Home > Inspirasi > Target Yang Terukur

Target Yang Terukur

Setiap kita pasti punya target dan umumnya lebih dari satu. Tapi ketika kita diminta menyebutkan, kebanyakan kita bingung mengatakannya. Beberapa jawaban yang muncul misalnya ingin kaya, ingin bahagia, ingin pandai, ingin sukses, ingin jadi penyanyi, ingin jadi pejabat, ingin cari menantu, ingin menjadi manusia yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama dan ingin2 lainnya.

Salah satu sebab kenapa kita sering merasa gagal mencapai target adalah karena target yang terlalu umum, ngambang tanpa kejelasan, atau malah berupa cita2 yang kelewat tinggi. Target itu lebih dekat ke keinginan yang realistis, sedangkan cita2 lebih ke angan2 yang muluk. Kalau cita2 bolehlah setinggi langit.

Intinya kita perlu mempertegas target kita dengan rambu2 yang terukur, yang realistis untuk dicapai. Kalau pengin kaya itu seberapa, kalau pengin pandai itu sampai mencapai gelar apa, kalau pengin jadi penyanyi atau pejabat itu ditingkat apa. Ukuran tak mesti harus angka tapi bisa berupa kriteria.

Kaya, bahagia, sukses, bukanlah target, tapi cita2. Agar menjadi target, perlu adanya pembatasan. Kalau targetnya kaya, kaya yang seperti apa?. Punya sawah berapa hektar atau punya uang berapa milyar. Kalau targetnya punya ilmu tinggi, sekolah sampai S8 kah?, punya titel MP3 kah?. Kalau ingin sehat, tidur minimal 8 jam seharikah, stop merokok bulan depankah, dll.

Kalau bunyinya masih “menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa” itu sama saja melayang2 diudara. Perlu kita pertegas dengan sesuatu yang jelas. Ikut organisasi sosialkah, membantu anak yatimkah, jadi sukarelawankah, atau yang lainnya. Sebagai pemilik blog tak salah juga bila kita pasang target. Update 2 bulan sekalikah, balas komentar 1 semester sekalikah dan target jelas lainnya.

Tulisan ini saya buat untuk bahan introspeksi diri sendiri, karena sayapun baru belajar bagaimana punya target yang terukur, meski tak semua hal bisa diukur. Ini hanya soal niat dan kebiasaan saja.

Ketika kita sudah coba dan memulai, barulah bisa mengerti seberapa penting memiliki target yang jelas dan terukur. Ukuran tak selalu angka, tapi bisa pula kriteria.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. July 8th, 2010 at 17:03 | #1

    Nok belum ngukur target, Pak
    boleh pinjem meteran? :mrgreen:

    [Reply]

    Mars Reply:

    Meterane durung dinomeri…
    Gelem rak? πŸ˜€

    [Reply]

    Nok Reply:

    wurung, ngangge tali rafia mawon…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Targete kan sing penting sedino narik ping piro… πŸ˜€

    Nduk Ram Reply:

    @Pak Mars
    Sing durung dinomeri kuwi mau dudu meteran Pak, tapi tali nganu :mrgreen:

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nek tali nganu durung ono anune…

    Oyen udah kurus Reply:

    komengnya gak terukur, gak bisa menjelaskan tali nganu πŸ˜›

  2. Nduk Ram
    July 8th, 2010 at 17:11 | #2

    Pak, target punya kadaluarsa tak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Tak…
    Kan bisa di update…

    Nok dan Nduk kok bisa barengan datangnya ini barusan darimana?
    Apa jadi beli bunga tujuh rupa buat Emak?

    [Reply]

    Nok Reply:

    kami berdua dari pasar, usai malak para preman langsung kulakan menyan utk Le hamul sekalian bunga 8rupa utk eMak… :mrgreen:

    [Reply]

    nakjaDimande Reply:

    Nok kenapa kembang buat eMak harus 8 rupa?
    biar eMak cepat laku ya..? πŸ˜€

    Oyen udah kurus Reply:

    yg satu bunga bangkai Bun, kalo lagi musim ditambah satu, kalo bunga bangkainya sudah almarhum biasanya cuman 7 rupa πŸ˜›

  3. ajengkol
    July 8th, 2010 at 17:18 | #3

    Targetnya bibit bobot bebet yah hehehe

    [Reply]

    Mars Reply:

    Eee… Mbak Ajeng…
    Lama nggak keliatan.
    Salam untuk Aa’nya ya…

    Dua2nya gak pernah keliatan πŸ˜€

    [Reply]

    ajengkol Reply:

    Blog kita kan databasenya hilang dan aku nangis dua hari hiks

    sekarang sudah up kok pak Mar aja nggak pernah main

    [Reply]

  4. Reza
    July 8th, 2010 at 17:28 | #4

    Target itu nama makanan ya? khas mana? πŸ˜€

    [Reply]

    Mars Reply:

    Khas mana ya?

    [Reply]

  5. July 8th, 2010 at 18:44 | #5

    aku ikuti nasehat bijak dr Pak Guru……..
    target utk publish satu artikel setiap hari, mudah2an bisa istiqomah………
    kalau target mencari menantu, calon sudah ada, tapi masih lama πŸ™
    ngomong2 kenapa calon menantunya Pak Guru sekarang kok jadi kurus begitu? πŸ™‚
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Target Bunda saya dukung sedukung2nya…
    (Sedukung2nya itu maksudnya apa ya? πŸ˜€ )

    [Reply]

  6. nakjaDimande
    July 8th, 2010 at 19:08 | #6

    targetku update LJ sekali sebulan ajah..
    berarti selama ini aku selalu berhasil melewati target
    horeee..!!! πŸ˜€

    [Reply]

    Mars Reply:

    Halah Bundo…
    Kok malah itu dijadikan target…
    Yang aku tulis itu kan contoh saja.

    Kalau targetnya cuman segitu, ya nggak perlu repot2 bertarget…
    Tutup aja LJ nya biar kupu saya mati karena nggak punya tempat lagi…

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    xixixixi….kabeh arahane tentang postingan πŸ˜›

    [Reply]

    guskar Reply:

    alesane bundo tangannya masih sakit pak… susah untuk ngetik 😈
    **untung jempolnya masih lincah, sehingga nggak mengganggu dlm ber-sms, termasuk merayu pak mandor spy ngisi LJ hari ini

    [Reply]

  7. Mars
    July 8th, 2010 at 19:41 | #7

    Kalau target nggak boleh ngalir begitu saja.
    Ibarat orang bepergian nggak jelas mo kemana hanya ikut angkutannya mo kemana πŸ˜€

    [Reply]

  8. riFFrizz
    July 8th, 2010 at 19:47 | #8

    Target saya karma 100

    [Reply]

  9. masndol
    July 8th, 2010 at 20:31 | #9

    tumben postingnya kq rodo panjang mesti topike rodo berat iki..
    πŸ˜€ mbaca dulu ya?

    [Reply]

  10. guskar
    July 8th, 2010 at 21:04 | #10

    target yg terukur…. istilah ini telah saya akrabi belasan tahun.
    setiap bulan oktober menyusun target untuk tahun berikutnya.

    [Reply]

  11. itempoeti
    July 8th, 2010 at 21:09 | #11

    sebelum itu,
    sebaiknya mengukur dulu kemampuan diri…

    [Reply]

  12. Love4Live
    July 8th, 2010 at 21:12 | #12

    saya lebih suka membiarkan segala sesuatunya mengalir apa adanya…
    tanpa target… tapi tetap bertujuan…
    bukankah air pada akhirnya akan mengalir ke laut…

    [Reply]

  13. July 8th, 2010 at 22:06 | #13

    target saya adalah bisa menulis seindah dan sebai Pakdhe Mars

    [Reply]

  14. July 8th, 2010 at 22:07 | #14

    targetku opo yo?

    [Reply]

  15. July 8th, 2010 at 23:53 | #15

    Konon katanya …
    Yang namanya target itu memang harus …
    SMART …
    Spesifik, Measurable, Agresive, Realistic and Time Bound …

    (halah malah ceramah aku …)
    (wis naluri iki …)

    Salam saya Mr Jason

    [Reply]

  16. ndop
    July 9th, 2010 at 06:45 | #16

    targetku, hari ini design brosur kelar dengan kata “keren banget ndop” dari klien!

    heheheheh… *targetmu terlalu spesifik ndop, heheh*

    [Reply]

  17. July 9th, 2010 at 07:44 | #17

    wah kalimat terakhir gue banget tuh pak.
    hehehe..

    [Reply]

  18. BlogCamp
    July 9th, 2010 at 08:40 | #18

    Target saya minggu lalu: menyelesaikan belanja tali asih ntuk diumumkan tanggal 18 Juli. Sudah tercapai 90 %, sisanya akan diselesaikan minggu depan.

    Target minggu depan,

    -Menyusun daftar alamat para pemenang.
    -Mengambil tali asih yang sudah selesai dipesan
    -Membungkusi tali asih
    -Menempeli alamatnya.
    -Minta alamat kepada para pemenang yang alamatnya belum ada di arsip.

    Target minggu depannya lagi

    -Mengirim semua tali asih para pemenang.

    [Reply]

    Oyen udah kurus Reply:

    target tanggal 18, siap-siap menerima kiriman tali asih dari Pak Dhe *nek kebagian πŸ˜€

    [Reply]

  19. Oyen udah kurus
    July 9th, 2010 at 09:06 | #19

    rencana memang harus ono targete, nek ora percuma ngapa-ngapain, lha wong tujuane ngoyoworo

    [Reply]

  20. mediatangsel
    July 9th, 2010 at 11:53 | #20

    Cinta tanah air dan bangsa = tidak membelot menjadi warga negara lain. Itu jelas

    Target sebagai blogger jelas, ingin mencicipi recehan dari internet.. *ngigau*

    [Reply]

  21. July 9th, 2010 at 16:31 | #21

    target memang harus jelas,kalau tidak terukur ya tidak bisa dibilang target ya pak,cuma arah aja,tapi jadi gak punya acuan lebih lanjut tolak ukur keberhasilannya. nice posting pak mars,very inspiring πŸ™‚

    [Reply]

  22. dJumTKS Weblog
    July 9th, 2010 at 23:28 | #22

    masih banyak Target yg belum bisa dicapai pak mars…perlu di setting target baru πŸ™‚

    [Reply]

  23. TuSuda
    July 13th, 2010 at 15:16 | #23

    Khusus bulan Juli, update postingan “campuran” sekali sehari, selanjutnya maksimal @ 2 harian.

    [Reply]

  24. January 6th, 2011 at 14:37 | #24

    γ€€Rejoicing in hope, patient in tribulation.

    [Reply]

  1. July 9th, 2010 at 06:53 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~