Senam Otak

Salah satu cara yang saya gunakan untuk melatih daya ingat adalah mengisi tiap ada waktu longgar dengan mengingat sesuatu.

Bukan mengingat masa lalu atau kejadian yang telah lewat, tapi mengingat sesuatu sesuai kelompoknya, agar terarah dan tidak kemana2. Ruang lingkup yang saya pilih misalnya tentang nama murid saya yang sudah lulus, nama kota di Indonesia, nama makanan, nama binatang dll.

Saya tidak tau apakah cara ini efektif atau tidak, benar atau salah. Yang penting saya tidak memaksakan diri, seingatnya saja, semampunya saja.

Inilah contoh lamunan saya, sambil menyelam minum air, sambil melamun sambil melatih daya ingat. Kali ini saya sedang melamunkan makanan yang pernah saya konsumsi, sejak saya bisa makan sampai sekarang.

anggur • ayam • arem2 • apel • bandeng • bengkuwang • bakwan • bolang baling • bakso • blanak • bawal • bothok • bolu • bakpia • bubur • ceplok • criping • cendhol • dodol • dadar • daging • degan • durian • es • emping • empek2 • garang asem • jagung • jenang • jeroan • jus • juwet • kacang • kuluban • krupuk • kentang • kopi • kolak • lemper • lele • lapis • lopis • lonthong • lumpia • lengko • lodeh • madu • martabak • mete • madumongso • mangga • mujahir • mendoan • mie • nanas • nasi • nastar • nogosari • opor • oseng2 • pilus • pecel • pepaya • petai • pelem • pisang • rambutan • rujak • rengginang • ronde • roti • semangka • sate • soto • sop • susu • strawberi • salak • sukun • sambel • srabi • tape • tempe • tahu • teri • teh • tela • timun • usus • ubi • wafer • wingko • yangko •

Sekali lagi ini hanya yang saya ingat dan saya doyan. Maaf kalau menggunakan istilah yang sampeyan nggak ngerti. Saya tak mau repot dengan istilah di tempat lain.

Kalau ini ketika saya latihan mengingat benda yang ada dirumah saya. Tidak pamer, karena ini peralatan standar. Sekali lagi, saya menggunakan istilah yang saya pakai sehari2.

asbak • antena • almari • anduk • anting2 • bedak • bolpoin • batrei • bor • blender • baju • bufet • buku • bantal • botol • basangan tikus • benang • cas2an • celana • centelan • cobek • cincin • cethok • cangkul • CD • cermin • ceret • dandang • daster • dompet • ember • flashdisk • gembok • gergaji • guling • gunting • ganjel meja • guci • gelas • garpu • gelang • hanger • HP • irus • jangka • jam • jas hujan • keset • kunci • kunci inggris • kotak obat • korek • kasur • ketokan kuku • kulkas • kursi • kamera • kartu domino • komputer • kompor • kabel • kalung • keset • kaos • kipas • laptop • lampu • linggis • lap • motor • microwave • mainan anak • mainan bapak • mainan ibu • mesin jahit • mesin cuci • meja • magicjar • mikser • modem • mobil • oven • obat nyamuk • obeng • pembuka botol • payung • pot • panci • parut • papan catur • piring • palu • pisau • pensil • pupuk • rok • rak • radio • saringan • sabun • sabuk • sikat • sampo • sisir • slang • sandal • sendok • sepeda • speaker • sepatu • sarung • toalet • timbangan • TV • tabung gas • toples • taplak • tang • telpon • tape recorder • VCD • wajan

Itu saja yang mampu saya ingat, dan begitulah saya melatih daya ingat saya, agar daya lupanya tidak tajam. Tapi karena saya jarang punya waktu longgar, maka saya ya jarang melakukannya 😀

44 thoughts on “Senam Otak

  1. Petromax dulu pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Mengamati Kekuatan Sebuah Tulisan =-.

    [Reply]

  2. ini untuk senam otak ya pak , kalau untuk senam jantung gimana ditunggu postingan selanjutnya

    Kalau mau senam jantung bisa pakai sepeda, lalu jalan di depan tronton.
    Pastilah truknya akan nglakson dengan suara yang memekakkan telinga

    .-= Postingan achmad sholeh : Mengamati Kekuatan Sebuah Tulisan =-.

    [Reply]

  3. kalau sekedar dibaca ternyata mudah kalau di ucapkan cepet nah baru kesrimpet hehehe

    Makasih sudah membaca dengan lancar… 😆

    .-= Postingan ajengkol : Cintamu Membakar Jiwaku =-.

    [Reply]

  4. seminggu lebih nggak online.. masih inget cara koment…
    .-= Postingan ihsan : Prisip, haruskah? =-.

    [Reply]

  5. hampir tiap hari mengingat blog tu termasuk senam otak juga kan bos

    Kalau itu memperkosa otak Mas…

    .-= Postingan mbah gendeng : Kok Togel Yah =-.

    [Reply]

  6. klo aku mister cuman cuman 7 kata tiap hari yg bs dilamunin, 😀

    Kenali – dan – kunjungi – objek – wisata – di – Pandeglang

    [Reply]

  7. Aminah, SPd – Agus Kristiyono, SPd – Dra. Hj. Muslimah – Dra. Siwi Pamikatsih – Dra. Sri Achadiyah – Dra. Sugiarti – Dra. Wiwik Sri Lestari – Drs. Eko Budi Setiyarso – Drs. Hanung Budijono – Drs. M. Djazuli – Drs. M. Nur Faizien – Drs. Noorhadi Drs. Sugiyanto – Drs. Waluyo BR – Enny Boedi Utami, SPd – Marsudiyanto, SPd – Murwati HS, SPd – Nur Alifah, Sag Sudjarwiyanti, SPd – Sumaryati, SPd – Suroyo Budiharjo – Titien Sumartini, BA – U m i y a t i

    Itu yg pernah mengajar saya dulu termasuk salah satunya Empunya blog ini 😀

    Iki pastinya copy paste…

    .-= Postingan vb6mania : VB6 Error Handling =-.

    [Reply]

  8. Mikirke dhuwite anak-anak yo termasuk senam otak pak, apa meneh mikir utang, senam otak karo jantung. 😆

    Nek kuwi ora senam tapi nyiksa otak Pak…

    .-= Postingan Wandi thok : Orang Kaya Gaptek =-.

    [Reply]

  9. baru tahu saya ada trik spt itu. akan kucoba
    .-= Postingan novi : Mewarnai Pondok, Mungkinkah? =-.

    [Reply]

  10. Dari semua makanan itu saya tahu dan sebagian besar juga pernah makan kecuali dua yaitu: lengko dan mujah. Makanan apa itu pak, eh… Maksudnya makanan seperti apa itu Pak?

    Lengko itu terbuat dari ubi kayu, seperti kerupuk. Kecil2 berlobang rasanya gurih.
    Lha yang satunya itu mujahir, iwak… (bukan mujah !)

    .-= Postingan masnur : Darurat bencana =-.

    [Reply]

  11. lha bu mars kok ora disebut? 😀

    Aku tersanjung…
    Berarti mocone tapis…

    .-= Postingan ciwir : Solve with IT =-.

    [Reply]

  12. wah coba ach mengingat hal-hal tentang pramuka 😉

    tongkat, lencana, dasa darma, kemah, tenda, pasak, semaphore, tali temali, siaga, pandega, penegak, tri satya, mana dimana, anak kambing saya

    .-= Postingan arifudin : Acer Aspire 4535 =-.

    [Reply]

  13. @masnur
    Oalah..sori Pak, soalnya tadi aku bukaknya pake hp dan kata mujahir cuma kebaca mujah aja, ternyata setelah pake laptop….hihi, jadi malu………

    😀

    .-= Postingan masnur : Darurat bencana =-.

    [Reply]

  14. lho mobile kok dicoret to pak, aku jadi ingat MODEM pak, itu lho mainan batu yang diputar waktu kecil. ada lagunya… modem mbako enak mabko sedeng… ada gak pak sampean mainan kek gitu?

    Yang dicoret itu memang belum ada dan belum pernah ada.
    Kelinganku ono jebule rak ono 😀
    Permainan kuwi yo jelas ono Mas, lha kita kan sak daerah…

    [Reply]

  15. Konon, ada yang bilang, guna menghindari kepikunan dini, jika kita sedang lupa sesuatu harus diingat-ingat terus, membiasakan lupaaaaaa, lambat laun akan mengakibatkan kepikunan.
    Saya pernah lupa siapa nama asli seorang artis dangdhut yang goyangannya bisa merobohkan gardu siskamling itu. Berhari-hari saya ingat-ingat terus akhirnya ketemu juga ” Ainur Rokhimah “. Dialah si Inul itu.

    Mengisi TTS katanya juga mencegah kepikunan dini ya mas.
    Yang tidak boleh terjadi adalah ” melupakan utang “, ha..ha..ha.
    Salam hangat dari Surabaya.

    Saya pernah gini Pak Cholik:
    Lupa nama di sebuah desa kota Pati, yg jaraknya dari rumah sekitar 40 km. Sudah coba saya ingat nggak ketemu juga. Akhirnya saking jengkelnya, saya naik motor ke tempat itu sekedar nyari nama desanya… 😀

    .-= Postingan Pakde Cholik : Claim Your Blog ! =-.

    [Reply]

  16. mengingat sesuatu secara berkelompok… hmm tips yang menarik pak. Akan saia coba juga 😀
    .-= Postingan dhodie : Sebungkus Nasi Uduk dan Segelas Cappucino =-.

    [Reply]

  17. Maaf nih Pak Mars, mau tanya maklum saya tidak tahu dan ingin mencicipinya juga : blanak, kuluban dan madumongso itu apa ya Pak ?
    Sedikit lagi Pak. “salut sayah”.
    Trims.
    .-= Postingan arkasala : Salah Satu Cara / Alternatif Mengangkat Bisnis Offline ke Online =-.

    [Reply]

  18. saya gak bisa ingat sama dosa-dosa saya gimana ya pak… apa otak saya kram..
    .-= Postingan cyzko : Kuta karnival Get Fun !! =-.

    [Reply]

  19. menyegarkan otak bisa dengan mengingat apa yang telah kita lakukan dalam sehari ini. Amal baik ada berapa, amal buruk ada berapa. Dengan begitu setiap hari bisa terpacu memperbaiki diri dan perilaku. Bukan begitu pak mar …
    .-= Postingan mandor tempe : hasil kerjamu itu, tempe =-.

    [Reply]

  20. wah ada madumongso yah ? itu kesukaan saya
    .-= Postingan ajengkol : Garis Khatulistiwa =-.

    [Reply]

  21. bufet mbek toalet apane? kok disebutkan pindo??

    Ning nggonku beda.
    Nek bufet kuwi nggo wadah perabotan, kacane bening.
    Lha nek toalet kuwi sing kacane bisa kanggo ngilo, ora kanggo wadah perabotan.
    Toalet nggo dandan.

    Kuwi sak ngertiku.

    [Reply]

  22. ini namanya iseng2 berhadiah yah pak 😀
    btw, lengkap tenan isi rumae pak 😀
    .-= Postingan serunya belajar seo : serunya belajar seo =-.

    [Reply]

  23. walau jarang dilakukan, sepertinya dengan ditulis di blog kan dapat membantu mengingat kalau suatu waktu lupa kan Pak.. 🙂
    dan gara-gara ingatan, kemana-mana saya mengusahakan bawa buku catatan kecil, walau kadang lupa bawa pen 🙁

    [Reply]

  24. Hmmm.., saya akan mencoba juga mengingat nama penggemar – penggemar saya…

    😀 😀
    .-= Postingan BudiTyas : Bisnis eBook, Sistem Uang Otomatis, dan Skema Ponzi =-.

    [Reply]

  25. Mengalami kepikunan dini? ya oloooh..koq bisa? KOnon Ginko biloba alias antanan itu bisa menyembuhkan juga.

    Terus background kepala itu gimana bikinnya bro? wraping text juga kah? keren juga!
    .-= Postingan Pakde : Pakde Modis! =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *