Home > Anti Biasa > Sisi Lain Petasan

Sisi Lain Petasan

August 28th, 2012 Leave a comment Go to comments

Lebaran telah usai, yang tinggal hanya sisa kue dan petasan. Kue enaknya dimakan, petasan enaknya diobrolkan. Untuk itulah kali ini saya pengin ngobrol soal petasan. Bukan tentang suaranya dan bukan pula tentang korbannya, tapi tentang Sisi Lain Petasan.

Korban petasan sudah banyak, orang yang terganggu dar dor suara petasan juga tak kalah banyak. Tapi ada Sisi Lain Petasan yang mengusik ketenangan saya.

Yang mengganggu saya adalah istilah petasan itu sendiri. Saya bingung, petasan itu sebuah kata dasar ataukah “petas” dapat imbuhan “an” trus jadi petasan? Ada yang tau?

Atau jangan2 malah pe + tas + an
(sumber:kamus karangan pak ndop)

~ Grazie ~
Categories: Anti Biasa
  1. August 28th, 2012 at 13:37 | #1

    Jika teledor bisa saja melayangkan nyawa kita mas bro, sangat berbahaya ni terutama yang belum cukup usia


    Iya Mas
    Nggak ada manfaatnya sama sekali

    [Reply]

  2. August 28th, 2012 at 13:40 | #2

    mungkin sudah namanya itu pak “petasan”. :D
    Selamat hari selasa.


    Semoga memang sudah namanya

    [Reply]

  3. arif
    August 28th, 2012 at 14:17 | #3

    klo pe + tas + an, kata dasar tas, artiny kumpulan tas donk hehehe


    tasmaniac alias maniak tas

    [Reply]

    arif Reply:

    tazmania devil *oh itu tokoh kartun* :D


    tazmania = tas maniac = maniac tas = penyuka tas

    [Reply]

  4. August 28th, 2012 at 14:41 | #4

    di kamus tertulis:
    petasan
    noun
    1. mercon; memasang ~ , membakar mercon supaya meledak

    oseng2 mercon ada di mana2, tapi oseng2 petasan adanya di mana ya?

    wah, mikirin sisi lain petasan malah bikin “mbledhos” pikiran pak :)


    Yang jadi masalah adalah saya kadang kurang percaya sama kamus Gus…
    Banyak yg nggak sreg… :D

    [Reply]

    nh18 Reply:

    Benerkaaaannn apa kata saya …
    kata bakunya itu … sebenere … Mercon !!!


    Lebih mantep kalau pakai istilah mercon ya Om :D

    [Reply]

  5. August 28th, 2012 at 15:05 | #5

    kalo saya sih, tidak perduli asal muasal nama tersebut pals, yang penting petasan itu tidak usah lagi beredar, karena sangat mengganggu ketentraman kompleks…heheheh


    Petasan memang sangat mengganggu Bang

    [Reply]

  6. August 28th, 2012 at 16:06 | #6

    waduh jadi ikut bingung sendiri nih… apakah cuma nama saja ya….


    Kalau di kamus itu kata dasar Mas…
    Tapi kadang saya gak bisa percaya kamus :D

    [Reply]

  7. August 28th, 2012 at 16:11 | #7

    Sama kayak lingkungan kali… kata dasarnya lingkung… ahahaha…


    jaelingkung

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Bhuahahahahaha….. berdua ini lutjuuuuu dehh :lol:


    Hahahaha…
    Kalau Una memang asli lucu Mbak
    Kalau saya, mulai lucu ya sejak kenal Una :D

    [Reply]

    Tebak Ini Siapa Reply:

    Iya Pak, muka saya memang lucu… kayak bayi getooohh…
    Jaelingkung tuh lanang ya Pak…
    nek wedok Jaelingti…


    Nek lingkungan karo lengkungan itu beda dengan lengkingan

    [Reply]

  8. Sholihin (@zholieh)
    August 28th, 2012 at 16:47 | #8

    Kalo didaerahku gak ada Petasan pak, tapi kalo mercon banyak. Wkwkwkwk :D
    Yang jelas, Petasan itu adalah sodara kembarnya mercon, gitu ya pak?


    Di tempat saya juga dibilangnya mercon…

    [Reply]

  9. Evi
    August 28th, 2012 at 17:37 | #9

    Sebetulnya sih nama mercon..Tapi kok belakangan jadi lebih ngetop petasan yah..Tapi aku setuju dengan Mes Er win diatas, mungkin petasan adalah kata dasar, gak bisa diurai-urai awalan maupun akhiran Pak Mars..


    Iya Bu
    Kalau mercon kan enak, jelas kalau kata dasar dan jelas juga kalau itu istilah…
    NB :
    Itu bukan Mas tapi Mbak Erwin Bu :D

    [Reply]

    Sholihin (@zholieh) Reply:

    Setauku ada makanan usus mercon, tapi ada makanan usus petasan juga gak Pak?


    Kalau ada yg jual dengan nama itu malah nggak laku karena namanya asing ditelinga

    [Reply]

  10. irmarahadian
    August 28th, 2012 at 20:01 | #10

    atau mugkin
    peta + san
    hehehe


    Atau juga pe + tasan?

    [Reply]

  11. August 28th, 2012 at 21:34 | #11

    gak tau pak bingung :)


    Yang pria aja bingung sama petasan, apalagi yang wanita…
    Bingung diterima Mbak :D

    [Reply]

  12. August 28th, 2012 at 22:07 | #12

    #bolak balik kamus :mrgreen:


    Di balik kamus nggak ada apa2nya :D

    [Reply]

  13. August 28th, 2012 at 22:57 | #13

    hahaha masih aja dibahas si petasan
    nasib baik bener dah dia :D


    Terkontaminasi postingan kamu Ni :D

    [Reply]

  14. August 28th, 2012 at 23:18 | #14

    petas itu artinya apa Pak?
    #ikut bingung


    Petas itu sedikit pedas mungkin Mbak :D

    [Reply]

  15. August 29th, 2012 at 00:11 | #15

    jaman saya kecil, di desa, entah kenapa, petasan merupakan sesuatu yang keren, seringkali family bawa oleh oleh dari kota, ya petasan, padahal ukurannya besar besar, klo sekarang, yang berani mainan petasan apa mau digebukin orang sekampung…


    Dulu membunyikan petasan bisa meningkatkan prestise…
    Makin banyak bekas kertas yg berserakan di halaman rumah, makin bangga
    Dan biasanya sampai seminggu nggak disapu biar tetep keliatan

    [Reply]

  16. August 29th, 2012 at 00:14 | #16

    iya ya.. kira2 petas maknanya apa ya.?


    Petas adalah peta yang banyak :D

    [Reply]

  17. Abi Sabila
    August 29th, 2012 at 00:50 | #17

    Maaf, Pak Mars. Waktu sidang penetapan istilah petasan, saya berhalangan hadir jadi nda tahu istilah petasan ini kata dasar atau imbuhan. Hahaha…. Jika benar berasal dari kata petas + an, lalu apa arti kata petas itu sendiri ya? Lho kok malah jadi nambah2in PR. :)


    Mungkin kata dasarnya malah “tas” Bi :D

    [Reply]

  18. Rahmi Aziza
    August 29th, 2012 at 02:47 | #18

    langsung cari di google :D


    Selamat mencari :D

    [Reply]

  19. August 29th, 2012 at 05:13 | #19

    Wkwkwk.. baca komen diatas sampe guling-guling sendiri pak.. :D
    Kalo emang petasan itu kata dasar.. apa namanya kalo petasannya banyak ? apa bakal jadi petasan(s) ?


    Mikir istilah petasan sama rumitnya kayak membrantas petasan itu sendiri

    [Reply]

  20. August 29th, 2012 at 06:30 | #20

    huahaha.. komenku melbu postingan..


    Langsung tak update…

    [Reply]

  21. August 29th, 2012 at 09:03 | #21

    pak marsudiyanto pintar buat ketawa yaaa,,kunjungan perdana pak


    Makasih kunjungannya
    Salam kenal

    [Reply]

  22. achmad sholeh
    August 29th, 2012 at 09:19 | #22

    sama nggak dg pe-ne-tas-an…


    Penetasan ceplok Mas

    [Reply]

  23. August 29th, 2012 at 10:06 | #23

    terkadang soal bahasa itu tergantung kesepakatan…


    Nggak cuma terkadang tapi malah semuanya :D

    [Reply]

  24. August 29th, 2012 at 10:10 | #24

    google aja kayaknya nyerah sama jawabannya pak.. heheh..


    Google takut ama petasan :D

    [Reply]

  25. August 29th, 2012 at 11:19 | #25

    Petasan ya petasan, pak.
    Petasan bukan kue lho. . .hihihihi. :P

    Jedoooooooooooooor! hehehee


    Ada nggak ya, petasan yang pakai nada…

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    Ada, Pak.
    Do re mi fa sol sol sol la si DOR! :D


    Baru tau ternyata dor adalah salah satu tangga nada :D

    [Reply]

  26. August 29th, 2012 at 13:14 | #26

    dah lama gak menyukut petasan lagi pak, adanya cuma kembang api


    Saya juga nggak suka…

    [Reply]

  27. August 29th, 2012 at 13:28 | #27

    Mungkin berasal dari kata “tetas”. Kan endog itu kalo menetas pecah (lha iyalaaah). Petasan itu kan pecah dan menimbulkan bunyi nyaring. Wuahahahaha ra jelas blazz!! (guyonan dewek)

    Daripada bingung, gimana kalo kita ganti “jeblukan” saja, Om Mars?
    Kata dasar njebluk + an. Kan emang njebluk to?


    Kalau njebluk malah lebih besar lagi…
    Seperti bom…

    [Reply]

  28. August 29th, 2012 at 18:19 | #28

    Mungkin sudah namanya petasan pak,
    atau, mari kita tanya kepada yang memberi nama petasan untuk pertama kali.


    Yg kasih nama sudah nggak ada karena kena petasan

    [Reply]

  29. August 29th, 2012 at 19:21 | #29

    petas itu saudaranya petis bukan pk :D


    Tahu Petis…

    [Reply]

  30. August 29th, 2012 at 19:50 | #30

    petasan = pet + as + an

    pet = hewan peliharaan
    as = sebagai
    an = sebuah/satu

    petasan = hewan peliharaan sebagai satu


    Wah, persis guru Bahasa Indonesia

    [Reply]

  31. Bambang Haris
    August 29th, 2012 at 22:34 | #31

    Kalau menurut penalaran saya petasan dari kata pet+asam = petasam, kemudian lama kelamaan berubah bunyi menjadi petasan :P


    Hahahaha
    Kalau di makan mungkin rasanya asam

    [Reply]

  32. Bunda Bijak
    August 30th, 2012 at 00:34 | #32

    tetangga bunda ada yang pernah terluka gara-gara petasan pak


    Dan biasanya nggak kapok

    [Reply]

  33. August 30th, 2012 at 04:25 | #33

    hooh kok baru sekarang kepikiran istilah petasan..
    #ikut bingung


    Mari bingung bersama

    [Reply]

  34. Pakde Cholik
    August 30th, 2012 at 05:58 | #34

    Konon, suara mercon jaman dulu bunyinya hanya tas..tas..tas…….karena isian karbit, bensinnya tak banyak, maklum jaman masih susah.
    Lalu ada laki-laki berkumis yang datang dan bilang : ” Kelak jika jaman sudah enak, mercon akan saya namakan Petasan ”

    (kebanyakan nonyton ketoprak Kirun di JTV)

    Salam hangat dari Surabaya


    Mbesuk yen ono rejaning jaman, barang iki bakal diarani “petasan”

    [Reply]

    Dewo Reply:

    Saya kok setuju komennya Pakde.


    Saya juga setuju

    [Reply]

  35. August 30th, 2012 at 06:04 | #35

    kayaknya dari kata “pesta”. makanya petasan sangat cocok untuk memeriahkan pesta.

    yuk main pesta-san.


    Hahahaha
    Kalau ini agak maksa kayaknya :D

    [Reply]

  36. Djangan Pakies
    August 30th, 2012 at 08:10 | #36

    Mungkin dulu yang mbawa dan nyebarkan di Indonesia, namanya Pak Petas. Biar gampang nyebutnya diberilah akhiran an sebagai bentuk kata benda.

    Mohon maaf lahir batin nggih Pak Mars, maaf baru berkunjung


    Sama2 Pak, mohon maaf lahir batin juga manakala ada kesalahan dari saya

    [Reply]

  37. August 30th, 2012 at 09:47 | #37

    Ha ha … repot dah mikirinnya pak … Petasan kayaknya sudah menjadi kata tersendiri ..
    Tapi lebih pusing malam lebaran kemarin diserang petasan dari semua sudut ..
    Andai petasan punya fitur vibrate only wkwkwkwk


    Harusnya ada pilihan nada ya Mas :D

    [Reply]

  38. August 30th, 2012 at 14:42 | #38

    petasan cuma ngebakar uang. sama halnya dengan rokok. mending disumbangin aja uangnya untuk yang membutuhkan.


    Tapi kok orang masih saja menyukainya ya :D
    Dan kayaknya nggak bisa lenyap

    [Reply]

  39. yuniarinukti
    August 30th, 2012 at 15:29 | #39

    Waduh saya juga bingung Pak, kenapa kata mercon bisa jadi petasan ya..
    mungkin dulu yang menciptakan kata petasan itu ngantuk Pak, mestinya mercon jadi metasan = nyambung kan huruf depannya sama-sama m nya. krn ngantuk jadi petasan.. *babahno mekso* :D


    Hahahaha
    Babahno…
    Kalau petasan berarti percon… :D

    [Reply]

  40. imamboll
    August 30th, 2012 at 15:33 | #40

    kalo kata petasan itu sendiri berasal dari 3 kata utama pak mars

    pet berasal dari kata umpet yang berarti disembunyikan
    tas berasal dari kata tas yang berarti wadah
    an merupakan akhiran yang berarti sesuatu

    jadi kata petasan berarti sesuatu yang disembunyikan dalam wadah, jadi mengapa bentuk petasan itu selalu terbungkus wadah, hehehe


    peta = gambar, san = duwit
    Jadi petasan adalah gambar duwit :D

    [Reply]

  41. August 30th, 2012 at 15:43 | #41

    ide tulisannya menarik, pak mars. :) petasan lebih gayeng dibuat bahan postingan daripada disumet…. *halah kok kecampur basa jawa to ya nulisnya*


    Saya belum pernah menikmati yang namanya suara petasan Mbak…
    Adanya kaget dowang

    [Reply]

  42. August 30th, 2012 at 17:26 | #42

    mungkin menurut analisa ane.. 1.petasan diambil dari kata potasium yang merupakan bahan dari petasan
    jadi mereka menyebut dengan petasan biar gampang di eja. maybe
    2 . berasal dari kata pentasan,, karena biasanya petasan dinyalain di acara pentas rakyat.
    maybe juga

    ada yng mau nambahin
    hehe


    Yang pertama sangat ilmiah sekali…
    Memang petasan itu kayaknya berbahan dasar potasium, mirip bom ikan

    [Reply]

  43. August 31st, 2012 at 18:17 | #43

    apa ya? *buka kamus dulu…


    Met buka2 kamus… :D

    [Reply]

  44. August 31st, 2012 at 22:40 | #44

    Petasan itu jadul, Pak Mars. Yg baru suaranya ada vibrasinya. Namanya Pretasan.


    Kalau petasan harganya empat ribu, kalau pretasan itu harganya emprat ribu

    [Reply]

  45. September 1st, 2012 at 11:08 | #45

    Sebenarnya saya juga termasuk orang yang merasa terganggu dengan bunyi petasa. tapi karena saya mengerti mereka masih anak-anak dan remaja yang sedang merayakan sesutau bersama teman-temannya. Saya maklum. Hendaknya kita tidak melarang mereka. Melainkan minta mereka untuk bermain di tempat yang lebih terbuka seperti lapangan dsb.


    Belum ada alternatif penggantinya
    Kalaupun diganti, kayaknya sensasinya nggak bisa menggantikan mercon
    Dan secara umum, main petasan sama sekali nggak ada positifnya

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~