Ujian



Setiap kita tentu pernah mengalami fase yang bernama ujian, entah yang terjadwal dan terencana maupun yang datangnya tiba2, entah ujian dalam arti sebenarnya maupun dalam arti kiasan.

Dan April ini, murid saya akan menjalani ujian yang bernama UN. Tentang UN ini tiap individu menyikapinya secara beda2. Ada yang biasa saja tapi banyak pula yang mendramatisir menjadi sesuatu yang mencekam layaknya darurat perang.

Saya sendiri malas membahas penting tidaknya UN, karena setuju atau tidak, nyatanya pemerintah tetap mengadakan UN. Daripada waktu dan energi terbuang percuma hanya untuk memperdebatkan UN, lebih baik saya pakai untuk mempersiapkan murid saya agar siap menghadapinya.

Kepada murid selalu saya tekankan bahwa UN itu rutinitas tahunan layaknya musim hujan. Hanya satu kata kunci yaitu persiapan!. Kalau persiapannya baik, maka segalanya akan berjalan seperti rencana. Doa pastinya iya, tapi yang namanya doa kan memang harus dan nggak hanya dilakukan saat mau ujian saja.

Persiapan sudah kami lakukan, doa juga sudah kami panjatkan. Untuk lebih memantapkan, maka saya mohon bantuan doa dari sahabat semua agar dalam menempuh UN nanti murid saya berhasil. Dan karena di April ini saya, istri saya dan anak sulung saya ulang taun (meski nggak dirayakan), maka mohon didoakan juga agar keluarga kami selalu dalam lindunganNya.

Sebagai ungkapan terima kasih, saya telah mempersiapkan bingkisan sederhana berupa 10 (sepuluh) paket masing2 terdiri dari sepasang buku seperti gambar dibawah. Penginnya sich semuanya dapat, tapi karena jumlahnya terbatas maka hanya cukup untuk 10 sahabat saja.

Karena ini bukan kuis maka tak ada syarat yang harus dilakukan kecuali meninggalkan jejak di blog ini dan semua akan diundi. Batasnya sampai penghitung waktu mundurnya habis, yaitu saat UN dimulai (18 April 2011). Pengundian dan pengumuman dilaksanakan hari berikutnya.

Semoga kita selalu sehat, bahagia dan sejahtera.

72 thoughts on “Ujian

  1. ada perubahan soal penilaian UN gak pak?
    atao UN menjadi Syarat mutlak kelulusan?
    ada parameter lain gak?
    thanks..

    [Reply]

  2. Bahagia rasanya kalau bisa lulus dari ujian yang berat 🙂


    Kita semua pasti pernah alami ujian berat…

    [Reply]

  3. Pingback: metaMARSphose » Undian
  4. Jika tahun 2010 adalah tahun penuh ujian dan kejutan, maka tahun 2011 adalah tahun harapan, termasuk harapan untuk mendapat kiriman buku bagus ini.


    Ditunggu aja

    [Reply]

  5. hihihiihih… sip om, bikin kuis… mudahan aku keluar dari kaleng susu *nyontek istialh pakde.. hihihihii…

    anyway, aku lama banget gak kesini… 😛


    Nanti nggak pakai kaleng Mas

    [Reply]

  6. eh kuis?
    mau dong pak …
    ayo diundi ya diundi ..
    dibantu ya dibantu …
    keluar nomer : 93 hehehe


    Ini bukan kuis tapi komentar berhadiah 😀
    Semoga Mbak niQue beruntung

    [Reply]

    niQue Reply:

    eh iya ding bukan kuis
    maapken saya pak guru, jarinya kepleset 😀

    [Reply]

  7. SEmoga saya dan seluruh siswa/siswi di Indonesia ini bisa lulus UN dengan hasil yang baik…amin…. ^_^


    Makasih

    [Reply]

  8. Dalam mengarungi kehidupan ini tentu mas Marsudiyanto sekeluarga juga pernah mendapatkan ujian dari Allah swt dan menyikapinya dengan cara yang beraneka macam.

    Saya sekeluarga mengucapkan selamat ulang tahun kepada panjenengan sekeluarga semoga diberi panjang umur oleh Allah swt beserta piranti kesehatan yang prima, kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki yang ditopang oleh pilar keimanan dan ketaqwaan yang kokoh-kuat.

    Mugi panjenengan tansah dipun paringi kasugengan, kanugrahan, kamulyan dalah karaharjan , cinelakaken rejeki ingkang katah-malimpah halan lan barokah, kosok wangsulipun tinebihaken saking bilai lan sarusiku. Amin ya rabbal ‘alamiin.

    Salam hangat saking Suroboyo.


    Matur nuwun doanya Dhe…

    [Reply]

  9. Semoga kakak-kakak kelas 3 di SMA Negeri 1 Kendal, dapat LULUS UN dengan nilai yang termaksimal mungkin, dan tentunya untuk semuanya. Amin 😀 🙂

    [Reply]

  10. setuju itu pak guru,tergantung gimana kita mensikapi unas.tp yaang penting memang persiapannya harus matang terutama persiapan mental anak anak,karena kalau soalnya khan mirip dan hampir sama dengan tahun sebelumnya.semoga yang ikut unas lulus 100% dan murid serta keluarga anda selalu sehat ..amin

    [Reply]

  11. waaaa iya yah tanggal 18 april ini udah mau UN >.<
    kemaren sempet smsan sama seorang temen yg udah saya anggep adek, dia mau UN.
    semoga murid2 di Indonesia yg mengikuti UN bisa lulus, lancar dalam mengerjakan semua ujiannya, dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah, semoga diberi kemudahan dalam menjalankan UN.
    untuk istrinya pak mars dan anak sulungnya pak mars, saya ucapkan doa juga. semoga senantiasa berada dalam lindungan Allah. dan diberikan kelancaran dalam semua urusan dunia dan akhiratnya. amin 😀

    [Reply]

  12. semoga murid2nya pak mars sukses dalam menghadapi UN. Saya termasuk orang yang tidak setuju lho pak…tapi apa boleh buat….sebagai rakyat biasa, ikutan ajalah…yg penting jangan bikin stress si anak


    Makasih Mas…

    [Reply]

  13. Pingback: metaMARSphose » Untung Tiga Belas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *