Surip vs Gendong

M

encoba menulis dari sisi berbeda, dari sudut pandang metalogika. Ini tentang Mbah Surip, si pelantun Tak Géndong.

Surip, Sirup, Sarap, Serap, Sèrep…
Namanya Mbah Surip. Sukanya kopi, nggak doyan sirup. Penampilannya nyentrik kayak orang sarap, rambutnya gimbal seperti sirip. Banyak hal yang bisa kita serap, khususnya tampilannya yang low profil. Hidup di rumah kontrakan, tidak mewah tidak beratap sirap. Sayang, nyawanya nggak punya sèrep.

Gendeng, Gendang, Gending, Gandèng, Géndong…
Sepintas memang seperti orang gendeng, tapi setelah mendengar lagunya, kita akan diajak bergoyang lewat tabuhan gendang. Iramanya rancak serancak gending Jawa Timuran. Hidup membaur dengan lapisan bawah, dengan sopir truk gandèng atau penjual jamu géndong.

Itulah Mbah Surip, si pelantun Tak Géndong. I Love U Full, Huahahahaha…

NB :
Tentang siapa nama asli Mbah Surip, di kota mana beliau dilahirkan, berapa milyar penghasilannya, anaknya ada berapa, bagaimana kronologis detik2 terakhirnya dll dll bisa lihat di TV atau baca blognya tetangga 😀

50 thoughts on “Surip vs Gendong

  1. weh ternyata PERTAMAAXXX

    jarang2 saya pertamax di blognya Begawan Blogger ini…
    .-= ciwir´s last blog ..Tulisan Ke-100 =-.

    [Reply]

  2. ya ampun, bukannya ikut takziah, mas marsud malah sibuk mikirin ngutak-atik kata-kata buat mengenang mbah sirup yang tak doyan surip…

    Kalau saya nulis biasa, jelas kalah sama penulis atau wartawan Bu…
    Makanya saya menulis yang tidak ditulis orang lain.
    Saya anti biasa…

    .-= marshmallow´s last blog ..Selamat Ulang Tahun =-.

    [Reply]

  3. met jalan mbah. moga karyanya yang maknyus bisa jadi bekal menghadap Nya
    .-= mencari blogpreneur sejati´s last blog ..mencari blogpreneur sejati =-.

    [Reply]

  4. berat banget artikelnya mas..:) tapi unik sekali, sukses ya mas

    Justru ini yang paling ringan Mas…

    [Reply]

  5. wah bisa sampai terpikirkan ke sana ya. Salut saya Pak.

    Pokoknya asal tulis aja Mas.
    Asal beda dengan tulisan orang lain.

    .-= arkasala´s last blog ..Dengan Tetangga Lagi =-.

    [Reply]

  6. satu yang menginspirasi saya “Kesuksesan tak pernah mengenal kata terlambat” I Love U Full, mister Mars.
    .-= Mengembalikan jati diri bangsa´s last blog ..Top Commentators Widget – Sebuah Apresiasi =-.

    [Reply]

  7. selamat jalan mbah surip
    .-= achmad sholeh´s last blog ..Renungan Menjelang Ramadhan =-.

    [Reply]

  8. Ngapunten ingkang kathah, dereng saged bw, amargi takseh ndamel hp. Ngantosi laptop enggal. Dumados maklum njih pak, salam kagem rencang2

    Nggih Mas…

    [Reply]

  9. mbah surip ancene mboh wes… gendong ae to ya 😆
    .-= suryaden´s last blog ..Double Sunrise di Gunung Sikunir =-.

    [Reply]

  10. he he he pak mar. gak sekalian kata “gondangen” juga 😀
    .-= novi´s last blog ..Hari Anak Nasional =-.

    [Reply]

  11. i luph u pull dah. . . bangun tidur dari keterpurukan eh tidur lagi selamanya. we lope u all mbah surip & pak yanto
    .-= hamka´s last blog ..Kaspersky Key File – Updated 04 Agustus 2009 =-.

    [Reply]

  12. wah saya kok kagak bisa komen di postingan ini ya [kagak ngerti musti bilang apa kecuali nice posting dengan berjuta kiwod makna]
    .-= Artha´s last blog ..Raditya dan Buku Penghubung =-.

    [Reply]

  13. wah bagus banget tuh ngerangkai istilahnya……hehehehe
    saya baru dengar lagu mbah surip ini sekali ..itu aja ring tone…tak gendong ke mana2…… paginya mbah suripnya meninggal….wuihhhh

    mbah surip tuh namanya urip….tapi dipanggil surip. jadi inget jaman dulu semua teman saling panggil dengan nama depan “SU” su en, su treng, suwur dll….

    tapi disini saya kesedak pas kenalan sama ce Indonesia yg nyebutin dirinya “SUE”…ternyata namanya memang “su….gemi”

    [Reply]

  14. Mbah surip seneng sarap an apa yo mas ? Pecel and kopi kalee.
    Mudah-mudahan keluarga mbah Surip nggak “melik nggendong lali “, dan bisa nggendong nama baik mbah Surip kemana-mana.

    Salam sarap ehhh..salam hangat dari Suripboyo.
    .-= Pakde Cholik´s last blog ..Tip refreshing : Google gadgets. =-.

    [Reply]

  15. Mau doooongngng…. digendong.
    Gendong opo salak duku cilip-cilip
    tak gendong sambil ngakak mengikuti Mbah Surip

    [Reply]

  16. mbah surip ailopyu pull ! poreper
    .-= riffrizz´s last blog ..Riffrizz Folder Customize =-.

    [Reply]

  17. Metalogika itu apa to, Pak Mars?
    .-= kombor´s last blog ..Selamat Jalan WS Rendra Si Burung Merak =-.

    [Reply]

  18. Satu hal yang tidak patut ditiru dari gaya hidup mbah surip : menggantikan air putih dengan kopi. Sebab bagaimanapun juga, minum air putih itu sangat penting untuk kesehatan.

    [Reply]

  19. yo ngene iki ngeblog kui pak yo.. gak usah melu-melu nulis, melu-melu latah nulis tentang sejarah mbah surip… nek masalah sejarah, mending ndelok tipi luwih lengkap sak foto-fotone sak mbah suripe. iso obah pisan, luwih menraik nek ndelok tipi timbang moco blog. Hohoho…
    .-= ndop´s last blog ..Sekarang Giliran Anda =-.

    [Reply]

  20. mbah surip emang unik…
    selalu senang, tak pernah sedih…
    .-= kw´s last blog ..makan malam yang panjang =-.

    [Reply]

  21. Mbak surip sriap sriep (mata mengantuk) akhirnya sirep (bahasa bali artinya tidur)dalam damai untuk selamanya. Selamat jalan Mbah!

    [Reply]

  22. aku malah pengen tak apus postingan tentang mbah surip itu. takut dihantui kl malem 😀
    .-= Mengembalikan jati diri bangsa´s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  23. @ke2nai
    digendong sama Sama semut kecil 😀
    .-= Mengembalikan jati diri bangsa´s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa =-.

    [Reply]

  24. Pingback: Award Meningkatkan Traffic Rank ? – tukang nyontek
  25. Pingback: metaMARSphose » Cari Cara Dapat Ciri Tanpa Curi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *