Tanggal, Bulan dan Tahun

T

rio tanggal bulan dan tahun demikian akrab dengan kehidupan kita, entah berhubungan dengan kelahiran, peristiwa penting atau dalam kehidupan sehari2 lainnya.

Ambil contoh sembarang, misalnya 23 Mei 2005.
23 adalah tanggal, Mei adalah bulan dan 2005 adalah tahun. Sedemikian mudah, sedemikian biasa, tak ada yang tidak setuju dan kita semua pasti menyepakatinya.

Yang jadi tanda tanya adalah, knapa ketika sudah menyatu menjadi 23 Mei 2005 masih juga disebut tanggal?. Kalau iya, berarti Mei itu tanggal, 2005 juga tanggal?.

Bukankah ayah, ibu dan anak ketika sudah menyatu dinamai keluarga dan tidak disebut ayah?. Garam, terasi dan cabai ketika sudah menyatu namanya sambal, bukan garam lagi.

Hal yang sama harusnya berlaku pada tanggal, bulan dan tahun. Ketika sudah menjadi satu, mustinya ada istilahnya sendiri, misalnya tukul atau apa kèk, jangan malah dinamakan tanggal lagi.

Saya tidak mempersulit sesuatu yang mudah. Saya hanya ingin meluruskan kesalahan turun temurun, salah kaprah atau apapun namanya. Ojo nggampangké !

Saya akan senang bila ada yang bisa menguraikan hal ini, bukan asal pokoknya begitu
Ada yang berani menulis tempat tanggal lahirnya dengan Jakarta, 23 ??

NB:
Lihatlah, betapa hebatnya penyusun teks proklamasi kemerdekaan, tanggalnya sudah mengikuti format hh-bb-tt, sesuatu yang saat ini kita ingkari !!.

naskah-proklamasi

56 thoughts on “Tanggal, Bulan dan Tahun

  1. I am genuinely not as well familiar with this topic but I do like to take a look at blogs for layout ideas and interesting topics. You actually expanded upon a subject that I usually do not care a lot about and made it incredibly interesting. This really is a nice blog that I’ll take note of. I previously bookmarked it for future reference. Cheers

    [Reply]

  2. Pingback: prince george escort

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *