Home > Anti Biasa > Sepertigabelas

Sepertigabelas

Angka 13 saja banyak yang nggak suka, apalagi dengan 1/13, pasti makin kurang dilirik karena memang nggak menarik. Beda dengan angka 9, 17, 100 atau kalau pecahan ya 1/2, 1/3, 1/4 yang akrab bagi anak sekolah maupun orang biasa.

Lalu ada apa dengan pecahan sepertigabelas?
Jika dijadikan pecahan desimal, 1/13 = 0,076923076923… berulang terus dengan 076923 (disebut dengan siklis). Susunan angka 076923 inilah yang unik dan anti biasa.

Jika dikalikan dengan angka 1 sampai dengan 12, hasil yang diperoleh akan selalu terdiri dari digit bilangan 076923 dan 153846.

1 X 076923 = 076923
2 X 076923 = 153846
3 X 076923 = 230769
4 X 076923 = 307692
5 X 076923 = 384615
6 X 076923 = 461538
7 X 076923 = 538461
8 X 076923 = 615384
9 X 076923 = 692307
10 X 076923 = 769230
11 X 076923 = 846153
12 X 076923 = 923076

Semoga tidak membuat yang baca jadi bingung dan kecewa karena tidak mendapat manfaat apa2 dari tulisan ini. Kalaupun ada yang nggak paham, ya seperti itulah sebuah tulisan. Persis kayak lukisan, ada yang naturalis ada yang abstrak.

~ Grazie ~
Categories: Anti Biasa
  1. Ikkyu_san
    June 10th, 2011 at 18:48 | #1

    susah kalo mau dihapalin pak eM
    hihihi
    (bilang aja males :D)

    EM


    Yang ini sich saya juga males ngapalinnya Bu 😀

    [Reply]

  2. June 10th, 2011 at 20:26 | #2

    Saya dapet istilah baru …
    yaitu Siklis …

    🙂

    Salam saya


    itu artinya berulang secara periodik om…
    kayak hari, jam dan bulan

    [Reply]

  3. June 10th, 2011 at 20:41 | #3

    bikin tuing…tuing….

    [Reply]

  4. June 10th, 2011 at 20:55 | #4

    waduww ra mudeng…..

    [Reply]

  5. June 10th, 2011 at 21:28 | #5

    Selalu mendapat ide yang anti biasa….baru tahu kalau terjadi pengulangan pakde

    [Reply]

  6. niQue
    June 10th, 2011 at 21:32 | #6

    doohh …. klo itu duit sih pasti engga pusing
    klo angka2 ajah buat Pak Mars aja dweh 😀

    [Reply]

  7. June 11th, 2011 at 01:00 | #7

    Kayaknya ada rumus yang perlu diciptakan nih Pakdhe…

    [Reply]

  8. June 11th, 2011 at 01:12 | #8

    Seperti hidup yang selalu dapat dianalisa dengan rumusan matetatika Pak.
    Semuanya dapat dinyatakan hasil, namun bagaimana kita agar dapat menggunkan rumusan hidup sedapat munggkin untuk dapat memecahkan persoalan yang besar ya Pak.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    [Reply]

  9. June 11th, 2011 at 04:27 | #9

    menarik sih Pak Mars, apalagi saat dikalikan dengan angka 1 sampai 12. Tapi saya yakin anak-anak di sekolah banyak yang mumet dengan angka-angka itu

    [Reply]

  10. Budi Arnaya
    June 11th, 2011 at 06:53 | #10

    Apakah ini bagian dari angkanya pakde cholik kah???

    [Reply]

  11. XAMthone plus
    June 11th, 2011 at 08:33 | #11

    ane juga pusing juga tuh gan hehe, tapi ane suka ko angka tiga belas, karna itu angka kelahiran saya mas, hehe

    [Reply]

  12. June 11th, 2011 at 10:20 | #12

    aku minta diwakilin saja sama Pak Guru Matematika kalau soal angka2 kayak gini 🙂
    salam

    [Reply]

  13. June 11th, 2011 at 11:47 | #13

    wah penemuan baru *catet catet

    [Reply]

  14. purwanto
    June 11th, 2011 at 13:54 | #14

    he..he…he.. uniknya matematika !!!
    ini saya lagi asyik belajar matematika lagi pak, buat ngisi liburannya anak-anak mau saya ajak bermain matematika yang menyenangkan…

    [Reply]

  15. June 11th, 2011 at 21:52 | #15

    kok bisa aja ya ketemu angka2 istimewa ini

    [Reply]

  16. hanif
    June 11th, 2011 at 23:30 | #16

    angka ternyata gak jauh2 dari repetisi yah. hehehe.

    [Reply]

  17. June 11th, 2011 at 23:44 | #17

    sebuah ‘keunikan yang tidak biasa’ dan sangat menarik dan juga akan menarik bagi ‘anak-anak’ di kelas.

    [Reply]

  18. June 12th, 2011 at 11:59 | #18

    apakah ini yg namanya rahasia dibalik rahasia… hihihi

    [Reply]

  19. Guusn
    June 12th, 2011 at 12:01 | #19

    sepertiga belas susah juga ya mas :D. saya aja bingung.

    [Reply]

  20. Erdien
    June 12th, 2011 at 13:41 | #20

    Hehehe… iya.. ya… angkanya itu-itu juga. Bolak-balik doang 🙂

    [Reply]

  21. Abi Sabila
    June 12th, 2011 at 16:17 | #21

    Banyak orang bilang angka 13 itu angka sial, tapi saya tidak demikian. Saya lahir tanggal 13, dan tidak ada kesialan yang saya rasakan kecuali memang berawal dari kecerobohan dan keawaman saya.

    [Reply]

  22. June 13th, 2011 at 07:24 | #22

    Mungkin lebih senang sama pembagian 1/2 atau 1/3 karena nilainya lebih besar daripada 1/13. hehehehe 🙂

    [Reply]

  23. XAMthone plus
    June 13th, 2011 at 08:31 | #23

    haha, ada-ada saja tuh gan, ane jadi pusing tuh, tapi ko ksana lagi ksana lagi yah xixix

    [Reply]

  24. June 13th, 2011 at 10:59 | #24

    ga mudheng..
    intinya saya tetep suka angka 13

    [Reply]

  25. June 13th, 2011 at 14:13 | #25

    dapet ilmu darimana pak? 😀

    [Reply]

  26. June 15th, 2011 at 02:25 | #26

    Subhanallah…
    Termasuk angka yang ajaib ya, Pak 😀

    [Reply]

  27. June 15th, 2011 at 16:18 | #27

    Bingung dengan sukses Pak ^^

    [Reply]

  28. June 17th, 2011 at 05:03 | #28

    Jadi kayak kaset mbundeli ya mas, kembal kesitu-situ lagi angkanya.
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  29. Christina Carabini
    June 21st, 2011 at 00:10 | #29

    Nah sehubungan dengan konsumsi ternyata pola konsumsi keuangan kita pun ada yang sehat dan ada juga yang membawa penyakit. Berikut 4 Jenis Pola Konsumsi Keuangan yang Sehat penyakit biasa saja diet..1.

    [Reply]

  30. Remaja Helda
    June 22nd, 2011 at 12:06 | #30

    Pak Mars emang guru Matematika yang TOP BGT!

    [Reply]

  31. obat alami jerawat
    June 23rd, 2011 at 07:31 | #31

    meskipun tidak ada manfaatnya tapi lumayan menarik juga postingannya,, membuat yang baca penasaran…
    hehhe

    [Reply]

  32. June 23rd, 2011 at 07:36 | #32

    hmmm ada-ada aja nich,,,,
    tapi memang betul juga,, sipp dech ide yang cukup kreative..

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~