Table Manner

Entah sudah berapa sertifikat kursus table manner yang saya punya, tapi masih sulit bagi saya untuk membuang rasa tak nyaman jika makan ala hotel berbintang. Saya yang terbiasa pakai sendok garpu atau malah pakai tangan, sangat kesulitan jika harus berubah pakai alat yang saya tak paham.

Selain cara, menunya juga amat jauh dari selera “ndeso” saya. Pernah suatu ketika saya diajak anak saya masuk Restoran Korea. Awalnya saya nggak mau, tapi demi menyenangkan anak yang kepingin ngajak bapak ibuknya merasakan suasana beda, akhirnya saya mau.

Dan seperti sudah saya duga, menu maupun peralatan yang disediakan sangat nggak familiar dengan keseharian saya. Masakannya kental dengan nuansa mentah dan serba saus, udangnya baris kayak wayang kulit, sayurannya berasa hambar nggak seperti oseng2 bikinan istri.

Karena nggak terbiasa pakai mangkuk dan sumpit, maka saya minta ganti piring dan sendok.
Saya tanya ke pelayannya: “Yang minta piring kayak gini cuman saya atau ada lagi Mbak?
Mbaknya njawab sambil senyum: “Banyak Pak…”

Mendengar jawaban mbaknya, saya jadi “ayem” karena kekatrokan saya ada temennya. Bagi sahabat yang mau belajar etika makan ala Korea, bisa baca di blognya Bundadontworry.
Berikut beberapa tips yang beliau berikan.

  1. Tunggu orang tua atau yang lebih senior untuk duduk dan mengangkat sendok atau sumpit mereka terlebih dahulu
  2. Makanlah dengan kecepatan yang sama seperti orang lain
  3. Selama makan jangan memegang mangkuk sup atau nasi seperti yang mungkin Anda lakukan di rumah.
  4. Jangan mengaduk mangkuk dan menyentuh banyak makanan lain saat Anda mengambil makanan untuk diri sendiri
  5. Menuangkan minuman untuk orang lain terlebih dahulu, terutama bagi yang senior
  6. Ketika seseorang menuangkan minuman untuk Anda, tahan cangkir dengan kedua tangan untuk menerima
  7. Jangan menempelkan sumpit langsung ke mangkuk
  8. Jangan mengambil makanan banyak2 yang Anda tidak bisa menghabiskannya, karena perilaku ini dianggap boros.
  9. Ucapkan terimakasih setelah makan. Dalam bahasa Korea, orang mengatakan masegaemugusuyo (I ate well)

Bagi saya, makan ala hotel berbintang persis kayak orang yang biasa sarungan dan sandalan jepit lalu dipaksa pakai jas dan bersepatu. Kalau dipaksakan akan tersiksa.

39 thoughts on “Table Manner

  1. rumit juga ya makan ala korea.. “Selama makan jangan memegang mangkuk sup atau nasi seperti yang mungkin Anda lakukan di rumah.” ini bakal selolosan nih…. susah nih.. sudah otomatis biasanya.


    Udah susah, masakannya kayaknya tanpa bumbu

    [Reply]

  2. Saya pikir masing-masing daerah di Indonesia juga punya Table of Manner. Kalau di Kendal; Table Of Manner-nya gimana pakdhe? Nanti saya ke sana biar nggak salah gitu. Saya kan nggak mau dicap orang yang gak sopan hanya gara-gara nggak tau tata cara makan daerah setempat 😀


    Kalo di tempat saya kayaknya gak jauh beda dengan Jembrana Bli

    [Reply]

  3. Cara makannya udah sering saya lihat di drama Korea hehe 🙂


    Kalau pakai sumpit saya masih belum bisa

    [Reply]

  4. menu Korea yang ada rasanya bagi saya cuma Khimchi. :mrgreen:


    Yg lain serasa makan mentah2 ya Mbak.
    Hambar pula kayak tanpa bumbu

    [Reply]

  5. Aduh pak mars..ini kendala saya waktu ikut jd finalis lombadpd kemarin 😀
    makan di resto hotel bintang 5 dengan table manner.. tp pura2 tau aja..hehe dengan ngeliatin temen caranya gmna, dan ngelirik2 meja tetangga..hehe


    Hahahaha
    Iya Mbak.
    Saya pernah, awalnya ikut orang2.
    Ambil ini, oles itu, ambil ini, oles itu.
    Nggak taunya ketika sampai diujung ada nasi goreng
    Langsung deh, menu yg sudah saya ambil tadi saya letakkan pelan2, trus ganti piring dan segera ambil nasi gorengnya 😀

    [Reply]

  6. Bunda Lily memang pinter yang gini gini ini ya Pak. Ternyata Pak Mars ahli juga, hehe.. Salut.


    Putranya Bundadontworry ada yg tinggal diluar negeri Mas

    [Reply]

  7. saya pernah diajak makan sama bos saya di restoran korea…kagok makannya krna pelayannya berdiri disamping meja untuk bantu masakin masakannya…..begitu matang langsung dimakan…trus masak lagi menu yang lain….ahh rasanya mau makan jd ngga berselera hehehe….


    Kalau ngeliat orang makan kayaknya enak, tapi giliran nyoba bener2 kagok Mbak.
    Apalagi kalo liat di film2, kayaknya enak banget nggunakannya alat

    [Reply]

  8. hehehe aku sih makan apa juga suka… warung suka, restoran perancis juga suka.
    Yaaah pak eM gimana dong, tadinya aku mau ajak pak eM makan sushi jeh… 😀


    Apalagi yang dituangi putih2 kayak susu itu Mbak, eneg rasanya 😀

    [Reply]

  9. Apalagi kalo masuk resto Jepang, diteriaki “mase…mase…” entah nulise piye, kedengarannya gitu 😀 jantung langsung bergeser 2 cm 😛

    Enak makan di warung bakso, mau pake sambel 5 sendok gada yang nglirik, mau pake krupuk selebar muka saya juga gada yang protes :mrgreen:


    Pengin liat krupuk yang selebar muka 😀

    [Reply]

  10. belum lengkap kalo mbahKung belum dapat sertifikat dari mamih Lily, ahlinya table manner.


    Ini nunggu2 kirimannya

    [Reply]

  11. Ala Hotel berbintang … ndak enak babar blas …

    Ndak iso “Gle ge en …” … alias sendawa …

    kalo di Warteg … uuuhhh niqmat byanget … bisa glegeen wareg …

    salam saya Pak Mars


    Ayo Om, glegeken bareng.
    Pakai nada dasar apa?

    [Reply]

  12. klo buat sy kayaknya lb asyik makan di angkringan 😀


    Iya Mbak…
    Di Hik kalau istilah Jogja

    [Reply]

  13. paling enak makan itu sambil nongkrong terus udud LA hijau pak, meski menunya sederhana tapi puas…


    Piringe disangga ya Mas

    [Reply]

  14. korea ????? haduhhaduh …jd semangat nih pak, hehe
    yg ndeso bukan bpk aja lah, msh banyak orang lain diluar sana merasakan hal yang sama (ceramahmodeon)
    tp kaliwatan lah udah dpt sertifikat masih ndeso hahahah


    Itu sertifikat kayaknya nggak meyakinkan ya Mbak.
    Termasuk saya sendiri juga gak yakin 😀

    [Reply]

  15. makanan korea? wah…seumur2 belum pernah nyobain…:)


    Enakan Masakan Jawa atau Padang

    [Reply]

  16. Lebih enak tempe bongkrek mas, makan pakai tangan…


    Saya suka tempe gembus

    [Reply]

    narno Reply:

    hati-hati tempe bongkreknya, jangan sampai bersentuhan dengan tembaga


    Kayaknya sekarang sudah nggak ada tempe itu

    [Reply]

    narno Reply:

    warga dukuh paruk banyak yang keracunan termasuk pembuatnya ayahnya rasus


    Dukuh Paruk itu yg ada Ronggengnya ya Mas

    [Reply]

  17. He..he.. Sama-sama katro kang. Ane juga katro abiezzz. kalau makan di restoran korea sih belum pernah, tapi kalau hoka-hoka bento sering. Makanannya sih disediakan sumpit. Tapi di meja makan ada sendoknya juga. Yang namanya orang ndeso nggak bisa pakai sumpit buat makan nasi, ya udah pakai sendok aja. Biarin deh di lihatin banyak orang. Yang penting perut kenyang.


    Kenyamanan lebih penting Mas

    [Reply]

  18. Hahaha…
    Aku dulu yo wis tau tho melu kelas table manner. *curcol*
    Pas MCnya meleng…
    Temenku mindahin puddingnya ke aku buat tak makan @_@
    Gak well-mannered blasss~


    Hahaha…
    Yang enak cuma puddingnya

    [Reply]

  19. salam sahabat
    Sebuah trik cara menyesuaikan makanan dengan cara menyantabnya
    Ini korea kalo china ribet lagi mas xixixi
    Makasih ya jadi tahu


    Saya juga pernah mengalami kesilitan saat mendatangi pesta pernikahan kenalan yang dilangsungkan ala China Mbak

    [Reply]

  20. Adat makan itu perlu juga ya Pak Mars, walau pusing ngikutinnya…Cuma sayangnya kenapa adat makan Barat yg mendapat predikat table manner ya, bukan adat makan kita yang pakai tangan dan ngelekar di tikar?


    Sambil ndlosor dan slonjor juga enak Mbak

    [Reply]

  21. Adat makan merupakan suatu pencerminan citra kepribadian orang tersebut dalam berprilaku ya Pak.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Mengubah kebiasaan memang nggak gampang Pak

    [Reply]

  22. Saya sebenarnya cukup terlatih makan dengan gaya yang aneh2 karena sering pergi kemana-mana.
    Yang masih kesulitan adalah makan pakai sumpit, masih kurang trampil. Katanya latihannya adalah mengambil kacang ijo dengan sumpit slama 3 bulan ha ha ha.
    Kalau makan sama saya santai aja mas.
    Salam hangat dari Surabaya


    Jangankan kacang ijo Dhe. Ngambil tomat aja saya nggak bisa kalo pake sumpit.
    Salam!

    [Reply]

  23. Asal jangan ntar kalo pake tusuk gigi suruh mbayar pak …


    Sambal aja mbayar sendiri…
    Eh, tapi ada sambalnya gak ya? 😀

    [Reply]

  24. ngga bisa angkat kaki sebelah dan langsung ngraup pakai tangan ya pak? berarti nggak nikmat….


    Iya Mas
    Kalau di warung bebas sekali, mau tondak-tanduk enak aja.
    Glegeken juga bebas

    [Reply]

  25. Saya juga belom mahir pake sumpit…
    Untungnya saya belum pernah pergi ke tempat yang ribet dengan table mannernya 😀


    nanti kita belajar bareng2 Mbak

    [Reply]

  26. dulu waktu kuliah saya pernah ikut table manner gitu juga pak. dapat sertifikat juga. tapi sekarang … lupaaaa semuaaaaa hahaha. :p jadi rasanya sertifikat itu tidak ada gunanya karena tidak membuat saya tambah pinter soal tata cara makan di restoran mahal. hehehe.


    Saya juga hampir2 nggak kepakai Mbak 😀

    [Reply]

  27. Ya, kalo ngikutin makan seperti aturan diatas betapa tersiksanya saya.
    Saya ndeso juga, gak terbiasa makan pakai aturan ribet.


    Saya juga tersiksa…

    [Reply]

  28. Jadi inget tradisi makan kerajaan, di samping piring berjajar banyak model garpu dan pisau.. *kebanyakan nonton film barat hehe* tapi pak kalo ngga salah orang cina kalo makan nasi mangkok nasinya dipegang *kebanyakan nonton film mandarin hehe*


    Mangkoknya dipegangi dan malah nempel dibibir ya Mbak

    [Reply]

  29. saya malah gaptek polll kalau soal table-manner… apalagi punya sertifikat… ra nyandhak!


    Lha sertifikatku nek meh di enggo Mas

    [Reply]

  30. Dalam menyantap makanan kita juga harus memilki tata cara yang baik dan benar ya Pak ?

    Sukses selalu
    Salam


    Iya Mas, biar nggak malu2in

    [Reply]

  31. Ah saya ya begitu pak .. sama .. tidak bisa nyaman kalo makan harus banyak aturan he he


    Enak standar Mas, pakai sendok. Atau kalau memang nyaman pakai tangan ya pakai tangan saja

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *