STIE

B

anyak perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah STIE atau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Itulah pengertian sebenar2nya dari STIE.

Seperti biasa, kali ini saya menulis STIE dari kacamata metalogika.

Dengan telah banyaknya sarjana, orang mengejar gelar S2 untuk lebih punya daya saing maupun memantapkan posisinya. Tapi sebagian dari mereka maunya memperoleh ijasah secara instan. Fenomena ini ditangkap oleh pihak tertentu yang bisa menyediakan ijasah tanpa bersusah payah.

Yang begini inilah yang saya sebut STIE alias Sekolah Tidak, Ijasah Entuk (nggak kuliah, nggak ada tatap muka tapi tau2 dapat ijasah).

Ada yang lolos dengan aman dan ijasahnya diakui, tapi banyak juga yang ketipu, pakai acara wisuda di hotel berbintang, makan2, padahal semua pakai uangnya sendiri. Ujung2nya ketauan kalau itu penipuan dan ijasahnya nggak diakui.

Ini bukan omong kosong, bukan cerita fiktif. Saya punya banyak teman dan kenalan yang mengalami kejadian seperti ini. Ini true story

Saya sendiri juga sudah S2 dengan titel MP3, MPEG. Lengkapnya Marsudiyanto, MP3, MPEG…

25 thoughts on “STIE

  1. satu lagi, potret buram dunia pendidikan kita ya pak…..

    ircham’s last blog post..Anak Haram

    [Reply]

  2. kyaknnya praktek pmbuatan ijazah instant dah wsuda instant udah bner2 trbuka. Tiap hari saya baca koran slalu ada iklan :
    “Ingin cepat wisuda?? Trnasfer kuliah?? Dan dapat ijazah kelulusan?? Silakan hub.XXXXXX”

    Ardy Pratama’s last blog post..eBiz Mastermind seminar bulan Juni

    [Reply]

  3. Pingback: OMNI | KECaKOT
  4. STIE alias Sekolah Tidak, Ijasah Entuk.
    asik tuch yang lOloS…..
    kalo yang gak lolos gimana??? 🙁 ..huh….

    Salam Kenal ….

    [Reply]

  5. sopo tho pak mar ?
    saya kok jadi penasaran.
    pssst … japri aja japri…. 🙂

    mascayo’s last blog post..Menunda Kesenangan

    [Reply]

  6. Sungguh memprihatinkan. Pantas banyak yg kemampuannya tdk sesuai dg predikatnya.
    Ada lg Pak De, mo naek IVb kok angka kreditnya dg Rp. FAKnya ketahuan FALSU. Tapi untung gajinya bukan uang FALSU.

    [Reply]

  7. (lmao)
    tak tambahi Pak. Marsudiyanto, MLM, MSN, MTB.

    Dum’s last blog post..Amenangi Jaman Modern bersama Alnect Computer

    [Reply]

  8. karena semua orang menginginkan lebih cepat lebih baik

    Wew…
    Ternyata Pak Sholeh dari kelompok JK ya…

    achmad sholeh’s last blog post..Yang lain Berlari Ternyata Aku Masih Jalan di Tempat

    [Reply]

  9. Daripada ijasah palsu Pak…?
    Kan mending yang STIE kan Pa’…?

    tuyi’s last blog post..Traumatic Blogger Syndrome

    [Reply]

  10. kebetulan, sekali lagi kebetulan, ibu prita ini seorang pasien yang kritis. Hal ini juga lantaran beliau bekerja disalah satu bank swasta. masak iya siy udah kerja dibank tapi ga punya akses inet plus ga punya akun email…
    kalo kasus yang lainnya banyak terjadi, tapi mereka tidak berani mengadu karena itu tadi, takut dipenjara…

    happy week end mr

    Baru tau kalau Bu Prita alumni STIE…

    khairuddin syach’s last blog post..Guitar Parker P36

    [Reply]

  11. Yang kuliah di STIE alias Sekolah Tidak, Ijasah Entuk sama dengan gila gelar. Dan yang diharapkan pun gelar gila. Dengan demikian, dapat dikatakan: “gila gelar,gelar gila”. 🙂

    [Reply]

  12. Yaaa…kenyataannya begitulah mas yang terjadi. Kalau menurut saya pribadi sih buat apa ya titel tinggi2 kalau palsu ? dulu sih cita2 ndosen biar bisan nerusin S2, tapi apa daya kesasar di Batam, ya udah kunikmati saja hidup walau S1 plus-plus (maksudnya plus S teller, S durian, S puter he..he..he..)

    Ani’s last blog post..Kenangan dan Khasiat Mengkudu

    [Reply]

  13. Boleh juga tuh, mo beli satu dunk ijazahnya, wkwkwkwk…..

    Dab Penyo’s last blog post..Clone Spy: Software Menemukan Duplikat File Pada PC

    [Reply]

  14. gelar yang ga pake keluar duit banyak juga ada pak.
    ga perlu sekolah ke luar negeri, cukup lokal aja.

    gelar Alm alias Almarhum
    wakakakakakak..

    Blog Ijo’s last blog post..Karena Aku Setia

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *