Home > Umum > Senam Otak

Senam Otak

September 29th, 2009 Leave a comment Go to comments

Salah satu cara yang saya gunakan untuk melatih daya ingat adalah mengisi tiap ada waktu longgar dengan mengingat sesuatu.

Bukan mengingat masa lalu atau kejadian yang telah lewat, tapi mengingat sesuatu sesuai kelompoknya, agar terarah dan tidak kemana2. Ruang lingkup yang saya pilih misalnya tentang nama murid saya yang sudah lulus, nama kota di Indonesia, nama makanan, nama binatang dll.

Saya tidak tau apakah cara ini efektif atau tidak, benar atau salah. Yang penting saya tidak memaksakan diri, seingatnya saja, semampunya saja.

Inilah contoh lamunan saya, sambil menyelam minum air, sambil melamun sambil melatih daya ingat. Kali ini saya sedang melamunkan makanan yang pernah saya konsumsi, sejak saya bisa makan sampai sekarang.

anggur • ayam • arem2 • apel • bandeng • bengkuwang • bakwan • bolang baling • bakso • blanak • bawal • bothok • bolu • bakpia • bubur • ceplok • criping • cendhol • dodol • dadar • daging • degan • durian • es • emping • empek2 • garang asem • jagung • jenang • jeroan • jus • juwet • kacang • kuluban • krupuk • kentang • kopi • kolak • lemper • lele • lapis • lopis • lonthong • lumpia • lengko • lodeh • madu • martabak • mete • madumongso • mangga • mujahir • mendoan • mie • nanas • nasi • nastar • nogosari • opor • oseng2 • pilus • pecel • pepaya • petai • pelem • pisang • rambutan • rujak • rengginang • ronde • roti • semangka • sate • soto • sop • susu • strawberi • salak • sukun • sambel • srabi • tape • tempe • tahu • teri • teh • tela • timun • usus • ubi • wafer • wingko • yangko •

Sekali lagi ini hanya yang saya ingat dan saya doyan. Maaf kalau menggunakan istilah yang sampeyan nggak ngerti. Saya tak mau repot dengan istilah di tempat lain.

Kalau ini ketika saya latihan mengingat benda yang ada dirumah saya. Tidak pamer, karena ini peralatan standar. Sekali lagi, saya menggunakan istilah yang saya pakai sehari2.

asbak • antena • almari • anduk • anting2 • bedak • bolpoin • batrei • bor • blender • baju • bufet • buku • bantal • botol • basangan tikus • benang • cas2an • celana • centelan • cobek • cincin • cethok • cangkul • CD • cermin • ceret • dandang • daster • dompet • ember • flashdisk • gembok • gergaji • guling • gunting • ganjel meja • guci • gelas • garpu • gelang • hanger • HP • irus • jangka • jam • jas hujan • keset • kunci • kunci inggris • kotak obat • korek • kasur • ketokan kuku • kulkas • kursi • kamera • kartu domino • komputer • kompor • kabel • kalung • keset • kaos • kipas • laptop • lampu • linggis • lap • motor • microwave • mainan anak • mainan bapak • mainan ibu • mesin jahit • mesin cuci • meja • magicjar • mikser • modem • mobil • oven • obat nyamuk • obeng • pembuka botol • payung • pot • panci • parut • papan catur • piring • palu • pisau • pensil • pupuk • rok • rak • radio • saringan • sabun • sabuk • sikat • sampo • sisir • slang • sandal • sendok • sepeda • speaker • sepatu • sarung • toalet • timbangan • TV • tabung gas • toples • taplak • tang • telpon • tape recorder • VCD • wajan

Itu saja yang mampu saya ingat, dan begitulah saya melatih daya ingat saya, agar daya lupanya tidak tajam. Tapi karena saya jarang punya waktu longgar, maka saya ya jarang melakukannya 😀

~ Grazie ~
Categories: Umum
  1. achmad sholeh
    September 29th, 2009 at 14:37 | #1

    Petromax dulu pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Mengamati Kekuatan Sebuah Tulisan =-.

    [Reply]

  2. achmad sholeh
    September 29th, 2009 at 14:40 | #2

    ini untuk senam otak ya pak , kalau untuk senam jantung gimana ditunggu postingan selanjutnya

    Kalau mau senam jantung bisa pakai sepeda, lalu jalan di depan tronton.
    Pastilah truknya akan nglakson dengan suara yang memekakkan telinga

    .-= Postingan achmad sholeh : Mengamati Kekuatan Sebuah Tulisan =-.

    [Reply]

  3. September 29th, 2009 at 14:54 | #3

    enakan senam mata 😀
    .-= Postingan pasang iklan baris gratis : web hosting murah =-.

    [Reply]

  4. ajengkol
    September 29th, 2009 at 15:00 | #4

    kalau sekedar dibaca ternyata mudah kalau di ucapkan cepet nah baru kesrimpet hehehe

    Makasih sudah membaca dengan lancar… 😆

    .-= Postingan ajengkol : Cintamu Membakar Jiwaku =-.

    [Reply]

  5. hot keyword
    September 29th, 2009 at 15:05 | #5

    klimax…

    hot keyword

    [Reply]

  6. Kika
    September 29th, 2009 at 15:09 | #6

    Wahhh idenya bagus juga Pak, saya akan coba ah..

    [Reply]

  7. Jidat
    September 29th, 2009 at 15:15 | #7

    ngeblog juga menguras otak

    Lho…
    Ini nggak nguras otak tapi justru menyegarkan otak

    [Reply]

  8. September 29th, 2009 at 15:17 | #8

    Mau dong mainan bapaknya

    [Reply]

  9. September 29th, 2009 at 15:30 | #9

    untungnya saya masih inget untuk kasih komen…

    Makasih Paduka…

    .-= Postingan Paduka Hari Mulya : Cara Mudah Merapikan Informasi Lagu (Tag) =-.

    [Reply]

  10. ihsan
    September 29th, 2009 at 16:25 | #10

    seminggu lebih nggak online.. masih inget cara koment…
    .-= Postingan ihsan : Prisip, haruskah? =-.

    [Reply]

  11. September 29th, 2009 at 16:37 | #11

    kurang hotspote pak 😀

    😀

    [Reply]

  12. mbah gendeng
    September 29th, 2009 at 16:56 | #12

    hampir tiap hari mengingat blog tu termasuk senam otak juga kan bos

    Kalau itu memperkosa otak Mas…

    .-= Postingan mbah gendeng : Kok Togel Yah =-.

    [Reply]

  13. Panca
    September 29th, 2009 at 17:54 | #13

    klo aku mister cuman cuman 7 kata tiap hari yg bs dilamunin, 😀

    Kenali – dan – kunjungi – objek – wisata – di – Pandeglang

    [Reply]

  14. September 29th, 2009 at 19:03 | #14

    saya sih lebih seringnya senam mata

    [Reply]

  15. heru
    September 29th, 2009 at 19:19 | #15

    @alamendah
    kayaknya emang enakan senam mata ya 😀

    [Reply]

  16. vb6mania
    September 29th, 2009 at 19:35 | #16

    Aminah, SPd – Agus Kristiyono, SPd – Dra. Hj. Muslimah – Dra. Siwi Pamikatsih – Dra. Sri Achadiyah – Dra. Sugiarti – Dra. Wiwik Sri Lestari – Drs. Eko Budi Setiyarso – Drs. Hanung Budijono – Drs. M. Djazuli – Drs. M. Nur Faizien – Drs. Noorhadi Drs. Sugiyanto – Drs. Waluyo BR – Enny Boedi Utami, SPd – Marsudiyanto, SPd – Murwati HS, SPd – Nur Alifah, Sag Sudjarwiyanti, SPd – Sumaryati, SPd – Suroyo Budiharjo – Titien Sumartini, BA – U m i y a t i

    Itu yg pernah mengajar saya dulu termasuk salah satunya Empunya blog ini 😀

    Iki pastinya copy paste…

    .-= Postingan vb6mania : VB6 Error Handling =-.

    [Reply]

  17. Wandi thok
    September 29th, 2009 at 19:35 | #17

    Mikirke dhuwite anak-anak yo termasuk senam otak pak, apa meneh mikir utang, senam otak karo jantung. 😆

    Nek kuwi ora senam tapi nyiksa otak Pak…

    .-= Postingan Wandi thok : Orang Kaya Gaptek =-.

    [Reply]

  18. September 29th, 2009 at 19:47 | #18

    taksih senam to pakdhe?
    .-= Postingan Pencerah : Laptop Nurdin M Top =-.

    [Reply]

  19. novi
    September 29th, 2009 at 20:05 | #19

    baru tahu saya ada trik spt itu. akan kucoba
    .-= Postingan novi : Mewarnai Pondok, Mungkinkah? =-.

    [Reply]

  20. masnur
    September 29th, 2009 at 20:39 | #20

    Dari semua makanan itu saya tahu dan sebagian besar juga pernah makan kecuali dua yaitu: lengko dan mujah. Makanan apa itu pak, eh… Maksudnya makanan seperti apa itu Pak?

    Lengko itu terbuat dari ubi kayu, seperti kerupuk. Kecil2 berlobang rasanya gurih.
    Lha yang satunya itu mujahir, iwak… (bukan mujah !)

    .-= Postingan masnur : Darurat bencana =-.

    [Reply]

  21. September 29th, 2009 at 21:03 | #21

    otakku ngancing

    Bhuahahaha…
    Kuwi nek istilah medis ngono kram….

    .-= Postingan senoaji : A Cheap Ticket =-.

    [Reply]

  22. ciwir
    September 29th, 2009 at 21:24 | #22

    lha bu mars kok ora disebut? 😀

    Aku tersanjung…
    Berarti mocone tapis…

    .-= Postingan ciwir : Solve with IT =-.

    [Reply]

  23. September 29th, 2009 at 21:40 | #23

    wah coba ach mengingat hal-hal tentang pramuka 😉

    tongkat, lencana, dasa darma, kemah, tenda, pasak, semaphore, tali temali, siaga, pandega, penegak, tri satya, mana dimana, anak kambing saya

    .-= Postingan arifudin : Acer Aspire 4535 =-.

    [Reply]

  24. masnur
    September 29th, 2009 at 23:01 | #24

    @masnur
    Oalah..sori Pak, soalnya tadi aku bukaknya pake hp dan kata mujahir cuma kebaca mujah aja, ternyata setelah pake laptop….hihi, jadi malu………

    😀

    .-= Postingan masnur : Darurat bencana =-.

    [Reply]

  25. September 30th, 2009 at 00:08 | #25

    lho mobile kok dicoret to pak, aku jadi ingat MODEM pak, itu lho mainan batu yang diputar waktu kecil. ada lagunya… modem mbako enak mabko sedeng… ada gak pak sampean mainan kek gitu?

    Yang dicoret itu memang belum ada dan belum pernah ada.
    Kelinganku ono jebule rak ono 😀
    Permainan kuwi yo jelas ono Mas, lha kita kan sak daerah…

    [Reply]

  26. Pakde Cholik
    September 30th, 2009 at 06:50 | #26

    Konon, ada yang bilang, guna menghindari kepikunan dini, jika kita sedang lupa sesuatu harus diingat-ingat terus, membiasakan lupaaaaaa, lambat laun akan mengakibatkan kepikunan.
    Saya pernah lupa siapa nama asli seorang artis dangdhut yang goyangannya bisa merobohkan gardu siskamling itu. Berhari-hari saya ingat-ingat terus akhirnya ketemu juga ” Ainur Rokhimah “. Dialah si Inul itu.

    Mengisi TTS katanya juga mencegah kepikunan dini ya mas.
    Yang tidak boleh terjadi adalah ” melupakan utang “, ha..ha..ha.
    Salam hangat dari Surabaya.

    Saya pernah gini Pak Cholik:
    Lupa nama di sebuah desa kota Pati, yg jaraknya dari rumah sekitar 40 km. Sudah coba saya ingat nggak ketemu juga. Akhirnya saking jengkelnya, saya naik motor ke tempat itu sekedar nyari nama desanya… 😀

    .-= Postingan Pakde Cholik : Claim Your Blog ! =-.

    [Reply]

  27. September 30th, 2009 at 07:29 | #27

    wahaha, mumetz,
    tapi lumayan bwt segeran
    .-= Postingan hadi : Tips Jitu Berkomentar =-.

    [Reply]

  28. September 30th, 2009 at 07:32 | #28

    Sebuah Desa di Pati??
    mang mas marsudiyanto rumahnya dimana??
    rmh saya pati lho??
    .-= Postingan hadi : Tips Jitu Berkomentar =-.

    [Reply]

  29. dhodie
    September 30th, 2009 at 08:09 | #29

    mengingat sesuatu secara berkelompok… hmm tips yang menarik pak. Akan saia coba juga 😀
    .-= Postingan dhodie : Sebungkus Nasi Uduk dan Segelas Cappucino =-.

    [Reply]

  30. arkasala
    September 30th, 2009 at 09:01 | #30

    Maaf nih Pak Mars, mau tanya maklum saya tidak tahu dan ingin mencicipinya juga : blanak, kuluban dan madumongso itu apa ya Pak ?
    Sedikit lagi Pak. “salut sayah”.
    Trims.
    .-= Postingan arkasala : Salah Satu Cara / Alternatif Mengangkat Bisnis Offline ke Online =-.

    [Reply]

  31. cyzko
    September 30th, 2009 at 11:39 | #31

    saya gak bisa ingat sama dosa-dosa saya gimana ya pak… apa otak saya kram..
    .-= Postingan cyzko : Kuta karnival Get Fun !! =-.

    [Reply]

  32. mandor tempe
    September 30th, 2009 at 12:09 | #32

    menyegarkan otak bisa dengan mengingat apa yang telah kita lakukan dalam sehari ini. Amal baik ada berapa, amal buruk ada berapa. Dengan begitu setiap hari bisa terpacu memperbaiki diri dan perilaku. Bukan begitu pak mar …
    .-= Postingan mandor tempe : hasil kerjamu itu, tempe =-.

    [Reply]

  33. dendin
    September 30th, 2009 at 12:10 | #33

    otak juga perlu olah raga ya…
    .-= Postingan dendin : Kuta karnival Get Fun !! =-.

    [Reply]

  34. September 30th, 2009 at 13:52 | #34

    weleh..weleh..ampir sarannya dilakukan…hehe..
    .-= Postingan isti : Kawah Putih, Lukisan Sang Maestro =-.

    [Reply]

  35. September 30th, 2009 at 14:33 | #35

    nyoret mobil pas senam otak seperti tersebut diatas caranya gimana, ya
    .-= Postingan Pradna : Bon Idul Fitri 1430H =-.

    [Reply]

  36. ajengkol
    September 30th, 2009 at 14:52 | #36

    wah ada madumongso yah ? itu kesukaan saya
    .-= Postingan ajengkol : Garis Khatulistiwa =-.

    [Reply]

  37. bre
    September 30th, 2009 at 16:10 | #37

    bufet mbek toalet apane? kok disebutkan pindo??

    Ning nggonku beda.
    Nek bufet kuwi nggo wadah perabotan, kacane bening.
    Lha nek toalet kuwi sing kacane bisa kanggo ngilo, ora kanggo wadah perabotan.
    Toalet nggo dandan.

    Kuwi sak ngertiku.

    [Reply]

  38. isnuansa
    September 30th, 2009 at 16:24 | #38

    Niat bener Pak Mars, ngetiknya… Pasti lama banget bikin postingan ini.

    [Reply]

  39. serunya belajar seo
    September 30th, 2009 at 16:31 | #39

    ini namanya iseng2 berhadiah yah pak 😀
    btw, lengkap tenan isi rumae pak 😀
    .-= Postingan serunya belajar seo : serunya belajar seo =-.

    [Reply]

  40. gajah_pesing
    September 30th, 2009 at 16:32 | #40

    sebelumnya saia akan mencoba mengingat, siapa saia sebenarnya… (thinking)

    [Reply]

  41. pakacil
    September 30th, 2009 at 17:20 | #41

    walau jarang dilakukan, sepertinya dengan ditulis di blog kan dapat membantu mengingat kalau suatu waktu lupa kan Pak.. 🙂
    dan gara-gara ingatan, kemana-mana saya mengusahakan bawa buku catatan kecil, walau kadang lupa bawa pen 🙁

    [Reply]

  42. September 30th, 2009 at 17:54 | #42

    patinya Wedari mas marsudi..
    sampeyan mana?? kecamatan gembong y??

    [Reply]

  43. September 30th, 2009 at 18:09 | #43

    Hmmm.., saya akan mencoba juga mengingat nama penggemar – penggemar saya…

    😀 😀
    .-= Postingan BudiTyas : Bisnis eBook, Sistem Uang Otomatis, dan Skema Ponzi =-.

    [Reply]

  44. Pakde
    October 7th, 2009 at 12:28 | #44

    Mengalami kepikunan dini? ya oloooh..koq bisa? KOnon Ginko biloba alias antanan itu bisa menyembuhkan juga.

    Terus background kepala itu gimana bikinnya bro? wraping text juga kah? keren juga!
    .-= Postingan Pakde : Pakde Modis! =-.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~