Tumben

Ketika seseorang melakukan sesuatu di luar kebiasaannya, maka orang tersebut sering dikomentari dengan kata “tumben“. Ambil contoh misalnya Dedy Corbuzier pakai seragam abu-abu putih, pasti banyak yang komentar : “Tumben Si Dedy nggak pakai jubah hitam“.

Meski sama2 keluar dari kebiasaan, tumben beda dengan anti biasa. Tumben itu di luar kebiasaan dia sendiri sedangkan anti biasa adalah di luar kebiasaan umum. Tumben hanya terjadi sekali tempo sedangkan anti biasa bisa berlangsung lama dan terus menerus.

Ketika Pak SBY tertawa ngakak itu tumben, karena biasanya beliau ini cuma senyum. Tapi jika beliau ini main game online, itu baru anti biasa namanya karena secara umum orang seusia beliau ini sudah pensiun dari main game. Apalagi game online

Bicara tentang dibilang tumben, saya juga sering menerimanya. Ketika nulis panjang, saya dibilang tumben karena biasanya pendek2. Juga ketika nulis tentang lagu, ada yang bilang tumben. Sampai2 ada yang bertanya, ada apa dengan saya

Kalau nulis panjang itu saya akui memang tumben, tapi yang tentang lagu itu tak demikian. Saya suka lagu & hoby nyanyi. Ngomong2, pernahkah sahabat dibilang tumben?

47 thoughts on “Tumben

  1. Tumben paling nohok yang aku terima sih, tumben cantik…


    Meski belum pernah kejadian, tapi tumben yang paling menohok buat saya adalah ketika ada yg bilang: “Tumben lelaki…”

    [Reply]

  2. Pernah Pak Mars …

    begini bunyinya … “tumben … om nh kok ndak ganteng seperti biasa ???)”

    (qiqiqi …)(om-om nekat)

    salam saya Pak Mars


    Tumben Om NH nonton film horor… 😀
    Dan tumben Om NH nggak sedakep

    [Reply]

  3. klo aq kadang ada yang nanya, “tumben rajin posting..?”
    #tapi itu dulu, skrg gak ada yg nanya krn gak pernah posting 😛

    yang antibiasa harusnya tak mengenal kata tumben.
    karena tumben adalah hal biasa bagi mbahKung.


    Tumben balasan dari saya warnanya biru 😀

    [Reply]

    Anton Reply:

    Hahahaha…bisaaaaa aja pak Mars


    Saya kan serba bisa 😀

    [Reply]

  4. Pernah kok Pak saya dibilang tumben sama teman,waktu itu saya lagi mau ke Kampus dengan kemeja tapi kal ini tidak saya pakai kaos ,jadi dibilang tumben pakai kaos ke kampus biasanya pakai kemeja 🙂


    Yang pasti kita amat sering dikomentari “tumben” ya Mas

    [Reply]

  5. Hahaha tumben selamat hari minggu-nya kupu2 biru, biasanya cewek yang cantik itu lohh pak…


    Kalau Minggu ceweknya libur Mas

    [Reply]

  6. Tumbeen….kata-kata ajaib. Abis ngomong tumben, biasanya diselingi geleng-geleng kepala


    Hahahaha
    Iya ya…
    Belum pernah liat orang bilang tumben sambil ngangguk2

    [Reply]

  7. kl saya sih kl dtg telat ke sekolah psti dbilang tumben pdhl g srg pagi2 bgt jg sih hihihi


    Berarti orang2 itu mengamati kita

    [Reply]

  8. Kalau bahasa kampungku selain tumben, kadingaren pak Mars 🙂

    contohnya: kadingaren ngetok, biasane ndekem neng njero omah.


    Sama, di daerah saya juga dikatakan begitu Mas…

    [Reply]

  9. Wahaha, tumben ya , Pak?
    Beberapa kali saya mendengar celotehan “tumben” dari teman.
    Seperti, “Tumben pakai celana panjang, Mbak”
    Haha, dia ga tahu kalau saya suka gonta-ganti rok dan celana panjang. Begitu sekali saja lihat saya pakai celana panjang terus komentarnya.. tumben :mrgreen:

    O ya, Pak Mars.. ada sebuah award yang bisa dibawa pulang. Sekadar meneruskan 🙂
    Silakan ditengok di http://asree84.wordpress.com/2013/03/01/kado-dari-nada-hati-very-inspiring-blog-award/

    Salam tumben #eh 😆


    Asal nggak dibilang: “Tumben nggak pakai celana…”
    ==========================
    Segera ambil award

    [Reply]

  10. tumben aku mampir disini dan tidak ngasih link blog ku 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan


    Meski tanpa link saya sangat hafal dengan kata2nya 😀

    [Reply]

    Sugeng Reply:

    salam hangat dari Tahanan
    😆 :mrgreen: 😀 🙂 🙂 😀 :mrgreen: 😆 😆 :mrgreen: 😀 🙂 🙂 😀 :mrgreen: 😆 😆 :mrgreen: 😀 🙂 🙂 😀 :mrgreen: 😆


    Tahanan Rumah apa tahana kamar Mas?

    [Reply]

  11. Njanur gunung, Kadingaren!


    Kata2 ini sering digunakan Pak Manthous dalam lagu campursarinya

    [Reply]

    budies Reply:

    iya betul, saya sering juga mendapat sapaan njanur gunung pak, terutama kalau lama gak jalan-jalan ke sodara sodara


    Orang Kalimantan pasti nggak ada yg bilang njanur gunung ya Pak…
    Nek wong nJeporo bilangnya “dungaren”

    [Reply]

  12. sering dibilang tumben apalagi kalo saya baik sama orang trus ujungnya mereka bilang pasti ada maunya, padahal saya iklas, hahahhahah


    Berarti sering nggak ikhlas 😀

    [Reply]

  13. asalamualaikum
    ya jelas kalau sesuatu yang tidak pernah dilakukan seperti biasanya pasti dikomentari tumben


    Waalaikum salam…
    Kita pernah dikomentari dan pasti pernah mengomentari ya Mbak

    [Reply]

  14. Pernah Pak, wkt itu gara2nya aku ga ikutan nyebur pdhl aku sk renang bqt dan kynya sering jg dibilang tumben deh hehehe


    Bilang “tumben nyebur” pada orang pasti juga pernah kan?

    [Reply]

  15. Sekarang jarang, Pak. Bukan karena saya melakukan hal-hal yang monoton, akan tetapi saya milih-milih orang yang bisa mengatakan ‘tumben’ kepada saya 🙂


    Pak Makhali termasuk nggak Mbak 😀

    [Reply]

  16. Kl tumben yang gak enak pernah dan ingat terus Pak.. “tumben durung mangan” Maksudnya apa coba Pak.


    Maksudnya sering menghabiskan jatah orang lain

    [Reply]

  17. Dulu ….
    Tumben bulan Maret (mak ret) hujan nggrejih tiap hari.
    Sekarang …. pola hujan kurang jelas
    Salam


    Kalau sekarang lain lagi Bu…
    Tumben musimnya normal
    (Biasanya musimnya nggak normal)

    [Reply]

  18. Suami, Pak. Sering ngomong, ‘Tumben nggak cerewet kayak biasanya?”
    Tumben tapi kok sering iki pie, jal? Hihihihihihihi…


    Sering kok dibilang tumben itu hanya untuk menyenangkan istri…

    [Reply]

  19. apakah tumben sama artinya dengan kebetulan ????


    Tumben sangat beda dengan kebetulan, karena bisa saja sesuatu yg tumben itu justru telah direncana

    [Reply]

  20. Kalo ada teman yang biasa main ke rumah dan mendapati saya bercelana, kemungkinan besar dalam hatinya akan berkata atau dikatakan secara langsung, “Tumben, Mas, biasanya kan selalu pake sarung.” Hehehe….


    Bukan hanya temannya yg bingung Mas…
    Celananya juga bingung dan bilang: “Tumben saya dipakai”

    [Reply]

  21. Saya pun ngga pernah nyanyi, apalagi kalau sampe kedengeran nyanyi di kamar mandi. Itu tumben apa pertanda, ya Pak? 🙂


    Kalau itu kurang PD Mas

    [Reply]

  22. kayaknya ini saya tumben juga ya, pak?


    Wah, lama nggak update blog tiba2 datang kesini Mas…
    Kenapa Blog Gambar Kebonya dibiarkan?

    [Reply]

  23. hahahah biasanya saya lebih suka nongkrong di dalam ruangan..saat keluar nongkorng di jalan sambil rokoan..teman2 bilang.. Tumben kamu Bud..lagi penat yach? padahal saya nongkrong nunggu orang lewat mau saya hunting xixixixi


    Kalau nggak bawa kamera pasti dibilangin tumben ya Bli

    [Reply]

    Budi Arnaya Reply:

    Tumben ngak bawa kamera Bud..hahahah


    Kemari bawa kamera untuk motret NormanKamaru

    [Reply]

  24. Saat pengen pake rok, ada yg bilang: Tumben pake rok..
    Biasa pke celana panjang je…
    Hehe


    Paling tumben kalau pakai sarung Mbak 😀 😀

    [Reply]

  25. Gyahahahahaha…… sesuatu yang tumben tentu menimbulkan tanya. Jika berdekatan kadang-kadang sembari megang dahi, anget apa gak? Wahahahahaha….. 😆

    (ngguyu sambil ndelik 😆 )


    Biasanya semua yang dibilang tumben itu nggak nyaman buat kita…

    [Reply]

  26. Mbak Lies tumben mampir ke sini….. 🙂


    Hahahahaha
    Nggak tumben kok.
    Kan di sini ada CCTV nya dan terpantau sudah beberapa kali kesini, jadinya ya nggak tumben

    [Reply]

  27. Kayaknya pernah, tapi ga ingat tentang apa.
    Biasanya sih yang berhubungan sama sifat pelupa, misalnya kalo sekali ga ketinggalan sesuatu di kampus pasti pada bilang, “tumben.”


    Saya juga sering lupa Mbak.
    Kalau ingat A lupa B, kalau ingat B lupa C dan kalau ingat C lupa A

    [Reply]

  28. Saya sering dibilang tumben. Apalagi kalo dibilang tumben pas melakukan hal baik, misalnya tumben datang ke kantor pagi-pagi. Padahal kan ya saya udah sering datang pagi. Dianya aja yang nggak perhatian kalo saya udah dateng. *malah curhat*


    Yang bilang tumben itu pasti justru yg sering datang siangan Mbak, makanya dia nggak pernah tau kalau kita sering datang pagi 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *