Tantangan Yang Terjawab

Dipostingan lalu saya memberikan tantangan pada murid saya :

“Untuk anak2 saya jurusan IPS, kamu pasti ingat kata2 yang selalu saya ucapkan, bahwa saya bangga dengan kamu. Tunjukkan pada dunia, meski kamu anak IPS tapi nilai matematika kamu di UN nanti nggak kalah dengan anak IPA”.

Dan hari ini murid saya menjawab tantangan itu. Inilah hasil nilai Ujian Nasional dari murid saya.

Yang saya warnai kuning adalah nilai Matematika anak IPS yang saya ajar. Nilainya mengungguli anak IPA. Rata2nya mencapai 9,03 sementara matematika anak IPA hanya 8,98. Nilai terendahnya 7,50 sedangkan anak IPA 6,50. Dan murid saya ada yang matematikanya 10,00.

Hal yang mengagumkan adalah nilai Matematika anak IPS tidak bisa dilawan oleh semua pelajaran anak IPA. Lebih menggembirakan lagi pada ujian tahun ini jurusan IPS SMA 1 Kendal ada di peringkat I Provinsi sementara itu program IPA menempati peringkat XI.

Bravo untuk anak2ku IPS !!!

48 thoughts on “Tantangan Yang Terjawab

  1. wow keren pak mars. Hasil analisa statistiknya tidak menunjukkan adanya penyimpangan. Murd-muridnya termotivasi pak Mars


    Bang mandor paling jeli soal statistik…
    Tau aja tentang simpangan πŸ˜€

    [Reply]

  2. Wah… selamat pak.. Peringkat 1… Emm.. dulu saya juga IPS, nilai saya juga jelek. Melihat ini saya bangga dengan jurusan IPS… hehehehe…


    Anak saya yg bungsu juga IPS Mas

    [Reply]

  3. wow KEREEEEEEEEEEEN!!!

    Siapa dulu dong gurunya hehehe
    ah saya jadi berangan2, andai saja banyak guru yang seperti Pak Mars hmm ….


    Belum keren2 amat.
    Baru akan keren… πŸ˜€

    [Reply]

  4. Selamat pak, saya juga bersyukur kalau yang selama ini di pandang sebellah mata tapi bisa mengungguli yang di jagokan πŸ˜›

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan


    Makasih Om…
    Ini juga berkat suport dan doa para sahabat, termasuk Om NHMakasih Bang

    [Reply]

  5. Saya masih ingat sekali postingan yang pak mars maksud

    TERBUKTI PAK MARS !!!

    Peringkat satu propinsi malah …

    I really like this …
    Selamat untuk anak-anak … semuanya

    Selamat untuk Pak Mars
    Perkenankan saya juga untuk ikut merasakan kegembiraan dan kebanggaan ini

    Salam saya Pak Mars


    Makasih Om…
    Ini juga berkat suport dan doa para sahabat, termasuk Om NH

    [Reply]

  6. ngajar matematika tu kan susah ya pak… anak-anak rata-rata males kalo ketemu matematika, tapi ini malah lain banget ceritanya.
    metode apa yang dipakai pak?


    Metodenya sich biasa, sama kayak pelajaran lain.
    Yg beda mungkin kenyamanan yg saya bangun…

    [Reply]

  7. selamat pak guruuu, itu muridnya sampek ada yg nilainya 10 bulet? 0_0


    Saya juga nggak nyangka kalau anak IPS ada yg Matematikanya 10 Mbak

    [Reply]

  8. Salam Takzim
    berarti bener kan kalau anak IPS itu bisa bersaing dengan anak IPA, walau anak saya yang kedua dan ketiga tidak masuk SMU tapi saya yakin di SMK nya nanti sibungsu mampu meraih prestasi yang gemilang. Salut buat anak IPS
    Terima kasih pak sdh mampir ke blog saya dan memberi warna
    Salam Takzim batavusqu


    Bersaing bisa hal apa saja, yang penting fair

    [Reply]

  9. Selamat saya ucapkan untuk anak SMU 1 Terutama buat anak IPS nya mampu mengalahkan anak IPA..


    Makasih…

    [Reply]

    bunga Reply:

    Ma Kasih kembali, perbanyak ya, bisa kita kasih comment yang banyak


    APanya yang diperbanyak? πŸ˜€

    [Reply]

  10. waaah… hebat itu siswa IPSnya Pak Mars. *tepuk tangan*
    sampai memperolah peringkat I Popinsi pula, mantap.
    dan itu pak mandor sempatΒ²nya ngitung deviasi. hahaha… πŸ˜€


    Bang Mandor paling jeli…
    Statistik emang nggak cuma dilihat rata2nya

    [Reply]

  11. hebat… siapa dulu gurunya ya? πŸ˜€


    Ini hasil kerja keras semua pihak kok Mas…
    Bukan hanya karena saya.
    Salam untuk keluarga di Amrik ya

    [Reply]

  12. Apa kbr ? alhamdulillah, nilainya memuaskan, gurunya pak Mars sih. pak Mars tinggal dmn y ?


    Saya tinggal di Kendal Jawa Tengah Mas

    [Reply]

  13. Alhamdulillah…. subhanallah…!!!
    Hebat Pak Guru. Hasil ini pastinya merupakan buah dari kerja sama yang baik antara guru dan murid-muridnya πŸ™‚


    Dan suport orang tua tentu saja

    [Reply]

  14. wiiis berarti anak ips nya pada pintar, dan guru mate matematikanya keren sekali, makasih banyak bguat infonya


    Ini hasil kerja keras semua pihak Mas

    [Reply]

  15. Selamat, Pak Mars! Dari nilai terendah dan averagenya semuanya unggul. Saya perlu mengucapkan ini karena tidak ada murid yang hebat tanpa bimbingan guru yang hebat pula.

    Saya dulu waktu SMA kebetulan ambil IPA (jurusan A2) dan faktanya pelajaran matematika saya nggak bagus-bagus amat meski ambil jurusan IPA. Sekarang, setelah saya bekerja banyak hal yang ternyata butuh hitung-hitungan aritmatika (matematika), terlebih saya bekerja di bidang teknik.


    Makasih Mas Joko.
    Tanpa disadari, kita sudah mempraktekkan prinsip2 matematika dikehidupan sehari2, nggak hanya itung2an.

    [Reply]

  16. Ck Ck Ck….ini karena gurunya PakDhe Om ya?? Jadi ingin sekolah lagi biar Matematikanya di ajarin ama PakDhe Om…saya termasuk yang sangat terbelakang di pelajaran ini…


    Ini hasil kerja keras semua pihak Mbak…

    [Reply]

  17. Wah selamat ya pak, sayang saya berkecimpung di smk, jadi ndak ada ipa dan ips. adanya mm, tkj, pelayaran, av, mo dsb… heheheh


    Kalau SMK kan memang arahnya mau kerja Mas

    [Reply]

  18. Wow ada yang nilainya 10. Mantap pak Mars, terbukti tingkat “kepandaian” murid tidak ditentukan oleh status IPA atau IPS nya, tetapi oleh gurunya.


    Iya Mas, anak IPS pun bisa jago Matematika

    [Reply]

  19. kalau saya apa yang bisa dibanggakan pak,, saya anak kelas 2 SMP,, salah satu orang tua saya guru matematika,, saya cuma rata2,, hehe


    Ya membanggakan orang tua to…
    Anak saya aja bangga pada saya πŸ˜€

    [Reply]

  20. Waaaa, aku mau les ama Pak Maaarrrsss…… Hidup anak IPS!!!
    Diakui ato tidak, guru sangat berpengaruh dalam proses mengajar.

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Maksude nek gurunya menyampaikannya enak, pastiiii murid mudah memahami. Pak Mars pasti tipe guru yang enak πŸ˜€

    [Reply]

  21. Hebaaaaatttt…………..
    murid2nya Pak Guru benar2 mampu menyerap pelajaran dr Pak Guru dgn utuh ya
    sampai ada yg dapat nilai 10 gituh πŸ™‚
    Cara mengajar nya Pak Guru yg perlu dicontoh kayaknya nih πŸ™‚
    salam

    [Reply]

  22. Ah…pasti murid2 pak Mars sedih harus ‘berpisah’ dg Bapak..


    Masih suka datang kerumah Mbak, termasuk kakak2 kelasnya yang dulu

    [Reply]

  23. wahh pasti pak Mars ngajarnya enak yachh…soale nilai murid2nya bagus banget sechhh…….selamat yach pak…..sensasinya jadi guru yach begini ini hehehe….

    [Reply]

  24. Kesuksesan seorang siswa merupakan salah satu kesuksessan para pendidiknya. Dan hanya ada satu kata yang paling pantas saya ucapkan untuk Pak Mars, yaitu Mantapz………!

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    [Reply]

  25. Mantabss!!! Saya ucapkan selamat buat para murid2 IPS yang memperoleh nilai matematika yg baik!!

    Dan terlebih lagi saya mengucapkan salam hebat buat gurunya (yaitu pak Marsudi) !!

    Karena yang saya ingat dari pak Marsudi adalah pendekatan pengajaran matematikanya yang begitu humanis kepada para murid sehingga mata pelajaran penting yang sulit seperti matematika ini oleh murid2 yang diajar pak Marsudi bisa dicapai dengan baik hasilnya.

    Setahu saya tidak semua guru matematika di SMA N 1 Kendal yg mengajar semenarik dan se-memotivasi pak Marsudi… saya masih ingat seorang guru matematika di SMANIK yang terkenal dengan word “duduk”-nya yang membunuh motivasi murid2 untuk belajar matematika. SUDAH SAATNYA PARA GURU MENYADARI BAHWA PROFESI GURU ADALAH PROFESI FASILITATOR.. GURU BUKANLAH DEWA SUPER YANG TAHU SEGALANYA YANG AROGAN HANYA KARENA LEBIH DULUAN TAHU TENTANG SEBUAH ILMU. GURU HARUS MENYADARI BAHWA HANYA DENGAN HITUNGAN 8 TAHUN SEJAK MASUK KELAS 1 SMA SI MURID YANG DIAJAR GURU JUGA MEMPUNYAI KESEMPATAN UNTUK MENDALAMI ILMU HINGGA LEVEL MINIMAL SARJANA YANG SAMA DENGAN TINGKATAN GELAR GURU SMA. DAN BEGITU DITAMBAH 5 TAHUN LAGI, YANG KIRA2 TOTALNYA 13 TAHUNAN.. DI SITU ADA INDIKATOR BARU LAGI YANG MUNCUL YAITU TINGKAT PEREKONOMIAN YANG SUDAH DIPEROLEH OLEH SANG MURID YANG MUNGKIN SAJA SI MURID BISA MEMPEROLEH TINGKAT PEREKONOMIAN YANG LEBIH DARIPADA GURUNYA.


    Makasih tambahan sharingnya
    Semoga bermanfaat

    So buat pak Marsudi … teruskan karya Anda pak.. terima kasih sudah mendidik murid2 dengan penuh motivasi.. buat guru2 arogan silahkan ke laut saja.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *