Yang Gratis, Yang Ekonomis Tapi Tampil Modis

Maksimal tidaknya tampilan sebuah blog tak sepenuhnya ditentukan oleh platform yang dipakai tapi lebih kepada bagaimana platform tersebut dikelola. Yang gratis dan ekonomis kalau dipermak dengan serius juga bisa tampil modis dan nggak kalah jauh dengan yang berbayar.

Platform Blog itu ibarat sebuah kendaraan. Sebagus apapun merk dan mesinnya tapi kalau tidak bisa memaksimalkan ya akan berjalan biasa2 saja. Platform wordpress yang gratis tapi jika dipermak dengan sungguh2 juga bisa tampil sesuai selera kita dan nggak kalah jauh sama blogspot.

Saya juga punya blog berplatform wordpress di marsudiyanto.wordpress.com yang tampilannya tak kalah semarak dibanding blog utama ini. Di blog gratisan tersebut tak ada kendala berarti untuk bikin postingan tiga koloman (format koran), pasang TV, pelihara hamster dll. Pokoknya hebatlah…

Untuk sahabat yang blognya berplatform wordpress.com, sekaranglah saatnya bikin dekorasi blog kita agar tampil beda dan anti biasa. Kita tunjukkan bahwa yang gratis juga bisa eksis.

50 thoughts on “Yang Gratis, Yang Ekonomis Tapi Tampil Modis

  1. Saya pengen yang biasa saja, pak Mars … :mrgreen:

    Jangan yg biasa…

    [Reply]

    Erwin Reply:

    gitu ya pak…. 😉

    [Reply]

  2. komentar:
    saya juga punya yang lain di andymse.wordpress.com, dan seperti biasanya selera saya tampilannya ya kaku saja… 🙂

    Wis tak inguk2 Pak

    [Reply]

  3. banyak banget blog bapak, 😀

    Kayaknya saya termasuk yg miskin blog Mas…
    Cuman 3.
    Blogspot 1, wordpress.com 1 dan yg berbayar 1

    [Reply]

  4. Pingback: The Power of Blog and Award | Azaxs Dot Net
  5. selalu anti biasa! keren pak..

    eh anu pak, wonten award kagem jenengan, jenengan kunjungi blog kulo.. suwun.. 😆

    Nggih Mas…

    [Reply]

  6. kalau saya always gratisan….baik yang di wp maupun yg di blogspot…gratisan belum tentu murahan…

    Setuju…

    [Reply]

  7. Meskipun gratisan tp bisa tetp gaya dan eksis gitu ya Pakde Om..
    hehehhe
    ikutan Mbak Hani

    Iya Mbak… 😀

    [Reply]

  8. kalo di wp, ngilangin border tabel bagaimana pak? tak otak-atik kok tetep kagak mau. ditunggu pencerahannya

    Itu diatasi nggak pakai tabel tapi pakai syntax div Mas…

    [Reply]

  9. Wuih..berarti blognya mas yang satunya lagi habis di oprek besar2’an nih 😀
    Jadi gak sabaran pengen lihat 😀
    Langsung ke TKP ah 😀

    [Reply]

  10. Saya nyebut … Blognya Pak Mars yang di WP itu
    sebagai … Laboratorium … tempat praktikum …
    hahaha

    very nice pak …

    Salam saya

    [Reply]

  11. Saya pakenya juga gratisan terus, mulai dari blogging tool ampe templatenya. Tapi hostingnya bayar sih. Pernah bikin akun wordpress.com ama blogspot.com tapi malah ga inget passwordnya apa.

    Abis cek TKP, mobilnya bikin ngakak abis…

    [Reply]

  12. Saya punya berapa blog ya pak guru? Smua biasa saja ya. Tar tak pelihara hamster juga ah.

    [Reply]

  13. beneran manstab neh pak, karena selama ini untuk yg free services seperti wordpress.com dan blogspot saya hanya pakai untuk meng-support web utamanya agar cepat diserap search engine.. jadi untuk tampilan saya tidak begitu memperhatikannya, yg penting asal ada saja seh…

    btw thx, nice post

    [Reply]

  14. Dibanding blogspot, menurut saya tampilan wordpress memang lebih terbatas ( karena saya awam tentunya ), karena itu saya bertahan diblogspot, tapi melihat peluang ini saya perlu mencoba membuka blog wordpress lagi.

    [Reply]

  15. betull pak mars.. gratis gak selamanya gak bs eksis.. banyak malahan narablog yg masih pake blog gratisan tp PR malah dah PR 4 dan PR 5 😀

    [Reply]

  16. pengen bisa bikin yang ekonomis tapi modis, ajari pak.. *heleh, minta belajar mulu, dah dipraktekin blm??* hihihihi

    Mari belajar bersama 😀

    [Reply]

  17. Tapi jangan didekorasi berlebihan sehingga ngga akan memperlambat loading blog…

    Itu hanya untuk menunjukkan bahwa bisa di macem2in Mas…

    [Reply]

  18. PakDhe Om benar..beberapa waktu yang lalu Hani sempat diajarin pakai postingan kek koran yang berkolom-kolom sayang Hani kurang telaten belajarnya…kebetulan sepupu seorang web designer yang biasa otak-atik HTML meski agak pelit berbagi…padahal saat itu dia lagi gak pelity, heeeee

    Anyway…sudha banyak belajar dari blog ini…

    [Reply]

  19. setuju pak, nggak mutlak harus self hosted WP ya pak, kemaren sempat nyasar blog tetangga dengan platform blogspot saja, sudah keren, “tamu sedang online= 160” wahhhh benar benar kagum….

    [Reply]

  20. Ah, tulisan Pak Mars ini membuat saya kembali bimbang untuk pindah ke WordPress yang berhosting sendiri. Selama ini saya memang berprinsip seperti itu, Pak. Biar gratisan, tapi tampil antibiasa. Tapi, entah sejak kapan kok pikiran bahwa gratisan itu murahan merasuki benak saya. 😀

    Tergantung pengelolaannya Mas

    [Reply]

    Warung Bebas Reply:

    Kalau gitu saya murahan…. hiks…

    [Reply]

  21. marsudiyanto.wordpress.com persis dengan blog ini, kalau yang pegang Pak guru memang pasti mangstab!

    [Reply]

  22. Mau ke TKP, terus sambil belajar menghias blog… hahahahaha… tapi om, saya pernah pasang ini itu, kok malah pusing liatnya ya? akhirnya saya malah copoti, hihihhihiii…

    Kalau saya suka pasang2…

    [Reply]

  23. bagi saya tampilan bukan masalah utama yang penting kan pesan kita tersampaikan, dan yg lebih penting lagi adalah rajin update artikel spt blog pak mars ..:)

    Iya Mas…
    Ada jenjang2 mana yg harus didahulukan

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *