Semboyan bin Slogan

S

udah jamak lumrah (menjadi rahasia umum), entah kebetulan atau tiru2, hampir semua kotamadya atau kabupaten di Indonesia mempunyai semboyan yang berbeda. Awal mulanya yang saya tau cuma dua kota yaitu Solo dengan “Berseri”nya (Bersih, Sehat dan Rapi) dan Salatiga dengan “Hatti Beriman”nya (Sehat, Tertib, Bersih, Indah dan Aman). Lalu kota yang lain mengikutinya, seperti Kudus Semarak (Sehat, Maju, Rapi, Aman dan Konstitusional), Batang Berkembang (Bersih, Kencar2, Eyub, Menuju Bebrayan, Aman dan Tenang), Pekalongan Kota Batik (Bersih, Aman, Tertib, Indah dan Komunikatif), Demak Beramal (Bersih, Elok, Rapi, Anggun, Maju, Aman dan Lestari), Semarang Kota Atlas (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat), Kendal Beribadat (Bersih, Indah, Barokah, Damai, Aman dan Tertib) dll. :roll:

Semboyan yang berupa singkatan itu terkesan dipaksakan dan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

Ada satu pertanyaan yang menggelitik metalogika saya, knapa buat slogan kok susah2, knapa nggak Bersempak aja?

Bersempak adalah Bersih, Semarak dan Kompak. Bersih lingkungannya, bersih hati semua warganya, semarak suasananya, siang sejuk segar malam kencar2, kompak penghuninya, warga kompak dengan pemimpinnya, yang tua kompak dengan yg muda.

Seandainya saya jadi Bupati atau Wali Kota, maka saya akan menggunakan “Bersempak” sebagai semboyannya, semboyan yang sederhana, singkat dan mudah diingat… :!:

43 comments on this post.
  1. rayearth2601:

    waduh, pak mar..pak mar, setiap hari juga bersempak, kalau enggak, bisa masuk angin ntar, isis, qqqqqq

    [Reply]

  2. ciwir:

    pertamaxxxx

    [Reply]

  3. Ogi:

    menurutku paling lucu adalah lamongan,
    semboyannya “TAHU CAMPUR”
    ga tau kepanjangannya apa

    [Reply]

  4. aRit:

    seperti temen saya bilang. . . “Semua hanya masalah moral” . . .

    klo menurut saya. . .memang perbedaan itu disengaja. . biar setiap kota memiliki ciri tersendiri2. . .meskipun isinya ada yang sama. . .

    betul yang Bapak bilang, sayangnya itu hanya semboyan belaka. . .tidak sesuai dengan kenyataan. . .

    sekali lagi “Semua hanya masalah moral”

    [Reply]

  5. tukang Nggunem:

    Bersempak bolong = bersih, semarak, kompak, dan suka menolong

    [Reply]

  6. gajah_pesing:

    *ngakak*

    [Reply]

  7. Pencerah:

    untung pakdhe bukan bupati

    [Reply]

  8. suryaden:

    kalo saya mending gak usah ikut-ikutan eforia itu…

    [Reply]

  9. meylya:

    kalau Ponorogo punya REOG (Resik Endah Omber Girang gumirang)

    [Reply]

  10. SJ:

    Bhinneka Tunggal Ika. Tan Hana Darma Magrwa

    [Reply]

  11. abdee:

    Gimana kalo Bercawat…. Bersih Cerdas dan Terawat….

    [Reply]

  12. Andy MSE:

    Dukung pak Marsudiyanto untuk jadi BUPATI KENDAL 2014!!!!
    BUDHAAAAAAAAALLLLLLLLLLLL…………
    Kendal Bersempak

    [Reply]

  13. Bawor:

    Bersempak Kolor : Bersih, Semarak , Kompak , Kotanya Bawor Klowor

    [Reply]

  14. achmad sholeh:

    Bersempak artinya adalah penduduknya memakai celana dalam,itu memang yang terjadi pak

    [Reply]

  15. phery:

    pantes aja gak ada yang nyuruh pak mar jadi bupati. Semboyannya aja udah nyeleneh :D

    [Reply]

  16. Dony Alfan:

    Menolak Pak Mar menjadi bupati!

    [Reply]

  17. Kyai slamet:

    Tuban BERSENGGAMA BERsih SEjuk riaNG Giat AMAn

    [Reply]

  18. kacrut:

    Humm.. Kalu sidoarjo brarti BH dunk.. Bersih hatinya.. Wakakakaka (lmao)

    [Reply]

  19. tomy:

    wah, bututte kok ada semacam kampanye……( curi star yo pak/mas ) ..tomy ketapang kendal

    [Reply]

  20. ernut:

    malah mumet iki aku…aneh-aneh banget usulan slogannya!

    [Reply]

  21. Tukang Nggame:

    bikin selogan kok aneh-aneh

    [Reply]

  22. david:

    ha…ha…bikin ngakak aja nech

    [Reply]

  23. Sariyatno:

    kalo menurut saya Pak, memang semboyan “BERSEMPAK” itu sangat unik, mudah untuk dingat, ringan,dan agak aneh tapi menarik! saya suka!

    [Reply]

  24. bambam:

    wah.. unik juga..
    dan kalo ngeliat sepanjang komen.. mulai dari tulisan pak mar sampe tukang nggunem.. sepertinya ketika kampanye bisa menggunakan slogan..
    “BERAK BERSEMPAK BOLONG”
    Bersama Rakyat Kecil, Bersih, Semarak, Kompak, Bosan Menolong…

    [Reply]

  25. senoaji:

    wadau! pada sempakkan ora je? cekakak pol

    [Reply]

  26. novi:

    kalau slogannya bersempak kira2 logonya apa pak Mar? :P

    [Reply]

  27. Pejantan Tanggung:

    kalo Bersempak ntar logonya pake sempak dunk.
    hahahhaa….

    betewe Blog Ijo slogan juga bukan ya?
    hahaha…

    [Reply]

  28. etha:

    welehhh…*tepuk jidat*

    [Reply]

  29. BrenciA kerenS:

    wooo iki to seng ket wingi disebut2 neng plurk.. gek mudeng aku..

    nek bersempak ada.. ber CD ono ga’?

    [Reply]

  30. endar:

    ngak bisa komentar nggak ada ide. sambil nengok sempak saya yang bolong

    [Reply]

  31. deden:

    Sekedar komen untuk mempertahankan posisi puncak di list top komentator. Tengkyu Pak Mars.

    [Reply]

  32. Penny:

    klo kotanya berslogan “BERSEMPAK” masyakaratnya dah ngeri duluan dong pak guru heheheheh
    ntar terjerat undang-undang pornografi dan porno aksi hehehehehe

    [Reply]

  33. Khairuddin Syach:

    saya mendengar semboyan2 itu di pertengahan thn 90-an. Menurut pandangan saya, semboyan itu lahir karena presiden soeharto mengadakan lomba piala adipura….(maaf kl salah)

    BERSEMPAK, ya sy sangat setuju dengan semboyan itu. Nanti bila ada warga yang melanggar, maka kita semmatkan predikat kepadanya menjadi TIDAK BERSEMPAK.

    Tp kpn mencalonkan diri menjadi bupati? kami akan mendukungmu mister…

    [Reply]

  34. Khairuddin Syach:

    @deden
    akan saya kejar dikau sobat….*menyiapkan strategi khusus agar bisa menjadi the # 1 on the commentators list*

    [Reply]

  35. Khairuddin Syach:

    @endar
    Buruan beli yang baru sobat endar… *menyelipkan uang ceban dikatong jaket endar*

    [Reply]

  36. annosmile:

    klo kota saya
    Jogjakarta Berhari Nyaman

    [Reply]

  37. deden:

    BERKUTANG, namun sampai malam ini saya belum dapet kepanjangannya, apa ya?

    Bersih
    Kukuh
    Taat
    Aman
    Nyaman
    Geli

    [Reply]

  38. alifahru:

    kaya superman ya, sempaknya dilihat banyak orang…:)

    [Reply]

  39. joe:

    Kalau kotaku semboyannya BERSETUBUH artinya ENAK…

    [Reply]

  40. HumorBendol:

    hehe…Pak Mar kan dah Bupatinya Blogger…??!!!

    [Reply]

  41. zenteguh:

    berkancut juga bisa pak
    BERsih, Keren, Aman, Nyaman, dan Cepat bayar UTang

    [Reply]

  42. Nyante Aza Lae:

    jangan semarak pak
    ntar dikira serasa mau ber@k lagi….

    [Reply]

  43. Mundzi:

    aku ada ide bagamana kalao bloggermu diberi semboyan BERKOTANGAN .. ..

    [Reply]

Leave a comment





Current month ye@r day *