Home > Kabar > Sukses Kamu Nak…

Sukses Kamu Nak…

April 27th, 2010 Leave a comment Go to comments

“Sukses Kamu Nak… “. Kalimat itulah yang selalu saya tebarkan tiap mengajar murid saya. Murid saya sudah sangat familiar dengan kata2 saya itu, dan merekapun hafal kalimat lanjutannya, yaitu bahwa sukses itu ada urutannya. Itulah kenapa terhadap murid yang malaspun saya doakan sukses, dan Si Anak Malas itupun manggut2 menerima ketika saya lanjutkan kata2 saya bahwa suksesnya dia musti nunggu teman2nya yang rajin untuk sukses duluan.

Ketika ada anak yang menghapus papan tulis yang sudah saatnya dihapus meskipun bukan giliran piketnya, saya pasti berucap: “Sukses kamu Nak…”. Lalu saya sambung, bahwa anak yang tidak menghapuspun akan sukses juga, tapi nunggu setelah anak yang menghapus tadi memperoleh sukses duluan. Jadi semua ada urutannya. Itulah salah satu cara saya memotivasi murid yang saya ajar. Saya selalu menebar doa sukses untuk mereka.

Salah satu kenangan tak terlupakan dari kreativitas anak IPS adalah ulah lucunya, yang dilakukan hanya terhadap saya. Ada salah satu kelas yang jam matematikanya terpotong oleh jam istirahat. Begitu saya keluar meninggalkan kelasnya, maka beberapa anak laki2 membentuk formasi seperti patroli polisi. Mereka ambil posisi di depan dan belakang saya, mengawal perjalanan saya sampai ruang guru. Tiap melewati kerumunan siswa kelas lain yang menghalangi jalan, formasi tadi mengeluarkan bunyi “Ngok… Ngok…”, persis seperti sirine mobil polisi. Begitu sampai tujuan, mereka kompak membubarkan diri sambil meninggalkan pesan buat saya: “Doakan sukses lho Pak…”. Dan saya pasti mengiyakan dengan mantap. Anak IPA mana mungkin lakukan itu. Mereka sibuk dengan keilmuannya, lupa mengembangkan bakat humanismenya.

Tulisan ini saya buat untuk mengenang kebersamaan antara saya dengan murid saya yang telah selesai menamatkan pendidikannya di SMA. “Sukses Kamu Nak… ”

~ Grazie ~
Categories: Kabar
  1. April 27th, 2010 at 18:31 | #1

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Setiap ucapan yang kita keluarkan laksana doa. Maka lebih baik jika kita mengucapkan yang baik-baik.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bener Mas…
    Lha wong kata2 itu nggak kulakan, kenapa kita nggak milih yang baik2 saja ya?.

    Lagi pula, orang yg suka mengumpat biasanya malah sakit2an dan cepet keliatan tua dari umur sebenarnya.

    [Reply]

  2. alamendah biru
    April 27th, 2010 at 18:33 | #2

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Dari pada bilang ‘bocah kok bodone ngene?!’ mending seperti yang Pak Mars ucapkan.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kalau saya biasanya saya refleksikan dengan diri saya.
    Karena saya juga punya anak dan sayapun nggak suka kalau anak saya dikatakan begitu oleh orang lain, maka sayapun berusaha tak akan mengatakan seperti itu pada siapapun.

    [Reply]

  3. Andrik Sugianto
    April 27th, 2010 at 18:35 | #3

    jadi ingat waktu sma dulu pak, guru matematika saya begitu sayang sama saya, saya paling pinter, manut tur sregep. Katanya sih!!

    [Reply]

    Mars Reply:

    Jangan2 guru itu saya ya… :D

    [Reply]

  4. hamka
    April 27th, 2010 at 18:53 | #4

    jadi keinget waktu 2 tahun yang lalu…sayang coret coretan skg dah tidak dibolehkan, sangat sedikit sekali yang coret2an tahun ini, tidak seperti tahun jamanku,, msh bnyak pawai, coret2an, mendem, dll :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saiki meh coret2an nggabung cah2 SMA ya masih pantes kok…

    [Reply]

  5. bre
    April 27th, 2010 at 19:16 | #5

    selamaatt ya murid2nya lulus semuaa… GURUNYA HUUEEEBBAATTT!!!

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mbak Bre yo hebat…

    [Reply]

  6. April 27th, 2010 at 19:31 | #6

    Pak Mars ini guru yang hebat, jarang banget ada guru yang mendoakan muridnya setiap hari. Selamat ya pak atas kesuksesan murid-murid anda, saya yakin anda pasti bangga :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kalau kita rajin doakan orang, niscaya kita juga banyak yang mendoakan

    [Reply]

  7. guskar
    April 27th, 2010 at 19:41 | #7

    anak2 ipa jaman saya dulu masih punya waktu untuk nakal loh pak, termasuk ngisengi pak atau bu guru he..he..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Tapi kayaknya lebih usil anak IPS Gus…
    Yg saya tau, sejak saya sekolah dulu, kenakalan anak IPA relatif terjaga, termasuk iseng dan lucu2nya beda dengan IPS

    [Reply]

  8. April 27th, 2010 at 19:57 | #8

    ucapan adalah doa

    anak anak ndak boleh dibilang bodoh,

    puantanggg :D

    selamat atas kesuksesan muridnya

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya selalu berusaha tidak sekalipun mengucapkan kata itu, karena saya juga punya anak…

    [Reply]

  9. April 27th, 2010 at 20:24 | #9

    Selamat pak, atas sukses anak didiknya, pasti suasana yang segar sekaligus mendidik, ketika seorang Mars tengah bersama murid-murid, dan mereka pasti akan mengenang dan merindui suasana itu..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kayaknya murid saya tak pernah merasa tak senang ditiap kedatangan saya di kelasnya Mas…

    [Reply]

  10. April 27th, 2010 at 20:50 | #10

    inilah salah satu teknik Pak Mars yang patut saya ambil. Terima kasih Pak, salam sukses selalu.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Intinya Pendekatan dengan hati dan secara manusiawi Mas…

    [Reply]

  11. April 27th, 2010 at 21:25 | #11

    selamat pak, sukses juga buat bapak… :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas Udung.
    Makasih juga atas kunjungannya

    [Reply]

  12. April 27th, 2010 at 21:43 | #12

    UN sudah dikalahkan
    Saatnya taklukan ujian masuk Perguruan Tinggi :)

    [Reply]

  13. saka
    April 27th, 2010 at 21:53 | #13

    Cuma mengucapkan Luar biasa.. wezzz

    [Reply]

  14. TKB
    April 27th, 2010 at 22:30 | #14

    Ada yang tidak lulus nggak pak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Alhamdulillah Lulus 100% Pak…

    [Reply]

  15. April 27th, 2010 at 22:31 | #15

    sukses kamu pak…

    xixix..

    [Reply]

    Mars Reply:

    :D

    [Reply]

  16. April 27th, 2010 at 22:40 | #16

    Cara memotivasi yang bagus pak…

    [Reply]

  17. ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010-manajemenemosi
    April 27th, 2010 at 22:54 | #17

    lulus…yang penting no drug…ok adek-adek yang lulus…inget…ada teman yang tidak lulus,,ekspresi jangan berlebihan

    [Reply]

  18. ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010-manajemenemosi
    April 27th, 2010 at 22:54 | #18

    yang penting….masa depan sudah didepan mata

    [Reply]

  19. April 27th, 2010 at 23:23 | #19

    akan saya tiru buat anak saya pak, juga buat teman2 lainnya :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas…

    [Reply]

  20. achmad sholeh
    April 27th, 2010 at 23:34 | #20

    sukses juga buat Bapak Ibu gurunya ya pak

    [Reply]

  21. April 28th, 2010 at 00:23 | #21

    Sukses anak didik sekaligus juga sukses pendidiknya Mas. Selamat.

    [Reply]

  22. narno
    April 28th, 2010 at 06:00 | #22

    sukses juga Pak Mars mengantarkan anak-anaknya dengan nilai matematika yang menurut saya fantastis, memang Pak mengajar Matematika di IPS jauh lebih rumit daripada anak IPA, saya punya pengalaman lebih rumit lagi karena saya yang guru Biologi diminta ngajar matematika anak Madrasah Keagamaan

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas Narno.
    Mengajar anak IPS harus dengan hati…

    [Reply]

  23. April 28th, 2010 at 08:03 | #23

    mereka pasti akan sangat kangen aLmamaternya…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Juga kangen saya…

    [Reply]

  24. April 28th, 2010 at 08:18 | #24

    Memang pak, kt2 yg baik akan membw suasana yg baik. Selamat pagi dan sukses ya pak..

    [Reply]

  25. April 28th, 2010 at 10:04 | #25

    kata2 yang baik penuh doa dr Pak Guru,
    ibaratnya sama dg doa dari ortu kita sendiri.
    bahagianya ……….. seandainya guruku dulu penuh doa seperti Pak Guru Mars :)
    sukses ya Pak…………….
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Bun…
    Saya berusaha jadi orang tua kedua untuk murid2 saya.

    [Reply]

  26. April 28th, 2010 at 10:22 | #26

    Pagi pak marssss

    selamat menikmati hari rabu dengan penuh semangat ya

    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mbak…
    Rabu adalahhari MGMP,
    Hari istimewa karena saya tidak mengajar

    [Reply]

  27. Blog Ijo
    April 28th, 2010 at 11:00 | #27

    wah yang pasti bangga punya guru kaya pak Mars ini..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Pastinya !

    [Reply]

  28. iwan
    April 28th, 2010 at 11:21 | #28

    Baju nya kok di coret2 :D mbok dikasih adik nya atau tetangganya, Selamat Atas Kelulusan nya !!!

    [Reply]

    Mars Reply:

    Lha maunya yang punya seperti itu mau gimana lagi…
    Mereka juga pengin buat kenang2an untuk dirinya sendiri.

    Tapi karena rata2 mereka punya 4 stel, maka yang 3 stel sudah disumbangkan…

    [Reply]

  29. alimasadi
    April 28th, 2010 at 11:57 | #29

    siswa menjawab : “Sukses juga buat Pak Guru..”

    [Reply]

  30. isnuansa
    April 28th, 2010 at 19:15 | #30

    Jadi Pak Guru banyak juga ceritanya ya Pak. Anak-anak IPS yang membunyikan klakson dengan mulutnya, lucu juga…

    [Reply]

  31. munawar am
    April 28th, 2010 at 22:33 | #31

    ini momentum yang Pak Guru sekalipun kadang tidak bisa memberhentikannya;
    biarlah sampai mereka menemukan makna terdalam dari aksi corat coret tersebut;

    [Reply]

  32. nakjaDimande
    April 29th, 2010 at 11:25 | #32

    Aku sukaaaaa banget gaya Pak Mars melebur bersama siswa, terharu aku pak.. manis sekali.

    **Tapi aku dulu juga bandel kok pak. bikin guru bahkan dosenku eneg :mrgreen:

    [Reply]

  33. iptek
    December 23rd, 2010 at 16:50 | #33

    makasih ya pak,buk…atas semua jasa2mu aku skarang bisa seperti ini,jauh dari apa yang aku bayangkan…

    [Reply]

  34. January 14th, 2011 at 00:35 | #34

    jadi inget masa2 pelulusan smu, sangat berkesan

    [Reply]

  1. April 27th, 2010 at 19:10 | #1
  2. April 29th, 2010 at 12:04 | #2

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~