Valid CSS, Perlukah?

Valid CSS, Perlukah?
Jawabannya perlu, tapi belum saya lakukan.

Knapa?
Ya kalau dari ribuan kode ada nggak validnya dikit2 kan lumrah. Ibarat makanan, mana ada sich yang 0% bakteri. Kalaupun ada, mbikinnya musti diintip pakai kaca pembesar. Lha wong manusia yang labelnya makhluk paling sempurna saja kalau di general check up ya pasti ada penyakitnya kok. Apalagi cuman sebuah blog.

Pengin CSS nya valid apa enggak sich?
Ya pengin. Edan opo, sempurna kok nggak pengin itu gimana. Tapi ya itu tadi, belum terlalu risau dan merisaukan. Ditambah lagi ada Panca Alasan lain yaitu :

  • Pertama, saya tidak paham caranya
  • Kedua, saya tak merasakan apa2 dengan ketidakvalidan blog saya
  • Ketiga, pernah coba membetulkan, nggak makin baik tapi malah tambah bubrah
  • Keempat, saya tak ingin terbebani oleh hal2 yang nggak krusial
  • Kelima, saya tak mau bolak-balik cek kevalidan tiap habis lakukan sesuatu pada blog kita

Idealnya sich memang valid, tapi kalau nggak bisa mau bilang apa?. Nggak valid2 amat juga nggak apa2. Kata Almarhum Pak Harto “Nggak Valid CSS, Nggak PathΓ¨ken !”.

Selamat buat yang blognya valid CSS, tenang aja buat yang blognya nggak valid seperti saya. Saya tak mengatakan nggak penting. Ini cuman untuk menghibur diri sendiri dan orang lain yang sudah berusaha tapi nggak bisa2. Itu saja !.

26 thoughts on “Valid CSS, Perlukah?

  1. ada yang menganggap penting, ada juga yang nggak, pak mars. tergantung kebutuhan. kalau mau mengarah ke standar web, minimal css-nya ndak ada yang error. kalau hanya sekadar warning ndak ada masalah. saya sendiri masih banyak warningnya, pak, sing penting error-e gak kakehan, haks.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya Pak…
    Mungkin kalau punyak saya ini valid, PageRanknya sudah 6… πŸ˜€

    [Reply]

  2. memang tidak ada keharusan kalau setiap blog harus valid CSS-nya (juga HTML), tapi emang sebaiknya iya, atau minimal ya diminimalkan error-nya. Blog saya juga ndak valid kok pak, karena beberapa elemen yang browser specific seperti misalnya -moz-border-radius atau -moz-transform dll-nya masih belum valid menurut W3. Jadi ya kesimpulannya, yang penting blog tampilannya normal, niru ucapannya Gus Dur “Gitu aja kok repot” πŸ˜€

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya pernah nyoba membetulkan malah jadi bubrah Mas…

    [Reply]

  3. Ndak semua CSS terdukung ke blog kita, tapi santai aja, tulisan itu masih tetap bisa mengalir dari jiwa ya mas, CSS tak menentukan masa depan dunia blogger, CSS tak menentukan mutu seorang blogger, yang penting semangat dan mau baca serta menulis, jangan pernah lelah untuk belajar

    makasih atas penyegarannya

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu Dia Mbak…
    Saya pernah nyoba memvalidkan tapi malah beberapa pluginnya ilang… πŸ˜€

    [Reply]

  4. ada yang menganggap penting, ada juga yang nggak, pak mars. tergantung kebutuhan. Kalau saya belum mudeng, dipaksakan ya jadi mubeng

    [Reply]

    Mars Reply:

    Podo mubenge Pak…
    Aku rak paham blas

    [Reply]

  5. kalau bagi saya yang penting tulisan bisa dibaca dan dikomentari. gitu aja kok repot.
    saya berkata demikian karena untuk menghibur diri habis nggak valid valid sih

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya Mas Endar…
    Sing penting komentare valid rak uwis… πŸ˜€

    [Reply]

  6. Pingback: Tweets that mention Valid CSS, Perlukah?: Valid CSS, Perlukah?Jawabannya perlu, tapi tidak saya lakukan. Knapa? Ya kalau dari ribuan ... -- Topsy.com
  7. waduh…ini ilmu tingkat tinggi, saya blom mengerti tentang beginian hehe….tapi klo masalah sempurna saya belom setuju. karena sempurna menurut saya adalah : terpenuhinya apa yang saya inginkan dan juga menjadikan saya tidak kepingin apa – apa lagi. dan perasaan…yang bisa begini adalah orang yang mati hehe…mereka sudah terpenuhi perjuanagnya di dunia. sudah penuh derita dan bahagianya. sudah nggak kepingin apa – apa lagi. (hanya pendapat pribadi hehe….).

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mungkin sudah sempurna tapi KW 2… πŸ˜€

    [Reply]

  8. begini lo mas, klo semakin valid maka ada beberapa keuntungan nya misalnya web akan semakin mudah di index oleh mbah google, web akan semakin ringan dan web akan mengikuti standart CSS. Semakin valid maka seorang web disainer semakin dianggap jago.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas…
    Saya setuju sekali.
    Hanya saja saya kesulitan dalam memvalidkan

    [Reply]

  9. buat saya masalah valid gak nya no problem selama bisa masuk dan cocok buat diterapkan di blog

    [Reply]

  10. vaLid CSS emang gampang-gampang susah..
    kaLo postingan butuh style pseudo, kadang bingung sendiri.. πŸ˜€

    seLamat siang Pak..
    apa siang ini KendaL sepanas Semarang?

    [Reply]

  11. aku biyen tau ngecek, enek sing abang… enek sing kuning.. tapi bingung arep mbenerne carane piye… yowis babahno, wong dibukak jik tetep apik ae… sing penting gambar vectore to ndaaa..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *