The Power of Kolak

Fleksibel dan Luwes
Bisa disantap hangat2, bisa disimpan dalam almari pendingin. Luwes dan pantes dimakan siapa saja, kaya maupun yang miskin, tua maupun muda dan pria atau wanita. Karena demikian fleksibelnya sampai2 kolak itu bisa mengenyangkan seperti makanan dan bisa mengusir haus layaknya minuman.

Murah tapi Nggak Murahan
Belum pernah ada berita yang mengabarkan terjadi kenaikan harga kolak yang melambung sampai tak terjangkau oleh masyarakat. Dengan uang Rp. 500 bisa kita dapatkan kolak. Hebatnya lagi, meski murah tapi nggak murahan karena presiden kitapun pasti mengkonsumsi kolak juga.

Terkenal dan Universal
Siapa sich yang nggak kenal kolak. Tentu saja ini untuk kita yang di Indonesia. Kolak dikenal hampir disemua tempat di negara kita. Dari anak TK sampai lulusan S3 nggak ada yang tak kenal kolak.

Gampang dan Aman
Untuk bikin kolak nggak harus jadi koki. Bahannya mudah didapat, mulai dari pisang, labu, singkong, ubi, tape dan masih banyak lagi. Membuatnya mudah dan tanpa efek samping. Hampir tak ada orang yang berpantang makan kolak. Kalaupun ada, jumlahnya tak banyak.

Tiada Lawan
Kolak bener2 tiada lawan. Tempe dan tahu memang murah, tapi tak bisa hilangkan dahaga. Sate juga terkenal dan universal, tapi harganya mahal. Teh bisa diminum saat hangat maupun dingin, tapi tak cukup untuk mengenyangkan. Kalau bikin kembung sich bisa.

Jika diklasifikasi, kolak itu termasuk golongan makanan apa minuman?

37 thoughts on “The Power of Kolak

  1. Kolak, inget bulan puasa pak untuk makanan yg satu ini


    Iya Mas, pelengkap buka puasa

    [Reply]

  2. suka banget sama kolak pisang… srupp, malem2 gini jadi ngiler tingkat tinggi pak 😀


    Kolak memang enak diminum kapan saja Mbak. Siang bisa, malam juga bisa

    [Reply]

  3. Makanan donk Pak Mars..
    aku suka banget kolak..
    jadi kangen bulan puasa
    kenapa ya kalo bikin kolak di luar bulan puasa rasanya beda,
    karena suasananya mungkin ya Pa..


    Kolak emang erat hubungannya dengan bulan puasa. Buka puasa belum lengkap tanpa kolak

    [Reply]

  4. Kolak dicampur es sama susu, dihidangkan pas cuaca panas saat dahaga dan lapar menyerang, wah maksrruuutttt lahap 😀


    Saya malah belum pernah yg pakai susu itu

    [Reply]

  5. Kalau tinggal duduhnya hok disebut minum kolak
    Kalau ada duduh, telo, singkong, labu, kolang-kaling disebut makan kolak ha ha ha ha
    Kolak selalu menjadi primadona ketika bulan puasa.

    Bagi saya, tempe lebih membumi karena hadir setiap hari.

    Salam hangat dari Surabaya


    Enak lagi kalau minumnya disrutup Dhe, marem

    [Reply]

  6. Wah wah. Makanan enak nih.
    Eits lupa jawab pertanyaan. Kolak itu termasuk minum makanan bergizi sob.
    Jadi bisa dibilang minuman, bisa juga dibilang makanan karena ada pisang, singkong dan tapenya.
    Haus hilang perut pun kenyang.


    Kolak memang ada ditengah2 antara makanan & minuman

    [Reply]

  7. dua dua nya pa mars,,,
    bisa dibilang makanan bisa di bilang minuman


    Setuju Mas, tergantung kebutuhan ya

    [Reply]

  8. di bukik ada istilah “tukang kolak”
    sebutan buat tukang lobi.. pinter bersilat lidah untuk meloloskan tujuannya.
    katakatanya manis spt kolak dan mudah diterima oleh orang banyak.
    meskipun sudah tau ia ‘tukang kolak’ tapi biasanya kita rela aja mendengar ‘kolak’-annya
    mungkin sama dengan istilah gombal klo di jawa.

    demikian, mbahKung
    selamat hari jumat. 🙂


    Besok kalau dah pensiun, MbahKung mau jadi tukang kolak

    [Reply]

  9. ini adanya di bulan puasa nih.. eh banyaknya… memang enak manis manis dan empuknya pisang… hmmmmm


    Labu dan ubi juga enak dan sehat

    [Reply]

  10. Saya sukanya kolak singkok yang empuuuuuuk trus disajikan dingin-dingin. Hmmm….jadi pengennnn….

    (Eh, masak sih ada kolak 500 rp, Pak’e? Di bogor gadaaa 🙁 )


    Masih ada Mbak, isinya pisang, singkong dan ubi…

    [Reply]

  11. mbuat kolaknya cuman klo puasa…


    Disepanjang jalan dekat Java Mal kan ada yg jual

    [Reply]

  12. biasanya hanya makan kolak ketika bulan puasa aja 🙂


    Kalau saya seminggu sekali pasti makan kolak

    [Reply]

  13. jadi ingat bulan puasa pak,, tiap hari ada kolak ..
    🙂

    salam 🙂


    Buka puasa terasa kurang lengkap manakala tanpa kolak ya Mbak. Es Kolak

    [Reply]

  14. kayanya kolak terkenalnya pas bulan ramadhan aja deh pak.. kalau sekarang mungkin jarang banget kali ya ngeliat kolak 😀


    Kalo ditempat saya mudah mendapatkannya. Dipasar ada, dijajakan keliling juga ada

    [Reply]

  15. kolak pisang, kolak waluh semua enak bergizi ya pak. Lha tahu tempe menu harian kami je. Salam


    Kalo tahu tempe nggak bisa menghilangkan haus Mbak

    [Reply]

  16. kolak enak ya pak tapi untuk mencegah kolesterol lebih baik tanpa santan 🙂


    Iya Mbak. Kalaupun ada santannya ya jangan kental2

    [Reply]

  17. Kolak terkenal menjadi makanan selingan juga Pak. Dan bisa dicampur dengan kolangkaling dan jenis lainnya. Sukses selalu.


    Kolang-kaling kenyal & enak

    [Reply]

  18. Ini makanan (makanan apa minuman ya?) kesukaannku sejak kecil 😀
    Kolak apa aja aku suka, apalagi kalo pake es 😀


    Minuman tapi bisa dimakan dan mengenyangkan Mas

    [Reply]

  19. Minum makanan bergizi,,,
    hehhee, jadi iklan pak.. 🙂

    saya kurang hoby, tapi menikmati pak..
    apalagi kalo banyak ubinya, hehehe


    Ubi atau labu, enak sekalu karena empuk

    [Reply]

  20. tetangga depan kami pernah ngasih kolak mie! kolak mie sodara2… dan ternyata rasanya enak sekali! 😀


    Kolak mie atau so’un memang ada, kalo ditempat saya namanya “pistoban”

    [Reply]

  21. kalau kita cari di daftar buku memasak, kayanya kolak masuk di kategori minuman deh, Pak mars..Tapi sebenarnya memang harusnya masuk ke kategori makanan juga ya..


    Bener Mbak, kalau di buku resep masuk minuman.
    Tapi kitapun sering mendengar orang bilang “makan kolak”

    [Reply]

  22. Saya suka kolak yg isinya singkong/ketela…santannya sedkit/gak terlalu kental dan tdk terlalu manis…#kok jd kayak pesan ini ya


    Sama Mbak, saya juga suka kolak singkong, apalagi yang putih dan empuk. Santannya tidak kental

    [Reply]

  23. kolaknya ditambahi kolang kaling uenak njih pak…:)


    Injih Mbak, pakai ubi dan labu juga enak

    [Reply]

  24. kayaknya termasuk makanan kali pak .. karena sesudah makan kolak saya harus minum juga he he he


    Tapi setelah makan minum kolak, kadang juga dilanjut makan lho Mas

    [Reply]

  25. Saya paling senang dengan kolak pisang dan tape Pak, karena dapat menambah kesegaran stamina tubuh bila dimakan pada saat lapar.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Pisang, tape trus ubi dan labu juga enak Pak

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *