Tanpa Rencana

Terlepas dari yang namanya Rencana Tuhan, setiap kita pasti pernah melakukan sesuatu yang bisa dikatakan tanpa rencana. Kalimat pendahuluan seperti ini selalu saya tulis diawal postingan agar komentar seperti “Ini maksudnya apa sich” atau “Saya kuq gak paham Sob” nggak mecungul lagi.

Kembali ke topik semula, bahwa melakukan sesuatu tanpa rencana itu menurut saya adalah biasa dan sangat manusiawi. Yang luar biasa adalah manakala sesuatu yang kita lakukan tanpa rencana itu merupakan peristiwa besar atau penting, misalnya menikah, sunat, sekolah dll.

Kalau cuma ngobrol, senyum, ngelirik dikit atau hal sepele lainnya saya pikir itu bisa dilakukan tanpa direncanakan. Pencuri sandal jepit juga kayaknya nggak slalu pakai rencana. Atau ketika belanja sesuatu, tak jarang kita nambah dengan sesuatu yang lain tanpa rencana.

Siap atau tak siap, setiap kita pasti pernah ketemu sesuatu yang datangnya tiba2 sehingga memaksa kita untuk menghadapinya tanpa rencana. Musibah misalnya, kita tak pernah tau kapan datangnya. Untuk itu tak ada salahnya jika kita selalu siap hadapi hal yang datangnya tak terduga.

Saya berencana membuat perencanaan agar ketika datang sesuatu yang diluar rencana, bisa saya hadapi seakan2 hal tersebut sudah direncanakan. Tapi ini masih rencana

38 thoughts on “Tanpa Rencana

  1. Pertamax dulu 🙂


    Hahahaha…
    Sudah lama sekali nggak ketemu sapaan ini.
    Akhirnya muncul lagi dari dalam tanah

    [Reply]

    alamendah Reply:

    Ini tadi benar-benar gak direncanakan. Mak bendunduk ujug-ujug komentar pertamax di sini.


    Hmmm…

    [Reply]

  2. Haduh… baca kalimat terakhir benar benar bikin bingung terencana


    Begitulah jika ketemu sesuatu yang tanpa direncanakan Mbak… 😀
    Salam buat Cucunda Dija ya

    [Reply]

  3. manusia hanya bisa merencanakan pak, Tuhan yang menentukan


    Kalo itu sich iya Mas

    [Reply]

  4. kadang kadang yang kejadian adalah rencananya yang tidak direncanakan. tapi syaratnya harus melakukan hal hal yang direncanakan terlebih dahulu


    Ketika kita sudah siap dengan rencana, ketika tiba waktunya tinggal melaksanakannya Mas

    [Reply]

  5. Secara umum saya melakukan sesuatu selalu direncanakan, kalau ada yang terjdi diluar rencana pasti itu bukan rencana dari awal pembuatan rencana, sehingga perencanan yang dibuat pada rencana awal menjadi berantakan karena sesuatu yang tidak direncanakan.


    Secara umum, umum juga melakukan yang sama Mas

    [Reply]

  6. saya berencana untuk mengomentari dan awalnya inilah rencana saja 😀


    Makasih atas rencana2nya

    [Reply]

  7. kalau aku kok ya merencanakan sekali utk komen disini 🙂
    yg gak direncanakan adalah, kok komenku cuma begitu aja ya Pak Guru ….hehehe… 😛
    salam


    Nggak ada komen yang “cuma begitu Bun, karena setiap komen sesederhana apapun, pasti direncanakan, minimal diniatkan

    [Reply]

  8. sudah direncanakan dari tahun 1908
    bahwa Ngai bakal rajin komeng di sini.


    Hebat sekali, asal jangan sampai karena terlalu lama merencanakan, giliran tiba waktunya malah lupa

    [Reply]

  9. Saya sowan panjenengan dengan rencana , yang merupakan kegiatan menengok besan di Semarang, ketemu Oyen di Salatiga serta tatap muka dengan pak guru html di Kendal. Baru kali itu saya bertemu dua sahabat dalam sekali bepergian. Sungguh sangat menyenangkan.

    Saya mengikuti latihan para di Bajujajar pada tahun 1998 sama sekali diluar rencana,tak pernah membayangkan. Tapi atas perintah.

    Salam hangat dari Surabaya


    Peristiwa itu tak pernah bisa saya lupakan Dhe, dan itu merupakan sejarah besar bagi saya sekeluarga

    [Reply]

  10. Untuk menghadapi hal yang tak terduga sekalipun, kita juga harus punya cara menyiasatinya. Kalau dalam hal materi, simpanan dana tak terduga. Paling tidak ada sahabat yang bisa dimintai tolong. Seperti shikamaru yang punya banyak ide jika mengahadapi masalah. Jalan keluar yang satu gagal, ada jalan keluar yang lain.
    Tapi semua masih dalam rencana ya pak mars. Melakukannya kapan?


    Bener Mas, seperti simpanan tak terduga itu penting. Minimal kita sudah punya pandangan, kepada siapa kita ngutang manakala ada kebutuhan mendadak

    [Reply]

  11. Saya datang kesini tanpa rencana. Begitu lihat ada update-an Pak Mars langsung meluncur ke sini. Tapi…. bagaimana dengan rencana ke Bali PakDhe? (*garuk2 pala*)


    Nunggu libura Bli, karena rencananya bareng rombongan murid2

    [Reply]

  12. Sering aku menemui kasus seperti ini. Yang direncanakan malah ga terrealisasilkan tetapi malah datang yang tak terencana menjadi kenyataan.


    Iya Mas, saya juga sering mengalami hal seperti itu.

    [Reply]

  13. Tertarik dengan kalimat ini: Saya berencana membuat perencanaan agar ketika datang sesuatu yang diluar rencana…..

    nanti bisa di share ya PAk gimana caranya untuk membuat perencanaan agar bisa menghadapi sesuatu yg di luar rencana seakan merupakan sdh kita rencanakan..


    Kuncinya mungkin belajar dari pengalaman Mbak, karena rata2 dari peristiwa yang kita hadapi pernah kita alami, atau paling tidak pernah kita lihat ada yang mengalami.

    [Reply]

  14. tapi saya klo ke sini selalu tak rencanakan lo pak…
    hehehehe


    Saya juga menyambut yang kesini dengan rencana Mbak 😀

    [Reply]

  15. ihiikk.. tersentil nih saya pak.. saya orangnya cenderung impulsif sih..
    tapi emang iya, kalau acara penting itu harus direncanakan..
    nah sekalinya berencana langsung deh ga bisa berhenti merencanakan ini-itu…


    Paling tidak garis besarnya sudah ada dalam bayangan Mbak, jangan nol sama sekali, kecuali untuk hal2 yang nggak serius atau memang datang mendadak

    [Reply]

  16. Tapi kadang apa2 yg tanpa rencana malah bisa terlaksana dibanding yang direncanakan jauh2 hari…..


    Iya Mbak, dan yg seperti itu malah jadi surprise…
    Tapi bagaimanapun, ada beberapa hal yg harus direncanakan secara matang, khususnya yang berkaitan dengan anak kita

    [Reply]

  17. Saya sering disebut impulsif oleh suami, gara2 sering melakukan sesuatu tanpa rencana..Kadang hasilnya bagus, tapi lebih sering mengecewakan..Sepertinya membuat rencana dalam hidup emang bagus Pak. Membuat rencana atas segala sesuatu yang tak terencana itu ide hebat. Tapi semoga gak hanya tinggal rencana ya pak hehehe


    Hahaha…
    Betul sekali Mbak, jangan sampai rencana tinggal rencana.
    Ada memang orang yg terlalu banyak rencana tapi sedikit yg berhasil, sebaliknya ada yang rencananya beberapa tapi malah goal semua.

    [Reply]

  18. Harus selalu siap dalam berbagai kondisi berarti yah? Tapi kalau bs direncanain kan bagus…


    Itulah yang saya maksudkan Mas. Siap nggak siap, terencanakan atau tidak, kita musti siap meski tak terduga dan tak sempat merencanakan

    [Reply]

  19. Hehehe, susah juga pak kalau mau memikirkan untuk tanpa rencana. mungkin spontanitas itu perlu lebih dibiasakan. hehe.


    Kita memang perlu waspada Mas, karena bukan tak mungkin banyak hal tak terduga yg menghampiri kita

    [Reply]

  20. Ketika datang ke sini jelas sudah saya rencanakan. Tetapi membaca tulisan tanpa rencana ini membuat komen saya tak terencana sama sekali. Sehingga agak sulit memaknai arti komen saya. Di lain waktu saya akan merencanakan komen yang lebih terencana, Pak.

    (koe ki ngomong opo to, Nduk :mrgreen: )


    Hahahaha…
    Bahasa Jawanya siep nDuk 😀

    [Reply]

  21. postingan yang sangat menarik 🙂
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. 🙂


    Makasih

    [Reply]

  22. rencana…tetap saja keputusan akhir nya ada ditangan Sang Pencipta..


    Kalau itu sich pasti Mas

    [Reply]

  23. yang saya rasakan, semua itu berasal dari pola pikir yang kemudian menciptakan kecenderungan terhadap masa depan, termasuk juga rencana-rencana. saya ngerasa begitu karena banyak rencana saya yang gagal atau tidak terwujud. akhirnya saya introspeksi, dan menyadari bahwa pola pikir dan niat awal saya mungkin nggak ‘memantaskan’ saya untuk mencapai tujuan itu.


    Makasih tambahannya Mas

    [Reply]

  24. Baiknya segala sesuatu memang direncanakan, tapi seringnya saya selalu meleset dari rencana he he


    Soal meleset atau tidak, tapi kayaknya tetep lebih baik pakai rencana ya Mas…

    [Reply]

  25. rencana saya adalah keluarga berencana *harapan* 😀


    Dan Keluarga Berencana itu harus, karena yg namanya KB itu nggak cuma berhubungan dengan merencanakan jumlah anak, tapi juga rencana2 yang lain

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *