Home > Realita > Sok Tau

Sok Tau

March 1st, 2011

Kejadiannya sudah lama, ceritanya juga amat sederhana tapi kalau mau diambil hikmahnya saya yakin ini sangat bermanfaat dan bisa jadi pelajaran berharga. Kesimpulan akhirnya adalah bahwa sifat sok tau itu sebaiknya jangan dipelihara, malu bertanya sesat diajalan.

Saat itu saya masih kuliah. Ketika teman saya pulang kampung di daerah Purbalingga Jawa Tengah, saya diajak. Karena letaknya di pedesaan, maka halaman rumahnya tumbuh aneka tanaman buah seperti durian, nangka, pepaya dll.

Menjelang sore ibuknya menghidangkan buah nangka yang disajikan bersama kelapa parut tapi diletakkan dipiring terpisah. Saya berkata dalam hati, mungkin inilah cara penyajian ala daerah situ. Dengan mantap saya ambil nangkanya lalu saya cocolkan ke kelapa parut dan melahapnya.

Karena tangan saya lengket oleh getah nangka, maka saya minta minyak goreng pada ibuknya teman saya. Tapi apa jawabnya?. “Lho nak, tadi kan sudah saya siapkan ampas kelapa untuk membersihkan tangan. Emangnya belum dipakai ya?”.

Hah… Ampas Kelapa??. Berarti yang saya makan tadi ampas kelapa. Tapi kok gurih? :D
Ternyata yang saya kira parutan kelapa itu adalah ampas kelapa yang mustinya dipakai untuk membersihkan getah nangka yang nempel di tangan…
Itulah akibatnya kalau kita sok tau. Memalukan sekaligus memilukan.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. March 1st, 2011 at 08:04 | #1

    weh pangananane ampas?


    Ngertiku parutan klopo je…

  2. Abi Sabila
    March 1st, 2011 at 08:11 | #2

    Lho, kok waktu pak Mars nyocol parutan kelapa nda ada yang ngingetin? Pasti, pak Mars nyomot nangkanya pas seisi rumah lagi pada meleng. Hehehehe….sok tahu juga ya saya?


    Saya makannya nunggu sepi Bi… :D

  3. arisnb
    March 1st, 2011 at 08:29 | #3

    wah doyan ampas ya :d wakakakaka…….


    Doyan karena salah pengertian :D

  4. March 1st, 2011 at 08:54 | #4

    wha mantap ya gan ampas kelapanya,,
    wkwkwkwkw ada-ada aja tuh gan,,
    hehe


    Mantap2 gurih Mas

  5. March 1st, 2011 at 09:32 | #5

    Ternyata ampas kelapa gurih sebagai teman makan nangka…. makasih banyak atas resepnya Pak mars… Tapi tidak wajib dicoba khan? wakawakawakawakakaka…


    Gurih Bang…
    Bisa dicoba :D

  6. March 1st, 2011 at 10:01 | #6

    wah pak Mars, kenapa tidak icip² aja dulu…. oia sudah langsung terasa gurih ya? Memang kalo sedang kencot banget, apapun terasa gurih :mrgreen:


    Saya pikir kelapa parut, jadi nggak perlu diicipi

  7. masyhury
    March 1st, 2011 at 10:12 | #7

    Hahaha… Nampak kali kelaparannya ya pak??
    Semua di libas… :D


    Bukan kelaparan tapi penginnya menyenangkan tuan rumah

  8. Arif
    March 1st, 2011 at 11:28 | #8

    wkwkwkwk , adaada saja pak mars ,,,

    kalo menurut saya hal diatas bkn karena sok tau , mgkn karena blum tau aja ya ,,, hehe


    Belum tau tapi sayanya sok tau Mas

  9. March 1st, 2011 at 11:32 | #9

    Hahahahaa….
    Wah ya gak papa juga sih ya. Kalau memang gurih, dimakan saja… Yang penting gak bikin mencret hehehe…


    Awalnya gurih, tapi ketika dikasih tau kalau itu ampas langsung berubah jadi mual

  10. March 1st, 2011 at 11:36 | #10

    manteb gak pak rasanya? :p


    Awalnya ya mantep, tapi setelah tau jadi eneg

  11. March 1st, 2011 at 12:53 | #11

    Kadang-kadang …
    butuh sesuatu yang memilukan … dan memalukan …
    untuk belajar suatu hal …
    hahaha

    salam saya Pak Mars


    Jadi mual Om…
    Ampasnya pasti campur keringat dan kotoran tangan

  12. chocoVanilla
    March 1st, 2011 at 13:03 | #12

    Wuahahahaha……. padahal dah diperes-peres lho itu ampase :lol:


    Itu dia, bekas tangan yg meres2…

  13. March 1st, 2011 at 13:53 | #13

    Wakakakakak…
    Kwi sih nggragas, Pak.


    Lha ra ngerti je…

  14. March 1st, 2011 at 13:54 | #14

    Hahahaha, jadi orang kalau sotoy itu kayak gitu!!!


    Makanya jangan sotoy

    danymencoba Reply:

    Resiko orang Sotoy!!!


    Iya kayaknya

    danymencoba Reply:

    Ijin untuk saya tulis kembali, tentunya dengan bahasa ala danymencoba


    Oke saja

  15. March 1st, 2011 at 14:11 | #15

    sing penting enak pak..
    hahaha….


    Maune enak, tapi bareng ngerti nek ampas dadine mual2

  16. mas-tony
    March 1st, 2011 at 14:13 | #16

    lucu juga pak Mars ini….


    Lucu sekali Mas…
    Makan ampas :D

    bd Reply:

    baru tau, ya mas :roll:


    Iya itu…
    Baru tau kalau saya bisa lucu

  17. andi felani
    March 1st, 2011 at 14:40 | #17

    baru tahu saya bersihkan nya dengan ampas kelapa, biasanya kalau lengket saya suka bersihkan dengan minyak goreng.

    salam,


    Saya juga gitu Mas…

  18. advertiyha
    March 1st, 2011 at 14:58 | #18

    hiks,, seret pak…
    *minum dulu* hhehhehe


    Minum ampas kelapa aja Mbak

  19. March 1st, 2011 at 15:30 | #19

    hahahahahha berarti nagnkanya lancar tuh pak pas diperut wakakakaka


    Luancarrrr polll… :D

  20. March 1st, 2011 at 15:30 | #20

    hahaha
    geblek :D


    Memalukan sekali Mas…

  21. March 1st, 2011 at 16:20 | #21

    Wakakakakak … numpang ngakak nih … apalagi kalimat penutupnya :
    Memalukan sekaligus memilukan…. heeee


    Seumur2 baru tau penyajian nangka yg kayak gitu Mas…

  22. Suami Kece
    March 1st, 2011 at 16:26 | #22

    yang penting guring mas :D


    Xixixi…
    Iya Mas

  23. March 1st, 2011 at 16:43 | #23

    kwk, kwk, kwk,,,,, garing banget pak Mars !

    Salam

    “Ejawantah’s Blog”


    Gurih2 garing Pak… :D

  24. March 1st, 2011 at 16:49 | #24

    Sebaiknya bertanya dulu, bertanya bukan pekerjaan orang kurang pintar, tapi katanya orang pintar justru banyak bertanya..
    Hehheeee..


    Waktu itu saya pikir dua2nya adalah sajian makanan Mas… :D

  25. pro dolar
    March 1st, 2011 at 16:56 | #25

    Kejadian yang pasti selalu lekat dalam kenangan pak


    Tiap mangan nongko mesti kelingan Pak

  26. March 1st, 2011 at 18:48 | #26

    ampas kambil sangat efektif untuk membasmi nyamuk.
    carane,cekelen nyamuk’e cangap cangkeme lolohi ampas kambil.dijamin nyamuk tidak akan bisa terbang lagi.


    Nek dikepal2, terus dijemur, trus dibakar juga bisa ngusir nyamuk

  27. TuSuda
    March 1st, 2011 at 20:25 | #27

    …karena itu sampai sekarang sy tidak suka makan buah nangka… :(


    Saya juga nggak terlalu suka Bli…
    Di perut nggak enak…

    TuSuda Reply:

    BTW, maafkan baru sempat berkunjung kemari ya pakde…


    Kemana aja Bli…

  28. Ikkyu_san
    March 1st, 2011 at 20:36 | #28

    untung masih ampas kelapa, bukan yang lain hehehe
    aku juga pernah kejadian meskipun tidak merugikan. Ampas kopi yang di tempat cucian kupikir ada maksudnya di simpan, Ya aku pakai utk cuci panci… lumayan jadi bersih. Pas tanya yang empunya rumah utk apa ampas kopinya, ternyata cuma belum sempat mbuang aja hihii

    EM


    Tapi setelah tau kalau itu ampas kelapa perut langsung mual Mbak…
    Karena pastinya bekas tangan orang yang memeras…

  29. March 1st, 2011 at 20:43 | #29

    Malu bertanya enak di mulut.


    Setelah tau baru kerasa nggak enak Mbak… :D

  30. March 2nd, 2011 at 00:21 | #30

    tapi gurih ya tho pak guru……

    walau ampas kan masih ada gizinya
    :)

    Sok tau saya


    Tapi kan bekas kena tangannya yg meras kelapanya Mbak… :D

    jumialely Reply:

    Lha.. wong makan masakan juga ada bekas tangan yang memeras kelapa..hihihih

    saya yakin tangan itu memberi ampas dengan ikhlas…

    wakakakaka

    makin sok tau dan makin ngakak. Mbayangin kalo saya di posisi pak mars


    Tangannya berkeringat Mbak, makanya rasanya seperti kecampuran margarine

  31. March 2nd, 2011 at 00:24 | #31

    tapi sok tau perlu juga….dari pada diculik ya sok tau aja, walau nyasar

    Malu bertanya jalan-jalan
    Suka bertanya malu-maluin di jalan

    eh abis nanya dipalak lagi ama preman setempat kan lebih memilukan tho pak :)


    Xixixi…
    Saya juga menyesal, knapa kok asal makan aja…

  32. March 2nd, 2011 at 06:34 | #32

    Berarti ini ilmu baru bagi saya. Di rumah ada pohon nangka, namun saya jarang menyajikannya untuk tamu biasanya tamu membawa buah dalam keadaan utuh untuk dibawa pulang. Sekali lagi terima kasih ilmunya.


    Iya Mbak, saya juga baru paham kalau membersihkan getah nangka itu bisa pakai ampas kelapa

  33. Daun
    March 2nd, 2011 at 10:20 | #33

    Salam jumpa kembali Pak Guru Alhamdulillah sekarang dah bisa posting dan insay Allah bisa blogwalking juga semoga demikian kedepannya


    Selamat atas pulihnya blog berdaun

  34. March 2nd, 2011 at 11:26 | #34

    Tapi kalau nggak dicoba kan Pak Mars nggak ngerti kalo rasanya ampas kelapa itu gurih, hehe..


    Gurih dan bersantan…

  35. March 2nd, 2011 at 11:45 | #35

    ha..ha..benar kata pepatah pak: klo sok tau, apes deh :)


    Sekarang saya jadi lebih hati2 Mbak

  36. March 2nd, 2011 at 12:34 | #36

    harusnya nanya dulu pak.. :)


    Saya pikir kan biasa Mas, makanya nggak nanya :D

  37. Vulkanisir
    March 3rd, 2011 at 07:42 | #37

    Wakkaakkkakk untung baru getah nangka Mas


    Xixixixi…

  38. Erwin
    March 3rd, 2011 at 08:26 | #38

    saya jg pernah diceritain sama tetangga rumah, yg kedatangan tamu dari Jakarta. kasusnya sama seperti pak Mars itu. :mrgreen:


    Lha itu saya… :D

  39. March 3rd, 2011 at 11:37 | #39

    salam kenal, baca postingannya bikin ngakak juga,,,wkwkwkkkkkk


    Salam kenal juga Mbak… :D

  40. gayahidup
    March 3rd, 2011 at 20:48 | #40

    mau ngakak dulu akh Pak Guru…………. :D :D :D
    tadinya aku mau bawain nangka kesini lho,
    tapi krn gak ada ampasnya , dah dimakan Pak Guru…………..yaaa….gak jadi deh………..xixiixi…….. :P
    salam


    Mari ngakak bareng… :D

  41. kang ian dot com
    March 4th, 2011 at 08:39 | #41

    jiakaka sotoy ni pakde kaya saya :D
    tapi g papalah kenyang kan? xixi
    pakde kuliahnnya taun berapa yyaa pasti taun jebot dimana saya blom lahir hehehe


    Kenyang sekali…

  42. March 4th, 2011 at 11:36 | #42

    Jaiakakakakakakkakaa.. baru tau saja om, kalo bisa pake ampas kelapa??? wkakakakkaakak… untung ibunya gak bilang, ampas itu kan abis saya peres2 atau bekas maen masak2an anak2 kemaren… wuakakakakak….


    Pastinya ampas itu bekas tangannya ibu2…

  43. March 4th, 2011 at 15:02 | #43

    terima kasih tas postingnya..
    senang membaca di blog anda..
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal ekonomi andalas

  44. March 5th, 2011 at 07:02 | #44

    Sayapun akan berbuat yang sama seperti panjenengan, wong saya baru tahu kalau ampas kelapa itu obat anti lengket.

    Teman saya juga pernah nguntal keju sak-iris karena dikira tart. Enak kaleee yaaaa

    jangan2 orang bule ada yang sok tahu, makan semar mendem di emplok sak plastiknya. Keluarnya pasti semer mendem plastikan kalee yaaa.

    Salam hangat dari Surabaya


    Saya aja pernah makan bolu kukus sak kulite kok Dhe…
    Lha kertase tipis kayak rotinya

  45. Warung Bebas
    March 7th, 2011 at 03:17 | #45

    Tapi gpp Pak, tidak semua orang pengalaman makan ampas kelapa, hihiihi.. :)


    Gurih2 eneg…

  46. Percetakan Company Profile
    May 3rd, 2011 at 09:02 | #46

    hehe…bisa aja:)

  47. May 3rd, 2011 at 09:05 | #47

    Baru sempat mampir nih!
    Liat-liat dulu….
    Situsnya bagus nih!
    apalagi artikelnya, menarik banget!
    Saya seperti disuguhi makan enak!


    Makasih kunjungannya Mas

  48. May 3rd, 2011 at 09:06 | #48

    Salam kenal ya..blogwalking

  49. Aqiqah
    May 3rd, 2011 at 09:09 | #49

    gimana rasanya ampas:D, enak ya…:)

  50. August 25th, 2011 at 11:52 | #50

    Jyahahaha… ini tho cerita versi aslinya…
    Tapi, saya juga akan berpikiran sama kok Pak Mars jika berada dalam kondisi seperti itu.
    Saya juga tidak tahu kalau ampas kelapa bisa digunakan untuk membersihkan getah nangka

    Jadi, pengalaman Pak Mars itu bukan sia-sia, tapi bermanfaat untuk pengetahuan kita semua.. :)

    Gara-gara status facebook-nya Om Nh, jadi kemarih-marih… hahaha…


    Itu kisah lama yang nggak terlupakan Mas…

@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~