Home > Inspirasi > Semboyan bin Slogan

Semboyan bin Slogan

February 27th, 2009 Leave a comment Go to comments

S

udah jamak lumrah (menjadi rahasia umum), entah kebetulan atau tiru2, hampir semua kotamadya atau kabupaten di Indonesia mempunyai semboyan yang berbeda. Awal mulanya yang saya tau cuma dua kota yaitu Solo dengan “Berseri”nya (Bersih, Sehat dan Rapi) dan Salatiga dengan “Hatti Beriman”nya (Sehat, Tertib, Bersih, Indah dan Aman). Lalu kota yang lain mengikutinya, seperti Kudus Semarak (Sehat, Maju, Rapi, Aman dan Konstitusional), Batang Berkembang (Bersih, Kencar2, Eyub, Menuju Bebrayan, Aman dan Tenang), Pekalongan Kota Batik (Bersih, Aman, Tertib, Indah dan Komunikatif), Demak Beramal (Bersih, Elok, Rapi, Anggun, Maju, Aman dan Lestari), Semarang Kota Atlas (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat), Kendal Beribadat (Bersih, Indah, Barokah, Damai, Aman dan Tertib) dll. :roll:

Semboyan yang berupa singkatan itu terkesan dipaksakan dan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

Ada satu pertanyaan yang menggelitik metalogika saya, knapa buat slogan kok susah2, knapa nggak Bersempak aja?
Bersempak adalah Bersih, Semarak dan Kompak. Bersih lingkungannya, bersih hati semua warganya, semarak suasananya, siang sejuk segar malam kencar2, kompak penghuninya, warga kompak dengan pemimpinnya, yang tua kompak dengan yg muda.

Seandainya saya jadi Bupati atau Wali Kota, maka saya akan menggunakan “Bersempak” sebagai semboyannya, semboyan yang sederhana, singkat dan mudah diingat… :!:

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. February 27th, 2009 at 11:31 | #1

    waduh, pak mar..pak mar, setiap hari juga bersempak, kalau enggak, bisa masuk angin ntar, isis, qqqqqq

    [Reply]

  2. February 27th, 2009 at 12:35 | #2

    pertamaxxxx

    [Reply]

  3. February 27th, 2009 at 12:43 | #3

    menurutku paling lucu adalah lamongan,
    semboyannya “TAHU CAMPUR”
    ga tau kepanjangannya apa

    [Reply]

  4. aRit
    February 27th, 2009 at 12:47 | #4

    seperti temen saya bilang. . . “Semua hanya masalah moral” . . .

    klo menurut saya. . .memang perbedaan itu disengaja. . biar setiap kota memiliki ciri tersendiri2. . .meskipun isinya ada yang sama. . .

    betul yang Bapak bilang, sayangnya itu hanya semboyan belaka. . .tidak sesuai dengan kenyataan. . .

    sekali lagi “Semua hanya masalah moral”

    [Reply]

  5. February 27th, 2009 at 12:47 | #5

    Bersempak bolong = bersih, semarak, kompak, dan suka menolong

    [Reply]

  6. gajah_pesing
    February 27th, 2009 at 12:51 | #6

    *ngakak*

    [Reply]

  7. February 27th, 2009 at 12:54 | #7

    untung pakdhe bukan bupati

    [Reply]

  8. February 27th, 2009 at 13:14 | #8

    kalo saya mending gak usah ikut-ikutan eforia itu…

    [Reply]

  9. meylya
    February 27th, 2009 at 13:30 | #9

    kalau Ponorogo punya REOG (Resik Endah Omber Girang gumirang)

    [Reply]

  10. February 27th, 2009 at 13:50 | #10

    Bhinneka Tunggal Ika. Tan Hana Darma Magrwa

    [Reply]

  11. abdee
    February 27th, 2009 at 14:11 | #11

    Gimana kalo Bercawat…. Bersih Cerdas dan Terawat….

    [Reply]

  12. February 27th, 2009 at 14:13 | #12

    Dukung pak Marsudiyanto untuk jadi BUPATI KENDAL 2014!!!!
    BUDHAAAAAAAAALLLLLLLLLLLL…………
    Kendal Bersempak

    [Reply]

  13. Bawor
    February 27th, 2009 at 14:13 | #13

    Bersempak Kolor : Bersih, Semarak , Kompak , Kotanya Bawor Klowor

    [Reply]

  14. achmad sholeh
    February 27th, 2009 at 14:14 | #14

    Bersempak artinya adalah penduduknya memakai celana dalam,itu memang yang terjadi pak

    [Reply]

  15. phery
    February 27th, 2009 at 14:23 | #15

    pantes aja gak ada yang nyuruh pak mar jadi bupati. Semboyannya aja udah nyeleneh :D

    [Reply]

  16. February 27th, 2009 at 14:36 | #16

    Menolak Pak Mar menjadi bupati!

    [Reply]

  17. Kyai slamet
    February 27th, 2009 at 14:50 | #17

    Tuban BERSENGGAMA BERsih SEjuk riaNG Giat AMAn

    [Reply]

  18. kacrut
    February 27th, 2009 at 14:51 | #18

    Humm.. Kalu sidoarjo brarti BH dunk.. Bersih hatinya.. Wakakakaka (lmao)

    [Reply]

  19. tomy
    February 27th, 2009 at 15:10 | #19

    wah, bututte kok ada semacam kampanye……( curi star yo pak/mas ) ..tomy ketapang kendal

    [Reply]

  20. February 27th, 2009 at 15:59 | #20

    malah mumet iki aku…aneh-aneh banget usulan slogannya!

    [Reply]

  21. February 27th, 2009 at 20:59 | #21

    bikin selogan kok aneh-aneh

    [Reply]

  22. david
    February 27th, 2009 at 21:09 | #22

    ha…ha…bikin ngakak aja nech

    [Reply]

  23. Sariyatno
    February 27th, 2009 at 22:20 | #23

    kalo menurut saya Pak, memang semboyan “BERSEMPAK” itu sangat unik, mudah untuk dingat, ringan,dan agak aneh tapi menarik! saya suka!

    [Reply]

  24. February 28th, 2009 at 00:31 | #24

    wah.. unik juga..
    dan kalo ngeliat sepanjang komen.. mulai dari tulisan pak mar sampe tukang nggunem.. sepertinya ketika kampanye bisa menggunakan slogan..
    “BERAK BERSEMPAK BOLONG”
    Bersama Rakyat Kecil, Bersih, Semarak, Kompak, Bosan Menolong…

    [Reply]

  25. February 28th, 2009 at 00:55 | #25

    wadau! pada sempakkan ora je? cekakak pol

    [Reply]

  26. novi
    February 28th, 2009 at 00:57 | #26

    kalau slogannya bersempak kira2 logonya apa pak Mar? :P

    [Reply]

  27. February 28th, 2009 at 08:43 | #27

    kalo Bersempak ntar logonya pake sempak dunk.
    hahahhaa….

    betewe Blog Ijo slogan juga bukan ya?
    hahaha…

    [Reply]

  28. February 28th, 2009 at 10:17 | #28

    welehhh…*tepuk jidat*

    [Reply]

  29. February 28th, 2009 at 10:26 | #29

    wooo iki to seng ket wingi disebut2 neng plurk.. gek mudeng aku..

    nek bersempak ada.. ber CD ono ga’?

    [Reply]

  30. February 28th, 2009 at 10:31 | #30

    ngak bisa komentar nggak ada ide. sambil nengok sempak saya yang bolong

    [Reply]

  31. deden
    February 28th, 2009 at 15:37 | #31

    Sekedar komen untuk mempertahankan posisi puncak di list top komentator. Tengkyu Pak Mars.

    [Reply]

  32. February 28th, 2009 at 16:34 | #32

    klo kotanya berslogan “BERSEMPAK” masyakaratnya dah ngeri duluan dong pak guru heheheheh
    ntar terjerat undang-undang pornografi dan porno aksi hehehehehe

    [Reply]

  33. Khairuddin Syach
    February 28th, 2009 at 18:09 | #33

    saya mendengar semboyan2 itu di pertengahan thn 90-an. Menurut pandangan saya, semboyan itu lahir karena presiden soeharto mengadakan lomba piala adipura….(maaf kl salah)

    BERSEMPAK, ya sy sangat setuju dengan semboyan itu. Nanti bila ada warga yang melanggar, maka kita semmatkan predikat kepadanya menjadi TIDAK BERSEMPAK.

    Tp kpn mencalonkan diri menjadi bupati? kami akan mendukungmu mister…

    [Reply]

  34. Khairuddin Syach
    February 28th, 2009 at 18:11 | #34

    @deden
    akan saya kejar dikau sobat….*menyiapkan strategi khusus agar bisa menjadi the # 1 on the commentators list*

    [Reply]

  35. Khairuddin Syach
    February 28th, 2009 at 18:17 | #35

    @endar
    Buruan beli yang baru sobat endar… *menyelipkan uang ceban dikatong jaket endar*

    [Reply]

  36. annosmile
    February 28th, 2009 at 18:18 | #36

    klo kota saya
    Jogjakarta Berhari Nyaman

    [Reply]

  37. deden
    February 28th, 2009 at 21:33 | #37

    BERKUTANG, namun sampai malam ini saya belum dapet kepanjangannya, apa ya?

    Bersih
    Kukuh
    Taat
    Aman
    Nyaman
    Geli

    [Reply]

  38. alifahru
    February 28th, 2009 at 21:37 | #38

    kaya superman ya, sempaknya dilihat banyak orang…:)

    [Reply]

  39. March 1st, 2009 at 00:59 | #39

    Kalau kotaku semboyannya BERSETUBUH artinya ENAK…

    [Reply]

  40. March 1st, 2009 at 13:33 | #40

    hehe…Pak Mar kan dah Bupatinya Blogger…??!!!

    [Reply]

  41. zenteguh
    March 4th, 2009 at 18:41 | #41

    berkancut juga bisa pak
    BERsih, Keren, Aman, Nyaman, dan Cepat bayar UTang

    [Reply]

  42. March 6th, 2009 at 11:41 | #42

    jangan semarak pak
    ntar dikira serasa mau ber@k lagi….

    [Reply]

  43. Mundzi
    May 10th, 2009 at 20:54 | #43

    aku ada ide bagamana kalao bloggermu diberi semboyan BERKOTANGAN .. ..

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~