Home > Inspirasi > Sudut Pandang

Sudut Pandang

September 4th, 2009 Leave a comment Go to comments

Mengamati sesuatu bisa berbeda antar pengamat, karena ada beberapa parameter yang mempengaruhi hasil pengamatan. Selain ruang dan waktu, ada beberapa hal lain yang mempengaruhi sebuah pengamatan, misalnya dari konteks apa pengamatan itu dilakukan dan siapa yang mengamati.

Sesuatu yang satu, kalau diamati oleh pengamat yang berbeda, bisa berbeda pula hasilnya.

Kambing misalnya
Kalau yang mengamati itu gajah, dia akan berkesimpulan bahwa kambing itu kecil. Tapi kalau tikus yang mengamati, dia akan bilang bahwa kambing itu besar. Yang bingung tentu saja kambingnya, dia itu besar ataukah kecil…

Saya misalnya
Kalau yang mengamati itu bapak saya, maka saya itu anak. Tapi kalau yang ngamati anak saya, dia akan mengatakan bahwa saya ini bapak. Akhirnya saya bingung sendiri, saya ini anak ataukah bapak…

Lima puluh misalnya
Kalau 50 itu rambut manusia, maka itu sangat2 sedikit, karena kepala kita pasti mirip rambutan. Tapi kalau 50 itu gigi, maka itu sangat2 berlebihan, karena kita akan tampak seperti orang lagi ngemut popcorn… :D

sudut-pandang

Itulah yang namanya sudut pandang.
Ada pelajaran berharga yang bisa kita petik, bahwa kebenaran itu tak musti tunggal. Jika pendapat orang lain beda dengan kita, belum tentu itu salah. Sangat mungkin pendapat orang lain itu juga benar.

Pendapat yang berbeda bisa benar semuanya tapi bisa juga salah semuanya. Ini pendapat saya, orang lain tak harus sependapat.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. Mars
    September 4th, 2009 at 04:13 | #1

    Ambil Tempat

    [Reply]

  2. Wandi thok
    September 4th, 2009 at 04:20 | #2

    Pertamax nih

    [Reply]

  3. Wandi thok
    September 4th, 2009 at 04:29 | #3

    Wahaha untuk contoh-contoh sudut pandange pak, opo meneh sing ngemut jagung kui :lol:
    .-= Postingan Wandi thok : MAS =-.

    [Reply]

  4. Wandi thok
    September 4th, 2009 at 04:30 | #4

    Tapi untuk kebenaran, kebenaran nyang mana? Tentang duniakah ato tentang syari’atkah? :roll:

    Opo ono sing bener nggo ndonya tapi salah menurut syariat Pak?

    [Reply]

  5. September 4th, 2009 at 04:31 | #5

    Sudut pandang (paradigma) akan memberi pengaruh pada tindakan kita

    [Reply]

  6. andriristiawan
    September 4th, 2009 at 05:41 | #6

    iya juga ya :D
    bener juga neh

    sudut pandang berbeda… penilaian juga beda :D
    .-= Postingan andriristiawan : Rendahnya KEpedulian Terhadap Budaya Bangsa Sendiri =-.

    [Reply]

  7. September 4th, 2009 at 07:11 | #7

    Kalo saya mah tetap maksa sependapat dengan anda :)

    [Reply]

  8. achmad sholeh
    September 4th, 2009 at 07:21 | #8

    artinya pengamatan terhadap sesuatu itu subyektif pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Kaca Dan Debu Ibarat Hati Dan Dosa =-.

    [Reply]

  9. rozy
    September 4th, 2009 at 08:06 | #9

    membaca tulisan diatas jadi ingat
    “Benar menurut kita belum tentu benar menurut Allah, salah menurut kita belum tentu salah dimata Allah”
    .-= Postingan rozy : Doa Harian Ramadhan =-.

    [Reply]

  10. September 4th, 2009 at 09:26 | #10

    kenapa ya mesti dinamakan sudut pandang?
    padahaL kL lg tersudut kn pandangannya jd ga karuan…
    .-= Postingan Hari Mulyanto : Traffic Rank Alexa Hari Mulya dot com =-.

    [Reply]

  11. pinkparis
    September 4th, 2009 at 09:50 | #11

    jadi karena sudut pandang itulah kita kadang punya perbedaaan pendapat ya :)

    [Reply]

  12. September 4th, 2009 at 09:52 | #12

    Benar sekali.
    Sudut pandang itu bisa jadi sangat subjektif. Tapi kalau dasarnya hukum, tentu orang2 yang ditunjuk harus bisa objektif. Hubungan darah, nama, suku, agama, tdk boleh mempengaruhi mereka dalam mengambil suatu keputusan. Berat memang, tp konsekwensinya terhadap Tuhan juga berat bila salah mengambil keputusan.
    .-= Postingan zee : gempa woi… gempa… =-.

    [Reply]

  13. September 4th, 2009 at 10:04 | #13

    Itu gambar anjing apa gajah toh ?

    Itu gambar tengu Mbak…
    Kalau Gajah kan punya jenggot… :D

    .-= Postingan ajengkol : Just Wanna Say I Missed You =-.

    [Reply]

  14. September 4th, 2009 at 10:05 | #14

    Perbedaan adalah hikmah pak hehehe
    .-= Postingan ajengkol : Just Wanna Say I Missed You =-.

    [Reply]

  15. fanz
    September 4th, 2009 at 10:40 | #15

    ya setiap kita mempunyai sudut pandang yang berbeda.. :)
    .-= Postingan fanz : Masihkah Just For Fun? =-.

    [Reply]

  16. artikel cerita opini
    September 4th, 2009 at 10:44 | #16

    Seperti kita lihat ke langit itu luas, langit mandang bumi sempit

    Enakan yang sempit… :D

    [Reply]

  17. artikel cerita opini
    September 4th, 2009 at 10:46 | #17

    Tapi kl mandangnya dari sudut pandang di sudut tembok lain lagi (he2x)

    [Reply]

  18. September 4th, 2009 at 11:04 | #18

    pakdhe memang wokeeeh…
    selalu aja bisa bikin senyum saat membacanya…
    top gan!

    Makasih sering mampir ke sini…
    Salam buat Kucing Kecilnya

    .-= Postingan eskopidantipi : Menuju Rumah Impian =-.

    [Reply]

  19. September 4th, 2009 at 13:20 | #19

    Kalo dari sudut pandang saya, pak Mars mesti ngapusi. Tikus, kambing dan gajah tak pernah membanding-bandingkan dirinya dgn binatang lain…. Lha, pak Mars tahu dari mana hayo? Jgn2 pak Mars punya ilmu Tikus Berdasi, atau Kambing Hitam, juga bisa Kaki Gajah… :D

    Lha kita kan lebih tau dari mereka… :D

    .-= Postingan hakim : Doa yang Dikabulkan =-.

    [Reply]

  20. Blog Ijo
    September 4th, 2009 at 14:34 | #20

    Apakah kita sudah berkecukupan? kita lihat dari sudut pandang yang berbeda, sekedar mengingatkan bulan baik yuk bersedekah..Tak usah hitung menghitung karena pastinya akan dilipatgandakan.

    Kok komennya ga nyambung? tergantung dari sudut pandang mana melihat..

    hehehehehehe…

    Blog Ijo nek comment ngene iki mesti bar gawe postingan anyar, ben aku niliki… :D
    Wong tuwo mesti niteni nek rada diakali cah cilik…

    [Reply]

  21. tukyman
    September 4th, 2009 at 15:16 | #21

    piye Pak kabare lama tak jumpa via maya?
    artikele sampeyan lucu unik bikin orang bersahabat + comment ;)
    .-= Postingan tukyman : Blackberry ok ok aja tanpa BIS/BES =-.

    [Reply]

  22. September 4th, 2009 at 15:37 | #22

    ternyata kota surabaya itu kecil diliat dari peta. kalau jalan2 keliling surabaya pakai Sewa Mobil saja. :D

    [Reply]

  23. September 4th, 2009 at 15:46 | #23

    orangnya sama, obyeknya juga sama tapi dari sudut(beneran) yang berbeda hasilnya juga beda to pak? misale ngintip

    [Reply]

  24. September 4th, 2009 at 16:32 | #24

    ya, mas. sudut pandang sangat menentukan pendapat. makanya sulit menghakimi pendapat karena tinjauan setiap orang itu bisa jadi berbeda.

    sudut pandang juga akan membedakan hasil. buktinya aja hasil pemotretan.
    .-= Postingan marshmallow : Bulan Istimewa, Tenaga Istimewa =-.

    [Reply]

  25. blocked drains
    September 4th, 2009 at 17:06 | #25

    Sudut pandang, tiap kepala pasti beda sudut pandang. Ya begitulah manusia bayangkan kalau semuanya mempunyai pandangan yang sama, dunia jadi jemu. Justru dengan berbeda pendapat menjadi indah hehe…

    [Reply]

  26. annosmile
    September 4th, 2009 at 20:11 | #26

    klo dari sudut pandang saya
    kang mars itu blogger sejati
    wkwkwkwkwk
    .-= Postingan annosmile : Nothing Impossible To Be A Winner SEO Contest =-.

    [Reply]

  27. Blog Ijo
    September 4th, 2009 at 20:53 | #27

    link panjenengan sampun wonten pak ten Blog Ijo kalihan Jalan Terus

    [Reply]

  28. Blog Ijo
    September 4th, 2009 at 21:04 | #28

    wakakakaka..
    soal sedekah tadi itu postingan lama pak..
    moso mau baek aja kok susah..
    wakakkak
    :p

    [Reply]

  29. Blog Ijo
    September 4th, 2009 at 21:05 | #29

    ngetes gravatar anyar pak.
    hehehehe..

    [Reply]

  30. artikel cerita opini
    September 4th, 2009 at 21:19 | #30

    Menurut pandang saya, Pak Mars sudah saatnya nulis yang unik2 lagi, (wkwk…)

    Nunggu ganti hari atau nunggu comment ke 50… :D

    [Reply]

  31. BrenciA KerenS
    September 4th, 2009 at 22:21 | #31

    aprie nyampah, seng nduwe blog pertamax..

    aku???

    Aprie keno dititeni…
    Komentare nunggu nek deweke nggawe postingan anyar ben tak tiliki… :D

    .-= Postingan BrenciA KerenS : if war happens =-.

    [Reply]

  32. September 4th, 2009 at 22:46 | #32

    sudut itu lancip…
    pandang itu menatap
    berati ketatap sing lancip

    *ini entah dari sudut pandang yang mana lagi*
    .-= Postingan Pradna : Obrolan Sore : Neighbourhood =-.

    [Reply]

  33. zenteguh
    September 4th, 2009 at 23:00 | #33

    sudut pandang yo ugo iso diarani pojok delokan…..(ngawurdotcom)

    [Reply]

  34. artikel cerita opini
    September 4th, 2009 at 23:36 | #34

    Ndan, ijin linknya buat di artikel. Tengkyu Pak.

    [Reply]

  35. September 5th, 2009 at 09:46 | #35

    Iya,,uya,,,,benar benar…. Sudut Pandang beda..kesimpulan pasti beda….matur nuwun pencerahannya….
    .-= Postingan jahid KLW : KKN PARA MAHASISWA TUA =-.

    [Reply]

  36. September 6th, 2009 at 18:30 | #36

    yup pendapat(anku) berbeda dengan pendapat(anmu)

    hahahahahahahaha
    .-= Postingan wieda : panen hari ini…. =-.

    [Reply]

  37. kucrit
    September 6th, 2009 at 22:05 | #37

    la aku nyawang njenengan kudu yok nopo pak???
    .-= Postingan kucrit : BOSAN…??? =-.

    [Reply]

  38. March 15th, 2011 at 17:25 | #38

    Yups pak tergantung darimana kita menilainya ya..

    [Reply]

  1. September 6th, 2009 at 01:52 | #1
  2. September 6th, 2009 at 01:55 | #2
  3. October 3rd, 2009 at 01:15 | #3
  4. October 14th, 2009 at 15:30 | #4

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~