Home > Realita > The Power of Kolak

The Power of Kolak

Fleksibel dan Luwes
Bisa disantap hangat2, bisa disimpan dalam almari pendingin. Luwes dan pantes dimakan siapa saja, kaya maupun yang miskin, tua maupun muda dan pria atau wanita. Karena demikian fleksibelnya sampai2 kolak itu bisa mengenyangkan seperti makanan dan bisa mengusir haus layaknya minuman.

Murah tapi Nggak Murahan
Belum pernah ada berita yang mengabarkan terjadi kenaikan harga kolak yang melambung sampai tak terjangkau oleh masyarakat. Dengan uang Rp. 500 bisa kita dapatkan kolak. Hebatnya lagi, meski murah tapi nggak murahan karena presiden kitapun pasti mengkonsumsi kolak juga.

Terkenal dan Universal
Siapa sich yang nggak kenal kolak. Tentu saja ini untuk kita yang di Indonesia. Kolak dikenal hampir disemua tempat di negara kita. Dari anak TK sampai lulusan S3 nggak ada yang tak kenal kolak.

Gampang dan Aman
Untuk bikin kolak nggak harus jadi koki. Bahannya mudah didapat, mulai dari pisang, labu, singkong, ubi, tape dan masih banyak lagi. Membuatnya mudah dan tanpa efek samping. Hampir tak ada orang yang berpantang makan kolak. Kalaupun ada, jumlahnya tak banyak.

Tiada Lawan
Kolak bener2 tiada lawan. Tempe dan tahu memang murah, tapi tak bisa hilangkan dahaga. Sate juga terkenal dan universal, tapi harganya mahal. Teh bisa diminum saat hangat maupun dingin, tapi tak cukup untuk mengenyangkan. Kalau bikin kembung sich bisa.

Jika diklasifikasi, kolak itu termasuk golongan makanan apa minuman?

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. achmad sholeh
    March 1st, 2012 at 21:28 | #1

    Kolak, inget bulan puasa pak untuk makanan yg satu ini


    Iya Mas, pelengkap buka puasa

    [Reply]

  2. nique
    March 1st, 2012 at 22:27 | #2

    hahahaha … mau dong kolak pisangnya Pak’e :D


    Enak yg ubi atau labu Ni

    [Reply]

  3. March 1st, 2012 at 22:41 | #3

    suka banget sama kolak pisang… srupp, malem2 gini jadi ngiler tingkat tinggi pak :D


    Kolak memang enak diminum kapan saja Mbak. Siang bisa, malam juga bisa

    [Reply]

  4. March 1st, 2012 at 23:46 | #4

    seng temping bukan kolak renang, ndak ono ampase


    Ampase asin mambu kringet

    [Reply]

  5. March 2nd, 2012 at 00:26 | #5

    Makanan donk Pak Mars..
    aku suka banget kolak..
    jadi kangen bulan puasa
    kenapa ya kalo bikin kolak di luar bulan puasa rasanya beda,
    karena suasananya mungkin ya Pa..


    Kolak emang erat hubungannya dengan bulan puasa. Buka puasa belum lengkap tanpa kolak

    [Reply]

  6. March 2nd, 2012 at 04:32 | #6

    saya rela jadi tukang masaknya lho pk Mars


    Emangnya bisa Mas?
    Jangan2 malah kecampuran cock

    [Reply]

  7. zholieh
    March 2nd, 2012 at 05:20 | #7

    Kolak dicampur es sama susu, dihidangkan pas cuaca panas saat dahaga dan lapar menyerang, wah maksrruuutttt lahap :D


    Saya malah belum pernah yg pakai susu itu

    [Reply]

  8. March 2nd, 2012 at 05:42 | #8

    Kalau tinggal duduhnya hok disebut minum kolak
    Kalau ada duduh, telo, singkong, labu, kolang-kaling disebut makan kolak ha ha ha ha
    Kolak selalu menjadi primadona ketika bulan puasa.

    Bagi saya, tempe lebih membumi karena hadir setiap hari.

    Salam hangat dari Surabaya


    Enak lagi kalau minumnya disrutup Dhe, marem

    [Reply]

  9. March 2nd, 2012 at 08:53 | #9

    Wah wah. Makanan enak nih.
    Eits lupa jawab pertanyaan. Kolak itu termasuk minum makanan bergizi sob.
    Jadi bisa dibilang minuman, bisa juga dibilang makanan karena ada pisang, singkong dan tapenya.
    Haus hilang perut pun kenyang.


    Kolak memang ada ditengah2 antara makanan & minuman

    [Reply]

  10. obat tradisional tumor jinak
    March 2nd, 2012 at 10:02 | #10

    dua dua nya pa mars,,,
    bisa dibilang makanan bisa di bilang minuman


    Setuju Mas, tergantung kebutuhan ya

    [Reply]

  11. March 2nd, 2012 at 10:12 | #11

    di bukik ada istilah “tukang kolak”
    sebutan buat tukang lobi.. pinter bersilat lidah untuk meloloskan tujuannya.
    katakatanya manis spt kolak dan mudah diterima oleh orang banyak.
    meskipun sudah tau ia ‘tukang kolak’ tapi biasanya kita rela aja mendengar ‘kolak’-annya
    mungkin sama dengan istilah gombal klo di jawa.

    demikian, mbahKung
    selamat hari jumat. :)


    Besok kalau dah pensiun, MbahKung mau jadi tukang kolak

    [Reply]

  12. Akbar PU
    March 2nd, 2012 at 10:28 | #12

    Pisang + kolang kaling pak dhe bernas …


    Xixixixi
    Iya :D

    [Reply]

  13. applaus
    March 2nd, 2012 at 11:25 | #13

    ini adanya di bulan puasa nih.. eh banyaknya… memang enak manis manis dan empuknya pisang… hmmmmm


    Labu dan ubi juga enak dan sehat

    [Reply]

  14. chocoVanilla
    March 2nd, 2012 at 12:37 | #14

    Saya sukanya kolak singkok yang empuuuuuuk trus disajikan dingin-dingin. Hmmm….jadi pengennnn….

    (Eh, masak sih ada kolak 500 rp, Pak’e? Di bogor gadaaa :( )


    Masih ada Mbak, isinya pisang, singkong dan ubi…

    [Reply]

  15. Sriyono Semarang
    March 2nd, 2012 at 14:35 | #15

    mbuat kolaknya cuman klo puasa…


    Disepanjang jalan dekat Java Mal kan ada yg jual

    [Reply]

  16. beoding
    March 2nd, 2012 at 15:18 | #16

    biasanya hanya makan kolak ketika bulan puasa aja :)


    Kalau saya seminggu sekali pasti makan kolak

    [Reply]

  17. March 2nd, 2012 at 18:17 | #17

    jadi ingat bulan puasa pak,, tiap hari ada kolak .. :)

    salam :)


    Buka puasa terasa kurang lengkap manakala tanpa kolak ya Mbak. Es Kolak

    [Reply]

  18. crazyhusband
    March 2nd, 2012 at 19:18 | #18

    kayanya kolak terkenalnya pas bulan ramadhan aja deh pak.. kalau sekarang mungkin jarang banget kali ya ngeliat kolak :D


    Kalo ditempat saya mudah mendapatkannya. Dipasar ada, dijajakan keliling juga ada

    [Reply]

  19. March 2nd, 2012 at 19:31 | #19

    kolak pisang, kolak waluh semua enak bergizi ya pak. Lha tahu tempe menu harian kami je. Salam


    Kalo tahu tempe nggak bisa menghilangkan haus Mbak

    [Reply]

  20. March 2nd, 2012 at 19:57 | #20

    Kolak oh kolak :) manis sekali


    Enak yg nggak terlalu manis

    [Reply]

  21. lidya
    March 2nd, 2012 at 22:43 | #21

    kolak enak ya pak tapi untuk mencegah kolesterol lebih baik tanpa santan :)


    Iya Mbak. Kalaupun ada santannya ya jangan kental2

    [Reply]

  22. March 3rd, 2012 at 01:46 | #22

    Kolak terkenal menjadi makanan selingan juga Pak. Dan bisa dicampur dengan kolangkaling dan jenis lainnya. Sukses selalu.


    Kolang-kaling kenyal & enak

    [Reply]

  23. March 3rd, 2012 at 11:09 | #23

    Ini makanan (makanan apa minuman ya?) kesukaannku sejak kecil :D
    Kolak apa aja aku suka, apalagi kalo pake es :D


    Minuman tapi bisa dimakan dan mengenyangkan Mas

    [Reply]

  24. March 3rd, 2012 at 12:49 | #24

    Hati-hati dengan kolak PakDhe. Bisa bikin Diabetes lho. Saya hanya saling mengingatkan :oops:


    Yg bikin diabetes kayaknya bukan kolaknya Bli

    [Reply]

  25. advertiyha
    March 3rd, 2012 at 15:43 | #25

    Minum makanan bergizi,,,
    hehhee, jadi iklan pak.. :)

    saya kurang hoby, tapi menikmati pak..
    apalagi kalo banyak ubinya, hehehe


    Ubi atau labu, enak sekalu karena empuk

    [Reply]

  26. March 3rd, 2012 at 16:03 | #26

    Pak Mister pindah ke sini to? yg ndot inpoh nya tu knp?


    yg info tewas, padahal PR 4 :D

    [Reply]

  27. March 3rd, 2012 at 23:44 | #27

    Pesan kolak singkong…dua mangkok


    Adanya plastik Mas

    [Reply]

  28. March 4th, 2012 at 08:21 | #28

    kalau nggak bulan puasa ya hampir sulit ditemukan…..


    Nek ning pasar Kendal banyak yg jual, sudah diplastiki

    [Reply]

  29. March 4th, 2012 at 17:53 | #29

    tetangga depan kami pernah ngasih kolak mie! kolak mie sodara2… dan ternyata rasanya enak sekali! :D


    Kolak mie atau so’un memang ada, kalo ditempat saya namanya “pistoban”

    [Reply]

  30. March 4th, 2012 at 23:16 | #30

    kalau kita cari di daftar buku memasak, kayanya kolak masuk di kategori minuman deh, Pak mars..Tapi sebenarnya memang harusnya masuk ke kategori makanan juga ya..


    Bener Mbak, kalau di buku resep masuk minuman.
    Tapi kitapun sering mendengar orang bilang “makan kolak”

    [Reply]

  31. ririe khayan
    March 4th, 2012 at 23:50 | #31

    Saya suka kolak yg isinya singkong/ketela…santannya sedkit/gak terlalu kental dan tdk terlalu manis…#kok jd kayak pesan ini ya


    Sama Mbak, saya juga suka kolak singkong, apalagi yang putih dan empuk. Santannya tidak kental

    [Reply]

  32. arif
    March 5th, 2012 at 04:41 | #32

    makanan sekaligus minuman, sejenis soto :D


    Iya, mirip soto

    [Reply]

  33. irmarahadian
    March 5th, 2012 at 12:23 | #33

    kolaknya ditambahi kolang kaling uenak njih pak…:)


    Injih Mbak, pakai ubi dan labu juga enak

    [Reply]

  34. March 5th, 2012 at 15:48 | #34

    kayaknya termasuk makanan kali pak .. karena sesudah makan kolak saya harus minum juga he he he


    Tapi setelah makan minum kolak, kadang juga dilanjut makan lho Mas

    [Reply]

  35. March 5th, 2012 at 19:00 | #35

    Assalamu’alaikum mas bro
    nah ini mantap nich,, kolak juga termasuk makan khas indonesia
    wwkkw


    Waalaikum salam

    [Reply]

  36. March 6th, 2012 at 22:53 | #36

    Saya paling senang dengan kolak pisang dan tape Pak, karena dapat menambah kesegaran stamina tubuh bila dimakan pada saat lapar.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Pisang, tape trus ubi dan labu juga enak Pak

    [Reply]

  1. March 10th, 2012 at 20:06 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~