Home > Intermeso > Surip vs Gendong

Surip vs Gendong

August 5th, 2009 Leave a comment Go to comments

M

encoba menulis dari sisi berbeda, dari sudut pandang metalogika. Ini tentang Mbah Surip, si pelantun Tak Géndong.

Surip, Sirup, Sarap, Serap, Sèrep…
Namanya Mbah Surip. Sukanya kopi, nggak doyan sirup. Penampilannya nyentrik kayak orang sarap, rambutnya gimbal seperti sirip. Banyak hal yang bisa kita serap, khususnya tampilannya yang low profil. Hidup di rumah kontrakan, tidak mewah tidak beratap sirap. Sayang, nyawanya nggak punya sèrep.

Gendeng, Gendang, Gending, Gandèng, Géndong…
Sepintas memang seperti orang gendeng, tapi setelah mendengar lagunya, kita akan diajak bergoyang lewat tabuhan gendang. Iramanya rancak serancak gending Jawa Timuran. Hidup membaur dengan lapisan bawah, dengan sopir truk gandèng atau penjual jamu géndong.

Itulah Mbah Surip, si pelantun Tak Géndong. I Love U Full, Huahahahaha…

NB :
Tentang siapa nama asli Mbah Surip, di kota mana beliau dilahirkan, berapa milyar penghasilannya, anaknya ada berapa, bagaimana kronologis detik2 terakhirnya dll dll bisa lihat di TV atau baca blognya tetangga :D

~ Grazie ~
Categories: Intermeso
  1. ciwir
    August 5th, 2009 at 13:49 | #1

    I Love U FULL

    I Love You Full too

    .-= ciwir´s last blog ..Tulisan Ke-100 =-.

    [Reply]

  2. ciwir
    August 5th, 2009 at 13:50 | #2

    weh ternyata PERTAMAAXXX

    jarang2 saya pertamax di blognya Begawan Blogger ini…
    .-= ciwir´s last blog ..Tulisan Ke-100 =-.

    [Reply]

  3. August 5th, 2009 at 14:00 | #3

    keduaxxx..
    ya nggak..?

    [Reply]

  4. August 5th, 2009 at 15:20 | #4

    apik parikane… :P

    Iki ngalem opo ngece to :?:

    [Reply]

  5. August 5th, 2009 at 15:21 | #5

    yess nomer papat ning blog e begawan solo riwayatmu kini…

    [Reply]

  6. August 5th, 2009 at 17:07 | #6

    ya ampun, bukannya ikut takziah, mas marsud malah sibuk mikirin ngutak-atik kata-kata buat mengenang mbah sirup yang tak doyan surip…

    Kalau saya nulis biasa, jelas kalah sama penulis atau wartawan Bu…
    Makanya saya menulis yang tidak ditulis orang lain.
    Saya anti biasa…

    .-= marshmallow´s last blog ..Selamat Ulang Tahun =-.

    [Reply]

  7. Bisnis Online
    August 5th, 2009 at 17:09 | #7

    WahHh .. Saya bener2 sedih atas meninggalnya Mbah Surip

    [Reply]

  8. August 5th, 2009 at 17:25 | #8

    I love you full, pak Mars!

    I Love You Full too

    .-= Andy MSE´s last blog ..Insting Jeli Pedagang Kecil =-.

    [Reply]

  9. August 5th, 2009 at 17:33 | #9

    i love you pull… :p

    I Love You Pull to, Enak to…

    .-= BrenciA_KerenS´s last blog ..Im twenty something age today =-.

    [Reply]

  10. August 5th, 2009 at 19:39 | #10

    surup-surup ojo sarip…, saru……p
    .-= itempoeti´s last blog ..Intelijen, Polisi dan Terorisme =-.

    [Reply]

  11. kucrit
    August 5th, 2009 at 19:44 | #11

    i lope yu pull…. selamat jalan mbah..
    .-= kucrit´s last blog ..DAN LAIN-LAIN =-.

    [Reply]

  12. mencari blogpreneur sejati
    August 5th, 2009 at 21:31 | #12

    met jalan mbah. moga karyanya yang maknyus bisa jadi bekal menghadap Nya
    .-= mencari blogpreneur sejati´s last blog ..mencari blogpreneur sejati =-.

    [Reply]

  13. iwan setiawan
    August 5th, 2009 at 22:16 | #13

    berat banget artikelnya mas..:) tapi unik sekali, sukses ya mas

    Justru ini yang paling ringan Mas…

    [Reply]

  14. arkasala
    August 6th, 2009 at 00:10 | #14

    wah bisa sampai terpikirkan ke sana ya. Salut saya Pak.

    Pokoknya asal tulis aja Mas.
    Asal beda dengan tulisan orang lain.

    .-= arkasala´s last blog ..Dengan Tetangga Lagi =-.

    [Reply]

  15. Mars
    August 6th, 2009 at 00:23 | #15

    Selamat Jalan Mbah Surip…
    Lagumu menginspirasi banyak orang !

    [Reply]

  16. noersam
    August 6th, 2009 at 00:59 | #16

    i love u full..ha..ha..ha..haa..sebuah hikmat dibalik meninggalnya mbah surip

    [Reply]

  17. Mengembalikan jati diri bangsa
    August 6th, 2009 at 02:10 | #17

    satu yang menginspirasi saya “Kesuksesan tak pernah mengenal kata terlambat” I Love U Full, mister Mars.
    .-= Mengembalikan jati diri bangsa´s last blog ..Top Commentators Widget – Sebuah Apresiasi =-.

    [Reply]

  18. achmad sholeh
    August 6th, 2009 at 07:30 | #18

    selamat jalan mbah surip
    .-= achmad sholeh´s last blog ..Renungan Menjelang Ramadhan =-.

    [Reply]

  19. August 6th, 2009 at 08:03 | #19

    Ai Lop Yu Pull Bapake ….
    .-= wahyubmw´s last blog ..Bangun dari tidur yang panjang =-.

    [Reply]

  20. grubik
    August 6th, 2009 at 11:03 | #20

    i love yu full…
    .-= grubik´s last blog ..ha.. ha..Ha… =-.

    [Reply]

  21. August 6th, 2009 at 12:07 | #21

    asal jangan nggendong surup-surup. ntar mbah Surip kesurupan..
    wakakaka..
    .-= aprie´s last blog ..Tribute to Mbah Surip =-.

    [Reply]

  22. August 6th, 2009 at 15:03 | #22

    masih terngiang neh ditelingaku…..

    [Reply]

  23. byme
    August 6th, 2009 at 15:11 | #23

    i love you full mbah
    byme

    [Reply]

  24. August 6th, 2009 at 15:17 | #24

    baru aja malamnya ngbrolin tentang beliau yang lagi sakit karena masuk angin habis makan es batu.
    eh.. paginya sudah ndak ada.

    secepat datangnya, secepat perginya..

    semoga tentram di alam sana..
    .-= wahyu riyadi´s last blog ..Manusia; debu alam semesta =-.

    [Reply]

  25. gajah_pesing
    August 6th, 2009 at 15:32 | #25

    Ngapunten ingkang kathah, dereng saged bw, amargi takseh ndamel hp. Ngantosi laptop enggal. Dumados maklum njih pak, salam kagem rencang2

    Nggih Mas…

    [Reply]

  26. Mars
    August 6th, 2009 at 17:13 | #26

    I Love U Full buat semua…

    [Reply]

  27. suryaden
    August 6th, 2009 at 18:06 | #27

    mbah surip ancene mboh wes… gendong ae to ya :lol:
    .-= suryaden´s last blog ..Double Sunrise di Gunung Sikunir =-.

    [Reply]

  28. novi
    August 6th, 2009 at 18:40 | #28

    he he he pak mar. gak sekalian kata “gondangen” juga :D
    .-= novi´s last blog ..Hari Anak Nasional =-.

    [Reply]

  29. August 6th, 2009 at 19:27 | #29

    hohoho… nebak keyword ya pak? xixixi

    [Reply]

  30. hamka
    August 6th, 2009 at 21:05 | #30

    i luph u pull dah. . . bangun tidur dari keterpurukan eh tidur lagi selamanya. we lope u all mbah surip & pak yanto
    .-= hamka´s last blog ..Kaspersky Key File – Updated 04 Agustus 2009 =-.

    [Reply]

  31. August 6th, 2009 at 23:21 | #31

    wah saya kok kagak bisa komen di postingan ini ya [kagak ngerti musti bilang apa kecuali nice posting dengan berjuta kiwod makna]
    .-= Artha´s last blog ..Raditya dan Buku Penghubung =-.

    [Reply]

  32. zenteguh
    August 7th, 2009 at 00:42 | #32

    Manusia Indonesia Sejati. Biar telah Mati, tetap menginspirasi…

    [Reply]

  33. August 7th, 2009 at 01:07 | #33

    wah bagus banget tuh ngerangkai istilahnya……hehehehe
    saya baru dengar lagu mbah surip ini sekali ..itu aja ring tone…tak gendong ke mana2…… paginya mbah suripnya meninggal….wuihhhh

    mbah surip tuh namanya urip….tapi dipanggil surip. jadi inget jaman dulu semua teman saling panggil dengan nama depan “SU” su en, su treng, suwur dll….

    tapi disini saya kesedak pas kenalan sama ce Indonesia yg nyebutin dirinya “SUE”…ternyata namanya memang “su….gemi”

    [Reply]

  34. pengentahu.com
    August 7th, 2009 at 02:38 | #34

    khakhakhakhakha.. I lop yu pull.. khakhakhakha..

    [Reply]

  35. Pakde Cholik
    August 7th, 2009 at 06:06 | #35

    Mbah surip seneng sarap an apa yo mas ? Pecel and kopi kalee.
    Mudah-mudahan keluarga mbah Surip nggak “melik nggendong lali “, dan bisa nggendong nama baik mbah Surip kemana-mana.

    Salam sarap ehhh..salam hangat dari Suripboyo.
    .-= Pakde Cholik´s last blog ..Tip refreshing : Google gadgets. =-.

    [Reply]

  36. Munawar AM
    August 7th, 2009 at 07:37 | #36

    Mau doooongngng…. digendong.
    Gendong opo salak duku cilip-cilip
    tak gendong sambil ngakak mengikuti Mbah Surip

    [Reply]

  37. riffrizz
    August 7th, 2009 at 10:12 | #37

    mbah surip ailopyu pull ! poreper
    .-= riffrizz´s last blog ..Riffrizz Folder Customize =-.

    [Reply]

  38. kombor
    August 7th, 2009 at 10:35 | #38

    Metalogika itu apa to, Pak Mars?
    .-= kombor´s last blog ..Selamat Jalan WS Rendra Si Burung Merak =-.

    [Reply]

  39. August 7th, 2009 at 10:38 | #39

    semoga mbah surip di gendong ke surga.. :)
    .-= ke2nai´s last blog .. =-.

    [Reply]

  40. August 7th, 2009 at 14:07 | #40

    Satu hal yang tidak patut ditiru dari gaya hidup mbah surip : menggantikan air putih dengan kopi. Sebab bagaimanapun juga, minum air putih itu sangat penting untuk kesehatan.

    [Reply]

  41. August 7th, 2009 at 14:19 | #41

    mbah surip, semoga tenang di sono,
    banyak amalnya, semoga dibalas allah :(

    salam kenal bro..
    tak tunggu komen diblogku ya.. trims :)
    .-= fathin´s last blog ..Inspirasi untuk Meraih Rumah Idamanmu =-.

    [Reply]

  42. ndop
    August 7th, 2009 at 15:11 | #42

    yo ngene iki ngeblog kui pak yo.. gak usah melu-melu nulis, melu-melu latah nulis tentang sejarah mbah surip… nek masalah sejarah, mending ndelok tipi luwih lengkap sak foto-fotone sak mbah suripe. iso obah pisan, luwih menraik nek ndelok tipi timbang moco blog. Hohoho…
    .-= ndop´s last blog ..Sekarang Giliran Anda =-.

    [Reply]

  43. August 7th, 2009 at 18:17 | #43

    mbah surip yang itu telah meninggal tapi mbah surip yang disini masih kok pak hehehehehahahahahaha

    [Reply]

  44. kw
    August 7th, 2009 at 18:46 | #44

    mbah surip emang unik…
    selalu senang, tak pernah sedih…
    .-= kw´s last blog ..makan malam yang panjang =-.

    [Reply]

  45. August 7th, 2009 at 19:03 | #45

    Love you full …
    .-= mascayo´s last blog ..Belajar ikhlas agar hidup lebih bergairah =-.

    [Reply]

  46. boyin
    August 8th, 2009 at 10:06 | #46

    Mbak surip sriap sriep (mata mengantuk) akhirnya sirep (bahasa bali artinya tidur)dalam damai untuk selamanya. Selamat jalan Mbah!

    [Reply]

  47. Mengembalikan jati diri bangsa
    August 8th, 2009 at 14:05 | #47

    aku malah pengen tak apus postingan tentang mbah surip itu. takut dihantui kl malem :D
    .-= Mengembalikan jati diri bangsa´s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  48. Mengembalikan jati diri bangsa
    August 8th, 2009 at 14:06 | #48

    @ke2nai
    digendong sama Sama semut kecil :D
    .-= Mengembalikan jati diri bangsa´s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  1. August 8th, 2009 at 22:03 | #1
  2. August 20th, 2009 at 23:35 | #2

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~