Setengah dan Satu

Dimana2, entah dikampung atau dikota, entah disekolah negeri atau swasta, yang namanya setengah dan satu biasanya lebih besar yang satu. Tapi karena disini berlaku hukum anti biasa, maka akan saya tunjukkan bahwa setengah bisa lebih besar daripada satu.

Mungkinkah setengah lebih banyak dari satu?
Jawabnya mungkin saja!!

Lihatlah dua kalimat ini…

  • “Setengah dari penduduk desa itu rambutnya gondrong”
  • “Satu dari penduduk desa itu rambutnya gondrong”

Dari dua contoh kalimat tersebut amat jelas bahwa setengah penduduk akan memiliki jumlah yang jauh lebih besar daripada satu penduduk.
Seperti itulah matematika kehidupan, tak bisa dilihat hanya dari data dan angka saja.

Hal yang sama juga berlaku pada ilmu cukup.
Ada yang merasa sangat cukup dengan penghasilan setengah juta, dan ada pula yang penghasilannya satu milyar tapi masih merasa kurang.

Cukup tak cukup berpulang pada masing2 kita.
Tapi yang jelas, satu hati masih lebih baik daripada setengah hati

36 thoughts on “Setengah dan Satu

  1. @Puteriamirillis
    hahaha…iya juga ya pak…waaah bener bener banget setengah lebih besar dari satu disini…salam saya pak mars


    Salam kembali Mbak Puteri

  2. hahay..iya lah mending satu hati, dari pada setenagh hati 😀


    Semoga kita slalu satu hati 😀

  3. makan sama telur ceplok kalo cuman sepro juga gak afdol, harus satu pak.
    tapi kalau satunya satu kilo telurnya mblenger juga


    Telur cecak Mas

  4. tapi yang jelas SETENGAH HARI takkan sama dengan SATU hari 😛


    Kasih tau enggak ya…

  5. suka pas bagian terakhir pak, “satu hati masih lebih baik daripada setengah hati”.. 🙂


    Kalau bisa kita jangan setengah hati 😀

  6. Setengah (kadang) lebih banyak dari pada satu …
    hhmmm … betul juga …

    🙂

    salam saya Pak


    Salam juga Om…

  7. saya juga suka kalimat terakhir pak…..
    ngomong-ngomong setengah, telor setengah mateng enak juga loh pak mars..
    🙂


    Kalau telur ayam kampung enak, tapi kalau telur ayam legorn eneg Mas

  8. Hahaa..bener2 ..setengah lebih besar dari pada satu..
    tergantung kalimat nya juga ya Pak..


    Tergantung konteksnya Mbak…

  9. Hatiku selalu satu, Pak, kalo setengah2 gak berdenyut nadiku 😳


    Kayaknya hati itu ada 2.
    Bener nggak sich
    Hati ayam itu kok 2

  10. Setengah hidup sama nggak ya pak sama setengah mati


    Harusnya beda Mas

  11. penyebutan satu dan setengah dalam kata-kata bisa jadi berbeda nominal/harganya,


    Itulah bedanya angka dengan kata2

  12. Pak, suamiku termasuk salah satu dari setengah penduduk yang gondrong itu, dan meskipun dia gondrong, aku tetap satu hati dengannya… *cuit..cuitt..*


    Semoga tetap satu hati selamanya…

  13. lebih enak yg satu pak daripada yang setengah2 🙂


    Iya…
    Bakso 1 mangkuk lebih enak drpd setengah mangkuk

  14. Dari satu kilo mangga, setengahnya rusak, sementara dari setengah kilo manggis, satu buah yang rusak. Memang kalau matematika pakde jangan ditanya dech…


    Tapi kalau mangga, saya butuh ditanya Bli, mau apa enggak…
    Dan pastinya saya jawab “Mauuuuuuuuuu”

  15. Ada lagi pak,

    sekarang jam berapa nduk?
    jam setengah satu, mak.
    Ojo lali jam satu mbalek ya!


    Ndang Muliho nDuk…

  16. Hu umph tergantung konteknya dimana setengah dan satu ditempatkan.
    Anti biasa yang mencerahkan Pak!


    Makasih Mbak Eysa…

  17. MbahKung memang jago matematika
    Mudah2an kelak Bella juga pinter matematika
    Telur satu meteng sama dengan telur setengah mateng memang jadi beda ya MbahKung.

    sungkem dari Bella


    MbahKung doakan Nak Bella jago matematika juga

  18. dan setengah hati mungkin lebih baik dari makan hati….. hehehe 😀 *gak nyambung


    Saya menerima kehadiran Mbak Erwin dengan sepenuh hati

  19. yang pasti saya tidak setengah hati menulis komentar di sini
    karena yang namanya pak eM cuma satu!


    Saya juga menerima dengan sepenuh hati Bu… 😀

  20. berarati banyak atau sedikit, tergantung kata yang mengikutinya ya, Pak Mars?


    Iya Mas, tergantung konteksnya

  21. bener sekali pak mars aduh senangnya bisa mampir di sini..
    kalau di kantor ga bisa numpang bewe ke mari.. terjaring proxy sih.. hahhaa

  22. relatif bergantung tingkat mensyukuri seseorang 😀


    Iya, tergantung konteksnya

  23. Saya gak suka melakukan sesuatu hanya setengah-setengah! 😀


    Kalau kerja sebaiknya setengah hari setengah hari…

  24. gabung mas, ,
    kalo menurut saya lebih baik satu hati
    dari pada setengah hati.hee


    Asal nggak makan hati…

  25. Setengah akan lebih besar dari satu, itu tergantung kalimat matematika-nya kan Pak Mars?


    Betul sekali Bli…

  26. di dunia ini gak ada yang gak mungkin,, mungkin saja lah rasta kita kan beda-beda.
    tapi !!
    dimana-mana yah perkiraan saya satu itu lebih banyak dari setengah..

  27. Pingback: My Homepage

Comments are closed.