mlompong.. πŸ˜€


    Tapi akan baik lagi kalau banyak blog dan terawat semua

    [Reply]

  16. Pakmis
    February 1st, 2012 at 08:43 | #16

    Bisa aja, Pak Mar ini …!!! Pokoke matur nuwun ya pak. Dari kesasar ke blog ini saya bisa dapet hosting gratis. Trrus tak bumbui lagi sama domain gratis ala dot.tk. Pokoke ciamik lah… Hahahaha… “ra paitan” ! Yo, ben! Salam blogger!


    Makasih juga Pak Mis…

    [Reply]

  17. February 1st, 2012 at 09:39 | #17

    Saya jadi ingat, masih banyak artikel2 koran yang menggunakan istilah “sedikit banyak”. Itu nggak benar, saya rasa. Bagaimana mungkin kata “sedikit” dan “banyak” ditaruh bersebelahan langsung? πŸ™


    Sama dengan Bahasa Jawa yg ada istilah Kurang Luwih

    [Reply]

  18. February 1st, 2012 at 10:42 | #18

    *manggut2*.. emang iya sih pak mars.. kalau menurut saya sih.. bagaimana caranya dari input yang dikit2 itu outputnya nanti jadi banyak..


    Iya Mbak…

    [Reply]

  19. chocoVanilla
    February 1st, 2012 at 10:59 | #19

    Saya juga sedikit-sedikit, Pak. Serba nanggung πŸ˜›
    Tapi yang sedikit tapi banyak itu malah variatif, gak bosenin. Daripada banyak tapi sedikit malah terkesan monoton.

    (lhah, ngomong apa to aku ini? Beginilah kalo serba sedikit, ra mudengan πŸ˜› )


    Setuju Mbak…
    Lebih baik tempe dikit, sayur dikit, daging sedikit, krupuk dikit drpd banyak tapi cuma satu macam

    [Reply]

  20. February 1st, 2012 at 13:27 | #20

    oohh…..begitu toh maksud judul yang belibet Sedikit tapi Banyak lebih baik daripada Banyak tapi Sedikit…

    Belajar masak telur dadar sama om mars yaa.. πŸ™‚


    Kalau sudah matang saya yg mencicipi ya Mbak

    [Reply]

  21. February 1st, 2012 at 13:41 | #21

    kalau aku kok serba sedikit yo Pak Guru ??? πŸ™
    lantas kpn banyak nya???? :mrgreen:
    salam


    Sedikit tapi nggak habis2 lebih baik drpd banyak tapi langsung habis Bun

    [Reply]

    Pakde Cholik Reply:

    lemaknya juga sedikit???


    Kayaknya iya Dhe πŸ˜€

    [Reply]

  22. February 1st, 2012 at 19:26 | #22

    Biarpun sedikit2, namun bervariasi. Jadi lebih banyak yang suka ya, Pak Mars.
    Kayak yang ditipi tuh kan bisa sedikit akting, sedikit nyanyi πŸ˜€


    Iya Mbak. Kalau nggak laku sinetron bisa jadi penyanyi atau buka salon

    [Reply]

  23. February 2nd, 2012 at 07:18 | #23

    Benar sekali.
    Blog jangan hanya punya satu, siapkan satu lagi pasukan cadangan agar kalau yang satu ditangkap polisi masih punya cadangan.
    Waktu dinas saya gak ngeblog lho, begitu pensiun ya lngsung mbuat blog agar tak ngowoh ae dan juga nambah uang laki-laki.

    Kebiasaan di dapur yang saya bisa adalah : nggodok ndok, mbuat supermie, mbuat nasi goreng, nggodok telo, mbuat kopi,teh,cappucino.

    Jadi: punyailah lahan cadangan yo mas. Soalnya kalau kena PHK gak punya lahan cadangan entar sakit gigi plus masuk angin.

    Salam hangat dari Surabaya


    Ibarat nanam bunga jangan hanya 1 pot dan jenisnya juga kalo bisa yg variatif ya Dhe…

    [Reply]

  24. Jefry
    February 2nd, 2012 at 08:49 | #24

    bener juga apa kata bapak tapi kalau memang hanya jagi dalam satu hal saja dianya punya pelunag yang lebih besar untuk menjadi master di bidang tersebut..
    Nice share bapak..


    Sperti itu memang bagus, jika kondisinya sudah mantap dan ada kepastian.
    Tapi untuk kondisi di Indonesia tampaknya riskan, jangan2 kena PHK atau dicopot dari jabatan

    [Reply]

  25. February 2nd, 2012 at 17:10 | #25

    *menyimak pak guru..


    Mariii

    [Reply]

  26. advertiyha
    February 2nd, 2012 at 17:59 | #26

    saya gak komentar yang atas itu pak, pokoke setujuuuu…
    saya cuma pengen minta diajari bikin stempelll… hehhehe… πŸ™‚

    nanti tak kirimi sedikit2 nanas, mangga, durian, nila lele dan ikan asin.. πŸ˜›


    Stempelnya nanti saya pesenkan ke Bli Budiarnaya atau Bli Budiastawa…
    Mereka berdua asisten saya Mbak

    [Reply]

  27. dmilano
    February 4th, 2012 at 09:59 | #27

    Saleum,
    Sepertinya dengan piara ayam atau bebek ya pak, itu termasuk juga gak sebagai variasi dari kekurangan kita tersebut…??
    **gelembung dialog** ” Hmm… stempel itu membuatku ngiler, mantap euy….”
    hehehe… minjam gelembungnya bibi titi teliti.


    Daripada piara buaya, kayaknya aman piara ayam atau bebek, telurnya bisa dimakan sendiri…
    Dagingnya enak & minim resiko

    [Reply]

  28. February 4th, 2012 at 11:43 | #28

    Karena saya bukan seorang profesional pada satu bidang, maka memperbanyak belajar untuk menambah bidang lain yang dikuasai meskipun hanya sekedar bisa dan bukan profesional


    Saya juga begitu Mas

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~