Sukses Kamu Nak…

“Sukses Kamu Nak… “. Kalimat itulah yang selalu saya tebarkan tiap mengajar murid saya. Murid saya sudah sangat familiar dengan kata2 saya itu, dan merekapun hafal kalimat lanjutannya, yaitu bahwa sukses itu ada urutannya. Itulah kenapa terhadap murid yang malaspun saya doakan sukses, dan Si Anak Malas itupun manggut2 menerima ketika saya lanjutkan kata2 saya bahwa suksesnya dia musti nunggu teman2nya yang rajin untuk sukses duluan.

Ketika ada anak yang menghapus papan tulis yang sudah saatnya dihapus meskipun bukan giliran piketnya, saya pasti berucap: “Sukses kamu Nak…”. Lalu saya sambung, bahwa anak yang tidak menghapuspun akan sukses juga, tapi nunggu setelah anak yang menghapus tadi memperoleh sukses duluan. Jadi semua ada urutannya. Itulah salah satu cara saya memotivasi murid yang saya ajar. Saya selalu menebar doa sukses untuk mereka.

Salah satu kenangan tak terlupakan dari kreativitas anak IPS adalah ulah lucunya, yang dilakukan hanya terhadap saya. Ada salah satu kelas yang jam matematikanya terpotong oleh jam istirahat. Begitu saya keluar meninggalkan kelasnya, maka beberapa anak laki2 membentuk formasi seperti patroli polisi. Mereka ambil posisi di depan dan belakang saya, mengawal perjalanan saya sampai ruang guru. Tiap melewati kerumunan siswa kelas lain yang menghalangi jalan, formasi tadi mengeluarkan bunyi “Ngok… Ngok…”, persis seperti sirine mobil polisi. Begitu sampai tujuan, mereka kompak membubarkan diri sambil meninggalkan pesan buat saya: “Doakan sukses lho Pak…”. Dan saya pasti mengiyakan dengan mantap. Anak IPA mana mungkin lakukan itu. Mereka sibuk dengan keilmuannya, lupa mengembangkan bakat humanismenya.

Tulisan ini saya buat untuk mengenang kebersamaan antara saya dengan murid saya yang telah selesai menamatkan pendidikannya di SMA. “Sukses Kamu Nak… ”

56 thoughts on “Sukses Kamu Nak…

  1. Jadi Pak Guru banyak juga ceritanya ya Pak. Anak-anak IPS yang membunyikan klakson dengan mulutnya, lucu juga…

    [Reply]

  2. ini momentum yang Pak Guru sekalipun kadang tidak bisa memberhentikannya;
    biarlah sampai mereka menemukan makna terdalam dari aksi corat coret tersebut;

    [Reply]

  3. Aku sukaaaaa banget gaya Pak Mars melebur bersama siswa, terharu aku pak.. manis sekali.

    **Tapi aku dulu juga bandel kok pak. bikin guru bahkan dosenku eneg :mrgreen:

    [Reply]

  4. Pingback: Tweets that mention metaMARSphose » Sukses Kamu Nak… -- Topsy.com
  5. makasih ya pak,buk…atas semua jasa2mu aku skarang bisa seperti ini,jauh dari apa yang aku bayangkan…

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *