Terlanjur Suka

Menghilangkan kebiasaan yang sudah terlanjur disuka itu sungguh merupakan pekerjaan yang nggak gampang. Dialihkan sementara mungkin bisa, tapi ketika ada pemicu dan momennya pas, sesuatu yang pengin dihindari itu bisa lekat kembali.

Masih ingat kisah anak wedok saya yang maniac jengkol kan?. Atas inisiatif dan kemauannya sendiri demi membahagiakan orang tua, dia rela menghentikan kebiasaannya yang amat sangat tidak elit yaitu ngunyah jengkol dan menggantinya dengan alternatif lain.

Tapi yang namanya terlanjur suka, mau diganti makanan model apapun efektifnya cuma sesaat. Dan kebiasaan lama yang sudah menahun itu kini bangkit kembali. Dan karena alasannya bisa kami terima, maka kali ini saya menyerah dan membiarkan dia menikmati apa yang jadi kesukaannya.

Tentang knapa anak wedok saya bisa kambuh lagi dan alasan macam apa yang membuat saya bertekuk lutut memenuhi keinginannya, berikut saya sampaikan alasan dan latar belakangnya serta kronologis kejadiannya.

Beberapa hari yang lalu anak wedok saya memberi kabar bahwa dia hamil. Sebagai orang tua tentu saja kami sangat bahagia dan pengin segera menengoknya karena sejak menikah dia tinggal bersama suaminya di kota lain. Singkat cerita saya dan ibuknya segera berangkat kesana.

Nggak nyangka anak wedok kami yang dulunya manja kini berubah total. Makin dewasa dan tambah cantik ajah. Setelah kangen2an dan ngobrol kesana kemari, kami istirahat. Sayup2 kami mendengar dialog antara menantu dan anak saya. Inilah dialog yang sempat saya rekam dalam ingatan.

Menantu Saya : Neng, hamilnya jangan ngidam jengkol yee… Nyang elit dikit dong
Anak Saya : Kagak Bang. Aye ngidam mangga muda nyang udah mateng…
Menantu Saya : Ah gampang. Di supermarket banyak
Anak Saya : Aye kagak mau nyang di supermarket, maunya nyang ngegantung di pu’un tetanggaaa…!!!
Menantu Saya : Lah, mana ada, pan lagi gak musim. Nyang musim aje ye…
Anak Saya : Emang sekarang musim ape Bang?
Menantu Saya : Yah… Musim jengkol dah…
Anak Saya : Xixixixixi…

Begitulah. Terhitung sejak kemarin, anak wedok saya secara resmi kembali mengkonsumsi jengkol dengan sangat sukses. Apa hendak dikata, kali ini kami yang mengalah demi cucu kami. Semoga cucu kami nanti nggak bau jengkol kayak emaknya.

Update :
Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mengganti tagline blog ini dengan kata kunci jengkol tapi hanya sebagai wujud apresiasi saya terhadap Oyen yang saat ini lagi ngidam, dan saya yakin ngidamnya pasti bukan jengkol

40 thoughts on “Terlanjur Suka

  1. Aaaa, bau jengkol di sini… 🙂


    Bukan saya yang bau Mbak…

    [Reply]

    temennya Oyen Reply:

    salam buat Oyen ya Pak 😀


    Nggih Mbak Tari 😀

    [Reply]

  2. Kenapa selalu jengkol toh, Pakdhe?
    Mbok ya sekali-kali bahas duren.. 🙂


    Xixixi…
    Hanya yang sudah punya anak yang bisa memahami 😀

    [Reply]

  3. pak guru jengkol minded, tidak ada makanan selain jengkol untuk dibahas :mrgreen:


    Mungkin butuh bertahun2 lagi untuk bisa memahami tulisan saya Mas 😀

    [Reply]

  4. waduh koq ya ngidamnya jengkol
    ntar keracunan lho pak 😀


    Xixixi…
    Nggak bakal keracunan Mbak 😀

    [Reply]

  5. Biari aja pak eM, kalau sesama pecinta jengkol solider ikut2an nggak mau makan jengkol, lama2 pohon jengkol bisa punah lho. Yg penting pas mau bersalin jangan makan jengkol dulu, ntar dokternya kabur he..he.. Selamat ya pak semoga calon cucu dan ibunya sehat.


    Nah kalau Mbak Monda kayaknya bisa memahami 😀

    [Reply]

  6. Itulah yang namanya Terlanjur bukan Tersanjung Ataupun Terenyuh!!!
    Memang susah kalau sudah mengidap penyakit Terlanjur yang Akut!!!
    Saya juga terlanjur suka sama blog ini!!!


    Lho…
    Ini kecil2 tapi malah paham 😀

    [Reply]

  7. kalau pete sy doyan pak, kalu jengkol… oh… nooo… 😀
    slm kenal pak.. salut, blognya bagus 🙂

    [Reply]

  8. saking seringnya membicarakan jengkol, kenapa kok baunya disini aneh ya, hahahahaha, hidup jengkol ! ★★★


    Mau gimana kalau sudah trademark

    [Reply]

  9. harus ngalah demi cucu ya pak .. hehehe

    salam 🙂


    Iya…
    Biar cucunya nggak ngiler

    [Reply]

  10. jadi putrinya sudah kawin sama orang sunda ya om? semoga kehamilannya lancar sehat selamat bahagia sejahtera..


    Bukan Sinda tapi Betawi Mas

    [Reply]

  11. selamat bersiap-siap jadi kakek ya pak eM 😀

    EM


    Nanti nama saya jadi kayak dalang Bu…
    Ki Marsudiyanto 😀

    [Reply]

  12. katanya jengkol is keren and bayak manpaatnya sih… meski baunya kagak nguati….
    *emmmm, setelah diinget inget itu kata pak Mars ya… 😀


    Kata siapa ya?

    [Reply]

  13. Aaahhhaaaa …
    Saya ikut gembira mendengar berita ini Pak Mars …

    Semoga sehat semuanya

    Salam saya Pak Mars


    Oyen titip salam buat Om NH

    [Reply]

  14. selamat untuk mbak oyen yang lagi ngidam semoga lancar nanti persalinannya


    Makasih Mas

    [Reply]

  15. berita gembira nih Pak Mars,,
    dan pengalaman menakjubkan bagi Oyen, ada yang tumbuh didalam tubuhnya,,
    jangankan jengkol Pak,, pohon jengkol pun didatangkan untuk Oyen yaa,, 😀


    Kabar terakhir katanya dia sering pusing2 Mbak

    [Reply]

  16. ngidamnya apa pak? 😀


    Ngidamnya mangga, tapi musimnya jengkol ya akhirnya jengkol 😀

    [Reply]

  17. Yen…. Ngape nggak ngidam jengkol ye..?? emang ude bosen ame jengkol di kampong jengkol??

    ude ngidam neng..???

    selamat ya neng ya.. si jabang baayi kudu dijaga ye.. jangan suka lompat-lompat


    Ngidamnya bukan jengkol tapi akhirnya dapat jengkol juga

    [Reply]

  18. oh selamat ya nenk, bener juga tuh nenk jangan ngidam jengkol gak elit jengkol tuh, mendingan ngidam mangga aja tuh yang belum musim , biar cowo nya susah nyari nye ,
    ehehehe

    [Reply]

  19. Hore! Sudah isi rupanya mbak Oyen! Cihuy! wah, wah, akan ada oyen junior! double jengkol! 😛


    Dobel Oyen yang suka loncat2

    [Reply]

  20. Pak… saya sudah terlanjur pak…
    haduh, gimana ini pak??? 😛


    Terlanjur jadi ya 😀

    [Reply]

    advertiyha Reply:

    salam buat oyen pak, moga sehat2 kandungan dan ibunya.. 🙂


    Salamnya sudah disampaikan Mbak

    [Reply]

  21. Hehehe… Bisa2 mabok deh anak dalam perutnya kalo ibunya makan jengkol mulu 😀


    Sudah kebal Mbak…
    Sudah imum 😀

    [Reply]

  22. Nah lho, Pak Mars ketauan nguping neh! Jadi penasaran dengan mangga muda yang udah mateng dan masih ngegantung di puun, kayaknya enak tuh. Waduh, jangan2 ketularan ngidam neh. hehehe..


    Bukan nguping tapi merekam Bi…

    [Reply]

  23. lho … jengkol kan termasuk produk lokal… harus dilestarikan to?


    Apa asli tanaman Indonesia ya Mas?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *