Tp, Tb, Kr, Bd dan O2

Dalam Ilmu Kimia dikenal tabel periodik unsur-unsur yang berisi nomor atom dan simbol tiap unsur misalnya Mn = 25; Fe = 26; Co = 27; Ni = 28 dll yang sifatnya baku dan berstandar internasional. Tabel ini mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan sifatnya.

Selain lambang tersebut, saat ini didaerah saya berkembang kode lain yang menyerupai lambang Kimia, misalnya Tp, Tb, Bd, Kr dan O2. Yang aneh adalah semuanya bernilai 2000. Jadi Tp = 2000; Tb = 2000; Bd = 2000; Kr = 2000 dan O2 juga 2000. Lambang apakah gerangan itu?

Itu adalah kode nasi kucing, nasi bungkus lengkap dengan lauk pauknya yang satu bungkus harganya 2000 rupiah. Tp = Tempe Penyet; Tb = Terong Balado; Bd = Bandeng; O2 = Oseng-oseng. Karena nggak ada standarisasi, maka kode tersebut acap kali mengecoh konsumennya.

Kode itu ditulis pada bungkusnya. Diwarung langganan saya, kode Kr adalah kode nasi lauk kering. Nah ketika saya ganti diwarung lain, ternyata Kr adalah kerang. Untung aja anak dan istri saya doyan kerang. Kalau nggak ada mereka, pasti saya buang karena saya nggak doyan kerang

36 thoughts on “Tp, Tb, Kr, Bd dan O2

  1. Wahahah…
    btw, kok murah amat ya pak, 2000???
    disini, goceng aja gak dapet!! 😀


    Malah ada yang seribuan dan seribu lima ratus Mas

    [Reply]

  2. Yaudah lain x makan bareng saya jg ya pak biar jatah kerangnya buat saya juga 😛


    Ya nanti kita bikin janji… 😀

    [Reply]

  3. wahaha…aku juga gak doyan kerang pak… wew, unik juga nasi kucingnya. tapi ngebingungin!


    Ada banyak pilihan lain Mbak…
    Ikan asin dan sambelnya gratis

    [Reply]

  4. kok sama sih pak eM, saya juga tidak suka kerang tuh 😀

    EM


    Eneg Bu, kalau lihat kerang 😀

    [Reply]

  5. dengan = 2000, saya percaya di tempat kami akan buangkrut. saya usul jadikan = 7000, ada untungnya duikit.


    Malah masih ada yg 1000 dan 1500 Pak

    [Reply]

  6. Nasi kucing itu kan porsinya seutil banget, habis berapa bungkus sekali makan pak? Di jkt sini ada juga nasi uduk ngetop yg seukuran nasi kucing, sekali makan bisa 2 atau 3 pincuk. Jatuhnya mahal juga pak


    Kalau saya 2 sampai 3 bungkus Mbak

    [Reply]

  7. kalau di slawi nggak ada tulisannya, Pak. cuma beda tutupnya (daun sama kertas) 😀
    kalau dibuat rumus mungkin seperti ini kr=kertas=oseng tempe. dn=daun=sambel teri 😀

    nuwun, Pak..


    Kalau di Kendal pakai daun baru kertas, entah koran entah kertas minyak dan ditulisi spidol Pak

    [Reply]

  8. wah keren juga tuh gan postingan nya, kode2 nya kgreatip gan , kalau di daerah saya saya ada kode tuh kodenya TO= tutug oncom . heheh harganya 3000,plus lauk pauknya


    Kalau di Jawaq Tengah variasinya banyak banget Mas

    [Reply]

  9. Sekali makan abis berapa bungkus, Pak? Ketoke kok ra maregi gitu 😳


    Dua sampai tiga Mbak…

    [Reply]

  10. di tempat saya, kayaknya jarang ada nasi kucing berkode kayak gitu


    Untuk yg nggak banyak variasi lauk dan langganannya sudah tetap itu2 saja, maka kode nggak perlu lagi Mbak

    [Reply]

  11. Kalo bahasa ditempat saya … pake bahasa Karet Pak Mars …

    Karet satu ndak pedes
    Karet dua itu setengah pedes
    Karet tiga itu pedes banget …


    Kalau karet biasanya untuk rujak atau pecel atau nasgor Om…

    Apapun lauknya

    Hahahaha

    Salam saya Pak Mars

    [Reply]

  12. Perlu adanya konferensi untuk menyamakan kode-kode itu…kalau perlu dibuat SNI aja biar nggak keblosok Pak Marsudiyanto…


    Perlu Standar ISO Mas 😀

    [Reply]

  13. Hahahaha,… saya ko’ baru tau nasi kucing Pakdhe. Soalnya ditempat saya tak ada yang menjual nasi murah, apalagi cuma 2000 😀


    Dulu adanya di Jogja, tapi sekarang ini ada di banyak kota…

    [Reply]

  14. Sudah lama gak makan nasi kucing, di tempat saya pernah nangkring beberapa penjualnya ada yang pake kode, tapi ada juga yang sudah apal, ga perlu kode-kodean


    Iya Mas…
    Ada yg pakai kode, ada yg nggak.
    Kalau pelanggannya rutin, kayaknya nggak perlu kode2

    [Reply]

  15. kalo di daerah tasik malay gak ada Tp, Tb, Bd, Kr dan O2.cuman adanya TO yaitu tutug oncom yang harganya paling 4000;00 sama lauk pauknya


    Berarti murah didaerah saya Mas

    [Reply]

  16. Saya jadi curiga sebenarnya yang kreatif penjual nasinya atau pak Mars? Ha ha ha …

    Di desa saya namanya nasi banting, bukan nasi kucing.


    Kalau lagi makan saya nggak bisa kreatif Mbak… 😀

    [Reply]

  17. yang pasti lambang-lambang bernilai 2000 itu menyehatkan dan efek kimiawi mengenyangkan pak mars 🙂


    Iya Mbak
    Murah meriah dan nggak bikin muntah

    [Reply]

  18. Salam Takzim
    Baru tau pak nasi kucing ada kodenya, kalau ditempat saya disingkat galon dan ganas untuk nama gado-gado lontong dan gado-gado nasi, hebat ya pak
    Salam Takzim Batavusqu


    Gado2 pasti lebih mahal ya Bang

    [Reply]

  19. eh iya pa, masing2 warung biasanya beda2 kodenya, tapi kalok saya pilih nanya dulu ke penjualnya

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *