Sudut Pandang

Mengamati sesuatu bisa berbeda antar pengamat, karena ada beberapa parameter yang mempengaruhi hasil pengamatan. Selain ruang dan waktu, ada beberapa hal lain yang mempengaruhi sebuah pengamatan, misalnya dari konteks apa pengamatan itu dilakukan dan siapa yang mengamati.

Sesuatu yang satu, kalau diamati oleh pengamat yang berbeda, bisa berbeda pula hasilnya.

Kambing misalnya
Kalau yang mengamati itu gajah, dia akan berkesimpulan bahwa kambing itu kecil. Tapi kalau tikus yang mengamati, dia akan bilang bahwa kambing itu besar. Yang bingung tentu saja kambingnya, dia itu besar ataukah kecil…

Saya misalnya
Kalau yang mengamati itu bapak saya, maka saya itu anak. Tapi kalau yang ngamati anak saya, dia akan mengatakan bahwa saya ini bapak. Akhirnya saya bingung sendiri, saya ini anak ataukah bapak…

Lima puluh misalnya
Kalau 50 itu rambut manusia, maka itu sangat2 sedikit, karena kepala kita pasti mirip rambutan. Tapi kalau 50 itu gigi, maka itu sangat2 berlebihan, karena kita akan tampak seperti orang lagi ngemut popcorn… 😀

sudut-pandang

Itulah yang namanya sudut pandang.
Ada pelajaran berharga yang bisa kita petik, bahwa kebenaran itu tak musti tunggal. Jika pendapat orang lain beda dengan kita, belum tentu itu salah. Sangat mungkin pendapat orang lain itu juga benar.

Pendapat yang berbeda bisa benar semuanya tapi bisa juga salah semuanya. Ini pendapat saya, orang lain tak harus sependapat.

42 thoughts on “Sudut Pandang

  1. Wahaha untuk contoh-contoh sudut pandange pak, opo meneh sing ngemut jagung kui 😆
    .-= Postingan Wandi thok : MAS =-.

    [Reply]

  2. Tapi untuk kebenaran, kebenaran nyang mana? Tentang duniakah ato tentang syari’atkah? 🙄

    Opo ono sing bener nggo ndonya tapi salah menurut syariat Pak?

    [Reply]

  3. iya juga ya 😀
    bener juga neh

    sudut pandang berbeda… penilaian juga beda 😀
    .-= Postingan andriristiawan : Rendahnya KEpedulian Terhadap Budaya Bangsa Sendiri =-.

    [Reply]

  4. artinya pengamatan terhadap sesuatu itu subyektif pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Kaca Dan Debu Ibarat Hati Dan Dosa =-.

    [Reply]

  5. membaca tulisan diatas jadi ingat
    “Benar menurut kita belum tentu benar menurut Allah, salah menurut kita belum tentu salah dimata Allah”
    .-= Postingan rozy : Doa Harian Ramadhan =-.

    [Reply]

  6. kenapa ya mesti dinamakan sudut pandang?
    padahaL kL lg tersudut kn pandangannya jd ga karuan…
    .-= Postingan Hari Mulyanto : Traffic Rank Alexa Hari Mulya dot com =-.

    [Reply]

  7. Benar sekali.
    Sudut pandang itu bisa jadi sangat subjektif. Tapi kalau dasarnya hukum, tentu orang2 yang ditunjuk harus bisa objektif. Hubungan darah, nama, suku, agama, tdk boleh mempengaruhi mereka dalam mengambil suatu keputusan. Berat memang, tp konsekwensinya terhadap Tuhan juga berat bila salah mengambil keputusan.
    .-= Postingan zee : gempa woi… gempa… =-.

    [Reply]

  8. Itu gambar anjing apa gajah toh ?

    Itu gambar tengu Mbak…
    Kalau Gajah kan punya jenggot… 😀

    .-= Postingan ajengkol : Just Wanna Say I Missed You =-.

    [Reply]

  9. ya setiap kita mempunyai sudut pandang yang berbeda.. 🙂
    .-= Postingan fanz : Masihkah Just For Fun? =-.

    [Reply]

  10. Seperti kita lihat ke langit itu luas, langit mandang bumi sempit

    Enakan yang sempit… 😀

    [Reply]

  11. pakdhe memang wokeeeh…
    selalu aja bisa bikin senyum saat membacanya…
    top gan!

    Makasih sering mampir ke sini…
    Salam buat Kucing Kecilnya

    .-= Postingan eskopidantipi : Menuju Rumah Impian =-.

    [Reply]

  12. Kalo dari sudut pandang saya, pak Mars mesti ngapusi. Tikus, kambing dan gajah tak pernah membanding-bandingkan dirinya dgn binatang lain…. Lha, pak Mars tahu dari mana hayo? Jgn2 pak Mars punya ilmu Tikus Berdasi, atau Kambing Hitam, juga bisa Kaki Gajah… 😀

    Lha kita kan lebih tau dari mereka… 😀

    .-= Postingan hakim : Doa yang Dikabulkan =-.

    [Reply]

  13. Apakah kita sudah berkecukupan? kita lihat dari sudut pandang yang berbeda, sekedar mengingatkan bulan baik yuk bersedekah..Tak usah hitung menghitung karena pastinya akan dilipatgandakan.

    Kok komennya ga nyambung? tergantung dari sudut pandang mana melihat..

    hehehehehehe…

    Blog Ijo nek comment ngene iki mesti bar gawe postingan anyar, ben aku niliki… 😀
    Wong tuwo mesti niteni nek rada diakali cah cilik…

    [Reply]

  14. piye Pak kabare lama tak jumpa via maya?
    artikele sampeyan lucu unik bikin orang bersahabat + comment 😉
    .-= Postingan tukyman : Blackberry ok ok aja tanpa BIS/BES =-.

    [Reply]

  15. Sudut pandang, tiap kepala pasti beda sudut pandang. Ya begitulah manusia bayangkan kalau semuanya mempunyai pandangan yang sama, dunia jadi jemu. Justru dengan berbeda pendapat menjadi indah hehe…

    [Reply]

  16. klo dari sudut pandang saya
    kang mars itu blogger sejati
    wkwkwkwkwk
    .-= Postingan annosmile : Nothing Impossible To Be A Winner SEO Contest =-.

    [Reply]

  17. wakakakaka..
    soal sedekah tadi itu postingan lama pak..
    moso mau baek aja kok susah..
    wakakkak
    :p

    [Reply]

  18. Menurut pandang saya, Pak Mars sudah saatnya nulis yang unik2 lagi, (wkwk…)

    Nunggu ganti hari atau nunggu comment ke 50… 😀

    [Reply]

  19. aprie nyampah, seng nduwe blog pertamax..

    aku???

    Aprie keno dititeni…
    Komentare nunggu nek deweke nggawe postingan anyar ben tak tiliki… 😀

    .-= Postingan BrenciA KerenS : if war happens =-.

    [Reply]

  20. Pingback: Willcousins | Opine Sang Penulis
  21. Pingback: Willcousins | Opini Sang Penulis
  22. Pingback: Opini Menakutkan | cerita hot, hot keyword

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *