Home > Realita > Sok Tau

Sok Tau

March 1st, 2011

Kejadiannya sudah lama, ceritanya juga amat sederhana tapi kalau mau diambil hikmahnya saya yakin ini sangat bermanfaat dan bisa jadi pelajaran berharga. Kesimpulan akhirnya adalah bahwa sifat sok tau itu sebaiknya jangan dipelihara, malu bertanya sesat diajalan.

Saat itu saya masih kuliah. Ketika teman saya pulang kampung di daerah Purbalingga Jawa Tengah, saya diajak. Karena letaknya di pedesaan, maka halaman rumahnya tumbuh aneka tanaman buah seperti durian, nangka, pepaya dll.

Menjelang sore ibuknya menghidangkan buah nangka yang disajikan bersama kelapa parut tapi diletakkan dipiring terpisah. Saya berkata dalam hati, mungkin inilah cara penyajian ala daerah situ. Dengan mantap saya ambil nangkanya lalu saya cocolkan ke kelapa parut dan melahapnya.

Karena tangan saya lengket oleh getah nangka, maka saya minta minyak goreng pada ibuknya teman saya. Tapi apa jawabnya?. “Lho nak, tadi kan sudah saya siapkan ampas kelapa untuk membersihkan tangan. Emangnya belum dipakai ya?”.

Hah… Ampas Kelapa??. Berarti yang saya makan tadi ampas kelapa. Tapi kok gurih? ๐Ÿ˜€
Ternyata yang saya kira parutan kelapa itu adalah ampas kelapa yang mustinya dipakai untuk membersihkan getah nangka yang nempel di tangan…
Itulah akibatnya kalau kita sok tau. Memalukan sekaligus memilukan.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. Warung Bebas
    March 7th, 2011 at 03:17 | #1

    Tapi gpp Pak, tidak semua orang pengalaman makan ampas kelapa, hihiihi.. ๐Ÿ™‚


    Gurih2 eneg…

  2. Percetakan Company Profile
    May 3rd, 2011 at 09:02 | #2

    hehe…bisa aja:)

  3. May 3rd, 2011 at 09:05 | #3

    Baru sempat mampir nih!
    Liat-liat dulu….
    Situsnya bagus nih!
    apalagi artikelnya, menarik banget!
    Saya seperti disuguhi makan enak!


    Makasih kunjungannya Mas

  4. May 3rd, 2011 at 09:06 | #4

    Salam kenal ya..blogwalking

  5. Aqiqah
    May 3rd, 2011 at 09:09 | #5

    gimana rasanya ampas:D, enak ya…:)

  6. August 25th, 2011 at 11:52 | #6

    Jyahahaha… ini tho cerita versi aslinya…
    Tapi, saya juga akan berpikiran sama kok Pak Mars jika berada dalam kondisi seperti itu.
    Saya juga tidak tahu kalau ampas kelapa bisa digunakan untuk membersihkan getah nangka

    Jadi, pengalaman Pak Mars itu bukan sia-sia, tapi bermanfaat untuk pengetahuan kita semua.. ๐Ÿ™‚

    Gara-gara status facebook-nya Om Nh, jadi kemarih-marih… hahaha…


    Itu kisah lama yang nggak terlupakan Mas…

Comment pages
1 2 16415
@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~