Home > Ekspresi > Yuyutsu

Yuyutsu

April 29th, 2010 Leave a comment Go to comments

Dari kecil saya akrab dengan yang namanya Wayang Kulit karena Mbah saya memang punya 2 kotak wayang lengkap dengan gamelannya. Dengan pengalaman itu saya merasa begitu hafal dengan tokoh2 dalam pewayangan. Tapi ternyata saya salah besar. Ada banyak nama wayang yang asing ditelinga saya. Saya menyadari hal ini setelah membaca Ensiklopedia Tokoh2 Wayang edisi Lux setebal 447 halaman kiriman dari GusKar beberapa saat yang lalu.

Salah satu nama wayang yang baru saya tau adalah Yuyutsu. Sekilas seperti Bahasa Jepang, tapi ternyata itu adalah nama tokoh wayang. Keunikan lain dari Yuyutsu adalah bahwa nama itu dimiliki oleh dua wayang yang berbeda. Pertama dipakai oleh anaknya Arya Widura dan yang kedua dipakai anaknya Destarata yang merupakan bagian dari 100 Kurawa. Tapi ya nggak masalah, lha wong di Indonesia saja ada ratusan orang yang pakai nama Suharto dan itu sah2 saja.

Terima kasih yang tak terhingga saya sampaikan pada GusKar yang telah mengirimi saya sebuah buku indah yang mampu membangkitkan kenangan lama saya sekaligus membuka cakrawala pemahaman saya terhadap wayang yang ternyata belum seberapa ini.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. April 29th, 2010 at 07:11 | #1

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya juga baru tahu kalau dalam pewayangan ada tokoh yang bernama Yuyutsu.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Masih banyak nama lain yg aneh2 Mas

    [Reply]

  2. April 29th, 2010 at 07:13 | #2

    2(maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Bahkan dua sekaligus…

    [Reply]

  3. guskar
    April 29th, 2010 at 07:22 | #3

    hi..hi.. saya juga baru tau pak setelah baca buku itu.
    dulu waktu menghapal nama2 anggota kurawa kata kuncinya dengan “dur” : duryudana, dursasana, durmagati, durmuka, dsb, atau dengan “citra” seperti Citraksa, Citraksi, Carucitra, Citrayuda, atau Citraboma :P

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bapaknya Kurawa aja mungkin nggak apal nama anak2nya Gus…
    Trims Bukunya… :D

    [Reply]

  4. Advenda
    April 29th, 2010 at 07:53 | #4

    wah² merasa malu karena kurang mengetahui soal perwayangan :)

    [Reply]

  5. riFFrizz
    April 29th, 2010 at 08:18 | #5

    Namanya cukup aneh juga ya ? YUYUTSU

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mirip Ninjitsu…

    [Reply]

  6. April 29th, 2010 at 08:44 | #6

    Jangankan Suharto…. Su……karno aja banyak…. Ya kan Pak Guskar..???

    pak gus selalu memberi sesuatu yang bermanfaat, masih ngarep ada hajatan yang hadiahnya buku dari pak GUS :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Awalnya juga saya tulis Sukarno Mbak, tapi nggak enak ama GusKar karena yg ngirimi Buku… :D

    [Reply]

  7. April 29th, 2010 at 08:45 | #7

    saya ini orang indonesia, tetapi bukan suku jawa, tapi saya ini kok cinta budaya jawa, budaya betawi, meski tidak belajar terlalu dalam. paling tidak saya mempunyai banyak pakaian bergambar wayang, kaos bermotif batik asli solo, :)

    [Reply]

  8. April 29th, 2010 at 08:46 | #8

    Ada yang namanya Hari Mulya ga Pak?
    ato Jason Mars mungkin?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ada juga Rukmuni…
    [baru mau saya posting]

    [Reply]

  9. achmad sholeh
    April 29th, 2010 at 08:48 | #9

    saya hafalnya kok cuma pendhawa lima sama punakawan pak

    [Reply]

  10. nakjaDimande
    April 29th, 2010 at 11:53 | #10

    pertanyaan gampang, klo Lee Hyaori nama jawa/wayangnya apa ya pak?

    [Reply]

    BlogCamp Reply:

    ada donk Lee Mbuk

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu Banowati Bun…

    [Reply]

  11. bre
    April 29th, 2010 at 12:09 | #11

    Brencia Masuk wayang juga ga’ pakde??

    [Reply]

    Mars Reply:

    Masuk kategori Wayang Golek…
    Ukir2an Njeporo :D

    [Reply]

  12. Blog Ijo
    April 29th, 2010 at 13:05 | #12

    di mana-mana Jawa..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Jawa memang dimana2

    [Reply]

  13. TKB
    April 29th, 2010 at 13:10 | #13

    Kok agi krungu aku pak.

    [Reply]

  14. darahbiroe
    April 29th, 2010 at 13:44 | #14

    ada toh
    toko pewayangan
    namanya yuyutsu
    kok baru denger yaw heheh
    :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya juga baru denger kok Mas

    [Reply]

  15. April 29th, 2010 at 13:44 | #15

    aku juga baru reti
    nek ada yuyutsu
    :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kayak nama Jepang ya Mas

    [Reply]

  16. BlogCamp
    April 29th, 2010 at 14:47 | #16

    Nama wayang yang aneh2 pasti saya tidak kenal. hanya yang ngetop2 saja saya tahu he he he he.
    Kurawa 100 kalau semuanya ingin ngeblog kasihan bokapnya ya mas.Harus beli laptop minimal 1/3 kekuatan Kurawa supaya gak gegeran.
    Salam hangat dari BlogCamp

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kalau makan digilir lima-lima Pak.
    Kalau bareng ruang makannya penuh :D

    [Reply]

  17. April 29th, 2010 at 16:36 | #17

    Dan ternyata semakin terbukti Mas Marsudiyanto, buku memberikan pengetahuan tambahan.
    Saya hanya tahu pandawa lima dan beberapa tokoh lainnya saja :oops:

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya juga cuman hafal beberapa… ;)

    [Reply]

  18. April 29th, 2010 at 17:17 | #18

    wahhh..baru tahu saya ada yuyutsu…

    salam,
    tfd

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu Dia…
    Saya juga baru tau kemarin

    [Reply]

  19. Masdin
    April 29th, 2010 at 18:09 | #19

    They are not Yuyutsu… It’s me the real Yuyutsu, jiahahaha…..

    Sukse selalu pak Mars :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Masdin…
    Sukses juga buat Anda.

    [Reply]

  20. April 29th, 2010 at 20:09 | #20

    wah nama-nama wayangnya baru denger semua….

    [Reply]

  21. hanifilham
    April 29th, 2010 at 22:12 | #21

    guskar terlihat selalu bagi2 buku yah… hehehe.

    [Reply]

  22. zenteguh
    April 30th, 2010 at 00:18 | #22

    edisi wayang masuk koran tjap koepoe…? rasanya perlu pak

    [Reply]

  23. saka
    April 30th, 2010 at 02:21 | #23

    Yang sebelah kanan beneran wayang Jepang X pak mars.. ckckckc :D

    [Reply]

  24. April 30th, 2010 at 05:25 | #24

    hampir Sama dg cabang beladiri jujitsu geh pak?

    [Reply]

  25. Pradna Cahbagus
    April 30th, 2010 at 06:36 | #25

    Arya Widura itu yang patih Hastina jamannya Destarata?

    mungkin dia juga yg ngasih ide nama Yuyutsu, begitu Destarata kehabisan ide ngasih nama 100 anaknya

    [Reply]

  26. yayat38
    April 30th, 2010 at 07:46 | #26

    kalo yayatsu gak ada di ensiklopedi itu ya pak he he he
    trims atas infonya :)

    [Reply]

  27. April 30th, 2010 at 09:35 | #27

    yuyutsu itu blasteran jawa dgn jepang ya Pak Guru :)
    salam

    [Reply]

  28. April 30th, 2010 at 22:53 | #28

    baru tau saya mas (doh)

    [Reply]

  29. June 17th, 2010 at 23:06 | #29

    baru denger ane nama-nama wayang diatas

    [Reply]

  1. April 30th, 2010 at 08:31 | #1
  2. March 6th, 2011 at 07:32 | #2

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~