Sepertigabelas

Angka 13 saja banyak yang nggak suka, apalagi dengan 1/13, pasti makin kurang dilirik karena memang nggak menarik. Beda dengan angka 9, 17, 100 atau kalau pecahan ya 1/2, 1/3, 1/4 yang akrab bagi anak sekolah maupun orang biasa.

Lalu ada apa dengan pecahan sepertigabelas?
Jika dijadikan pecahan desimal, 1/13 = 0,076923076923… berulang terus dengan 076923 (disebut dengan siklis). Susunan angka 076923 inilah yang unik dan anti biasa.

Jika dikalikan dengan angka 1 sampai dengan 12, hasil yang diperoleh akan selalu terdiri dari digit bilangan 076923 dan 153846.

1 X 076923 = 076923
2 X 076923 = 153846
3 X 076923 = 230769
4 X 076923 = 307692
5 X 076923 = 384615
6 X 076923 = 461538
7 X 076923 = 538461
8 X 076923 = 615384
9 X 076923 = 692307
10 X 076923 = 769230
11 X 076923 = 846153
12 X 076923 = 923076

Semoga tidak membuat yang baca jadi bingung dan kecewa karena tidak mendapat manfaat apa2 dari tulisan ini. Kalaupun ada yang nggak paham, ya seperti itulah sebuah tulisan. Persis kayak lukisan, ada yang naturalis ada yang abstrak.

32 thoughts on “Sepertigabelas

  1. susah kalo mau dihapalin pak eM
    hihihi
    (bilang aja males :D)

    EM


    Yang ini sich saya juga males ngapalinnya Bu 😀

    [Reply]

  2. Saya dapet istilah baru …
    yaitu Siklis …

    🙂

    Salam saya


    itu artinya berulang secara periodik om…
    kayak hari, jam dan bulan

    [Reply]

  3. doohh …. klo itu duit sih pasti engga pusing
    klo angka2 ajah buat Pak Mars aja dweh 😀

    [Reply]

  4. Seperti hidup yang selalu dapat dianalisa dengan rumusan matetatika Pak.
    Semuanya dapat dinyatakan hasil, namun bagaimana kita agar dapat menggunkan rumusan hidup sedapat munggkin untuk dapat memecahkan persoalan yang besar ya Pak.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    [Reply]

  5. menarik sih Pak Mars, apalagi saat dikalikan dengan angka 1 sampai 12. Tapi saya yakin anak-anak di sekolah banyak yang mumet dengan angka-angka itu

    [Reply]

  6. ane juga pusing juga tuh gan hehe, tapi ane suka ko angka tiga belas, karna itu angka kelahiran saya mas, hehe

    [Reply]

  7. he..he…he.. uniknya matematika !!!
    ini saya lagi asyik belajar matematika lagi pak, buat ngisi liburannya anak-anak mau saya ajak bermain matematika yang menyenangkan…

    [Reply]

  8. Banyak orang bilang angka 13 itu angka sial, tapi saya tidak demikian. Saya lahir tanggal 13, dan tidak ada kesialan yang saya rasakan kecuali memang berawal dari kecerobohan dan keawaman saya.

    [Reply]

  9. haha, ada-ada saja tuh gan, ane jadi pusing tuh, tapi ko ksana lagi ksana lagi yah xixix

    [Reply]

  10. Nah sehubungan dengan konsumsi ternyata pola konsumsi keuangan kita pun ada yang sehat dan ada juga yang membawa penyakit. Berikut 4 Jenis Pola Konsumsi Keuangan yang Sehat penyakit biasa saja diet..1.

    [Reply]

  11. meskipun tidak ada manfaatnya tapi lumayan menarik juga postingannya,, membuat yang baca penasaran…
    hehhe

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *