Home > Ekspresi > Si Hijau Parkia Speciosa

Si Hijau Parkia Speciosa

Nama latinnya sich nggegirisi, yaitu Parkia Speciosa. Tapi ketika pakai nama lokal yaitu Petai, banyak yang mengernyitkan dahi seraya pasang wajah gimana gitu. Apalagi bagi mereka yang nggak doyan.

Bentuk dan warnanya gitu2 aja, rasanya juga nggak lezat2 amat. Baunya apalagi. Amat jauh dari wangi. Sehabis makan kadang kita dibikin repot.

Tapi kok saya amat sangat tergila2. Susah dijelaskan kenapa saya suka sekali makan petai.

Sekedar info saja dari yang saya baca, kandungan protein, karbohidrat, fosfor, vitamin dan zat besi pada petai jauh lebih tinggi daripada apel.

Dan ternyata ada banyak penyakit yang bisa diobati dengan mengkonsumsi petai. Beberapa diantaranya adalah depresi, anemia, tekanan darah tinggi, mual, sembelit, mabuk, luka lambung, stress, stroke dll

Nah, bagi yang selama ini nggak suka makan petai, siapa tau dengan manfaat yang begitu banyak itu bisa menggugah selera untuk makan petai juga.

Tapi kalau memang nggak doyan ya jangan. Kirim saja kerumah saya, biar saya yang makan.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. Arif
    March 9th, 2011 at 21:26 | #1

    pete , pete …..

    pak guru , ada pertanyaan nih ? gimana sih bikin background post yg bisa berubah ubah warna gtu ??


    Itu pernah saya tulis caranya lho Mas…
    Cari aja di salah satu postingannya

    [Reply]

  2. March 9th, 2011 at 21:40 | #2

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Lha, neng Muria kan banyak banget kok masih minta dikirimi lagi. Jan, bisa-bisa makan Petai lauknya nasi….


    Akeh tur rasane enak, ora koyo sing ning kota…
    Seperti kedelai, yg dijual di lampu bangjo itu kok rasanya nggak enak.
    Beda karo kedelai ndeso

    [Reply]

    alamendah Reply:

    Oh, ya.
    Bukan bermaksud menggurui, tapi (maaf) untuk tata cara penulisan nama ilmiah tu huruf awal kata pertama (genus) pakai kapital sedangkan kata kedua (spesies) huruf awalnya kecil saja.


    Makasih tambahan ilmunya…
    Saya jadi ngerti aturan penulisan yang baku…

    [Reply]

  3. March 9th, 2011 at 22:23 | #3

    Wah cakep nama latinnya dan bagus khasiatnya..
    Tapi saya kok malah lebih suka jengkol dibanding petai ya, Pakdhe?


    Saya suka dua2nya

    [Reply]

  4. achmad sholeh
    March 9th, 2011 at 22:51 | #4

    Klo yang ini saya suka pak


    Saya juga Mas

    [Reply]

  5. bambang hs
    March 9th, 2011 at 22:53 | #5

    Wah, pete dimakan dengan sambal terasi dan nasi hangat mak nyuus … 🙂


    Mak Nyus…

    [Reply]

  6. March 9th, 2011 at 22:57 | #6

    Ngomong-ngomong masalah petai! Denuzz seorang PETAI MANIAC!!!…
    Yummmiiiii…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…


    Saya juga suka Mas

    [Reply]

  7. Ikkyu_san
    March 9th, 2011 at 23:46 | #7

    ok deh nanti saya kirim 1 truk ke tempat pak eM….
    (yey di Jepang mana ada hihihi)


    Kirimi yang dari plastik Bu…

    [Reply]

  8. March 10th, 2011 at 00:00 | #8

    saya belum pernah makan lhooo..

    belum dikasi kesempatan ama tuhan nih.. padahal pengen nyoba. :q


    Kenapa belum Mas?

    [Reply]

  9. March 10th, 2011 at 00:26 | #9

    sepertinya untuk penikmat jenis makanan ini (seperti saya juga) protein apa yang terkandung di dalamnya bukan menjadi perhatian khusus dalam menikmatinya. Karena memang menu pelengkap yang mungkin sudah wajib harus hadir ketika diabsen dengan sambal dan sodara2 lalapan lainnya… saya yakin dech hehehehehhe


    Iya Mas…
    Saya makan petai juga karena gurihnya, bukan karena kandungannya

    [Reply]

  10. kang ian dot com
    March 10th, 2011 at 00:33 | #10

    bauuu pakde saya g doyan 😀


    Kalau saya sich doyan…

    [Reply]

  11. March 10th, 2011 at 00:42 | #11

    baru tahu kalau pete kasiyatnya banyak


    Ternyata berkhasiat

    [Reply]

  12. March 10th, 2011 at 00:54 | #12

    akankan pete menjadi makanan yang go internasional?
    semoga ada yang tertarik mewaralabakan


    Apa petai itu khas dari Indonesia ya?

    [Reply]

  13. Sriyono Semarang
    March 10th, 2011 at 05:44 | #13

    Enak Tenannn… 😀


    Uenake puoll

    [Reply]

  14. March 10th, 2011 at 08:21 | #14

    Saya bukan anti petai maupun maniak petai. Kalau dimasakkan petai saya makan, tapi kalau nggak ada petai saya nggak minta dimasakkan 😀


    Berarti pemetai pasif itu Mas… 😀
    Mirip perokok pasif

    [Reply]

  15. March 10th, 2011 at 09:52 | #15

    wah..cocok niki Pak.. Kula lagi perjalanan dan mual mau mabuk je.. Pas dapat info niki.. Good..good..


    Selamat kulakan petai Mbak…

    [Reply]

  16. Kakaakin
    March 10th, 2011 at 10:24 | #16

    Hehe… petai ini, temenan aja sama njengkhol 😀
    Kalau di samarinda mahal lo harga perpapannya, Rp 3000.


    Di Kendal juga mahal, apalagi yang tua

    [Reply]

  17. March 10th, 2011 at 11:21 | #17

    petai kesukaannya eMak ama akang vyan tuch mister,,

    ada lagi untuk yang punya penyakit diabet juga dianjurkan mengkonsumsi petai ..

    btw petai ini termasuk buah ato sayuran ter??


    Di hutan ada petai nggak ya

    [Reply]

  18. March 10th, 2011 at 12:02 | #18

    wah bagus banget blognya bisa berubah berubah warna latarnya

    kalo patei sih suka, cuma g suka banget…. he he he


    Kalau saya suka petai banget

    [Reply]

  19. anny
    March 10th, 2011 at 12:07 | #19

    Petai makanan favoritku bisa buat lalaban mentah, dibakar, digoreng atau direbus heheheh….atau bisa dibuat campuran masakan lainnya 😀


    Paling enak kalau dibakar agak gosong

    [Reply]

  20. March 10th, 2011 at 12:12 | #20

    hahhha ujung2nya itu lho pakdhe om
    aku gak suka makannya pak tapi kalo misal dia menjadi bumbu penyedap pada sambel goreng ati itu boleh juga ato pas ibuku bikin tauco udang dan tahu kering mantab pulak

    pak, mau pesen buku gerhanacoklat ya? tapi mugnya wes entek iki kan terbatas cuman 30 pcs pada cetakan pertama saja hehe


    Iya pesen…
    Nanti dikabari cara transvernya…
    Nggak ada mug gpp, bisa diganti wajan

    [Reply]

  21. March 10th, 2011 at 12:38 | #21

    jangan banayk-banyak pak…
    mambu…


    Iwak pitik yo mambu…

    [Reply]

  22. chocoVanilla
    March 10th, 2011 at 12:48 | #22

    Petai sangat manjur untuk menghilangkan bau mulut sehabis makan jengkol.

    Kalo untuk pelengkap masakan sih gak papa, tapi nek disuruh nglethus belum pernah Pak, sudah terlanjur takut bau :mrgreen:


    Menghilangkan bau rokok juga bisa

    [Reply]

  23. March 10th, 2011 at 13:02 | #23

    nah semoga ada yang membuatnya menjadi ekstrak siap minum sehingga tidak menimbulkan efek negatif berupa bau mulut kurang sedap


    Kalau ditelan kan mirip kapsul

    [Reply]

  24. 4Techno
    March 10th, 2011 at 13:27 | #24

    Saya sih doyan, tapi nggak suka suka amet ampek ketagihan


    Saya doyan, tapi nggak maksa harus ada…
    Kalau lagi musim ajah

    [Reply]

  25. Abi Sabila
    March 10th, 2011 at 13:28 | #25

    Petai? terima kasih! kalau ada saya tukar ayam goreng saja Pak. 🙂


    Adanya petai godhog Bi… 😀

    [Reply]

  26. March 10th, 2011 at 13:39 | #26

    wahh petai 😀 bikin mulut bau ya pak mars….


    Ayam goreng juga bikin bau…
    Bau ayam goreng maksudnya

    [Reply]

  27. March 10th, 2011 at 14:22 | #27

    Nggak enak rasanya!!!


    Jangan dirasakan tapi dicium

    [Reply]

  28. advertiyha
    March 10th, 2011 at 14:46 | #28

    biasa pak.. saya minta dikirimi Nanas n friends aja,,
    kalo ini, gak doyan.. tidakkkkkkkkkk..!! 🙂


    Jus nanas campur petai…
    Hmmmm

    [Reply]

  29. Entertainment Plazza
    March 10th, 2011 at 14:48 | #29

    temennya jengki tuh…
    mantappp


    Keponakannya Mas 😀

    [Reply]

  30. March 10th, 2011 at 15:29 | #30

    Pete …
    Waw …
    Sambel Goreng Ati kalo ndak pake Pete …
    Bukan sambel goreng ati namanya …

    Salam saya Pak Mars


    Walau sedikit, kayaknya akan nambah selera Om…

    [Reply]

  31. March 10th, 2011 at 15:53 | #31

    kalo dibikin nasi goreng mah saya demen mas…
    hehhehehem


    Saya juga seneng kalau nasgor dirajangi petai

    [Reply]

  32. March 10th, 2011 at 17:18 | #32

    katanya juga baik buat ginjal Pak,,
    apa karena aromanya itu yaa 🙂


    Mungkin juga Mbak…

    [Reply]

  33. March 10th, 2011 at 21:54 | #33

    Hyaaaaaaaaaaaaaa saya suka banget pete, Pak!! 😀 😀

    Duuuh, pete dimakan mentah, dikukus, ato digoreng, sama2 enaknyaaaaa! 😳
    Duh, paling enak itu petenya jangan diambil dari kulitnya, digoreng ato direbusnya sama kulitnya, itu afdol banget! 🙂 Pas makan, baru kita kuliti sendiri. :mrgreen:
    Pete goreng, kalo gorengnya bener, bisa gak terlalu bau lho. Kayak makan kacang goreng. 😀

    Tapi yang repot biasanya keesokan harinya, setelah makan pete. Pipis pun berbau pete!! 😆 Kata ibu saya itu karena kurang minum setelah makan pete. Kalo Pak Mars gimana ya? Ada cara untuk mengatasi hal ini?


    Bener Mas…
    Dibakar atau dikukus dengan kulitnya, baru dikupas kemudian

    [Reply]

  34. March 11th, 2011 at 21:44 | #34

    Lha, seleranya sama dengan daku, Pak. Daku juga seneng banget pete, apalagi nasi goreng pete… Maknyoooos…


    Nah itu dia, nasgor petai

    [Reply]

  35. Erwin
    March 14th, 2011 at 10:34 | #35

    Wah… saya juga suka petai, pak..
    itu masakan umi yg paling saya suka. :mrgreen:

    [Reply]

  36. March 15th, 2011 at 07:54 | #36

    Bener nich petai bisa mengobati stress, dll ? awas nek mbujuki
    Saya dulu suka petai juga lho mas, tapi sekarang sudah berhenti
    Konon makan ptai itu harus kompak serumah agar yang lain tak mencak2 karena aromanya yang syuuur

    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  37. March 17th, 2011 at 07:02 | #37

    “speciosa” harusnya pake huruf kecil… :mrgreen:

    aku mau pete om, cuma gak bisa banyak… paling banyak 3 biji, tapi kalo dicampur ke sambel goreng ati gt, aku suka… ^^

    [Reply]

  38. March 23rd, 2011 at 07:50 | #38

    selamat pagi pak lama nggak kesini petai ama jengkol apa beda pak

    [Reply]

  39. October 31st, 2012 at 11:13 | #39

    Pete, kalau dimakan sesekali memang akan menghasilkan OUTPUT yg super bau! … tetapi kalau dimakan berturut selama 5 hari, pada hari ke 5 OUTPUT tidak akan bau lagi … kecuali buat mereka yg setiap hari harus makan obat segenggam … itu lain ceritanya. Terapi pete ini bisa membantu-sehatkan Anda dari bermacam penyakit … silahkan baca sendiri deh ebooknya …

    … buat penggemar obat herbal … sy siapkan 2 ebook terapi pete:
    1) Terapi Pete full 80 hal. : http://bambangbakti.wordpress.com/pete-petai-parkia-speciosa-untuk-kesehatan/

    2) Terapi Pete 4 imPOTENSI: http://bambangbakti.wordpress.com/manfaat-buah-pete-parkia-speciosa/

    Buat para pria, dalam hitungan seminggu, stamina 4X4 Anda akan bertambah … karena pete adalah SLOW-VIXGRX … (ganti huruf ‘X’ dengan ‘A’) … tentang hal ini ada di artikel 2) PETE4imPOTENSI … cobalah, Anda akan lebih hidup, lebih bahagia …

    [Reply]

  1. April 21st, 2011 at 16:01 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~